tugas dan gaji front office hotel

Pekerjaan Dan Gaji Front Office Hotel

Diposting pada 99 views

Pekerjaan Dan Gaji Front Office Hotel – Di dalam sebuah industri hotel, banyak sekali bidang pekerjaan yang ada. Salah satunya, front office yang memiliki peran penting bagi perhotelan. Front office bertugas untuk menyambut dan melayani tamu hotel dengan baik. Bukan hanya itu saja, masih ada tugas lainnya yang harus dilakukan oleh front office.

Menjadi seorang front office bukanlah hal yang mudah. Karena, cukup banyak aktivitas yang harus dilakukan berkaitan dengan pelayanan kepada tamu. Jadi, gaji yang diberikan juga sangat sebanding dengan aktivitas dan tanggung jawabnya. Jadi, jika anda ingin tahu lebih jelas mengenai pekerjaan dan gaji front office bisa membaca artikel di bawah ini.

Apa Saja Pekerjaan Front Office Hotel?

Sebelum mendaftar pada pekerjaan ini, ada baiknya anda mengetahui apa saja yang nantinya akan dilakukan oleh seorang front office hotel. Berikut pekerjaanya meliputi:

1. Menyambut Dan Memberikan Salam Kepada Tamu

Tugas pertama dari seorang front office yaitu melakukan penyambutan dan memberiakn salam kepada tamu. Di semua hotel, front office diharuskan untuk melakukan hal ini agar tamu merasa nyaman saat berkunjung ke hotel. Senyum, salam dan sapa merupakan hal yang diwajibkan untuk dilakukan saat bertemu dengan tamu. 

2. Melayani Dan Membantu Tamu

Tamu yang datang tentu nantinya akan bertemu dengan front office terlebih dahulu. Untuk itu, front office juga memiliki tugas melayani dan membantu tamu. Seperti melakukan check-in, check-out, konfirmasi pembayaran dan yang lainnya. Serta, jika nantinya tamu terdapat keluhan maka front office bertugas untuk membantu.

3. Memastikan Layanan Pelanggan Berjalan Dengan Baik

Tidak dapat dipungkiri, jika sebuah hotel memang harus memiliki layanan pelanggan. Disinilah, peran dari front office untuk dapat memastikan layanan yang tersedia untuk pelanggan tetap berjalan. Baik yang berkaitan dengan sistem online maupun offline semuanya harus tetap diperhatikan.

Baca juga : Gaji Resepsionis di Hotel Bintang 2, 3, 4, dan 5

Berapa Gaji Pekerja Front Office Hotel?

Setelah anda mengetahui pekerjaan front office hotel, maka harus paham juga mengenai gajinya. Ini dia gaji front office hotel

1. Gaji Front Office Hotel Bintang 2

Front office menjadi garda terdepan yang akan bertemu dengan tamu. Termasuk, front office yang ada di hotel bintang 2 harus berperan untuk melayani dan membantu tamu. Seperti untuk melakukan check-in,check-out, billing maupun keperluan yang lainnya. Serta, front office juga menawarkan produk hotel kepada tamu.

Selain itu, front office juga harus membuat laporan reception dengan detail. Untuk gaji front office hotel bintang 2 mulai dari Rp. 2.000.000 – Rp. 2.500.000. karena, untuk pelanggan dari hotel bintang 2 juga banyak dari tamu lokal saja jadi gaji tersebut dirasa sudah sesuai.

2. Gaji Front Office Hotel Bintang 3

Sebagai front office di hotel bintang 3 harus memiliki skill yang berkelas. Setidaknya, harus memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan inggris secara lisan maupun tulisan. Karena, pengunjung hotel bintang 3 bukan hanya masyarakat lokal saja. Serta harus selalu melakukan senyum,salam dan sapa kepada tamu.

Front office juga bertugas melakukan reservasi hotel dan melayani tamu. Jadi, jika nantinya tamu membutuhkan bantuan maka akan menghubungi front office. Kemudian, front office mengarahkan pada bidang yang bisa membantu tamu hotel. Perkiraan gajinya yaitu dari Rp. 2.500.000 – Rp. 4.000.000 per bulan.

3. Gaji Front Office Hotel Bintang 4

Hotel bintang 4 menawarkan fasilitas terbaik untuk para pelanggannya. Untuk itu, front office harus bekerja secara maksimal agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada tamu. Front Office diharuskan profesional dan memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik. Keperluan seperti reservasi hotel, melayani dan membantu tetap dilakukan. 

Di hotel bintang 4 tentu tamu yang datang berupa orang-orang yang memang berkelas. Untuk itu, front office dituntut agar selalu berpenampilan baik dan bisa berkomunikasi secara benar. Gaji dari front office di hotel bintang 5 mulai dari Rp. 4.000.000 sampai Rp. 6.000.000 per bulannya.

4. Gaji Front Office Hotel Bintang 5

Hotel bintang 5 menawarkan kualitas dan pengalaman terbaik bagi para tamunya. Tentunya, kinerja dari para pegawainya harus selalu dalam keadaan yang optimal. Termasuk, dengan front office yang bertemu langsung dengan para tamu. Front office harus memiliki kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan fasih.

Selain itu, diharuskan sudah paham bagaimana memperlakukan tamu spesial dengan baik. Jika terdapat proses penyambutan, harus dilakukan secara baik. Tanggung jawab front office hotel bintang 5 sangat tinggi dan sebanding dengan gajinya. Untuk gajinya berada di Rp. 7.000.000 – Rp. 9.000.000 per bulan.

Baca juga : Gaji Kerja Di Hotel Semua Bagian

Apakah Gaji Diatas Sudah Termasuk Dengan Tunjangan Kerja?

Banyak dari anda yang bertanya apakah gaji tersebut sudah termasuk dengan tunjangan. JAwaban dari pertanyaan tersebut yaitu belum termasuk. Yang berarti, gaji diatas merupakan gaji pokok yang akan didapatkan setiap bulannya saja. Sebagai front office di hotel, nantinya akan mendapatkan tunjangan tambahan.

Seperti untuk tunjangan transportasi,makan, kesehatan, make up dan yang lainnya. Tunjangan ini nantinya akan diberikan dengan detail gaji yang jelas. Tentunya, secara menyeluruh gaji yang diberikan sudah cukup tinggi. Besaran tunjangan yang diberikan bisa saja berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan hotel tempat bekerja masing-masing.

Setelah memahami mengenai pekerjaan dan gaji front office hotel, apakah anda masih tertarik untuk mendaftar dan bekerja? Tentunya, pekerjaan front office hotel memang tidak mudah dan memiliki tanggung jawab besar. Namun, gaji yang diberikan dirasa sangat sebanding apa yang dilakukan. So, jangan ragu untuk mencoba ya! 

Baca juga : Jam Kerja Karyawan Hotel