tugas dan gaji front office hotel

9 Tugas Front Office Hotel: Kualifikasi, Jenjang Karir dan Gaji

Diposting pada 8,781 views

Pekerjaan Dan Gaji Front Office Hotel – Di dalam sebuah industri hotel, banyak sekali bidang pekerjaan yang ada. Salah satunya, front office yang memiliki peran penting bagi perhotelan. Front office bertugas untuk menyambut dan melayani tamu hotel dengan baik. Bukan hanya itu saja, masih ada tugas lainnya yang harus dilakukan oleh front office.

Menjadi seorang front office bukanlah hal yang mudah. Karena, cukup banyak aktivitas yang harus dilakukan berkaitan dengan pelayanan kepada tamu. Jadi, gaji yang diberikan juga sangat sebanding dengan aktivitas dan tanggung jawabnya. Jadi, jika anda ingin tahu lebih jelas mengenai pekerjaan dan gaji front office bisa membaca artikel di bawah ini.

Tugas Front Office Hotel

Sebelum mendaftar pada pekerjaan ini, ada baiknya anda mengetahui apa saja yang nantinya akan dilakukan oleh seorang front office hotel. Berikut pekerjaanya meliputi:

1. Menyambut Dan Memberikan Salam Kepada Tamu Hotel

Tugas pertama dari seorang front office yaitu melakukan penyambutan dan memberiakn salam kepada tamu. Di semua hotel, front office diharuskan untuk melakukan hal ini agar tamu merasa nyaman saat berkunjung ke hotel. Senyum, salam dan sapa merupakan hal yang diwajibkan untuk dilakukan saat bertemu dengan tamu. 

2. Melayani Dan Membantu Tamu Hotel

Tamu yang datang tentu nantinya akan bertemu dengan front office terlebih dahulu. Untuk itu, front office juga memiliki tugas melayani dan membantu tamu. Seperti melakukan check-in, check-out, konfirmasi pembayaran dan yang lainnya. Serta, jika nantinya tamu terdapat keluhan maka front office bertugas untuk membantu.

3. Memastikan Layanan Pelanggan Berjalan Dengan Baik

Tidak dapat dipungkiri, jika sebuah hotel memang harus memiliki layanan pelanggan. Disinilah, peran dari front office untuk dapat memastikan layanan yang tersedia untuk pelanggan tetap berjalan. Baik yang berkaitan dengan sistem online maupun offline semuanya harus tetap diperhatikan.

4. Menangani reservasi, check-in, check-out, pembayaran, dan permintaan khusus tamu

Front office hotel adalah bagian yang mengurus segala hal yang berkaitan dengan kamar hotel. Mereka harus dapat menerima dan mengkonfirmasi reservasi kamar, baik melalui telepon, email, atau online. Mereka juga harus dapat melakukan proses check-in dan check-out dengan cepat dan akurat, serta memeriksa ketersediaan dan status kamar.

Selain itu, front office hotel harus dapat menangani pembayaran kamar, baik tunai maupun kartu kredit, serta memberikan kwitansi atau invoice kepada tamu. Front office hotel juga harus dapat memenuhi permintaan khusus tamu, seperti menyediakan tempat tidur tambahan, bantal ekstra, atau layanan antar-jemput.

5. Memberikan informasi mengenai fasilitas, layanan, dan tarif kamar hotel

Front office hotel adalah sumber informasi bagi tamu yang menginap di hotel. Mereka harus dapat memberikan informasi yang lengkap dan akurat mengenai fasilitas dan layanan yang tersedia di hotel, seperti restoran, spa, kolam renang, gym, ruang rapat, atau wifi.

Mereka juga harus dapat memberikan informasi mengenai tarif kamar hotel, termasuk diskon, paket, atau promo yang berlaku. Selain itu, front office hotel harus dapat memberikan informasi mengenai atraksi wisata, tempat belanja, atau transportasi publik di sekitar hotel.

6. Mengelola data tamu, kamar, dan transaksi dengan menggunakan sistem komputer

Front office hotel adalah bagian yang bertanggung jawab untuk menjaga data tamu, kamar, dan transaksi dengan aman dan rapi. Mereka harus dapat menggunakan sistem komputer yang terintegrasi dengan departemen lain di hotel untuk mencatat dan memperbarui data tamu, seperti nama, alamat, nomor telepon, email, atau preferensi kamar.

Mereka juga harus dapat menggunakan sistem komputer untuk mengatur alokasi dan distribusi kamar sesuai dengan permintaan tamu. Selain itu, front office hotel harus dapat menggunakan sistem komputer untuk mencatat dan melaporkan transaksi keuangan yang terjadi di front office.

7. Menjaga kerahasiaan data pribadi dan keuangan tamu

Front office hotel adalah bagian yang harus menjaga kerahasiaan data pribadi dan keuangan tamu dengan ketat. Mereka tidak boleh memberitahukan atau membocorkan data tersebut kepada pihak lain tanpa izin dari tamu atau manajemen hotel.

Mereka juga harus berhati-hati dalam menyimpan dan menghapus data tersebut dari sistem komputer atau media penyimpanan lainnya. Selain itu, front office hotel harus mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku di hotel untuk mencegah terjadinya penipuan atau pencurian data.

8. Menyelesaikan masalah atau keluhan yang dialami tamu dengan cepat dan efektif.

Front office hotel adalah bagian yang harus siap menghadapi masalah atau keluhan yang dialami tamu selama menginap di hotel. Mereka harus dapat mendengarkan dan memahami masalah atau keluhan tersebut dengan sabar dan empati.

Mereka juga harus dapat memberikan solusi atau alternatif yang memuaskan tamu dengan segera dan profesional. Selain itu, front office hotel harus dapat mengikuti up atau melakukan tindak lanjut untuk memastikan bahwa masalah atau keluhan tersebut telah terselesaikan dengan baik.

9. Bekerja sama dengan departemen lain di hotel untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan tamu

Front office hotel adalah bagian yang harus bekerja sama dengan departemen lain di hotel untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan tamu. Mereka harus dapat berkoordinasi dengan housekeeping, food and beverage, engineering, security, atau sales and marketing untuk memberikan layanan yang terbaik kepada tamu.

Mereka juga harus dapat memberikan umpan balik atau saran kepada departemen lain untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan hotel. Selain itu, front office hotel harus dapat bekerja dalam tim dan menghormati perbedaan individu di antara anggota tim.

Demikianlah beberapa tugas front office hotel yang harus Anda ketahui jika Anda ingin berkarier di bidang perhotelan. Tugas-tugas tersebut membutuhkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang baik dari front office hotel. Jika Anda memiliki ketiga hal tersebut, Anda akan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada tamu dan menjadi aset bagi hotel.

Baca juga : Gaji Resepsionis di Hotel Bintang 2, 3, 4, dan 5

Kualifikasi Front Office Hotel

Front office hotel adalah bagian pertama yang ditemui oleh tamu saat mereka datang ke hotel. Front office hotel bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang ramah, profesional, dan efisien kepada tamu, serta mengurus reservasi, check-in, check-out, pembayaran, dan keluhan tamu. Oleh karena itu, front office hotel harus memiliki kualifikasi tertentu agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Beberapa kualifikasi front office hotel yang penting adalah:

  • Persyaratan pendidikan adalah minimal lulusan D3 Pariwisata, D3 Perbankan atau Sederajat
  • Memiliki penampilan yang rapi, bersih, dan sopan. Penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh tamu, sehingga front office hotel harus mampu menciptakan kesan positif sejak awal.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan. Front office hotel harus dapat berkomunikasi dengan tamu dengan bahasa yang jelas, sopan, dan ramah, serta mengerti kebutuhan dan harapan tamu. Front office hotel juga harus dapat berkomunikasi dengan staf lain di hotel, seperti housekeeping, security, dan food and beverage.
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dan perangkat lain yang digunakan di front office hotel, seperti telepon, fax, printer, dan mesin kartu kredit. Front office hotel harus dapat menginput data tamu, membuat reservasi, mengeluarkan invoice, dan melakukan transaksi lain dengan cepat dan akurat.
  • Memiliki pengetahuan tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh hotel, seperti fasilitas kamar, fasilitas umum, paket promo, dan program loyalitas. Front office hotel harus dapat memberikan informasi yang benar dan lengkap kepada tamu, serta memberikan rekomendasi atau saran yang sesuai dengan kebutuhan tamu.
  • Memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan menangani keluhan tamu dengan profesional. Front office hotel harus dapat mendengarkan keluhan tamu dengan sabar dan empati, serta mencari solusi yang memuaskan bagi tamu dan hotel. Front office hotel juga harus dapat mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi dan mencegahnya sebelum menjadi lebih besar.

Berapa Gaji Pekerja Front Office Hotel?

Setelah anda mengetahui pekerjaan front office hotel, maka harus paham juga mengenai gajinya. Ini dia gaji front office hotel

1. Gaji Front Office Hotel Bintang 2

Front office menjadi garda terdepan yang akan bertemu dengan tamu. Termasuk, front office yang ada di hotel bintang 2 harus berperan untuk melayani dan membantu tamu. Seperti untuk melakukan check-in,check-out, billing maupun keperluan yang lainnya. Serta, front office juga menawarkan produk hotel kepada tamu.

Selain itu, front office juga harus membuat laporan reception dengan detail. Untuk gaji front office hotel bintang 2 mulai dari Rp. 2.000.000 – Rp. 2.500.000. karena, untuk pelanggan dari hotel bintang 2 juga banyak dari tamu lokal saja jadi gaji tersebut dirasa sudah sesuai.

2. Gaji Front Office Hotel Bintang 3

Sebagai front office di hotel bintang 3 harus memiliki skill yang berkelas. Setidaknya, harus memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan inggris secara lisan maupun tulisan. Karena, pengunjung hotel bintang 3 bukan hanya masyarakat lokal saja. Serta harus selalu melakukan senyum,salam dan sapa kepada tamu.

Front office juga bertugas melakukan reservasi hotel dan melayani tamu. Jadi, jika nantinya tamu membutuhkan bantuan maka akan menghubungi front office. Kemudian, front office mengarahkan pada bidang yang bisa membantu tamu hotel. Perkiraan gajinya yaitu dari Rp. 2.500.000 – Rp. 4.000.000 per bulan.

3. Gaji Front Office Hotel Bintang 4

Hotel bintang 4 menawarkan fasilitas terbaik untuk para pelanggannya. Untuk itu, front office harus bekerja secara maksimal agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada tamu. Front Office diharuskan profesional dan memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik. Keperluan seperti reservasi hotel, melayani dan membantu tetap dilakukan. 

Di hotel bintang 4 tentu tamu yang datang berupa orang-orang yang memang berkelas. Untuk itu, front office dituntut agar selalu berpenampilan baik dan bisa berkomunikasi secara benar. Gaji dari front office di hotel bintang 5 mulai dari Rp. 4.000.000 sampai Rp. 6.000.000 per bulannya.

4. Gaji Front Office Hotel Bintang 5

Hotel bintang 5 menawarkan kualitas dan pengalaman terbaik bagi para tamunya. Tentunya, kinerja dari para pegawainya harus selalu dalam keadaan yang optimal. Termasuk, dengan front office yang bertemu langsung dengan para tamu. Front office harus memiliki kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan fasih.

Selain itu, diharuskan sudah paham bagaimana memperlakukan tamu spesial dengan baik. Jika terdapat proses penyambutan, harus dilakukan secara baik. Tanggung jawab front office hotel bintang 5 sangat tinggi dan sebanding dengan gajinya. Untuk gajinya berada di Rp. 7.000.000 – Rp. 9.000.000 per bulan.

Baca juga : Gaji Kerja Di Hotel Semua Bagian

Apakah Gaji Front Office Hotel Diatas Sudah Termasuk Dengan Tunjangan Kerja?

Banyak dari anda yang bertanya apakah gaji tersebut sudah termasuk dengan tunjangan. JAwaban dari pertanyaan tersebut yaitu belum termasuk. Yang berarti, gaji diatas merupakan gaji pokok yang akan didapatkan setiap bulannya saja. Sebagai front office di hotel, nantinya akan mendapatkan tunjangan tambahan.

Seperti untuk tunjangan transportasi,makan, kesehatan, make up dan yang lainnya. Tunjangan ini nantinya akan diberikan dengan detail gaji yang jelas. Tentunya, secara menyeluruh gaji yang diberikan sudah cukup tinggi. Besaran tunjangan yang diberikan bisa saja berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan hotel tempat bekerja masing-masing.

Setelah memahami mengenai pekerjaan dan gaji front office hotel, apakah anda masih tertarik untuk mendaftar dan bekerja? Tentunya, pekerjaan front office hotel memang tidak mudah dan memiliki tanggung jawab besar. Namun, gaji yang diberikan dirasa sangat sebanding apa yang dilakukan. So, jangan ragu untuk mencoba ya! 

Baca juga :

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.