jam kerja karyawan hotel

Jam Kerja Karyawan Hotel – Ketahui Sebelum Melamar Kerja di Hotel

Diposting pada 1.022 views

Jam Kerja Karyawan Hotel – Ketahui Sebelum Melamar Kerja di Hotel – Bekerja di bidang hospitality harus memahami dengan benar mengenai jam kerjanya. Sebelum memulai bekerja menjadi karyawan hotel, maka alangkah baiknya paham mengenai jam kerja di hotel. Baik untuk jam kerja normal, hari libur maupun aktivitas yang dilakukan. Jam kerja karyawan hotel dibuat tidak secara sembarangan.

Jam kerja di hotel umumnya menggunakan sistem shift yang terbagi dalam tiga waktu. Yaitu shift pagi, shift siang dan shift malam hari. Semua hotel banyak yang menggunakan sistem shift karena dianggap efektif. Untuk itu,ada baiknya anda memahami lebih dalam mengenai jam kerja karyawan hotel yang akan dibahas pada artikel ini.

Jam Kerja Normal Karyawan Hotel

Bagaimana jam kerja normal dari karyawan hotel? Mengacu pada Undang-Undang No. 13 Tahun 200 yaitu 8 Jam sehari atau 40 jam dalam seminggu.

Dengan begitu, banyak hotel yang memang menerapkan waktu berupa 8 jam dalam pekerjaannya.

Jika lebih dari aturan jam kerja karyawan hotel, maka nantinya akan dihitung sebagai bekerja overtime.

Jam Kerja Shift Karyawan Hotel Berdasarkan Posisinya

Hotel menerapkan sistem kerja shift yang terbagi dalam tiga sesi. Karena, dengan sistem kerja ini memungkinkan hotel agar selalu bekerja selama 24 jam penuh. Berikut ini jam kerja sesuai bidangnya:

1. Jam Kerja Front Office Hotel

Front office merupakan bagian yang bertugas untuk membantu tamu dalam berbagai macam keperluan. Seperti untuk melakukan reservasi, penawaran produk dan melayani kebutuhan dari pelanggan.

a. Shift Pagi Pukul 07:00 – 15:00

Pada pagi hari front office bertugas untuk melayani tamu yang akan melakukan check-in atau check-out. Untuk check-in, dimulai pada jam 14:00 kemudian check-out tidak lebih dari pukul 12:00. Front Office juga membantu untuk para tamu yang akan melakukan early check-in serta menawarkan produk kepada pelanggan yang akan menginap

b. Shift Siang Pukul 15:00 – 23:00

Pada siang hari, front office bekerja untuk melayani tamu walk ini, check-in,check-out maupun melakukan transaksi yang lainnya. Front office juga membantu para tamu yang membutuhkan bantuan.

c. Shift Malam Pukul 23:00 – 07.00

Malam hari, front office bekerja untuk melakukan daily closing keuangan, serta melakukan night audit. Semuanya harus dilakukan dengan tepat dan teliti. Karena, akan berpengaruh pada laporan keuangan hotel.

2. Jam Kerja Kitchen and F&B Service

Bagian ini bekerja untuk memberikan pelayanan dalam hal makanan dan minuman bagi para tamu. Seperti membuat makanan untuk sarapan tamu dan yang lainnya.

a. Shift Pagi Pukul 07:00 – 15:00

Pada pagi hari, bagian ini bekerja untuk membuat sarapan bagi para tamu untuk mereka yang memiliki paket dengan breakfast.

b. Shift Siang Pukul 15:00 – 23:00

Siang hari, bagian ini melakukan pelayanan dengan membuat menu makan siang untuk tamu. Jika terdapat tambahan menu pilihan, maka juga bisa dibuatkan sesuai pesanan.

c. Shift Malam Pukul 23:00 – 07.00

Waktu shift kerja malam digunakan untuk melakukan daily closing transaksi yang terjadi di restaurant. Serta, melakukan room service untuk beberapa tamu yang ngin melakukan order makanan melalui resepsionis.

3. Jam Kerja Housekeeping

Housekeeping bekerja untuk membersihkan,merapikan dan mempersiapkan kamar dari tamu. Selain itu, juga melakukan pemeliharaan kamar agar tetap rapi dan bersih.

  • Shift Pagi Pukul 07:00 – 15:00

Pagi hari waktunya untuk melakukan pembersihan pada kamar yang masih dalam keadaan kotor. Kemudian,dipersiapkan agar bisa ditempati nantinya pada tamu yang akan melakukan check in.

  • Shift Siang Pukul 15:00 – 23:00

Siang harinya, housekeeping membantu melakukan pembersihan pada seluruh daerah gedung hotel. Termasuk dengan kamar dari tamu yang ingin dibersihkan agar bersih kembali.

  • Shift Malam Pukul 23:00 – 07.00

Malam harinya, housekeeping melakukan pembersihan pada kamar kotor agar bisa digunakan lagi. Serta melakukan perawatan pada beberapa fasilitas seperti karpet, lampu, sprei dan yang lainnya.

Baca juga : Tugas Housekeeping Hotel dan Pembagian Kerjanya

4. Jam Kerja Engineering Hotel

Setiap hotel pasti memiliki engineering yang bertugas untuk membantu permasalahan berkaitan dengan alat,mesin dan instalasi.

  • Shift Pagi Pukul 07:00 – 15:00

Shift pagi engineering hotel bekerja untuk melakukan pemeriksaan terhadap peralatan kamar yang biasa digunakan oleh tamu. Seperti cek Televisi,AC,saluran kamar mandi dan yang lainnya.

  • Shift Siang Pukul 15:00 – 23:00

Pekerja engineering shift siang melakukan pekerjaan memeriksa bagian dari alat,mesin, dan instalasi yang berkaitan dengan dapur. Serta membantu menyelesaikan permasalahan pada tamu secara mendadak.

  • Shift Malam Pukul 23:00 – 07.00

Malam harinya, engineering bertugas untuk melakukan pengecekan terhadap instalasi listrik,gas dan air milik hotel. Memastikan semuanya tidak ada kendala agar tamu nyaman.

Baca juga : Gaji Engineering Hotel Lengkap Bintang 2,3,4 dan 5

Bagaimana Jika Bekerja Overtime?

Bekerja di hotel memang terkadang harus melewati dari jam kerja pegawai hotel yang telah ditetapkan. Ada saja hal yang membuat karyawan menjadi kerja lebih lama dari waktunya.

Atau, istilah ini biasa dikenal dengan sebutan overtime. Lalu, jika bekerja overtime apakah akan dibayar dengan uang atau lainnya? Inilah yang menjadi pertanyaan bagi banyak orang.

Jika berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan, maka jika bekerja overtime maka harus diganti dengan uang. Jadi, pihak hotel harus memberikan upah tambahan kepada para pekerja overtime ini.

Hanya saja, beberapa hotel lebih memilih memberikan alternatif berupa hari libur tambahan. Kembali lagi, tergantung dari pihak hotel apakah akan memberikan uang atau hari libur. Dua pilihan diatas biasanya yang akan menggantikan waktu bekerja yang melebihi batasnya.

Itulah pembahasan lengkap mengenai jam kerja karyawan hotel untuk bisa memberikan pelayan selama 24 jam penuh. Namun, bisa saja setiap hotel memberikan waktu yang berbeda-beda. Tetapi, secara keseluruhan tidak jauh dengan waktu diatas. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Nama Posisi atau Bagian Kerja Di Hotel dan Struktur Organisasinya

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.