tugas dan tanggung jawab housekeeping

Tugas Housekeeping Hotel: Job Deskripsi, Pembagian Kerja, dan Gajinya

Diposting pada 16,567 views

Tugas Housekeeping Hotel – Housekeeping yang terdiri dari house dan keep ini memiliki arti penjaga rumah. Sebenarnya tidak hanya diartikan sebagai penjaga rumah, namun housekeeping ini bisa luas cakupannya.

Karena housekeeping ini lebih dikenal sebagai seorang yang bekerja di hotel, sehingga tugas dan tanggung jawabnya adalah menjaga serta merawat hotel mulai dari bagian kamar, public area, toilet, taman dan semua bagian hotel.

Mengetahui tugas kerja housekeeping di hotel sangatlah penting, apalagi bagi kamu yang ingin bekerja di bidang perhotelan dan pariwisata. Selain salary atau gajinya yang lumayan, syarat minimal pendidikannya pun juga tidak terlalu tinggi. Tergantung dari kebijakan setiap hotel.

Tugas Housekeeping Hotel

Berikut ini adalah tugas kerja housekeeping di hotel.

1. Membersihkan dan Memelihara Kamar Milik Tamu Hotel

Dari segi namanya saja kita sudah bisa menebak, seorang housekeeper harus mampu menjaga serta memelihara kamar hotel. Memelihara kebersihan kamar juga merupakan tanggung jawab tamu hotel, namun seorang housekeeper harus mampu memberikan pelayanan lebih kepada tamu hotel.

Tugas kerja housekeeping di hotel juga termasuk mengganti linen atau handuk kamar, menata kamar hotel agar terlihat indah, menjaga dekorasi kamar, membantu tamu hotel untuk merawat kamar dan lain sebagainnya. Karena tolok ukur keberhasilan ditentukan oleh tingkat kepuasan pelayanan yang diberikan oleh housekeeping.

Housekeeping harus mampu menjaga keindahan kamar hotel. Semisal jika ada yang barang rusak, kamu bisa mengadukannya kepada housekeeping yang ada di sana.

Biasanya housekeeping akan membersihkan kamar hotel yang sebelum ditempati ataupun yang sedang ditempati. Namun tenang saja, orang housekeeping terpercaya dan memegang tanggung jawab penuh.

2. Menjaga Keindahan dan Kebersihan Seluruh Outlet Hotel

Mungkin kalian bertanya tanya, bukannya menjaga kebersihan itu tugasnya cleaning service? Ya benar, namun biasanya cleaning service hanya pada bagian-bagian tertentu saja. Lagi pula jumlah karyawan housekeeping bisa jadi lebih banyak ketimbang cleaning service.

Hal itu tentu wajar-wajar saja, mengingat tugas dari housekeeping hotel ini cukup banyak. Ya, kamu pasti tahu la seberapa luas hotel itu. Jika hanya ada satu orang, butuh berapa hari untuk membersihkan 10 bahkan 20 lantai hotel?

Apalagi housekeeping ini bertanggung jawab hampir di semua outlet hotel termasuk store, koridor, lobby dan lain sebagainya. Mereka tidak hanya menjaga kebersihan, namun juga menjaga keamanan di outlet outlet yang mereka jaga. Kebersihan dan keamanan menjadi prioritas utama tugas dari housekeeping.

Menjadi housekeeping merupakan pekerjaan yang cukup sibuk dan melelahkan. Bisa dipastikan pekerjaannya selalu padat, peralatan kerja yang digutuhkan housekeeping juga banyak, tapi minimal kamu juga memiliki teman yang banyak yang bisa saling menyemangati.

3. Merawat Peralatan Kerja Housekeeping

Ada banyak sekali perawatan housekeeping yang mesti digunakan dalam kerjanya. Peralatan tersebut meliputi sapu, sikat, pel, gun sprayer, lobby duster, pembersih kaca, vacuum cleaner, blower, tempat sampah dan lain sebagainya. 

Peralatan peralatan kerja diatas selalu dibutuhkan oleh housekeeping. Jadi kamu harus sesekali membersihkan peralatan kerja tersebut agar peralatan tersebut awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, housekeeping juga bertanggung jawab dengan alat kebersihan tersebut, maka ia harus bisa merawat alat kebersihan tersebut dengan baik. 

4. Senyum, Salam, dan Sapa Kepada Tamu Hotel

Tugas kerja housekeeping di hotel tidak selalu serta merta menjaga dan merawat outlet dan kamar hotel. Namun juga termasuk menyapa kepada tamu hotel. Hal ini dilakukan agar tamu hotel menjadi nyaman dan tersanjung akan keramahan housekeeping. 

Salam bisa dilakukan oleh housekeeping ketika bertemu tamu dengan menyebut namanya. Hal sekecil itu seperti menyapa ternyata memberikan efek yang cukup besar untuk meningkatkan popularitas hotel. Hotel itu akan terkenal dengan keramahan dan pelayanannya yang baik.

5. Menjaga Seluruh Koridor Agar Tetap Kondusif

Selain tugas di atas, tugas kerja housekeeping di hotel yang tidak kalah penting ialah menjaga kenyamanan dan keamanan hotel. Housekeeping harus berpatroli dan melaporkan situasi kondisi di hotel. Dan seorang housekeeping harus bisa menjaga kekondusifan hotel agar nyaman untuk para tamu.

Apabila seorang housekeeping melihat adanya kecurigaan di sekitaran hotel, maka housekeeping wajib melaporkannya ke bagian office untuk ditindaklanjuti. Ia juga harus mengecek setiap kamar dan memberikan kode pada setiap kondisi kamar hotel.

Pada umumnya Tugas kerja housekeeping di hotel dibagi menjadi 3 shift, yaitu shift pagi, sore dan malam. Setiap shift ternyata memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing masing. Namun secara umum tugas kerja housekeeping di hotel dibagi menjadi 2 bagian, yaitu tugas pagi dan tugas sore.

Tugas pagi housekeeping adalah sebelum memulai tugasnya, ia harus meminta informasi kepada F.O perihal kamar yang check out dan kamar VIP. Setelah itu, seorang housekeeping harus mencatat barang yang rusak dan hilang dari kamar hotel yang habis digunakan oleh tamu hotel. Setelah itu mereka juga bertanggung jawab untuk membagikan cleaning supplies di masing masing floor yang nantinya akan digunakan. 

Tugas sore housekeeping biasanya dilakukan oleh orang setelah shift pagi. Mereka yang bertugas sore harus bisa menjadi tanggung jawab jalannya pekerjaan walaupun meskipun tidak ada Executive Housekeeper. Kemudian housekeeper harus bisa membuat report atau laporan kerjanya di waktu sore. Setelah itu dilanjut mengisi buku catatan atau log book untuk shift pagi jika ada pesan penting.

Baca juga : Nama Posisi atau Bagian Kerja Di Hotel dan Struktur Organisasinya

Job Deskripsi Housekeeping Hotel

Sebagai Housekeeping, Anda akan mengawasi kelancaran operasional kebersihan, perawatan, dan penampilan hotel. Tugas Anda mencakup menjaga tingkat kebersihan yang tinggi di seluruh fasilitas hotel, mengoptimalkan kepuasan tamu, dan memastikan inventaris serta peralatan selalu tersedia dan terawatt.

Tanggung Jawab

  1. Menjaga kebersihan dan tatanan semua area hotel, termasuk kamar, lobi, ruang pertemuan, koridor, area makan, dan fasilitas lainnya.
  2. Menerima, mengatur, dan menangani permintaan tamu secara efisien dan profesional.
  3. Mengecek kamar tamu setiap hari untuk memastikan semua spot bersih, barang-barang tamu terjaga, dan ada cukup perlengkapan seperti handuk, sabun, dan shampoo.
  4. Melaporkan jika ada kerusakan, kerusakan, atau kebutuhan perbaikan yang ditemukan selama kegiatan pengecekan kamar.
  5. Mengganti peralatan, linen, dan barang lain yang rusak atau kotor, serta mengatur laundry untuk mencuci atau menggantinya.
  6. Mengawasi dan mengelola staf housekeeping, termasuk menentukan jadwal, memberikan pelatihan, dan memberikan petunjuk atau dukungan yang dibutuhkan.
  7. Melakukan evaluasi karyawan dan memberikan umpan balik yang produktif untuk meningkatkan kinerja individu dan tim.
  8. Berkomunikasi secara efektif dengan departemen lain yang ada di hotel, seperti front office, laundry, dan engineering.
  9. Bertanggung jawab atas pengadaan dan manajemen stok peralatan dan inventaris housekeeping.
  10. Memastikan kepatuhan terhadap semua peraturan keselamatan dan keamanan, serta menjaga tingkat pencapaian standar yang tinggi.

Kualifikasi dan Keterampilan

  • Pendidikan minimal SMA/SMK, preferensi kepada lulusan bidang Pariwisata atau Perhotelan
  • Pengalaman minimal 1 tahun di posisi serupa, diutamakan di hotel atau fasilitas serupa
  • Kemampuan bahasa verbal dan tertulis yang baik (Bahasa Indonesia dan Inggris)
  • Kemampuan untuk bekerja dengan baik sebagai tim dan secara individu
  • Keterampilan manajemen waktu yang baik, dengan kemampuan untuk tetap terorganisir dan menghadirkan pekerjaan berkualitas dalam tenggat waktu yang ditentukan
  • Pengetahuan tentang standar kebersihan dan perawatan pakaian serta aturan keselamatan dan kesehatan yang berlaku
  • Sikap positif, energik, dan solusi yang berorientasi pada hasil agregat penggabungan low-level
  • Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan dan bekerja dalam lingkungan yang menekan
  • Penampilan pribadi yang rapi dan profesional

Jam Kerja

Penuh waktu, 40 jam dalam seminggu

Fleksibilitas waktu mungkin diperlukan untuk menangani keadaan yang tidak dijadwalkan atau sibuk saat musim liburan dan acara khusus

Lingkungan Kerja

Housekeeping bekerja di seluruh area hotel, termasuk kamar tamu, koridor, lobi, ruang pertemuan, dan area makan. Anda mungkin juga akan memerlukan lift dan tangga untuk menjangkau beberapa area. Lingkungan tersebut dapat bervariasi, mulai dari area yang sepi dan tertutup hingga area berisik dan ramai, tergantung pada lokasi dan waktu.

Pembagian Kerja Housekeeping di Hotel

Tugas kerja housekeeping di hotel dibagi menjadi 6 seksi yang dimana seksi seksi tersebut bertanggung jawab menyiapkan serta apa yang ditugaskan pada seksi tersebut. Seksi seksi tersebut ada yang berada di luar maupun dalam gedung hotel. Berikut ini adalah pembagian seksinya.

1. Room Section

Room section adalah ujung tombak pelayanan hotel, karena kamu langsung berhadapan dengan tamu hotel. Seksi ini bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kelengkapan kamar hotel, dan kerapian. Ia juga orang yang bertugas mencatat dan melaporkan atas setiap kehilangan barang di kamar hotel.

2. Linen Section

Linen section adalah orang yang bertugas menyiapkan seragam karyawan, menyediakan linen di hotel, dan mengelola sirkulasi udara di hotel. 

3. Public Section

Mungkin tugas seorang public section lebih berat ketimbang seksi lainnya. Ia bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, dan kenyamanan di semua lini hotel. Entah itu yang ada di dalam hotel maupun luar hotel, mulai dari restoran, lobby, restroom, dan lain lain.

4. Laundry Section

Housekeeping seksi laundry bertugas untuk membersihkan pakaian kotor milik pengunjung hotel, seragam karyawan, dan linen bersih yang akan digunakan untuk mengisi segala lini hotel. 

5. Florist Section

Masalah dekorasi dan kecantikan hotel, seksi florist menjadi tanggung jawab penuh. Ia bertugas menata dan merapikan bunga bunga yang akan digunakan untuk dekorasi dalam hotel.

6. Gardener Section

Gardener merupakan ekstensi dari florist. Ia bertugas menjaga serta merawat tanaman yang berada di dalam maupun luar hotel. 

Gaji Housekeeping di Hotel Bintang 1, 2, 3, 4, dan 5

Housekeeping adalah salah satu departemen penting di hotel yang bertugas untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar tamu dan area publik. Housekeeping juga berperan dalam menciptakan kesan positif bagi tamu yang menginap di hotel.

Namun, apakah Anda tahu berapa gaji housekeeping di hotel bintang 1, 2, 3, 4, dan 5? Apakah ada perbedaan yang signifikan antara gaji housekeeping di hotel bintang rendah dan tinggi? Apa saja faktor yang mempengaruhi besarnya gaji housekeeping di hotel? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Housekeeping di Hotel

Gaji housekeeping di hotel dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Bintang hotel. Secara umum, semakin tinggi bintang hotel, semakin besar pula gaji housekeeping di hotel tersebut. Hal ini karena hotel bintang tinggi menawarkan fasilitas dan layanan yang lebih mewah dan berkualitas, sehingga membutuhkan standar kebersihan yang lebih tinggi pula. Selain itu, hotel bintang tinggi biasanya memiliki tarif kamar yang lebih mahal, sehingga memiliki margin keuntungan yang lebih besar pula.
  • Lokasi hotel. Lokasi hotel juga berpengaruh terhadap gaji housekeeping di hotel. Hotel yang berada di lokasi strategis, seperti pusat kota, pusat bisnis, atau tempat wisata, biasanya memiliki tingkat hunian yang lebih tinggi daripada hotel yang berada di lokasi terpencil atau kurang diminati. Hotel yang memiliki tingkat hunian yang tinggi tentu saja memiliki pendapatan yang lebih besar pula, sehingga dapat memberikan gaji yang lebih besar pula kepada karyawan.
  • Pengalaman kerja. Pengalaman kerja juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi gaji housekeeping di hotel. Housekeeping yang sudah memiliki pengalaman kerja yang lama dan baik biasanya akan mendapatkan gaji yang lebih besar daripada housekeeping yang baru mulai bekerja atau belum memiliki pengalaman kerja yang cukup. Hal ini karena housekeeping yang berpengalaman biasanya memiliki keterampilan dan pengetahuan yang lebih baik dalam menjalankan tugasnya.
  • Posisi atau jabatan. Posisi atau jabatan juga menjadi faktor yang mempengaruhi gaji housekeeping di hotel. Housekeeping yang memiliki posisi atau jabatan yang lebih tinggi biasanya akan mendapatkan gaji yang lebih besar daripada housekeeping yang memiliki posisi atau jabatan yang lebih rendah. Hal ini karena housekeeping yang memiliki posisi atau jabatan yang lebih tinggi biasanya memiliki tanggung jawab dan tugas yang lebih banyak dan kompleks daripada housekeeping yang memiliki posisi atau jabatan yang lebih rendah.

Kisaran Gaji Housekeeping di Hotel Bintang 1, 2, 3, 4, dan 5

Berikut ini adalah perkiraan gaji housekeeping di hotel bintang 1, 2, 3, 4, dan 5 berdasarkan data dari berbagai sumber:

  • Gaji housekeeping di hotel bintang 1: Rp2.000.000 – Rp3.000.000 per bulan
  • Gaji housekeeping di hotel bintang 2: Rp2.500.000 – Rp4.000.000 per bulan
  • Gaji housekeeping di hotel bintang 3: Rp3.000.000 – Rp5.000.000 per bulan
  • Gaji housekeeping di hotel bintang 4: Rp4.000.000 – Rp7.000.000 per bulan
  • Gaji housekeeping di hotel bintang 5: Rp6.000.000 – Rp10.000.000 per bulan

Perlu dicatat bahwa angka-angka tersebut hanyalah perkiraan rata-rata dan dapat berbeda-beda tergantung pada faktor-faktor lainnya.

Baca juga : 10 Universitas Dengan Jurusan Perhotelan Terbaik

Di atas merupakan tugas kerja housekeeping di hotel yang lengkap. Dengan memperhatikan tugas tugas tersebut, diharapkan kamu bisa menjadi lebih tahu jobdesk dari seorang housekeeping. Selain itu, buat kamu seorang tamu hotel, kamu bisa lebih menghormati mereka yang bekerja sebagai house seorang keeper. 

Terimakasih sudah membaca artikel tentang tugas housekeeping di hotel, selanjutnya bisa baca artikel berikut ini :

1. 10 Alasan Memilih Jurusan Perhotelan Yang Patut Dipertimbangkan
2. 10 Prospek Kerja Perhotelan Dari Manajer Sampai CS

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.