gaji cook helper

Gaji Cook Helper Di Hotel Bintang 2, 3, 4, dan 5

Diposting pada 102 views

Gaji Cook Helper – Hotel yang berkualitas bukan hanya memiliki kualitas baik pada gedung dan pelayanan nya saja. Namun, juga melalui menu makanan yang tersedia di hotelnya. Dibalik makanan yang berkualitas terdapat seorang chef. Chef memiliki peranan untuk membuat masakan sesuai pada menu yang ditawarkan. Tetapi, terdapat juga cook helper yang membantu chef agar bisa membuat menu masakan sesuai dengan keinginan.

Meski pekerjaan menjadi seorang cook helper jarang dilirik, justru gaji yang didapatkan cukup besar. Tetapi, gaji yang diberikan tersebut tentu cukup sebanding dengan tugas yang dilakukan. Karena, tidak mudah untuk menjadi cook helper, terlebih lagi itu di hotel yang berbintang. Sebenarnya, berapakah gaji cook helper di hotel? Yuk, baca artikel dibawah ini secara lengkap.

Apa Saja Tugas Dari Cook Helper?

Penting! Bagi anda untuk memahami terlebih dahulu mengenai tugas dari cook helper. Ini dia tugasnya:

1. Menyiapkan Dan Merapikan Kitchen Area

Cook helper bertugas untuk menyiapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan dalam memasak. Kemudian, jika nanti sudah selesai proses memasaknya maka harus di rapihkan kembali. Sebisa mungkin, untuk prose merapihkan alat dan bahan dilakukan dengan cepat agar menjaga kitchen area tetap bersih.

2. Bertanggung jawab terhadap Mutu Produk Dan Stok Bahan Baku

Mutu terhadap produk yang digunakan dalam memasak tentu harus diperhatikan. Disinilah, tugas dari cook helper untuk bisa melakukan pengecekan terhadap kualitas produk. Apakah layak digunakan atau sudah tidak layak. Kemudian, juga bertanggung jawab terhadap tersedianya stok bahan baku setiap harinya.

3. Membuat Laporan Catatan Secara Lengkap

Bukan hanya yang berkaitan dengan memasak saja, tetapi cook helper juga bertugas untuk membuat catatan dan laporan secara lengkap. Semua laporan yang berkaitan dengan memasak harus dilaporkan secara detail. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan maka cook helper yang bertanggung jawab.

Baca juga : Gaji Kerja Di Hotel

Berapa Gaji Cook Helper Di Hotel?

Ternyata, cook helper memiliki gaji yang tergolong cukup tinggi. Berapa besaran gajinya? Berikut gaji seorang cook helper:

1. Gaji Cook Helper Di Hotel Bintang 2

Di hotel bintang 2, peran dari cook helper mungkin tidak terlalu besar. Karena memang kebutuhan memasak menu yang tersedia tidak terlalu banyak. Tetapi, cook helper tetap membantu untuk menyiapkan, merapikan area kitchen dan perlengkapannya sebelum dan sesudah memasak.

Selain itu, juga harus membantu proses memasak bersama dengan chef. Lalu, berapa besaran gaji cook helper di bintang 2? Yaitu berkisar Rp. 2.000.000 – Rp. 2.500.000. Gaji tersebut sudah cukup sesuai mengingat kinerjanya tidak terlalu besar.

2. Gaji Cook Helper Di Hotel Bintang 3

Pelayanan yang diberikan hotel bintang 3 sudah pasti harus berkualitas. Termasuk, dalam menu masakan yang diberikan kepada tamu. Cook helper, memiliki peranan untuk membantu chef dalam mempersiapkan sebelum memasak. Memastikan stok bahan baku memasak harus terpenuhi.

Selain itu, juga memastikan peralatan untuk memasak semuanya terpenuhi. Karena, untuk memasak di hotel bintang 3 biasanya dalam jumlah yang banyak. Terutama untuk memasak breakfast, lunch atau makan malam. Tanggung jawab seorang helper memang begitu tinggi. Tidak heran, jika gaji cook helper di jakarta berkisar Rp. 2.500.000 – Rp. 3.200.000 per bulannya.

3. Gaji Cook Helper DI Hotel Bintang 4

Hotel bintang 4 sudah pasti harus memberikan pelayanan yang terbaik dalam segala sisi. Begitu juga dengan menu masakan yang diberikan kepada tamu haruslah berkualitas. Peran cook helper harus tepat untuk membantu chef agar menghasilkan makanan yang terbaik. Seperti menyiapkan alat, bahan dan mampu mengolah cita rasa terbaik.

Cook helper juga diharuskan memiliki kinerja yang cepat. Bukan hanya itu saja, diharuskan mampu untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Mengingat, di hotel bintang 4 yang bekerja bisa saja orang asing. Keterampilan yang dimiliki terbayar dengan gaji yang cukup tinggi. Yaitu mulai dari Rp. 3.200.000 – Rp. 4.100.000 per bulannya.

4. Gaji Cook Helper Di Hotel Bintang 5

Cook helper di hotel bintang 5 berperan dalam membantu chef memberikan masakan yang terbaik. Cook helper harus mempersiapkan alat dan bahan kemudian merapikannya kembali nanti. Serta, cook helper diharuskan mampu berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan baik.

Juga harus memiliki kemampuan bekerja secara tim dan cepat. Semua skill tersebut penting karena di hotel bintang 5 yang mengunjungi merupakan tamu-tamu istimewa. Selain mendapatkan kebanggaan bekerja di hotel berkelas, gaji yang diberikan juga cukup fantastis. Yaitu mencapai Rp. 4.100.000 – Rp. 5.500.000 per bulannya.

Apakah Gaji Tersebut Sudah Termasuk Dengan Tunjangannya?

Pekerjaan sebagai cook helper tentu tidak bisa dianggap remeh. Jadi, perlu anda ketahui bahwa gaji cook helper diatas belum termasuk dengan tunjangan nya. Gaji tersebut hanyalah gaji pokok yang diberikan kepada pegawai. Tunjangan seperti kesehatan, uang makan, transportasi belum termasuk didalamnya.

Jika ditotal, nilai gaji yang didapatkan dengan tunjangannya tentu cukup banyak. Setidaknya, sebanding dengan aktivitas yang dilakukan untuk membantu chef. Setiap perusahaan memiliki kebijakan sendiri-sendiri untuk menentukan besaran tunjangan yang diberikan kepada pegawai. Jadi,jika terjadi perbedaan dalam pemberian tunjangan merupakan hal yang wajar.

Begitulah pembahasan lengkap mengenai gaji cook helper di hotel. Setelah anda mengetahui gajinya, masihkah tertarik untuk menjadi cook helper? Jawabannya ada di anda sekarang. Sebelum mendaftar alangkah baiknya untuk dipikirkan terlebih dahulu. Apakah anda menerima dengan gaji yang diberikan nantinya. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait :

1. Gaji Resepsionis di Hotel
2. Gaji Daily Worker Di Hotel
3. Jam Kerja Karyawan Hotel