profesi seo specialist

SEO Specialist: Pengertian, Jobdesk, Tugas dan Gaji

Diposting pada 82 views

SEO Specialist – Kini semua perusahaan berkembang tidak hanya menargetkan profit sebagai tujuan utama dalam berbisnis.

Mempertahankan kelangsungan perusahaan dengan cara kerja bertransformasi menjadi format digital merupakan salah satu terobosan yang banyak ditempuh.

SEO Specialist merupakan salah satu profesi yang banyak diandalkan perusahaan agar dapat meningkatkan kemajuan di era digital ini.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

SEO Specialist merupakan profesi yang memiliki peran agar suatu perusahaan dapat dikenal dan dicari dengan mudah di dunia maya khususnya search engina.

SEO memiliki arti Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencarian.

Lewat keyword dan phrase tertentu semua informasi yang terkait dengan perusahaan tersebut akan dapat dideteksi dengan mudah melalui Google, Yahoo atau Bing.

Untuk dapat membuat informasi tentang suatu perusahaan masuk kedalam daftar pencarian bukanlah hal yang mudah karena itu dibutuhkan SEO Specialist yang memiliki memiliki keahlian yang mumpuni.

SEO Specialist tidak hanya diharapkan paham akan program komputer namun juga mengerti benar mengenai strategi marketing mengunakan media internet.

Deskripsi Singkat SEO Specialist

SEO Specialist memiliki peran yang kurang lebih sama dengan seorang marketing, namun perbedaannya SEO Specialist meningkatkan penjualan melalui halaman website milik perusahaan.

SEO Specialist bertanggung jawab untuk mengelola semua aktivitas SEO seperti riset keyword, content strategis, site audit, link building untuk meningkatkan traffic dan performa website di search engine.

Dalam dunia internet, Website merupakan sarana yang paling tepat untuk membangun branding. Agar website perusahaan dibaca oleh banyak orang maka trafficnya harus terus meningkat secara berkala.

Untuk meningkatkan trafic, SEO Spesialist harus melakukan riset terhadap keyword yang sering digunakan.

Dengan mengetahui keyword yang sering digunakan kemudian diselipkan dalam artikel di website maka akan dengan mudah masuk dalam daftar pencarian di search engine.

Tugas dan Tanggung Jawab SEO Specialist

tugas seo specialist

Profesi SEO Spesialist sebenarnya tidak hanya dituntut untuk menaikkan traffic website saja, ia juga memiliki tugas dan tanggung jawab yan website saja,ia juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih spesifik :

1. Riset Keyword & Content Strategist

Salah satu pekerjaan yang dijalankan oleh SEO Spesialist adalah merencanakan konten yang relevan dengan bisnis dan memiliki potensi untuk mendatangkan traffic sekaligus penjualan bagi perusahaan.

Dengan kata lain, konten tersebut harus bersifat relevan, penting, konsisten serta mengandung muatan marketingnya. Tujuannya agar pengunjung membaca informasi yang tersaji kemudian mau untuk melakukan action entah itu mendaftar, membali atau bertanya..

Hal pertama yang dilakukan oleh SEO Spesialist adalah menentukan target pembaca. Target pembaca dapat ditentukan dengan mengenali jenis konsumen yang ingin dijaring, jika targetnya adalah anak muda gunakanlah konten yang ringan dan mengikuti selera anak muda saat ini.

Namun, jika target yang diharapkan beragam maka konten yang disajikan pun harus mampu diterima dan menjangkau semua kalangan.
Isi konten yang tersaji tidak hanya berisi informasi namun juga harus dapat memberikan solusi dari permasalahan yang kerap dihadapi oleh pembaca.

Dan solusi tersebut terletak pada produk – produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Sehingga dalam konten yang disajikan dapat memberikan informasi, mengedukasi, memberikan solusi serta memenuhi target penjualan perusahaan.

2. Optimasi SEO On Page dan Off Page

Agar website dapat digunakan secara optimal, SEO On Page harus diterapkan agar website tersebut mampu mengalahkan website kompetitor.

Beberapa tugas SEO Specialist yang kaitannya dengan SEO On Page antara lain :

  • Custom title dan meta description
  • Alt & title image
  • Keyword density
  • Internal Link
  • Tag Heading Optimization
  • Keyword Density

Sedangkan agar website perusahaan terlihat lebih kredible maka diperlukan juga penerapan SEO Off Page.

Salah satu caranya adalah dengan menanamkan backlink di website lain yang mengarah ke website perusahaan.

SEO Off page juga berguna meningkatkan authority dan rangking situs di hasil pencarian search engine.

Beberapa pekerjaan seo specialist yang termasuk SEO off page antara lain :

  • Link building (content placement, guest post, pbn).
  • Share to social media
  • Natural link building

3. Menulis/Mengedit Artikel dengan Skill SEO

Tidak semua content writer paham tentang bagaimana cara menulis artikel yang SEO Friendly, untuk itu perlu adanya peran SEO Specialist yang memoderasi dan memberikan sentuhan SEO kedalam artikel.

Bahkan seringkali SEO Specialist harus menulis artikel sendiri untuk memenuhi kebutuhan konten di website perusahaan.

Tak sekedar menulis artikel, SEO Spesialist harus paham mengenai teknik copywriting yang memuat kaidah penulisan yang memuat daya jual.

Ditambah lagi dengan CTA (CALL TO ACTION) contohnya : beli sekarang, cek sekarang, isi form pembelian dsb. Hal ini akan memudahkan para pembaca yang tertarik dengan produk yang ditawarkan untuk segera memesan.

4. Melakukan Site Audit

Site audit berguna untuk mengetahui issue-issue yang kurang tepat dalam website seperti :

  • Tag heading yang tidak tepat
  • Duplicate content
  • Tidak ada alt pada gambar
  • Mendeteksi broken link dll

Site audit ini harus dilakukan secara kontinyu agar website secara technical dalam kondisi yang bagus.

5. Mengoptimasi Kecepatan Website & User Experience

Saat ini kecepatan website dan UX menjadi salah satu faktor penting dalam penentuan peringkat di search engine. Untuk itu ini menjadi salah satu tugas penting bagi seorang SEO Specialist.

Ada beberapa tools yang bisa dipakai untuk memeriksa kecepatan website seperti :

  • Page Speed Insights
  • GT Metrix
  • Light house

Sementara itu user experience mengacu pada pengalaman pengguna ketika mengunjungi situs. Didalamnya termasuk kecepatan website yang saat ini mungkin dikenal sebagai core web vitals.

6. Analys & Reporting

Setelah semua optimasi sudah dilakukan, seo specialist bertanggung jawab untuk menganalisis semua dari mulai keberhasilan dari optimasi yang dilakukan, traffic yang masuk hingga menemukan peluang yang baru.

SEO Spesialist juga diwajibkan untuk membuat laporan mengenai traffic dari website yang sedng berjalan. Biaya atau budget yang dikeluarkan untuk pemeliharaannya serta berapa jumlah pengunjung serta konsumen yang terjaring.

Laporan ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan juga evaluasi mengenai efektivitas marketing mengunakan media internet.

Persyaratan SEO Specialist

Profesi SEO Spesialist saat ini merupakan salah satu profesi yang paling banyak dicari. Berbeda dengan profesi lain yang berhubungan dengan teknologi informasi, SEO Spesialist adalah profesi yang dapat dipelajari secara otodidak jika memenuhi persyaratan berikut :

1. Paham dan Update Mengenai Alogaritma Search Engine

Search engine seperti Google, Bing atau Yahoo memiliki tiga mesin utama yaitu Crawling ( konten) ,Indexing ( menyimpan dan melacak konten), retrieval (konten yang berkaitan dengan yang dicari penguna). Tiga konsep tersebut harus dipahami untuk dapat memahami cara alogaritma search engine.

2. Menguasai Bahasa Digital Marketing

Pemasaran produk melalui platform digital kini menjadi prioritas utama perusahaan – perusahaan berkembang di seluruh dunia. Pemasaran melalui metode ini dinilai lebih cepat dan tepat sasaran, menjangkau lebih luas, lebih efektif dan biayannya terjangkau serta lebih mudah di evaluasi.

Seorang SEO Spesialist harus mampun menjadikan konten yang iasajikan mampu bersaing dengan kompetitor baik dari segi penyajian informasi maupun dari kemudahan dalam mengakses produk yang ingin dibeli.

3. Paham mengenai pemeliharaan website

Meski tidak diharuskan paham bahasa pemrograman, namun SEO Spesialist sudah seharusnya mengerti cara kerja pengunaan website. Seperti penempatan artikel, gambar, link ,attachment dsb.

Yang tidak kalah penting seorang SEO Specialist akan memiliki nilai tambah apabila paham mengenai bahasa pemograman, terutama 3 yang wajib yaitu css, html dan javascript.

Paham 3 bahasa pemograman itu sudah cukup membantu pekerjaan seorang SEO Specialist.

4. Memahami Beberapa Tools SEO

Untuk menunjang pekerjaannya SEO Spesialist harus menguasai beberapa software yang menunjang kinerjanya. Diantarannya Google Webmaster tools, Google Analytics, Semrush, Google Adwords, dan Ahrefs.

Software tersebut membantu memantau, menganalisa, dan memperbaiki hasilkerja SEO Spesialist.

5. Update dengan Trend SEO Terbaru

Google melakukan perubahan alogaritma sebanyak 250 kali selama satu tahun, seorang SEO Spesialist harus mampu mengikuti perkembangan yang terus berubah.

Perubahan yang terjadi pun harus dipelajari secara otodidak dengan terus membaca informasi terbaru, melatih ketrampilan dan pengalaman.

Gaji SEO Specialist dan Jenjang Karirnya

Memiliki tugas dalam proses meningkatkan peringkat dan visibilitas website, seorang SEO Spesialist dibagi menjadi beberapa kategori jabatan yang berbeda seperti SEO Link Builder, SEO Coywriter, SEO Spesialist/Analyst, SEO Content, SEO Manager dan SEO Director.

1. SEO Content Writer

Dikenal juga dengan keyword strategis yang memiliki tugas untuk mengelola tim dan memantau hasil kerja sebuah tim. Di ibukota jabatan ini digaji dengan kisaran antara Rp 8. 500.000 s/d Rp 25.000.000 .

2. SEO Officer

Memiliki tugas untuk mencari kata kunci, mengoptimalkan kontent halaman, dan mencari strategi link building . Untuk tanggung jawab ini gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp 6.000.000s/d Rp 17.000.000.

3. SEO Copywriter

Bertugas untuk menulis content yang SEO Friendly,menarik dan mengandung muatan marketing jabatan ini dihargai dengan gaji Rp 4.000.000 s/d Rp 12.000.000.

Tak hanya pegawai tetap, kini banyak perusahaan yang mengunakan jasa SEO Copywriter freelance dengan gaji yang disesuaikan dengan project.

4. SEO Link Builder

Tak kalah penting,SEO Link Builder memiliki peran untuk menanamkan link dengan strategi yang diberikan oleh SEO Analyst. Gaji yang diberikan pada kisaran Rp 2.500.000 s/d Rp. 7.500.000

5. SEO Manager

Layaknya seorang manager,SEO Manager bertugas melaporkan semua hasil kerja tim kepada SEO Director berupa laporan hasil research keyword, kontent, strategi, link building dsb. Peran yang penting ini dihargai dengan gaji Rp 12. 000.000 s/d Rp 35.000.000.

6. SEO Director

Membawahi beberapa team, SEO Director memiliki tanggung jawab mengarahkan , membuat strategi, mengawasi kinerja team, memberikan pelatihan, dan ikut serta dalam optimisasi website.

Merupakan jabatan tertinggi dan tingkatan SEO Spesialist gaji yang diberikan cukup tinggi yatu pada kisaran Rp 17.000.000 s/d Rp 40.000.000.

Demikian pembahasan tentang profesi SEO Specialist. Baca juga artikel yang lain berikut :