profesi desain grafis

Mengenal Jobdesk, Tugas dan Gaji Seorang Desain Grafis

Diposting pada

Tugas Seorang Desain Grafis – Desain grafis merupakan salah satu profesi yang cukup populer saat ini, bahkan beberapa perusahaan startup serta agensi berani membayar tinggi untuk mengisi slot ini. Meskipun berkreasi dalam media namun desain grafis dapat dikelompokan dalam bentuk seni lukis yang terdiri dari elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan dan garis diatas suatu media.

Pengertian Desain Grafis

Kedudukan Desain Grafis daam sebuah perusahaan bukan hanya seorang seniman yang piawai mengambar dalam perangkat lunak komputer grafis namun juga memecahkan masalah untuk kebutuhan komunikasi visual. Profesi ini memulai pekerjaan dari merancang, mencetuskan, selanjutnya menemukan ide. Tak hanya itu serang desain grafis harus memiliki kemampuan untuk mengubah komunikasi verbalmenjadi komunikasi visual namun dibalut dengan estetika dan menampilkan citra yang lebih baik.

Menurut para ahli, Desain grafis merupakan ilmu multidisiplin berupa perpaduan antara seni rupa dan ilmu komunikasi. Seni tersebut merupakan kombinasi antara teks, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang kemudian digabungkan guna menghasilkan sesuatu yang unik,berguna, serta mudah diingat.

Jobdesk Desain Grafis

Profesi sebagai seorang Desain Grafis saat ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan yang menerapkan sistem digital saja, namun hampir semua perusahaan membutuhkannya untuk mengerjakan beberapa tugas tertentu.

1. Membuat rencana dan desain konseptual

Konsep adalah gambaran,rencana, rancangan yang merupakan awal dari suatu karya. Desain grafis biasannya mengunakan beberapa konsep seperti Artwork concept design, Corporate Concept Design, Dark Concept Design, Urban Concept Design, Vector Concept Design dan masih banyak lagi.

Namun,untuk perusahaan sekelas google, Apple dan Microsoft konsep design yang digunakan adalah Flat Concept Design. Konsep desain dapat disesuaikan dengan keinginan perusahaan atau dengan tren yang sedang terjadi saat ini.

2. Mempersiapkan dan Merencanakan Materi Promosi

Promosi berupa iklan merupakan salah satu media penyampaian pesan dari perusahaan ke konsumen yang paling efektif. Karena itu seorang desain grafis harus mampu mengolah gambar dan warna kemudian dipublikasikan sehingga mampu mengambarkan citra dan kualitas produk perusahaan.

3. Ikut Serta Meningkatkan Penjualan Produk

Tidak dapat dipungkiri, sebagian besar masyarakat Indonesia membeli produk dikarenakan desain yang menarik. Karena itu soeorang Desain Grafis harus mampu mengambarkan image perusahaan melaui produk tersebut.

Tak hanya mengatur tata letak tulisan dan gambar, namun desain grafis harus bisa mewujudkan tujuan perusahaan yaitu memebrikan ciri khas pada setiap produk atau media promosi lainnya guna membentuk image branding sehingga bisa membedakan dengan kompetitor lainnya.

4. Menyajikan Tata Letak Grafis untuk mendukung pengambilan keputusan

Meskipun memiliki peran yang lebih besar dalam bagian pemasaran produk, namun seorang desain grafis memiliki andil dalam pengambilan keputusan manajemen.

Seorang desain grafis dapat menjembatani mengenai tren dan selera pasar menyangkut desain promosi dan produk. Hal ini cukup penting agar manajemen dapat memutuskan konsep yang sesuai untuk produk dan promosi selanjutnya.

5. Menghitung anggaran untuk biaya promosi

Bersama dengan departemen keuangan, Desain Grafis dapat memberikan anggaran mengenai biaya desain produk maupun promosi lain seperti banner,flyer,poster dsb. Hal ini akan mempermudah pihak manajemen untuk menghitung anggaran perusahaan di tahun mendatang yang salah satunnya digunakan untuk biaya promosi.

Tugas Desain Grafis

Tugas seorang Desain Grafis cukup kompleks, dimulai dari mengidentifikasi permasalahan yang timbul kemudian mewujudkan ide – ide yang ada menjadi bentuk komunikasi visual yang bisa diterima oleh konsumen.

1. Berkomunikasi dengan Klien

Desain grafis tidak hanya bertugas dibalik layak komputer namun juga berkomunikasi dengan klien guna membahas tujuan bisnis yang hendak dicapai. Pertama mengetahui permasalahan yang sedang terjadi,kemudian mengidentifikasi dan mengumpulkan data yang diperlukan.

2. Estimasi Waktu Pengerjaan

Untuk memvisualkan ide dan juga gagasan, seorang desain grafis dibantu dengan komputer dan software dalam proses pembuatannya. Berberapa software yang sering digunakan diantarannya adobe photoshop, GIMP, adobe illustrator, Inkscape, Coreldraw dan Adobe Indesign. Meskipun dibantu dengan mengunakan alat, seorang desain grafis harus mampu menestimasi waktu dalam mengerjakannya.

3. Mengembangkan Prototype dan mempresentasikannya.

Setelah semua data yang diperlukan terkumpul kemudian ide serta konsep dikembangkan maka Desain Grafis harus mewujudkan dalam bentuk prototype kemudian dipresentasikan agar mudah dipahami oleh klien. Jika dalam prosesnya masih terdapat beberapa hal yang kurang sesuai maka Desain Grafis harus me re- desain kembali.

4. Bekerjasama dengan Divisi Lain

Meski bekerja sendiri dalam proses desain namun seorang desain grafis tetap memerlukan bantuan dari beberapa tim seperti copywriter, fotografer, account executive, pengembang web dsb. Karena itudiperlukan kerjasama yang solid agar tujuan dari perusahaan dapat tercapai.

Persyaratan Menjadi Desain Grafis

Untuk dapat menjadi seorang Desain Grafis yang handal tentu harus dapat memenuhi beberapa persyaratan berikut ini :

1. Memiliki latar belakang pendidikan sarjana untuk bidang study Graphic Design (DKV).

Selain telah memiliki dasar pendidikan desain, diperlukan pula ide – ide kuat, konseptual yang tinggi serta memahami desain identitas.

2. Menguasai software seperti Adobe Photoshop, Ilustrator, Indesign, After Effect, dan Corel Draw.

Pemahaman mengenai software ini akan mempermudah dalam perwujudan visual dari ide dan konsep yang dimiliki. Sehingga permasalahan akan komunikasi akan teratasi jika mampu mewujudkan visual yang mudah dipahami.

3. Memahami bahasa pemograman seperti HTML dan Javascript.

Bahasa pemograman biasanya dikuasi oleh para programer, namun sebagai seorang Desain grafis tidak ada salahnya untuk mengetahui dan memahami mengenai HTML dan Javascript. Karena beberapa aplikasi seperti Adobe Dreamweaver dan Phothoshop C55 mengunakannya untuk proses desainnya.

4. Berpengalaman dalam pembuatan media promosi.

Media promosi yang biasannya digunakan oleh perusahaan adalah brosur, flyer, poster dsb. Media tersebut dapat berupa hardcopy maupun softcopy sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

5. Menguasai konsep iklan dan animasi.

Tren dalam media digital terus perkembang mengikuti selera masyarakat, karena itu seorang Design grafis dituntut selalu up to date. Meskipun sifatnya fleksibel namun kini tren berkembang mulai dari desain gambar sampai dengan animasi.

Jenjang Karir dan Gaji Desain Grafis

Profesi Desain grafis adalah profesi yang memiliki cakupan pekerjaan yang cukup luas. Sehingga pekerjaan ini memiliki jenjang karir yang sangat baik dan menawarkan gaji yang mumpuni. Hampir semua perusahaan yang bergerak di bidang apapun memerlukan keahlianya. Baik perusahaan periklanan, branding consultant, perusahaan percetakan, perusahaan penerbitan,perusahaan startup, hinga perusahaan arsitektur dan developer perumahan.

1. Desain grafis dan Advertising

Keahlian Desain grafis akan digunakan untuk meciptakan ilustrasi , tipografi,fotografi dan grafis motion. Karya tersebut digunakan untuk membuat brosur, label dan iklan. Untuk kisaran gaji yang diberikan pada profesi ini adalah kisaran Rp. 4.000.000 sampai dengan Rp. 6.000.000 .

2. Desain Grafis untuk Interior

Memiliki dasar keahlian yang sama, desain grafis untuk interior mencakup pengambaran ide kemudia divisualkan dalam pengambaran semua bagian dalam rumah, bagian luar tak terkecuali elemen pendukungnya seperti furniture , cat dinding,pintu ,jendela dan gerbang.

Untuk jenis pekerjaan ini seorang desain grafis menerima gaji pada kisaran Rp. 10.000.000 sampai dengan Rp, 15.000.000 tergantung tingkat kesulitan pekerjaan.

3. Desain Grafis untuk Game dan Animasi (film)

Berbeda lagi dengan Desain Grafis yang terfokus pada pembuatan game atau animasi (film) maka tingkat keahlian dan kesulitan yang dihadapi lebih tinggi. Bukan sembarag desain grafis,yang bekerja pada bidang ini harus memiliki passion dan keahlian khusus. Karena itu gaji yang ditawarkan tidak main – main, minimal setiap bulannya profesi ini akan mengantongi minimal Rp. 30.000.000.

Profesi ini dapat dikatakan sebagai profesi dengan jenjang karir paling menjanjikan di era digital seperti saat ini. Dimulai dari menjadi junior staff yang biasannya tergabung dalam tim, kemudian menjadi senior staff yang hanya membawahi satu tim dan membina tim desain kemudian menjadi Manajer tim desain yang membawahi lebih dari satu tim dan bertanggung jawab langsung terhadap satu divisi.

Bahkan beberapa desain grafis yang telah memiliki jam kerja tinggi berani untuk membuat perusahaan sendiri sehingga mampu memperoleh pendapatan yang jauh diatas rata – rata pekerjaan sebagai seorang desain grafis profesional.

Sudah tahu jobdesk dan tugas desain grafis bukan? Baca juga profesi yang lain berikut ini :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.