pengertian sem specialist

SEM Spesialist: Pengertian, Jobdesk, Tugas, Kualifikasi dan Gajinya

Diposting pada 13 views

Pengertian SEM Spesialist – SEM (Search Engine Marketing) bisa dikatakan memiliki peran yang sama dengan SEO Spesialist dalam suatu perusahaan. SEM Spesialist memiliki peran untuk membuat website atau blog perusahaan berada pada urutan teratas.

Berbeda dengan SEO, SEM lebih menekankan pada aktivitas marketing dengan mengunakan iklan berbayar pada mesin pencari seperti google, Bing atau Yahoo.

Seseorang yang memiliki profesi sebagai SEM Spesialist harus memiliki pemahaman mengenai peringkat mesin pencari. Hal ini diperlukan untuk menyusun strategi agar situs web perusahaan dapat masuk kedalam peringkat teratas secara organic maupun berbayar.

SEM Spesialist tidak hanya menjadikan website perusahaan berada pada urutan teratas namun juga memiliki tujuan menarik pengunjung baru, menciptakan konsumen loyal serta membangun identitas yang baik bagi perusahaan.

Jobdesk SEM Spesialist

Secara garis besar Profesi SEM Spesialist memiliki kendali menjalankan strategi pemasaran perusahaan dan bertanggung jawab penuh terhadap aspek pemasaran dalam perusahaan. Namun, secara spesifik Jobdesknya dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Handle digital marketing seperti SEM, Facebook Ads, IG Ads, Tiktok).
  2. Memaksimalkan konversi dari setiap campaign yang dijalankan
  3. Monitoring dan analysis campaign yang sedang dijalankan.
  4. Membuat laporan performance ads dari all platform setiap minggu dan bulan.
  5. Meningkatkan sales (penjualan)
  6. Membuat landing page, gambar/video untuk kebutuhan campaign.

Kualifikasi :

  • Lulusan sarjana jurusan ilmu komunikasi, pemasaran, IT, periklanan
  • Memiliki pengalaman setidaknya 1 tahun sebagai SEM Specialist
  • Memiliki pengalaman terhadap tools analytics seperti Google Analytics 360, Google Tag Manager, Adobe Analytics)
  • Memiliki skills copy writing
  • Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Memiliki pemahaman strategi pemasaran online (digital marketing)
  • Memiliki kemampuan dalam membuat landing page dengan page builder (ex: Elementor, Divi, Wp Bakery)
  • Memiliki basic kemampuan desain grafis dan editing video.

Baca juga : Cara Menjadi SEO Specialist

Tugas SEM Spesialist

Beberapa orang berpikir bahwa SEO dan SEM Spesialist memiliki tugas yang sama namun sebenarnya kedua profesi ini memiliki sedikit perbedaan.

Jika SEO Spesialist lebih menekankan pada isi dari sebuah website yang bermuatan marketing seperti keyword, backlink dan engagement berbeda dengan SEM Spesialist yang memiliki tugas sebagai berikut :

1. Mengelola Iklan

SEM Spesialist akan bekerjasama dengan divisi desain untuk membuat konsep mengenai iklan yang mengambarkan mengenai brand perusahaan serta produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

SEM Spesialist iklan seperti apa yang akan ditautkan pada social media facebook, Instagram dan google. Berapa besar biaya yang diperlukan serta seperti apa manfaat yang akan diperoleh dari pemasangan iklan tersebut.

3. Menentukan Target Pasar

Memiliki tugas yang sama dengan SEO Spesialist yaitu membuat informasi khususnya produk yang ditawarkan perusahaan sampai ke tangan konsumen yang sesuai dengan target yang diharapkan.

Karena itu, SEO dan SEM Spesialist bekerjasama membuat riset mengenai kata kunci (keyword) yang akan digunakan pada materi yang akan dimuat di social media serta website guna mencapai peringkat teratas dalam search engine.

4. Optimalkan Teknik Digital

Tugas lainnya adalah bertanggung jawab atas beberapa system digital yang digunakan seperti Search Engine Optimization, Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing, dll.

5. Membuat Campaign Untuk Berbagai Kebutuhan Perusahaan

Brand dapat diibaratkan sebagai wajah dari sebuah perusahaan, website adalah media untuk menampilkan identitas , profil dan keunikan dari perusahaan tersebut. SEM Spesialist diberikan kewenangan untuk memperkenalkan perusahaan ke kalayak umum melalui berbgaia strategi bisnis digital.

Perusahaan berharap branding dapat meningkatkan reputasi bisnis, menambah investasi, mendapatkan konsumen baru, serta kepercayaan terhadap produk – produk yang diluncurkan.

7. Menyusun Strategi Digital Marketing

SEM Spesialist membuat perencanaan bisnis dengan memanfaatkan berbagai teknologi digital. Berbeda dengan SEO Spesialist yang menekankan pada isi website, SEM Spesialist melakukan optimalisasi iklan berbayar pada IG, FB dan Google.

SEM Spesialist akan membuat anggaran dan pengelolaan iklan berbayar secara berkala kemudian membuat laporan mengenai efektifitas dari layanan tersebut.

8. Report dan Analisis

Dengan mengunakan anaslisa metrik SEM Spesialist membuat laporan untuk pengoptimalan konten dan alogaritma.

Persyaratan SEM Spesialist

Profesi SEM Spesialist berbeda dengan profesi marketing pemasaran pada umumnya. Meskipun memiliki target yang sama yaitu meningkatkan penjualan produk, namun SEM Spesialist mengunakan strategi digital bukan hanya menaikan penjualan tapi juga untuk memperkenalkan brand perusahan. Untuk menjadi SEM Spesialist berikut beberapa persyaratan yang harus dipeuhi :

1. Berpengalaman sebagai SEM/SEO Spesialist

Memiliki job desk yang serupa, seseorang yang telah berpengalaman sebagai seorang SEO Spesialist dapat juga mengemban tugas sebagai SEM Spesialist. Pengalaman sebelumnya akan mempermudah kinerjanya karena menuntut lingkup tanggung jaab yang lebih luas.

2. Memiliki Pengalaman dengan program industri Digital Agency

Persyaratan yang harus dipenuhi lainnya adalah memahami mengenai program industri SEO/SEM seperti Google Analytics, Google Ads, dll. Untuk mengetahui mengenai jumlah pengunjung erdasarkan informasi halaman pengacu seperti mesin pencari,halam iklan dan pay per klik biasannya mengunakan Google Analytics.

3. Suka Berkompetisi dan Tantangan

Profesi SEM Spesialist dituntut untuk bekerja secara kreatif dan mampu berkompetisi dengan perusahaan lainnya. Hal ini dikarenakan pemanfaatan teknologi digital berkembang dengan cepat sehingga harus terus diperbarui dan diikuti.

4. Pengalaman di bidang marketing

Meskipun tidak terjun langsung pada penjualan ke konsumen, namun SEM Spesialist harus memahami mengenai aspek- aspek dalam pemasaran. Diantarannya seperti pertumbuhan pelanggan, promosi,tren yang disukai konsumen dsb.

5. Pandai Berkomunikasi

Baik secara lisan maupun tertulis, SEMSpesialist dituntut untuk mampu berkomunikasi baik melalui tulisan maupun secara verbal dengan rekan kerja dan juga manajemen. Hal ini berkaitan dengan laporan –laporan serta analisa yang akan disampaikan mengenai perkembangan strategi digital untuk meningkatkan atensi konsumen.

6. Tertarik dan Menyukai Bidang Digital Marketing

Meskipun harus menempuh pendidikan S1, namun beberapa perusahaan akan mengabaikan latar belakang pendidikan yan ditempuh. Perusahaan akan lebih mengutamakan pengalaman dan ketertarikan pada bidang digital marketing.

Gaji SEM Spesialist

Profesi sebagai seorang SEM Spesialist merupakan salah satu profesi yang banyak dicari sejajar dengan SEO Spesialist. Karier yang ditawarkan untuk profesi ini juga beragam, jika memenuhi kriteria seorang SEM Spesialist bisa menjadi seorang manajer hanya dari masa kerja kurang dari 5 tahun.

Berikut range gaji yang ditawarkan .

1. SEM Specialist

Memiliki tugas untuk mencari kata kunci, mengoptimalkan kontent halaman, dan mencari strategi iklan yang efektif. SEM Specialist adalah sem dengan tugas yang paling umum yaitu mengelola campaign iklan yang ada di search engine (google ads) termasuk iklan di FB, IG, Tiktok dll . Untuk tanggung jawab ini gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp 6.000.000s/d Rp 17.000.000.

2. SEM Copywriter

Bertugas untuk menulis content yang SEO Friendly,menarik dan mengandung muatan marketing jabatan ini dihargai dengan gaji Rp 4.000.000 s/d Rp 12.000.000. Tak hanya pegawai tetap, kini banyak perusahaan yang mengunakan jasa SEO Copywriter freelance dengan gaji yang disesuaikan dengan project.

3. SEM Manager

Layaknya seorang manager,SEM Manager bertugas melaporkan semua hasil kerja tim kepada SEM Director berupa laporan hasil research keyword, kontent, strategi ,link building dsb. Peran yang penting ini dihargai dengan gaji Rp 12. 000.000 s/d Rp 35.000.000.

Namun biasanya SEM Manager ini di isi dengan jabatan lain seberti Digital Marketing Manager.

4. SEM Director

Membawahi beberapa team, SEM Director memiliki tanggung jawab mengarahkan , membuat strategi, mengawasi kinerja team, memberikan pelatihan, dan ikut serta dalam optimisasi website.

Merupakan jabatan tertinggi dan tingkatan SEM Spesialist gaji yang diberikan cukup tinggi yatu pada kisaran Rp 17.000.000 s/d Rp 40.000.000. Belum termasuk tunjangan kesehatan,asuransi dan fasilitas penunjang lainnya.

Demikian artikel tentang Jobdesk dan Tugas SEM Specialist. Selanjutnya dapat membaca artikel menarik yang lain berikut ini :

Tips Belajar VPS

Tips Memilih Cloud Hosting

Manfaat dan Keuntungan Pemasaran Online

Tugas Marketing Communication

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.