motto skripsi dari al-quran dan hadits

20 Contoh Motto Skirpsi dari Al-Quran dan Hadits

Diposting pada 286 views

20 Contoh Motto Skirpsi dari Al-Quran dan Hadits – Skripsi maupun tugas akhir adalah satu karya ilmiah yang terkadang menjadi momok bagi mahasiswa, mengapa? Karena banyak mahasiswa yang harus telat lulus gara-gara skripsinya tidak selesai-selesai, penyebabnya pun beragam mulai dari sibuk karena sambil kerja hingga dapat dosen yang tidak mengenakkan.

Namun Anda harus tetap semangat dalam menyelesaikan skripsi, ingat ada orang tuamu yang setiap harinya bersusah payah untuk mencari nafkah guna membiayai kuliahmu.

Salah satu bagian penting dari skripsi adalah motto, bagian ini pasti ada dan menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk mengeluarkan prinsip hidup maupun quotes terbaik yang mereka miliki.

Ada juga mahasiswa yang mengambil motto dari Al-Qur’an, Hadits sampai tokoh-tokoh islam. Sebelumnya kitapunya.net juga sudah membahas tentang contoh motto skripsi yang didalamnya terdapat berbagai macam motto seperti dalam bahasa inggris, menurut para tokoh, motto islami, motto unik dan motto dari Al-Quran.

Walaupun demikian, kami tetap ingin membahas dalam artikel secara khusus agar bahasannya semakin lengkap dan mendalam. Motto skripsi dari Al-Quran dari Hadits dibawah ini akan terus kami update, tujuannya agar semakin banyak pilihan dan bisa memudahkan Anda dalam membuat motto.

20 Contoh Motto Skripsi dari Al-Qur’an dan Hadits

1. Surat Yusuf ayat 87 – Jangan Putus Asa

… dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.

Dalam ayat Q.S. Yusuf ayat 87 ini menceritakan tentang kisah nabi Yaqub yang kehilangan anaknya (Nabi Yusuf). Nabi Yaqub ini kemudian menasihati anak-anaknya yang lain agar mencari Nabi Yusuf yang hilang, selain itu juga menasihati agar jangan sampai berputus asa dari Rahmat Allah.

Allah adalah Maha Pengasih dan Maha Penyayang, jangan sampai kita memiliki prasangka buruk terhadap Allah swt. Allah swt pasti akan mengampuni dosa-dosa hambanya yang serius bertaubat, dan akan membantu hambanya yang dengan sungguh-sungguh meminta pertolongan.

2. Surat At-Taubah ayat 40 – Jangan Berduka Cita

… Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita….

Jika Anda mengalami banyak tantangan dan kendala ketika mengerjakan skripsi, motto yang satu ini mungkin cocok untuk Anda. Ayat di atas menyadarkan kita bahwa tidak ada gunanya untuk bersedih hati secara terus menerus, kita harus yakin bahwa Allah selalu bersama kita sehingga tidak perlu risau dan takut.

Kita juga harus sadar bahwa skripsi yang kita selesaikan adalah karena bantuan dari Allah swt. Tanpa bantuan dan ridhanya, tentu kita tidak dapat menyelesaikan skripsi tersebut.

3. Surat Al-Baqarah ayat 216 – Baik dan Buruk

Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.

Ayat di atas bercerita bahwa hanya Allah saja yang Maha Mengetahui, sedangkan manusia tidak. Ini merupakan tamparan keras bagi kita yang sering merasa benar sendiri dan gampang menyalahkan orang lain, padahal pendapat kita belum tentu 100% benar, dan pendapat orang lain juga tidak selalu salah.

Ini juga bisa dikaitkan dengan skripsi, bahwa skripsi tersebut tidak 100% benar. Mungkin suatu saat akan ada orang yang menyanggah atau menyangkan teori / penelitian yang ada di skripsi yang kita buat. Intinya kita balikkan lagi kepada Tuhan, bahwa hanya Allah sajalah Tuhan Yang Maha Mengetahui.

4. Surat Ath-Thalaq ayat 2-3 – Jalan Keluar Bagi Yang Bertaqwa

Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya.

Dalam Q.S. Ath-Thalaq ayat 2-3 Allah berfirman bahwa orang yang bertaqwa akan Allah mudahkan dan diberi jalan keluar terhadap urusan maupun masalahnya. Allah juga memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Jika Anda adalah orang yang yakin dan berusaha untuk bertaqwa kepada Allah, maka tidak perlu takut. Anda harus bertawakal agar Allah mudahkan dalam mengerjakan dan menyelesaikan skripsi.

5. Surat Ali Imran ayat 139 – Jangan Bersikap Lemah

Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu beriman.

Ayat ini bisa Anda jadikan sebagai motto skripsi dari Al-Quran dan Hadits. Ayat dalam Surat Ali Imran ini membuat kita lebih bersemangat, lebih percaya diri bahwa kita manusia diperintah oleh Allah agar jangan bersikap lemah dan bersedih hati.

Padahal Allah telah anugerahkan kepada manusia dengan segala kelebihannya yang tidak dimiliki makhluk hidup lain. Pokoknya jangan sampai ketika kita mengerjakan skripsi kita merasa lemah dan tidak percaya diri, kita harus kuat dan yakin bahwa kita bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu.

6. Surat Al Baqarah ayat 286

..Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya..

Ayat ini mengisyaratkan bahwa Allah tidak memberikan ujian kepada hambanya di luar kesanggupannya. Itu artinya apa yang menimpa kita saat ini berarti kita pasti bisa melewatinya, jika Anda diberi ujian dengan dosen penguji yang galak yakinlah bahwa Anda memang ditakdirkan untuk dapat melewati ujian skripsi bersama dosen galak tersebut.

7. Surat Al-Anfaal ayat 46 – Bersabarlah

Dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Dalam proses menyelesaikan skripsi terkadang itu menguji kesabaran kita, terutama ketika kita menemukan berbagai kendala seperti :

  • Revisi 100 kali.
  • Dosen susah ditemui.
  • Nunggu dosen berjam-jam ehh taunya ngga datang.
  • Sudah sampai bab 3, eh suruh ganti judul.

Tentu itu membuat Anda harus bersabar kan? Maka dari itu ayat ini sangat cocok untuk dimasukkan dalam motto skripsi. Artinya kita harus bersabar, dan yakin bahwa Allah bersama orang-orang yang sabar.

Baca juga : 100+ Kata Kata Motivasi Diri Penuh Semangat

Conttoh Motto Skripsi dari Al-Qur’an dan Hadits Yang Lain

8. QS. Al-Isra ayat 70

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkat mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.

9. Q.S Fatir: 5 – Kehidupan Dunia

Maka jangan sekali-kali membiarkan kehidupan dunia ini memperdayakan kamu.

10. Q.S. Al-Alaq ayat 14 – Allah pasti Melihat

Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?

11. Q.S Al-Hadid: 4 – Allah Maha Melihat

Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

12. Q.S Al-Jumu’ah: 11 – Allah Pemberi Rizky

Dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki.

13. Q.S Yunus: 55 – Semua ini milik Allah

Ingatlah, sesungguhnya kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan di bumi.

14. Q.S Al-Zalzalah: 7 – Kebaikan Kecil pasti mendapat Balasannya

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apapun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

15. Q.S. Al Ankabut – 64 – Kehidupan Akhirat

Dan sesungguhnya akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, jika saja mereka mengetahui.

16. Q.S. An-Najm ayat 43 – Tertawa dan Menangis

Dan sesungguhnya Dia-lah yang menjadikan orang tertawa dan menangis. .

17. Q.S Az-Zumar ayat 9 – Orang Yang Mengetahui

Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui? Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.

18. Q.S. Al-Mujadalah ayat 11 – Orang Yang diberi Ilmu Pengetahuan

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

19. Hadits tentang Menuntut Ilmu

Rasulullah bersabda : Barangsiapa menempuh jalan untuk mendapatkan ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. HR. Musilm.

Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim. HR. Ibnu Majah no. 224

20. Hadits tentang Ilmu Agama

Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang ilmu agama. HR. Bukhari no. 71 dan Muslim No. 1037

Kurang lebih di atas adalah 20 contoh motto skripsi yang diambil dari hadits dan Al-Qur’an, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : 50 Kata Kata Kerja Keras Demi Masa Depan

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.