contoh surat pengunduran diri dari organisasi

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Format Word (DOC)

Diposting pada

Contoh surat pengunduran diri dari organisasi di bawah ini mungkin Anda butuhkan sebagai referensi dalam membuat surat pengajuan pengunduran diri.

Kita tahu bahwa ada banyak orang yang memilih mundur dari jabatan organisasi dengan berbagai alasan, entah itu karena habis masa jabatan, tekanan, dan lain sebagainya.

Meski begitu, pengunduran diri tersebut harus dilakukan secara sopan dan resmi melalui surat pengunduran diri. Contoh surat pengunduran diri dari organisasi diperlukan bagi Anda yang belum mengetahui formatnya.

Tidak hanya ketua atau pejabat organisasi saja yang harus membuat surat resmi saat mengundurkan diri, anggota biasa pun harus membuat surat agar pengunduran diri dapat diterima dengan baik. Meskipun hanya sebuah organisasi, alangkah baiknya tetap menggunakan surat resmi agar reputasi Anda tetap baik dan dapat menghargai sebuah pekerjaan.


Pengertian dan Fungsi Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri singkat

Surat pengunduran diri dari organisasi, adalah salah satu jenis surat yang menerangkan bahwa seseorang akan berhenti bekerja atau menjabat di sebuah organisasi.

Mengundurkan diri dari sebuah jabatan dan pekerjaan merupakan sebuah hak setiap pegawai. Anda boleh mencantumkan alasan pengunduran diri, sebaiknya tulis alasan dengan logis agar mudah dipahami oleh atasan.

Fungsi dari surat pengunduran ini tentunya untuk menyampaikan secara resmi bahwa Anda akan mundur dari sebuah jabatan. Beberapa contoh surat pengunduran diri dari organisasi bisa Anda tiru untuk mengajukan pengunduran diri. Baik itu pejabat organisasi maupun anggota biasa, semestinya harus menggunakan sebuah surat jika ingin mundur.

Banyak sekali alasan logis yang bisa Anda gunakan mulai dari sulit meluangkan waktu, tidak sanggup mengikuti program kerja, jarak tempat tinggal yang jauh dari kegiatan yang diadakan organisasi, dan masih banyak lagi.

Pengunduran diri dari organisasi akan lebih mudah jika dibandingkan dengan pengunduran diri dari tempat kerja, yang biasanya harus menempuh beberapa mediasi.

Contoh Surat Pengunduran diri Dari Berbagai Organisasi

Contoh surat permohonan pengunduran diri dari organisasi

1. Contoh Surat Pengunduran Diri dari MAPALA

Bandung, 10 November 2020

Perihal : Pengunduran Diri
Lampiran : –
Yth.
Ketua MAPALA
Universitas Jaya Bandung

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini saya : 

Nama : Gilang Purnama Saputra
Tempat, tanggal lahir : Bangung, 21 Januari 1998
NIM : 111999888333
Alamat : Jalan Pramuka No 10

Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari organisasi kampus MAPALA Universitas Jaya Bandung terhitung Bulan Januari mendatang.

Alasan dari pengunduran diri ini adalah karena saya kekurangan waktu luang karena banyaknya tugas dari kampus dan periapan untuk Menyusun skripsi. Saya sangat berterima kasih atas pengalaman yang saya terima selama bergabung dalam organisasi MAPALA.

Semoga organisasi MAPALA UJB semakin maju dan berkembang lagi. Sekian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Gilang Purnama Saputra

Download di Google Drive : Download Format Word

MAPALA adalah organisasi mahasiswa pecinta alam yang hampir ada di setiap kampus Indonesia.

Contoh surat tersebut menggunakan alasan tidak bisa meluangkan waktu karena kegiatan kuliah yang padat, alasan ini cukup logis karena kuliah memang harus jadi prioritas.

Penulisnya juga menyampaikan terimakasih kepada organisasi tersebut, agar memberikan kesan menghargai. 

2. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi OSIS

Surakarta, 20 Mei 2018

Yth. Pembina OSIS
SMA N 2 Surakarta
Di Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Putri Latifah
NIS : 9383399
Kelas : XII IPS 3
Jabatan : Ketua Sekbid sastra dan budaya OSIS SMA N 2 Surakarta.

Bersama ini saya ingin menyampaikan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai ketua sekbid sastra dan budaya di OSIS SMA N 2 Surakarta.

Alasannya karena ingin lebih fokus untuk belajar UN (Ujian Nasional) dan memperbanyak waktu luang Bersama keluarga.

Saya sangat berterimakasih kepada Pembina OSIS, segenap pengurus dan anggota OSIS atas Kerjasama dan pengalaman berorganisasi yang cukup berharga ini.

Saya juga menyampaikan peremohonan maaf apabila selama saya menjabat sebagai ketua sekbid memiliki banyak kesalahan. Semoga OSIS SMA N 2 Surakarta semakin sukses dan lancer dalam menyelenggarakan kegiatan sekolah.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Ibu/Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Putri Latifah

Download Format Word (.DOC) : Download

Surat pengunduran diri ini ditujukan langsung kepada pembina OSIS, Kepala Sekolah, dan Ketua OSIS selaku para pejabat tertinggi dari organisasi tersebut.

Dalam surat ini penulisnya tidak menyebutkan alasan pengunduran dirinya, hanya permohonan maaf dan terimakasih yang disampaikan.

Anda bisa membuat surat pengunduran diri seperti ini jika tidak ingin menerangkan alasan secara mendetail.

Sementara itu jika ingin memasukkan alasan tinggal ditambah saja dengan beberapa alasan yang logis untuk keluar dari OSIS seperti :

  • Waktu rapat yang terlalu padat.
  • Ingin fokus ujian akhir nasional.
  • Sakit, harus istirahat lebih.
  • Ingin berwirausaha (membantu orang tua).

Artikel terkait dengan OSIS :

3. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Paskibra

Semarang 20 November 2020

Yth. Pembina PASKIBRA
SMA N 10 Semarang
di Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Indah Setiawati
NIS : 9383399
Kelas : XII IPS 3

Bersama ini saya ingin mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari organisasi PASKIBRA SMA Negeri 10 Semarang dikarenakan sering sakit dan tidak kuat untuk mengikuti berbagai latihan PASKIBRA.

Saya mengucapkan terima kasih atas segala pengalaman dan keterampilan yang saya peroleh selama bergabung dengan organisasi ini. Sekian yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Semarang, 20 November 2020
Hormat saya,

Indah Setiawati

Download Format Word : Download Gratis

Pengunduran diri dari Paskibra bisa ditulis sesuai dengan contoh surat di atas, tanpa menyebutkan alasan secara jelas dalam suratnya.

Paskibra memang menjadi salah satu kegiatan yang melelahkan, sehingga menjadi hal wajar jika seseorang ingin mengundurkan diri karena lelah, fokus belajar, atau waktu yang terbatas sebagai alasan logisnya.

4. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi HIMA

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Yth. 
Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen
Universitas Negeri Yogyakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini : 
Nama : Hardhika Vionika
Jurusan : Manajemen Angkatan 17
Jabatan : Bendahara HIMA Manajemen UNY

Melalui surat ini menyatakan pengunduran diri dari organisasi HIMA Manajemen UNY. Adapun alasan pengunduran diri tersebut adalah : 

  • Menimbang banyaknya kesibukan saya sebagai mahasiswa tingkat akhir.
  • Tidak bisa mengikuti kegiatan organisasi karena jadwal yang begitu padat.

Terima kasih yang sebenar-benarnya saya ucapkan atas pengalaman berharga yang selama ini saya peroleh. Saya juga mohon maaf apabila selama saya menjabat menjadi bendahara melakukan banyak kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenarnya, tanpa dorongan dari pihak mana pun. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Hardhika Vionika

Download format word : Download

Salah satu organisasi penting dalam dunia perkuliahan yaitu HIMA (himpunan mahasiswa), yang biasanya memiliki kegiatan sangat banyak,

Sehingga sangat memungkinkan untuk mengganggu waktu perkuliahan setiap anggotanya.

Jika Anda berniat mengundurkan diri dari HIMA, Anda bisa menulis surat pengunduran diri seperti contoh di atas dengan alasan yang disesuaikan.

5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Pramuka

Sleman, 13 September 2020

Yth.
Pembina Pramuka SMA N 10 Sleman
di tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya : 

Nama : Novi Tri Putri
No. Anggota Pramuka : 2944994
Kelas/Jurusan : XII IPS 3
Posisi/Jabatan : Anggota Dewan Ambalan

Dengan surat ini saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari kegiatan organisasi pramuka SMA N 10 Sleman dengan alasan karena saya ingin fokus untuk berwirausaha membantu orang tua.

Saya ucapkan banyak terimakasih atas pengalaman yang saya peroleh selama mengikuti organisasi kepramukaan. Semoga kegiatan-kegiatan di SMA N 10 Sleman semakin maju dan terus berkembang.

Saya sangat berharap Bapak/Ibu pembina bersedia mengabulkan permohonan saya. Sekian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Novi Tri Putri

Link download : Download Gratis

Contoh surat pengunduran diri di atas menyertakan alasan yang sangat logis, karena pramuka memang kegiatan yang cukup berat.

Alasan memilih resign karena kesibukan turnamen sepak bola antar provinsi, pasti akan langsung dimaklumi oleh ketua organisasi.

Anda bisa menggunakan alasan serupa untuk dapat mempercepat proses pengunduran diri.

6. Contoh Surat Pengunduran Diri dari BEM

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Saya Rangga Yudha sebagai anggota Badan Eksekutif Mahasiswa UGM mengajukan pengunduran diri dari organisasi BEM kampus. Adapun data diri saya adalah sebagai berikut : 

Nama : Rangga Yudha
Jabatan BEM : Anggota Divisi Entrepreneur
Fakultas : Ekonomi
Prodi : Manajemen
NIM : 119933881223
Alamat : Jalan Damai Km. 10, Yogyakarta
Nomor HP : 08528282929298929

Pengunduran diri ini saya lakukan dikarenakan beberapa alasan yaitu : 

  • Banyaknya kegiatan diluar kampus sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan BEM secara efektif.
  • Ingin fokus pada bisnis usaha sendiri.
  • Agar lebih fokus dalam belajar dan mengerjakan tugas.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas ilmu, pelajaran berharga, dan keterampilan yang saya peroleh selama mengikuti organisasi BEM.

Saya juga memohon maaf apabila selama berada di dalam organisasi banyak melakukan kesalahan. Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

8 November 2020
Hormat saya,

Rangga Yudha

Link download file : Download

Contoh surat di atas yaitu surat pengunduran diri dari BEM, Anda bisa menuliskan terlebih dahulu identitas diri dengan jelas seperti nama, nomor induk mahasiswa, jabatan, jurusan, dan fakultas.

Kemudian tuliskan alasan pengunduran diri serta permohonan maaf kepada pihak yang bersangkutan. Agar lebih resmi, sebaiknya tuliskan kolom tanda tangan untuk ketua organisasi.

7. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Karang Taruna

Kepada
Yth. Ketua Karang Taruna
Desa Minggir Kec. Minggir
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini L 

Nama : Ibnu Fajar
No Anggota : KR399
Jabatan : Pengurus Harian Karang Taruna

Bersama ini saya mengajukan pengunduran diri dari Kepengurusan Organisasi Karang Taruna Desa Minggir Kec. Minggir Kab. Sleman 2018 – 2023 dikarenakan harus ke Semarang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi.

Terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk menjadi pengurus harian karang taruna. Saya juga meminta maaf apabila terdapat ucapan atau perbuatan saya yang tidak berkenan selama menjalankan amanah ini. Semoga karang taruna Desa Minggir semakin maju dan berkembang. 

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ibnu Fajar

Download File di Google Drive : Download

Karang taruna adalah sebuah organisasi di lingkungan rt dan rw, sehingga sangat memungkinkan anggotanya banyak yang mengundurkan diri karena karang taruna tidak menjadi prioritas.

Meski hanya organisasi karang taruna, Anda tetap harus membuat surat pernyataan resmi jika ingin mengundurkan diri. Hal itu akan mempertahankan reputasi Anda sebagai pribadi yang baik dan menghormati.

8. Contoh Surat Pengunduran Diri dengan Alasan Rinci

SURAT PENGUNDURAN DIRI DARI OSIS

Kepada
Yth. Ketua OSIS dan Pembina OSIS SMA N 30 Yogyakarta
di Yogyakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya : 

Nama : Burhanuddin Pratama Yudha
Kelas : XII IPA B
Jabatan : Wakil Sekretaris 2

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi OSIS SMA N 30 Yogyakarta dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut : 

  • Tidak diijinkan oleh orangtua
  • Kegiatan OSIS yang terlalu padat
  • Ikut les privat di luar sekolah

Saya ucapkan banyak terimakasih atas pengalaman yang sangat berharga dengan menjadi wakil sekretaris 2. Apabila terdapat kesalahan pada diri saya selama bergabung bersama OSIS SMA N 30 Yogyakarta, saya mohon maaf sebesar-besarnya terutama pada Pembina, Ketua dan segenap pengurus OSIS SMA N 30 Yogyakarta.

Demikian surat permohonan pengunduran diri saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui
Orang Tua Murid


(………………………………………)
Hormat Saya



(………………………………………)
Menyetujui
Pembina OSIS



(………………………………………)
Menyetujui
Ketua OSIS



(………………………………………)

Link Download : Download

Berbeda dengan contoh surat pengunduran diri dari jabatan OSIS yang sebelumnya, contoh surat yang satu ini menuliskan alasannya secara rinci.

Bahkan penulis menuliskannya secara jujur seperti “sudah berkurangnya minat”, hal ini memang bagus karena maksud dan tujuan nantinya akan tersampaikan dengan jelas.

Hanya saja beberapa orang menganggap alasan ini kurang sopan dan logis.

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi Singkat Padat Jelas

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Bantul, 14 Agustus 2020

Kepada,
Yth. Ketua Ikatan Pecinta Basket Kabupaten Bantul
di Tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya Syaifudin Zuhri bermaksud untuk mengundurkan diri dari organisasi Ikatan Pecinta Basket Kabupaten Bantul karena ingin pindah tempat tinggal ke Jakarta. 

Terima kasih sudah mengizinkan saya menjadi anggota dari organisasi ini. Harapan saya, semoga kita tetap menjadi rekan yang baik.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya

Syaifudin Zuhri

Jika Anda tidak ingin menulis surat pengunduran diri secara panjang lebar, contoh surat di atas dapat Anda jadikan referensi.

Isi surat tersebut menggunakan kalimat yang sangat singkat dan jelas, serta tidak mengurangi rasa hormat penulisnya kepada ketua organisasi. Penulisnya juga mengungkapkan alasan dengan jujur dan jelas.

10. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Ketua Organisasi

Untuk mengakhiri hubungan kerjasama dengan baik, Anda perlu mengajukan surat pengunduran diri sebelum resmi keluar dari sebuah organisasi.

Surat tersebut dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi kepada pihak organisasi bahwa Anda niat untuk mengundurkan diri karena alasan tertentu. Contoh suratnya sebagai berikut :

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada
Yth. Pembina OSIS SMA N 30 Bandung
di Bandung

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya : 

Nama : Galih Ginanjar
Kelas : XII IPA B
Jabatan : Ketua OSIS

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Ketua Organisasi OSIS SMA N 30 Bandung dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut : 

  • Sakit dan mengharuskan istirahat lebih
  • Kegiatan OSIS yang terlalu padat

Saya ucapkan banyak terimakasih atas pengalaman yang sangat berharga dengan menjadi Ketua OSIS.

Apabila terdapat kesalahan pada diri saya selama bergabung bersama OSIS SMA N 30 Bandung, saya mohon maaf sebesar-besarnya terutama pada Pembina dan segenap pengurus OSIS SMA N 30 Yogyakarta.

Demikian surat permohonan pengunduran diri saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui
Orang Tua Murid


(………………………………………)
Hormat Saya



(………………………………………)
Menyetujui
Pembina OSIS



(………………………………………)
Wakil Ketua OSIS




(………………………………………)

Identitas pemohon diinformasikan secara detail pada surat, mulai dari umur, alamat nama dan jabatan. Alasan pengunduran diri disampaikan dengan baik pada surat pengunduran diri.

Surat pengunduran diri ditandatangani oleh pihak terkait sehingga terbukti bahwa dokumen tersebut dibuat sendiri oleh pemohon tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Beberapa contoh surat pengunduran diri dari organisasi di atas dapat Anda jadikan referensi sesuai keperluan. Perlu diingat bahwa penggunaan kata yang baik akan menambah kesan menghormati kepada pembacanya. Tulislah surat dengan bahasa yang sopan, agar tidak memutus silaturahmi antar anggota lainnya.

Baca juga artikel tentang Contoh Surat Pengunduran diri dari Organisasi yang lain berikut ini :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.