contoh surat resign karyawan

(DOC) Contoh Surat Resign Karyawan Yang Baik dan Benar Format Word

Diposting pada 678 views

Contoh surat pengunduran diri dari jabatan mampu memberikan Anda gambaran yang lebih jelas tentang struktur serta susunan surat yang baik dan benar. Dokumen ini disampaikan kepada pihak terkait sebagai informasi bahwa Anda ingin mengundurkan diri dari jabatan yang dimiliki sekarang. 

Terdapat beberapa alasan mengapa seseorang ingin keluar atau meninggalkan jabatan yang dimilikinya pada sebuah lembaga maupun perusahaan. Untuk meninggalkan kesan yang baik, Anda harus mengundurkan diri dengan cara yang sopan dan formal.

Cara Membuat Surat Resign Yang Baik dan Benar

Surat pengunduran diri merupakan jenis dokumen formal yang berisikan pernyataan bahwa pembuat surat ingin mengundurkan diri dari pekerjaan atau jabatan yang dimilikinya. Surat ini ditujukan langsung kepada atasan atau pihak berwenang yang ada pada sebuah instansi.

Surat pengunduran diri harus ditulis dengan etika serta bahasa yang sopan agar meninggalkan kesan yang baik. Gunakan kalimat yang ringan serta padat agar informasi bisa tersampaikan dengan baik.


Dalam pembuatan surat pengunduran diri, terdapat beberapa hal yang wajib Anda cantumkan. Beberapa komponen tersebut menjadi bagian penting dalam struktur surat pengunduran diri. Berikut informasinya.

  1. Informasikan secara detail pihak yang ingin Anda tuju pada bagian pembukaan surat.
  2. Informasikan secara jelas alasan mengapa Anda ingin mengajukan surat pengunduran diri seperti pindah rumah, dapat pekerjaan lain, sakit dan lain sebagainya. Jika alasan pengunduran diri Anda karena masalah pribadi dengan pihak lain yang ada di perusahaan sebaiknya jangan disebutkan.
  3. Surat pengunduran diri sebaiknya diketik agar terlihat lebih rapi dan sopan.
  4. Gunakan bahasa penulisan yang baik dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang bagus secara formal.
  5. Tuliskan identitas diri Anda secara jelas meliputi, nama, alamat, jabatan, masa kerja dan lain sebagainya.
  6. Tanda tangani surat pengunduran diri yang Anda buat.
  7. Berikan ucapan terima kasih kepada rekan kerja, atasan dan perusahaan yang selama menjalin hubungan kerjasama bersama Anda.
  8. Tambahkan kalimat doa untuk perusahaan agar bisa lebih maju lagi dibandingkan sekarang.

Anda mungkin merasa kebingungan dalam membuat surat resign, tidak tahu bahasa yang bagus gimana, yang baik dan benar gimana, terlebih jika Anda adalah seorang yang jarang sekali menyentuh komputer atau laptop.

Template Umum Surat Resign Karyawan Format Word (DOC)

Tapi tenang, kitapunya.net sudah menyediakan template surat resign dalam format microsoft word yang bisa langsung download dan ganti dengan identitas dan jabatan Anda di perusahaan. Berikut ini adalah beberapa contoh dan format surat resign yang bisa Anda contoh :

Jakarta, 29 Desember 2020

Yth.
Pimpinan HRD
[Nama Perusahaan]
di [Alamat Perusahaan]

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama : [Nama Kamu]
NIK : [Nomor Induk Karyawan jika ada]
Alamat : [……]
Departemen : [……]
Jabatan : [……]

bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai [Nama Jabatan] di [Nama Perusahaan] terhitung sejak tanggal [Tanggal resign].

Saya ucapkan terimakasih banyak atas kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada manajemen dan seluruh karyawan atas bimbingan dan kerjasamanya.

Saya juga meminta maaf apabila selama saya bekerja banyak salah kata dan perbuatan. Semoga [Nama Perusahaan] semakin maju dan sukses.

Demikian surat penguruan diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Kamu]

Anda bisa mendownload template di atas melalui link menuju google drive di bawah ini :

Contoh Surat Resmi Resign dari Perusahaan

Tanggung jawab pekerjaan di kantor setiap hari tentu akan semakin bertambah, tergantung dari situasi serta jabatan yang Anda miliki. Tingginya aktivitas harian bisa menyebabkan kejenuhan dan timbullah niat untuk berpindah pekerjaan. 

Untuk melakukan itu, Anda harus secara formal meminta izin kepada kantor dengan melampirkan surat pengunduran diri. Simak struktur penulisan contoh surat resign dari jabatan di bawah ini.

Jakarta, 29 Desember 2020

Yth.
Pimpinan Bagian Personalia
PT. Bahagia Sentosa
Jakarta

Dengan Hormat,

Sesuai Surat Perjanjian Kontrak Kerja (SPKK) PT. Bahagia Sentosa tentang karyawan dan undang-undang ketenagakerjaan maka yang bertanda tangan di bawah ini saya :

Nama : Imam Khairudin
NIK : 0394493
Departemen : Sales & Marketing
Jabatan : Staff Marketing

bermaksud mengajukan permohonan untuk pengunduran diri dari PT. Bahagia Sentosa sebagai Staff Marketing terhitung sejak tanggal 19 Januari 2021.

Saya ucapapkan terimakasih banyak atas kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini. Semoga PT. Bahagia Sentosa semakin maju dan sukses.

Demikian surat penguruan diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih,

Hormat saya,

Imam Khairudin

Surat pengunduran diri dari kantor bersifat formal sehingga menggunakan tanggal surat. Surat ini ditujukan langsung kepada Bagian Personalia yang terkait dengan sistem kerja karyawan. Informasi detail karyawan yang mengajukan pengunduran diri dijelaskan terperinci dalam beberapa hal seperti nama, NIK, jabatan dan departemen kerjanya.

Karyawan tersebut mengundurkan diri karena menderita sakit yang cukup serius. Surat ditandatangani oleh pembuatnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa surat tersebut ditulis atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Baca juga : Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Format Word (DOC)

Contoh Surat Resign Buruh dari Pabrik

Bagi temen-temen yang kerja di Pabrik bisa menggunakan template surat resing di bawah ini. Pada dasarnya sih formatnya sama, ada tanggal, tujuan surat dan menyampaikan maksud dari surat yang dibuat.

Perbedaannya mungkin hanya di bagian posisi dan jabatannya. Karena di pabrik relatif lebih banyak jenis jabatannya, jadi tinggal sesuaikan saja dengan jabatan Anda.

Tangerang, 20 Januari 2021

Yth.
Pimpinan Bagian Personalia
PT. Jaya Abadi Nusantara

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Susilo Pradana
NIK : 0393443
Departemen : Produksi
Jabatan : Staff Produksi (Cetak)

bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Jaya Abadi Nusantara sebagai staff produksi terhitung sejak tanggal 2 Februari 2021.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Jaya Abadi Nusantara.

Atas nama pribadi saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Jaya Abadi Nusantara apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja. Saya berharap semoga PT. Jaya Abadi Nusantara ini dapat terus berkembang dan maju.

Demikian surat penguruan diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih,

Hormat saya,

Susilo Pradana

Contoh Surat Resign dari Jabatan Fungsional

Aktivitas kerja yang padat membuat seseorang akan kesulitan untuk membagi waktu sehingga mulai merasakan kelelahan. Kondisi tersebut bisa menimbulkan niat untuk pindah ke perusahaan lain. 

Namun sebelum itu, Anda harus membuat surat pengunduran diri terlebih dahulu minimal 1 bulan sebelumnya. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan bisa memiliki pertimbangan untuk mengisi posisi yang akan Anda tinggalkan. Berikut contoh suratnya.

Surat Pengunduran Diri

Kepada Yth
Manajer HRD
PT. Buana Mandiri Semesta
di tempat

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya:

Nama : Bella Rahmawati
NIK : 9888
Departemen : Keuangan
Jabatan : Staff Akuntansi

bermaksud untuk mengajukan permohonan menundurkan diri sebagai Staff Akuntansi di PT. Buana Mandiri Semesta terhitung sejak tanggal 12 Februari 2021.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak serta segenap direksi dan seluruh karyawan PT. Sejahtera Bersama Marsino.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Hormat saya

Bella Rahmawati

Saya ucapkan

Surat ditujukan langsung kepada atasan perusahaan. Data diri pemohon pengunduran diri didefinisikan secara jelas mulai dari nama, tempat tanggal lahir, no pegawai, jabatan, hingga masa kerjanya. Alasan pengajuan undur diri dari perusahaan dijelaskan dengan baik pada surat. Surat ditandatangani oleh pihak terkait untuk disahkan.

Baca juga : Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Download (DOC)

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pengurus Yayasan

Menjadi pembina yayasan tentu memiliki tanggung jawab yang tinggi sehingga ketika ingin keluar, Anda perlu mengajukan surat pengunduran diri terlebih dahulu. Dokumen tersebut disampaikan agar pihak yayasan bisa mencari pengganti Anda secepatnya. Berikut contohnya.

Wonosobo, 23 Februari 2021

Hal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth.
Pimpinan Yayasan At-Taqwa
di
Wonosobo

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Rino Habil Darmawan
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir : Wonosobo, 19 Maret 1995
Agama : Islam
Alamat : Wonosobo, Jawa Tengah

dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dalam menjadi pengurus Yayasan At-Taqwa dikarenakan harus pindah keluar kota.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Rino Habil Darmawan

Data diri orang yang mengajukan pengunduran diri tertulis secara lengkap dan terperinci pada surat. Surat pengunduran diri menggunakan tanggal surat, yang berarti sifat dari dokumen tersebut adalah resmi.

Alasan pengunduran diri dijelaskan secara sopan dan baik pada surat. Kemudian surat pengunduran diri juga ditandatangani oleh pemohon di atas materai.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Guru

Meskipun sudah lama mengajar sebagai guru di sebuah sekolah, ada kemungkinan Anda harus pindah ke sekolah lain demi mengembangkan karir. Hal tersebut tentu harus dilakukan agar Anda bisa mengembangkan diri dengan baik. 

Sebelum pindah mengajar ke sekolah lain, Anda harus menulis surat pengunduran diri yang ditujukan langsung kepada kepala sekolah. Berikut format penulisannya.

Surat Pengunduran Diri

Kepada Yth
Bapak Joko Susanto
Kepala Sekolah SMP Negeri 20 Pleret Bantul
di Tempat

Dengan hormat,
Bersamaan dengan surat ini, saya:

Nama : Anggun Permata
Jabatan : Guru Bahasa Inggris

Secara resmi terhitung hari Selasa, tanggal 24 September 2020 saya mengundurkan diri sebagai guru bahasa inggris di SMP Negeri 20 Peleret Bantul.

Saya ucapkan rasa terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja dan mengajar siswa-siswi SMP N 20 Pleret.

Tidak lupa saya juga ingin memohon maaf kepaa jajaran Komite Sekolah SMP N 20 Pleret apabila terdapat hal-hal yang tidak baik dan kurang berkenan saat bekerja sebagai guru di SMP N 20 Pleret.

Harapan saya semoga SMP N 10 Pleret menjadi sekolah yang maju berprestasi.

Bantul, 10 September 2020

Anggun Permata

Meskipun terlihat simple, namun surat ini sudah sesuai dengan struktur penulisan yang benar karena terdapat bagian pembuka, isi dan penutup. Surat dibuat ringkas agar tujuan pemberian surat bisa diketahui dengan lebih jelas.

Informasi data diri serta jabatan guru yang mengundurkan diri dituliskan secara mendetail. Dalam bagian penutup, dituliskan rasa terima kasih, permohonan maaf serta doa yang terbaik untuk sekolah di masa yang akan datang. Hal tersebut dilakukan untuk meninggalkan kesan baik pada sekolah. Surat secara resmi diajukan oleh guru yang terkait dan disahkan dengan menggunakan tanda tangan.

Dengan memperhatikan contoh surat pengunduran diri dari jabatan, Anda bisa memahami struktur penulisan surat yang baik dan benar.

Pastikan Anda membuat surat pengunduran diri dengan bahasa yang formal dilengkapi dengan tanda tangan.

Sebaiknya sampaikan surat tersebut kepada pihak terkait jauh hari sebelum Anda ingin mengundurkan diri.

Temukan juga contoh-contoh surat yang lain berikut :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.