contoh surat jual beli m otor format word

Contoh Surat Jual Beli Motor

Diposting pada 230 views

Contoh surat jual beli motor mampu berperan sebagai pedoman bagi Anda yang ingin membuatnya. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa membuat surat perjanjian yang sesuai dan memiliki format yang tepat. Barang berharga seperti motor harus memiliki dokumen untuk mengesahkan hak kepemilikannya.

Untuk itu ketika dijual, Anda harus membuat surat jual beli untuk mengalihkan hak kepemilikannya kepada pembeli. Dengan begitu pembeli memiliki hak penuh atas kendaraan yang dibelinya. Perjanjian harus dilakukan atas kesepakatan antara kedua belah pihak tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Pengertian dan Fungsi Surat Jual Beli Motor

Dokumen Pribadi

Surat jual beli motor adalah jenis surat yang dibuat khusus untuk menginformasikan bahwa telah terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Terdapat beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika membuat surat perjanjian ini agar sesuai dengan aturan serta ketentuan yang berlaku.

Dengan begitu kedua belah pihak busa memahami aturan dan mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan. Surat perjanjian harus ditandatangani oleh kedua belah pihak dengan sadar dan tanpa adanya paksaan.

Kondisi kendaraan yang dijual harus dipastikan dalam keadaan baik. Berikut beberapa hal yang harus dicantumkan pada surat perjanjian jual beli.

Informasi pribadi tentang pihak pertama harus dijabarkan secara jelas dan mendetail di dalam surat dan berperan sebagai penjual.

Pembeli disebutkan sebagai pihak kedua di dalam surat perjanjian. Seluruh informasi detail terkait pihak kedua harus diinformasikan secara detail.
Surat perjanjian harus menyebutkan kendaraan yang diperjualbelikan secara terperinci termasuk, model, warna, tahun, harga dan lain sebagainya.

Harus dijabarkan dengan jelas berapa harga jual yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Menyebutkan dengan jelas kondisi motor saat dibeli, apakah bekas atau baru. Jika bekas, harus dijabarkan apakah ada kerusakan yang bisa merugikan di kemudian hari atau tidak.

Jenis transaksi yang dilakukan harus dicantumkan dengan jelas, apakah pembelian dilakukan secara cash atau dengan sistem cicilan. Untuk pembayaran melalui transfer, pemilik harus mencantumkan nomor rekening yang valid.

Contoh Surat Jual Beli Motor Berbagai Kondisi

1. Download Contoh Surat Jual Beli Motor Bekas Format Doc

Meskipun membeli motor secara bekas, Anda dan pemilik kendaraan sebelumnya harus memiliki surat perjanjian jual beli untuk melindungi transaksi. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman antara kedua belah pihak di kemudian hari.

Pada beberapa kondisi bisa saja belum dibalik nama dengan nama pembeli yang baru. Untuk itu ketentuan pembayaran pajak dan lainnya juga harus diinformasikan dengan jelas pada surat. Berikut simaklah contoh surat jual beli motor sebagai berikut.

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI MOTOR

Pada tanggal 10 Januari 2020 telah dilakukan kesepakatan antara Bapak Indrawan sebagai pemilik motor dan Bapak Sutikno sebagai pembeli motor. Adapun motor yang djual adalah Yamaha Nmax dengan warna hitam tahun 2019.

Berikut ini adalah data diri pihak-pihak terkait :

Nama : Indrawan Setianto
No KTP : 13131399990111
Alamat : Jalan Maju Mundur No 14 Yogyakarta

Kemudian disebut dan bertindak sebagai Pihak Pertama.

Nama : Sutikno Bejo Sekali
No KTP : 11134491101010
Alamat : Jalan Penuh Setia No. 39 Yogyakarta

Kemudian disebut dan bertindak sebagai Pihak Kedua. Bahwa telah dipustkan dan diterangkan hal-hal sebagai berikut :

Pasal 1

Pihak pertama telah menjual sepeda motor kepada Pihak Kedua, dengan kriteria sebagai berikut :

Merek : Yamaha
Tahun : 2019
Warna : Hitam
No Plat : AB 1111 KK
Kondisi : Bekas

Pasal 2

  1. Pihak pertama telah menjual motor tersebut kepada Pihak Kedua, dengan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun
  2. Pihak Kedua telah membeli motor dari Pihak Pertama, dengan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.
  3. Pihak Pertama adalah pemilik sah dari motor tersebut, dan tidak ada campur tangan pihak lain dalam kepemilikian.

Pasal 3

Pihak Kedua telah mengetahui, melihat dan memerika sendiri keadaan sepeda motor tersebut.

Pasal 4

Pihak Pertama dan Pihak Kedua telah sepakat untuk jual beli motor tersebut, dengan harga sebesar Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) yang dibayarkan secara tunai oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama pada saat penandatanganan ini. Bukti jual beli adalah sebuah kuitansi tersendiri dengan ditandatangani oleh beberapa saksi.

Pasal 5

Kendaraan bermotor dan surat-suratnya diberikan kepada Pihak Kedua setelah penandatanganan surat perjanjian jual beli motor ini.

Pasal 6

Semua cacat dan kerusakan yang timbul setelah perjanjian ini menjadi tanggung jawab Pihak Kedua dan diluar tanggung jawab pihak Pertama.

Pasal 7

Jika terjadi perselisihan diantara kedua pihak, mengenai masalah ini. Pihak Pertama dan Pihak Kedua telah bersepakat untuk menyelesaikannya secara kekeluargaan tanpa membawanya ke depan meja hijau.

Demikian surat perjanjian jual beli ini di buat dan ditandatangani oleh kedua belah pihak tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Perjanjian ini dibuat dua rangkap dan ditandatangani diatas materai, dimana kedua belah pihak memiliki kekuatan hukum yang sama.

Rancah, 13 Januari 2020

Pihak Pertama                                                     Pihak Kedua

ttd

(Indrawan Setianto)    (Sutikno Bejo Sekali)

Saksi 1            Saksi 2

ttd

Dalam surat perjanjian akan diinformasikan secara detail mengenai informasi pribadi kedua pihak yang akan menyepakati perjanjian. Informasi kendaraan yang diperjualbelikan didefinisikan secara detail pada surat perjanjian.

Pembeli akan mentransfer uang sebesar nominal yang telah tertera pada surat perjanjian. Penjual akan memberikan surat-surat kendaraan kepada pembeli saat uang telah diterima. Surat perjanjian akan ditandatangani oleh kedua belah pihak di atas materai agar terlindungi secada hukum.

2. Contoh Surat Jual Beli Motor Kredit

Surat perjanjian jual beli akan menjabarkan hubungan kerjasama antara kedua belah pihak yang telah melakukan kesepakatan untuk memindahkan hak kepemilan barangnya kepada orang lain.

Agar tidak terjadi masalah di kemudian hari, surat perjanjian harus dibuat sebaik mungkin dan disepakati oleh kedua belah pihak. Apalagi ketika proses pembeliannya dilakukan secara kredit, seluruh nominal serta jangka waktu kredit harus dituliskan dengan jelas. Inilah contoh surat jual beli motor dengan sistem kredit.

contoh surat jual beli motor kredit
Sumber : scribd.com

Data pribadi pihak pertama dan kedua dijelaskan secara mendetail di dalam surat perjanjian jual beli. Pembayaran dengan sistem kredit dijabarkan dengan baik pada surat perjanjian. Jangka waktu serta nominal kredit yang harus dibayarkan telah dijabarkan secara mendetail pada surat perjanjian.

Penandatanganan surat perjanjian disaksikan oleh dua orang saksi yang akan ikut menandatangani surat perjanjian. Surat perjanjian juga ditandatangani oleh kedua pihak yang bersangkutan dalam sistem jual beli kendaraan.

3. Contoh Surat Jual Beli Motor Cash

Pembelian motor secara cash mungkin dianggap lebih praktis karena tidak membutuhkan persyaratan dokumen yang bermacam-macam. Namun surat jual beli kendaraan harus tetap dilampirkan sebagai bukti bahwa kepemilikan kendaraan tersebut sudah sepenuhnya menjadi hak pembeli.

Dalam surat harus diinformasikan kapan pembeli melakukan pembayaran dan berapa jumlah nominal yang dibayarkan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh surat jual beli motor di bawah ini.

contoh surat jual beli cash
Source : https://www.scribd.com/doc/312192719/Surat-Perjanjian-Jualbeli-Sepeda-Motor

Jenis kendaraan serta data penjual serta pembeli telah diinformasikan secara jelas pada surat perjanjian. Terdapat beberapa pasal yang telah disepakati dalam hubungan jual beli ini untuk mengatur beberapa ketentuan. Harga pembelian serta metode pembayaran sudah tertulis dengan jelas pada surat perjanjian jual beli.

4. Contoh Surat Jual Beli Motor dengan Materai Untuk Balik Nama .DOC

Surat perjanjian jual beli termasuk dalam kategori surat berharga karena di dalamnya terdapat nominal tertentu yang disebutkan, maka surat tersebut sebaiknya menggunakan materai sebelum disahkan. Penggunaan materai juga mampu memberikan nilai hukum pada dokumen yang telah disepakati.

Agar transaksi yang dilakukan dapat terlindungi hukum, maka kedua belah pihak harus menandatangani surat di atas materai yang berlaku. Berikut contohnya.

SURAT PERJANJIAN BELI MOTOR BEKAS MATERAI

Yang bertanda tangan dibawah ini (pihak pertama) :

Nama : Wahyu Pranomo
Alamat : Jalan Asik Banget Km. 19 Sleman Yogyakarta
No KTP : 11002200330044

Yang bertanda tangan dibawah ini selaku pihak kedua :

Nama : Yudha Wijaya
Alamat : Jalan Damai Km. 10 Condongcatur, Sleman, Yogyakarta
No KTP : 1030104040402022

Kedua belah pihak sepakat untuk melakukan transaksi jual beli motor bekas. Kedua belah pihak juga telah mufakat untuk membuat kesepakatan dalam transaksi jual beli motor tersebut, yang dituangkan dalam pasal-pasal sebagai berikut :

  1. Pihak pertama menjual motor bekas kepada pihak kdua. Dan pihak kedua telah memeriksa kondisi dan kelengkapan dari motor tersebut. Dengan rincia motornya sebagai berikut :
  2. Merek motor : Yamaha Vega ZR
  3. No Plat : AB 2299 RR
  4. Tahun : 2018
  5. Warna : Merah
  6. Motor tersebut benar-benar milik pihak pertama dan telah dibuktikan dengan STNK dan BPKB.
  7. Harga yang telah disepakati oleh kedua belah pihak yakni Rp 9.000.000 (Sembilan juta rupiah).
  8. Untuk pembayaran dilakukan secara cash pada saat penandatanganan surat perjanjian ini.
  9. Pemindahan nama atas nama pihak kedua akan dilaksanakan sesegera mungkin setelah ditanda tangani surat perjanjian ini.
  10. Apabila nanti terjadi masalah diantara kedua belah pihak sepakat akan menyelesaikan secara kekeluargaan terlebih dahulu sebelum menyelesaikan ke pihak yang berwenang.

Demikianlah surat perjanjian ini dibuat dalam rangkap 2 asli yang mana masing-masing sama bunyinya dan juga ditanda tangani di atas materai, serta mempunyai kekuatan hukum yang sama pula serta ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Yogyakarta, 9 Januari 2020

Pihak Pertama >> Pihak Kedua

ttd

(Wahyu Pranomo) >> (Yudha Wijaya)

Surat tersebut biaya pembelian satu unit motor telah dituliskan pada surat perjanjian yaitu senilai 9,1 juta. Pihak penjual akan memberikan surat-surat resmi kendaraan kepada pihak pembeli. Setelah surat ini disahkan, hak kepemilikan kendaraan akan sepenuhnya berpindah kepada pembeli.

Data pribadi pembeli, penjual dan kendaraan diinformasikan secara detail pada surat perjanjian. Kedua pihak melakukan perjanjian sesuai dengan keinginannya sendiri. Persetujuannya terlihat dari tanda tangan yang terdapat pada surat perjanjian.

Baca juga : Contoh Surat Peminjaman Tempat Format Word (Doc)

5. Contoh Surat Jual Beli Motor Bekas Bermaterai

Meskipun membeli motor secara bekas, surat perjanjian jual beli yang dilakukan harus disertai materai agar terlindungi oleh hukum. Dengan adanya dokumen resmi yang sah, Anda bisa melakukan tuntutan jika suatu hal buruk yang tidak diinginkan terjadi. Seperti ini contoh surat perjanjiannya.

contoh surat jual beli motor bekas bermaterai

Link:
https://image.slidesharecdn.com/suratperjanjianjualbelisepedamotor-130903025107-phpapp02/95/surat-perjanjian-jualbeli-sepeda-motor-1-638.jpg?cb=1378176689

Identitas penjual dan pembeli diinformasikan dengan detail pada surat perjanjian. Ketentuan yang disepakati oleh kedua belah pihak dijabarkan ke dalam pasal-pasal agar lebih terperinci. Identitas motor yang dijual didefinisikan secara terperinci pada surat perjanjian. Surat harus disepakati serta ditandatangani langsung oleh kedua pihak yang terkait.

6. Contoh Surat Jual Beli Motor Bekas Sederhana

Surat perjanjian jual beli bisa dibuat dalam beberapa versi tergantung dari kebutuhan serta keinginan kedua belah pihak.

Surat perjanjian dengan format sederhana lebih banyak disukai karena terlihat lebih simple dan mudah dibaca. Seperti inilah surat perjanjian jual beli motor yang dibuat sederhana.

contoh surat jual beli motor bekas sederhana

Source :
https://imgv2-1-f.scribdassets.com/img/document/385169041/original/70b87ce73e/1564353003?v=1

Meskipun surat perjanjian terlihat sederhana, namun informasi barang diinformasikan secara jelas dan terpenci pada surat perjanjian. Informasi pihak pertama selaku penjual dan pihak kedua selaku pembeli diinformasikan dengan jelas pada surat perjanjian.

Pasal-pasal yang mengatur tentang kewajiban dan hak kedua belah pihak dijelaskan secara terperinci ke dalam beberapa poin. Surat perjanjian harus disahkan dengan tanda tangan kedua belah pihak.

Dengan menyimak contoh surat jual beli motor dengan baik, Anda tidak perlu lagi kebingungan untuk membuatnya. Pastikan Anda mengetahui informasi pembeli dengan baik sebelum menjual sebuah barang kepadanya. Surat perjanjian tersebut akan mengikat kesepakatan Anda dan pembeli saat bertransaksi sehingga memiliki kekuatan hukum yang sama.

7. Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor Sederhana

Surat perjanjian memang bisa saja dibuat menjadi lebih sederhana agar terlihat lebih ringkas. Hal tersebut dilakukan agar perjanjian yang disepakati lebih mudah dibaca. Namun pembuatan surat tersebut tentu harus tetap mengikuti ketentuan struktur penulisan yang jelas. Dengan begitu kesepakatan yang dilakukan bisa dinyatakan sah dan terlindungi oleh hukum.

Informasi pribadi tentang pembeli dan penjual serta barang yang diperjualbelikan harus dituliskan secara lengkap dan terperinci pada surat. Simak contoh suratnya di bawah ini.

Contoh surat perjanjian jual beli motor bekas
Halaman 1
surat perjanjian beli motor sederhana

Dalam surat perjanjian jual beli diinformasikan data pribadi pihak pertama selaku penjual dan pihak kedua selaku pembeli. Kendaraan yang dijual telah didefinisikan secara terperinci termasuk nomor polisi, tahun no rangka dan lain sebagainya.

Beberapa ketentuan terkait pembelian motor telah diatur dalam poin-poin secara mendetail. Semua ketentuan yang tertera pada surat perjanjian telah disepakati oleh kedua belah pihak. Hal tersebut bisa dilihat dari pembubuhan tanda tangan yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

*Hubungi kami jika terdapat file yang rusak.

Baca juga : (DOC) Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah Format Word

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.