contoh surat permohonan narasumber untuk berbagai acara

7 Contoh Format Surat Permohonan Narasumber Berbagai Acara (DOC)

Diposting pada 1.086 views

Contoh format surat permohonan narasumber dibutuhkan oleh sebuah organisasi yang ingin menyelenggarakan workshop atau pelatihan untuk bisa mendapatkan pembicara yang sesuai dengan tema kegiatan yang akan diselenggarakan.

Surat permohonan ini bisa diajukan oleh perusahaan swasta, panitia organisasi maupun instansi pemerintah untuk keperluannya masing-masing.

Surat permohonan dikirimkan langsung kepada pihak terkait agar bisa segera dievaluasi. Jika narasumber menyetujui permohonan yang Anda ajukan, maka persetujuan akan dikirimkan kembali. Setiap narasumber mungkin akan memiliki permintaan yang berbeda, untuk itu Anda perlu berdiskusi agar bisa mencapai kesepakatan.

Pengertian dan Fungsi Surat Permohonan Narasumber

Surat permohonan narasumber adalah jenis surat resmi yang berisikan tentang permintaan seseorang kepada orang ahli atau yang disebut sebagai narasumber untuk mengisi sebuah acara tertentu.

Tujuan utama dibuatnya surat ini adalah untuk mengundang dan memohon izin seseorang yang ahli dalam sebuah bidang tertentu untuk membagikan ilmu dan keahliannya untuk para audiens.

Surat ini bisa dikatakan sebagai bentuk dokumentasi atau undangan resmi untuk bisa menghadirkan tenaga ahli pada acara yang diselenggarakan.

Surat permohonan ini harus diajukan dari jauh-jauh sebelum terlaksananya kegiatan yang diinginkan, agar pihak narasumber bisa menyempatkan waktunya untuk mengisi acara.

Untuk bisa membuat surat permintaan narasumber dengan baik, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai berikut.

Sampaikan secara jelas lokasi serta waktu acara akan diselenggarakan.
Sampaikan secara sopan maksud serta tujuan Anda mengirimkan surat permohonan kepada pihak narasumber.

Cantumkan informasi narasumber dengan jelas dan lengkap, agar lembaga memahami dengan baik siapa narasumber yang dimaksud. Setiap lembaga mungkin memiliki narasumber yang cukup banyak.

Tuliskan dengan jelas mengenai tema dan juga judul dari acara yang ingin diselenggarakan. Agar narasumber bisa menyiapkan materi yang sesuaikan.

Disarankan untuk mengirimkan permohonan narasumber langsung ke pihak terkait minimal 2 minggu sebelum kegiatan dilaksanakan.

Gunakan kop surat untuk mencetak surat permohonan, agar pihak narasumber mengetahui dengan pasti dari mana asal surat tersebut.
Surat permohonan harus dibubuhi tanda tangan sebagai bentuk legalitas. Akan lebih baik jika ditambahkan stempel lembaga terkait.

Contoh Surat Permohonan Narasumber Untuk Berbagai Acara

1. Contoh Surat Permohonan Narasumber Seminar Online

Dalam menyelenggarakan seminar dibutuhkan narasumber yang ahli di bidang tertentu untuk bisa memberikan informasi serta pandangan yang sesuai dengan tema yang akan dibahas. Untuk bisa mendapatkan izin dari pihak narasumber, Anda harus melampirkan surat permohonan resmi dan menjabarkan detail kegiatan yang akan dilakukan.

Informasi tentang lembaga penyelenggara, lokasi dan waktu acara pun harus dijabarkan secara jelas agar pihak narasumber bisa menyesuaikan waktu dengan baik. Berikut contohnya :

contoh surat permohonan narasumber
Source : https://www.slideshare.net/awangga/131-ketua-saung-it

Surat permintaan narasumber tersebut diajukan oleh KOMINFO kepada pihak Saung IT. Anda bisa melihat pembuat surat permohonan dari kop surat yang digunakan. Informasi detail tentang acara yang akan dilakukan sudah tercantum pada surat.

Tema kegiatan yang akan diadakan juga telah diinformasikan yaitu Pengembangan Aplikasi Android. Surat telah disahkan oleh lembaga terkait dengan dibubuhkan tanda tangan dari direktur dan cap basah dari organisasi yang membuatnya.

Beberapa jenis seminar yang satu ini bisa dipakai juga untuk :

  • Seminar bisnis
  • Seminar online
  • Seminar usaha
  • Seminar desa
  • Seminar nasional
  • Seminar wirausaha

2. Contoh Surat Permohonan Narasumber Webinar

Seminar menggunakan sistem online saat ini memang banyak digemari oleh masyarakat pada umumnya.

Selain fleksibel, webinar dinilai lebih efektif dalam menyampaikan materi karena bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Namun untuk mendapatkan narasumber yang tepat tidaklah mudah.

Anda harus membuat surat permohonan narasumber webinar dan mengirimkannya melalui email untuk bisa mendapatkan persetujuannya. Berikut contoh suratnya.

contoh surat permohonan narasumber webinar
Sumber : https://www.scribd.com/doc/157020275/Contoh-Surat-Permohonan-Narasumber

Contoh surat permohonan diajukan langsung oleh lembaga dinas sosial kepada seorang ahli yang dianggap memiliki keterampilan untuk mendukung jalannya kegiatan yang diselenggarakan.

Tema kegiatan yang akan diselenggarakan sudah dijabarkan dengan baik sehingga narasumber bisa menyiapkan materi yang akan disampaikan nantinya.

Waktu dan lokasi penyelenggaraan kegiatan telah diinformasikan secara lengkap. Surat harus diisi dengan informasi yang lengkap dan dibubuhi tanda tangan oleh pejabat setempat untuk disahkan.

3. Contoh Surat Permohonan Narasumber Puskesmas

Puskesmas sering mengadakan berbagai acara seperti seminar, workshop dan pelatihan. Materi yang dibahas dalam acara tersebut juga sangat beragam.

Penyelenggaraan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih baik dan menyeluruh terhadap audiens. Untuk mendapatkan persetujuan dari pihak terkait, Anda harus membuat surat permohonan narasumber dengan format yang benar. Berikut struktur penulisannya.

contoh surat permintaan narasumber
Source : https://www.scribd.com/user/172778102/az147r

Untuk permohonan narasumber kegiatan pelatihan, pihak puskesmas membuat langsung surat secara resmi untuk meminta kedatangan narasumber. Surat ditujukan langsung kepada narasumber yang diminta untuk mengisi acara yaitu Kepala Sekolah Dasar Negeri Guntung.

Tanggal, waktu, dan lokasi penyelenggaraan acara telah diinformasikan secara jelas dan mendetail. Tema pelatihan yang akan diselenggarakan diinformasikan secara detail untuk memberikan gambaran kepada narasumber untuk menyiapkan materi yang sesuai. Surat harus disahkan oleh pejabat tinggi puskesmas, ditandatangani serta dicap.

Baca juga : 15 Contoh Surat Keterangan Penghasilan & Gaji Karyawan, PNS dan Pengusaha

4. Contoh Surat Permohonan Narasumber Kegiatan

Setiap jenis kegiatan tentu akan membutuhkan narasumber yang berbeda. Untuk itu, sebelum memilih seorang narasumber, ada baiknya jika Anda melakukan survei terlebih dahulu. Jika sudah pasti, Anda bisa langsung mengirimkan surat permohonan kepada pihak terkait.

Usahakan untuk memperhitungkan waktu dengan baik agar tidak terburu-buru saat mengajukan permohonan narasumber. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan waktu yang cukup bagi narasumber untuk mempertimbangkannya. Simak contohnya sebagai berikut.

contoh surat permohonan narasumber kegiatan
https://www.scribd.com/

Pada contoh surat tersebut Universitas Negeri Yogyakarta mengajukan permohonan narasumber kepada pihak puskesmas untuk bisa mengirimkan perwakilan terbaiknya untuk mengisi acara.

Waktu, lokasi dan tanggal penyelenggaraan acara telah didefinisikan secara detail pada surat permohonan.

Tema kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Sosialisasi Pola Makan Sehat. Untuk itu Universitas Negeri Yogyakarta membutuhkan tenaga ahli yang memahami dengan baik materi tersebut.

Surat permohonan ditandatangani oleh pengurus terkait dan juga diketahui oleh Kepala Dukuh daerah setempat.

5. Contoh Surat Permohonan Narasumber Pelatihan

Agar kegiatan pelatihan bisa berjalan dengan lancar, Anda membutuhkan narasumber yang sesuai. Untuk bisa menggunakan jasa narasumber, Anda perlu mengajukan surat permohonan kepada pihak tertentu.

Surat tersebut nantinya akan direview oleh pihak narasumber sebelum disepakati. Semua informasi yang dituliskan pada surat permohonan narasumber harus didefinisikan dengan jelas dan terperinci agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Berikut contohnya.

contoh surat permohonan narasumber pelatihan
Source : https://www.scribd.com/user/238431309/RidwanSopiansyah

Link download : https://www.scribd.com/document/205648027/Surat-Permohonan-Narasumber

Pada surat tersebut Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga mengajukan permintaan narasumber kepada pihak Bursa Efek Indonesia yang dianggap sebagai pembicara ahli untuk mengisi materi pembahasan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Tema serta judul workshop yang diadakan telah dijelaskan secara mendetail. Dengan begitu pihak narasumber akan lebih mudah untuk menyiapkan materi yang sesuai. Tempat, waktu serta tanggal penyelenggaraan telah diinformasikan pada surat permohonan tersebut. Surat telah disahkan oleh ketua pelaksana dan juga sekretaris.

Baca juga : Contoh Surat Peminjaman Tempat Format Word (Doc)

6. Contoh Surat Permohonan Narasumber Kementerian

Kementerian memiliki narasumber yang berpengalaman sehingga seringkali diminta untuk menjadi pembicara dalam sebuah kegiatan kampus.

Sebelum menunjuk sebuah narasumber, Anda harus mengajukan surat permohonan terlebih dahulu untuk mendapatkan persetujuan dari pihak pembicara. Format penulisan surat permohonannya adalah sebagai berikut.

contoh surat permohonan narasumber kementrian
Source: https://abdulhakimsiagian.files.wordpress.com/

Tema acara yang akan diselenggarakan telah dijelaskan secara mendetail pada surat permohonan sehingga narasumber bisa menyiapkan materi yang sesuai. Waktu, tempat dan tanggal penyelenggaraan acara diinformasikan secara jelas dalam surat.

Dengan begitu narasumber bisa menyesuaikan waktunya dengan kegiatan yang lainnya. Surat disahkan oleh pihak terkait dan dibubuhi tanda tangan serta cap basah organisasi.

7. Contoh Surat Permohonan Narasumber Workshop

Dalam menyelenggarakan sebuah workshop, harus terdapat pembicara yang ahli dan menguasai sebuah bidang tertentu. Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan informasi yang bisa diberikan pada acara tersebut.

Dengan begitu para peserta bisa mendapatkan ilmu dan menikmati acara secara maksimal. Untuk mengajukan permohonan narasumber, gunakan format surat di bawah ini.

contoh surat permohonan narasumber
Source : https://imgv2-1-f.scribdassets.com/img/document/213944378/original/1f7b453dc0/1597718839?v=1

Pihak yang ditunjuk sebagai narasumber diinformasikan dengan jelas pada surat permohonan. Jenis acara serta tema pembahasan pada workshop dijelaskan secara mendetail pada surat permohonan yang diajukan.

Lokasi, waktu dan tanggal pelaksanaan acara diinformasikan dengan baik pada surat permohonan. Surat disahkan melalui tanda tangan pihak terkait.

Setiap instansi mungkin akan memiliki contoh format surat permohonan narasumber yang berbeda-beda, namun tetap memiliki tujuan yang sama. Surat permohonan harus ditandatangani serta disahkan oleh pihak terkait. Stempel basah juga dibubuhkan pada surat permohonan untuk membuktikan legalitasnya.

Baca juga : (DOC) Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah Format Word

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.