Contoh kata resign lewat WhatsApp | Photo by PxHere

Contoh Kata Resign Lewat WhatsApp yang Tepat

Diposting pada 46 views

Kamu tidak perlu ragu untuk resign, berikut cara dan contoh kata resign lewat Whatsapp (WA) yang tepat.

Tidak semua perusahaan memperlakukan pekerjanya dengan baik. Hubungan timpang kerap terjadi antara perusahaan dan pekerjanya. 

Ketimpangan itu bisa timbul dari beban kerja lebih, upah murah, dan ketiadaan jaminan kerja. Jika sudah timpang, biasanya stress kerap melanda seorang pekerja, yang mana akhirnya timbul keinginan untuk resign atau pengunduran diri. 


Meski resign merupakan hal yang biasa terjadi di perusahaan, tapi  kita terkadang sungkan atau bingung untuk melakukannya. Sungkan karena khawatir akan dicap tidak memiliki komitmen pada perusahaan oleh atasan. Atau, bingung karena tidak mengetahui cara dan contoh kata resign yang tepat.  

Apabila kamu merasa sungkan atau ragu, jangan risau. Kamu bisa segera mengajukan resign, bahkan melalui WA. Berikut ini akan dijelaskan cara dan contoh kata resign lewat WA yang tepat. 

Cara membuat contoh kata resign lewat WhatsApp

Mengajukan resign biasanya memang dilakukan secara langsung dengan menghadap pada atasan. Tapi seiring perkembangan teknologi, resign juga bisa dilakukan melalui berbagai media, termasuk WA. 

Meski kamu bisa mengajukan resign lewat WA, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana kultur komunikasi dari perusahaanmu dalam. Ini perlu dilakukan untuk menghindarkan kesalahpahaman yang bisa menganggu proses resign-mu. 

Cara resign lewat WA, pada intinya, juga memiliki prosedur yang sama dengan media lain. Ada beberapa cara untuk mengajukan resign lewat WA yang tepat.

  1. Sampaikan pemberitahuan resign pada atasan 

Pertama cara resign lewat WA adalah kamu harus menyampaikan pemberitahuan resign secara langsung ke atasan terlebih dahulu. Dalam menyampaikan keinginan tersebut, kamu juga harus menyertakan alasan yang kuat. Dengan demikian, atasan akan bisa menerima dan memahami pemberitahuan resign-mu secara baik-baik. 

Perlu diketahui, terdapat beberapa alasan kuat yang bisa digunakan, antara lain sebagai berikut;

  • Pekerjaan tidak sesuai dengan kontrak kerja yang telah ditetapkan di awal
  • Pekerjaan tidak memiliki jenjang karir yang bagus
  • Pekerjaan tidak mendukung perkembangan kualitas diri
  • Ingin membangun usaha secara mandiri
  • Ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi
  • Ingin mengurus keluarga

Jangan sampaikan pemberitahuan resign selain pada atasan, misal rekan kerja. Kamu pasti memiliki rekan kerja di kantor, tapi kamu tidak perlu memberitahu keinginanmu untuk resign pada rekan kerja sebelum atasan mengetahui secara resmi. Ini untuk menghindarkan dari  kesalahan informasi yang bisa saja sampai ke atasan dan akhirnya menganggu proses resignmu. 

  1. Sampaikan pemberitahuan resign jauh-jauh hari

Cara resign lewat WA berikutnya adalah kamu harus menyampaikan pemberitahuan resign jauh-jauh hari pada atasan. Artinya, kamu tidak boleh untuk menyampaikan itu secara mendadak karena akan merepotkan perusahaan dalam mencari penggantimu. Di sisi lain, menyampaikan pemberitahuan resign mendadak juga bisa membuatmu mendapat kesan buruk dari atasan.  

Jadi, paling aman, kamu bisa menyampaikan pemberitahuan resign sekurang-kurangnya 1 bulan sebelum kamu keluar. Ini minimal bisa memberikan waktu pada perusahaan dalam mencari pengganti di posisi pekerjaan yang akan kamu tinggalkan. 

  1. Sampaikan pemberitahuan resign di jam kerja 

Kemudian, cara resign lewat WA adalah kamu harus menyampaikan pemberitahuan resign di jam kerja. Hal ini harus diperhatikan karena setiap orang (termasuk atasanmu) memiliki waktu yang harus dibagi-bagi peruntukannya. 

Meski kamu sudah mengenal dengan baik atasanmu, tapi kamu harus tetap mengikuti aturan formal yang berlaku di perusahaanmu sebagai bentuk profesionalitas. Jadi menyampakan pemberitahuan resign harus sesuai jam kerja supaya tidak menganggu waktu atasanmu. 

  1. Sampaikan pemberitahuan resign dengan sopan 

Selain itu, cara resign lewat WA adalah menyampaikan pemberitahuan resign dengan sopan. Jadi, kamu hanya perlu menyampaikan alasan resign dengan tidak menyinggung pihak lain.

 Jangan sampai kamu memberitahukan alasan resign disertai dengan emosi, misal dengan menjelekan atasan anda. Pemberitahuan resign yang demikian dapat menimbulkan kesan negatif dari atasan pada diri kamu. 

  1. Sampaikan pemberitahuan resign dengan jelas

Terakhir, cara resign lewat WA adalah menyampaikan pemberitahuan resign dengan jelas. Kejelasan ini dibutuhkan agar atasan lebih mudah untuk memahami keinginanmu. Ini mungkin menjadi cara yang berkaitan dengan teknik dalam merangkai kata menjadi pesan untuk memberitahukan keinginan resign

Seperti menulis  pada umumnya, terdapat juga bagian pembuka, isi, dan penutup dalam menyampaikan pemberitahuan resign. Pada bagian pembuka, kamu bisa menyusun kalimat sapaan dan menjelaskan tujuanmu menghubungi atasan. Pada bagian isi, kamu bisa mulai menyusun alasan dari kamu untuk resign dan menjelaskan waktu resign. Kemudian, pada bagian penutup, kamu bisa menyusun kalimat terima kasih. 

Contoh kata resign lewat WA 

Menyusun kata resign lewat WA pada kenyataanya tidak mudah. Sebagaimana telah disampaikan, seseorang tidak segera resign bisa jadi karena sungkan untuk menyampaikannya pada atasan. 

Pun, meski sudah mengetahui cara menyampaikan, terkadang kita masih bingung.  Mempertimbangkan rangkaian cara resign lewat WA di atas, berikut beberapa contoh kata resign lewat WA yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Contoh 1 

“Selamat siang Bapak/Ibu, saya (sebutkan namamu) bermaksud mengajukan pengunduran diri dari (sebutkan nama perusahaan tempat kamu bekerja) sebagai (sebutkan posisi/jabatan kamu), terhitung sejak (sebutkan waktu berhenti kerja yang kamu rencanakan) atau satu bulan setelah pesan pengunduran diri ini dibuat.

Saya mengundurkan diri karena (sebutkan alasan pengunduran diri). Saya harap alasan ini dapat dipertimbangkan. 

Saya juga ucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang saya dapatkan selama bekerja di perusahaan.  Saya juga meminta maaf ke seluruh rekan-rekan kerja, jika selama bekerja sempat terjadi kesalahan dan kekeliruan yang saya lakukan. 

Saya harap perusahaan bisa semakin berkembang, sukses, dan menjadi yang terbaik. Sekian, terima kasih atas waktu dan pertimbangannya.” 

Contoh 2

“Selamat pagi, Bapak/Ibu. Melalui pesan ini, saya (sebutkan namamu) sebagai (sebutkan posisi/jabatanmu) ingin menyampaikan permohonan pengunduran diri dari perusahaan (sebutkan nama perusahaanmu). 

Mohon maaf sebelumnya, saya menyampaikan permohonan pengunduran diri melalui Whatsapp karena (sebutkan alasan). Berikutnya, saya akan menyampaikan permohonan pengunduran diri ke Bapak/Ibu secara langsung. 

Saya menyampaikan permohonan pengunduran diri terhitung sejak (sebutkan waktu berhenti kerja yang kamu rencanakan) atau satu bulan setelah pesan ini dibuat. Saya mengundurkan diri karena (sebutkan alasanmu untuk mengundurkan diri).

Saya meminta maaf apabila selama bekerja melakukan kesalahan yang merugikan perusahaan. Semoga perusahaan semakin sukses dan berkembang. Sekian, terima kasih atas waktunya.”

Setelah mengetahui cara dan contoh kata resign lewat WhatsApp ternyata cukup mudah bukan?. Ingat, resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan bukan sesuatu hal yang ditakutkan. Justru dengan resign, kamu sebenarnya telah mengetahui kemampuan dan kebutuhan atas dirimu sendiri.

Dengan mengikuti penjelasan mengenai cara dan contoh kata resign lewat WhatsApp ini, kamu bisa lebih siap untuk mengajukan resign. Semoga bisa segera resign dan mendapat pekerjaan lain yang sesuai dengan kebutuhanmu.