arti komitmen

Pengertian Komitmen

Diposting pada 829 views

Arti Komitmen : Pengertian, Tujuan, Ciri, Macam dan Contohnya – Dalam kehidupan sehari-hari Kamu pasti tidak asing dengan kata komitmen. Banyak sekali hal yang bisa Kamu temui dengan kata ini. Mulai dari dunia pekerjaan, pendidikan, persahabatan hingga hubungan keluarga.

Namun tahukah Kamu apa arti komitmen yang sebenarnya. Penggunaan kata ini mungkin lebih banyak dipakai dalam konteks hubungan. Baik antara karyawan dengan perusahaan, kekasih, suami istri dan lainnya.

Pengertian dan Arti Komitmen

1. Arti Komitmen Secara Umum

Komitmen secara umum diartikan sebagai kondisi dimana terjadinya sebuah perjanjian antara seseorang yang mengakibatkan keterikatan.

Dalam hal ini keterikatan yang dimaksud adalah kepada diri sendiri atau berhubungan dengan orang lain yang diwujudkan dengan perilaku dan tindakan tanpa adanya suatu paksaan apapun.


Arti komitmen yang lainnya adalah suatu kewajiban yang terikat pada seseorang akan sesuatu hal yang disepakati.

2. Arti Komitmen Secara Terminologi

Bahasa latin dari komitmen adalah “commiter” yang diartikan sebagai menggabungkan, mengerjakan, menyatukan dan mempercayai.

Dilihat dari asal katanya dapat disimpulkan bahwa komitmen adalah suatu sikap tanggung jawab dan setia dari seseorang terhadap sesuatu.

Dalam hal ini setia baik dengan diri sendiri, organisasi, orang lain dan hal lainnya.

3. Pengertian Komitmen Menurut Greenberg

Beberapa ahli juga mencoba mengutarakan tentang apa itu komitmen. Salah satunya adalah Greenberg yang mendefinisikan komitmen sebagai kesediaan atau kesanggupan seorang karyawan untuk taat, memihak, setia pada organisasi tertentu.

Kesanggupan ini juga mencakup kesediaan menjalankan tujuan serta memelihara keanggotaan dengan niat yang kuat.

4. Pengertian Komitmen Menurut Griffin

Pendapat lain dikemukakan oleh Griffin yang mengartikan komitmen sebagai sikap yang menunjukkan seberapa jauh seseorang mau terikat dengan organisasi yang diikutinya.

Menurutnya apabila seorang anggota organisasi tersebut mempunyai jiwa komitmen yang tinggi maka akan tercermin pada dirinya sebagai anggota yang sejati.

5. Pengertian Komitmen Menurut Welsch dan La Van

Istilah komitmen menurut Welsch dan La van didefinisikan sebagai suatu dimensi tentang perilaku yang penting sehingga dapat dipergunakan sebagai bahan penilaian akan keterikatan karyawan pada perusahaan.

6. Pengertian Komitmen Menurut Steers dan Porter

Definisi komitmen menurut ahli Steers dan Porter ini dijelaskan sebagai suatu keadaan dimana individu memiliki sebuah keterikatan akan semua tindakan yang dilakukan.

Hal ini menimbulkan keyakinan untuk menjalankan aktivitasnya serta beragam hal yang membuatnya terlibat dalam semua hal yang mengikat tersebut.

7. Arti Komitmen Menurut Sri Kuntjoro

Seorang ahli Sri Kuntjoro menyebutkan arti komitmen adalah sebuah keterlibatan yang berisi akan identifikasi, rasa loyalitas dari seseorang tanpa suatu paksaan kepada organisasi yang diikutinya.

Baca juga : Arti Konsisten dan Contoh Sikap dalam Kehidupan Nyata

Arti dan Tujuan Komitmen

Sebuah hal yang dilakukan baik secara individu maupun kelompok pasti memiliki tujuan yang jelas. Seperti halnya komitmen. Dalam prakteknya kata komitmen ini bukan hanya sebagai pemanis dan pelengkap dalam sebuah pernyataan atau ucapan namun juga memiliki tujuan khusus.

Untuk mengetahui apa saja tujuan dari komitmen ini Kamu bisa mempelajari beberapa hal dibawah ini.

  • Memberikan jaminan agar apa yang dilakukan akan selalu sesuai dengan isi kesepakatan yang ada.
  • Membantu sebuah perusahaan atau organisasi mendapatkan karyawan yang memiliki loyalitas tinggi pada perusahaan.
  • Menjaga tujuan perusahaan terlaksana sesuai dengan peraturan yang ditentukan.

Ciri-Ciri Komitmen

Ciri ciri menjaga komitmen
Ciri ciri menjaga komitmen

Ketika Kamu membaca sebuah perjanjian, karya tulis, pengumuman dan lainnya mungkin Kamu akan menemukan istilah komitmen ini didalamnya. Setiap istilah yang dipergunakan dalam sebuah komunikasi akan memiliki ciri khusus yang akan menjadikan pembeda dan tanda.

Dengan mengetahui ciri dari komitmen ini diharapkan Kamu bisa dengan mudah menerapkan dalam bahasa harian Kamu.

  • Adanya tujuan yang ingin dicapai ketika semua orang yang berhubungan telah melakukan apa yang menjadi komitmen mereka.
  • Semua pihak yang terlibat atau berhubungan dalam komitmen tersebut harus senantiasa memiliki tanggung jawab yang diwujudkan dengan perjanjian.
  • Dalam mencapai tujuan harus ada kesetiaan yang diberikan oleh semua pihak yang terlibat.
  • Adanya kesepakatan yang berupa perjanjian dimana hal tersebut menyangkut perjanjian pada diri sendiri dan juga pihak lainnya.

Macam dan Contoh Komitmen

Sebenarnya penggunaan istilah komitmen ini banyak ditemukan dalam segala aspek kehidupan.

Contohnya saja pada kehidupan pribadi dimana Kamu komitmen kepada diri sendiri tentang suatu hal, atau pada perusahaan dimana adanya sebuah komitmen yang terjadi antara Kamu dengan pimpinan perusahaan.

Untuk lebih memudahkan memahami seperti apa komitmen tersebut simak contoh berikut ini.

1. Komitmen Pada Diri Sendiri

Maksud dari komitmen pada diri sendiri adalah suatu bentuk komitmen yang didasarkan pada adanya sebuah keinginan yang muncul dari diri sendiri untuk mencapai tujuan yang lebih baik.

Contohnya adalah Kamu berkomitmen atau berjanji pada diri sendiri akan selalu tidur dibawah jam 11 malam. Tujuan atau goal yang akan dicapai dari komitmen ini adalah kesehatan yang lebih terjaga dan lepas dari insomnia.

2. Komitmen Dalam Lingkungan

Komitmen ini berhubungan dengan lingkungan sekitar dimana Kamu berada.

Contohnya adalah ketika Kamu pergi tamasya ke pantai. Kamu akan komitmen dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan di area pantai.

Goal yang dicapai dari komitmen ini adalah membuat pantai agar terlihat selalu bersih tidak dikotori dengan sampah.

3. Komitmen Pada Hubungan

Dalam hal ini komitmen yang terjadi adalah komitmen antara individu dengan pasangannya. Contohnya adalah komitmen seorang laki-laki yang menikahi seorang wanita untuk setia.

Goal atau tujuan yang dicapai dari komitmen ini adalah munculnya sebuah keluarga yang bahagia dan harmonis. Sang suami akan senantiasa menjaga istri dengan baik dan memastikan untuk hidup dengan layak.

Komitmen kepada hubungan ini tidak saja berlaku dalam pernikahan namun juga bisa terjadi pada hubungan persahabatan, kekasih dan lainnya.

Contohnya ketika Kamu memiliki sahabat yang kekurangan dalam hal keperluan sekolah maka Kamu berkomitmen untuk membantu kesulitannya. Tujuannya adalah agar sang sahabat dapat mengikuti kegiatan sekolah dengan baik.

4. Komitmen Kepada Keluarga

Komitmen ini terjadi antara seseorang dengan keluarganya. Contohnya adalah ketika seorang ayah yang bertanggung jawab terhadap hidup keluarganya. Dia tidak mementingkan diri sendiri.

Sang ayah berkomitmen untuk bekerja demi mencukupi nafkah lahir dan batin untuk keluarganya. Tujuannya adalah semua kebutuhan keluarga tercukupi dan dapat hidup layak.

5. Komitmen Kepada Pekerjaan

Dalam sebuah buku yang berjudul “Human Resource Management Review” yang ditulis oleh John Meyer dan Natalie Allen dijelaskan tentang model komitmen ini. Pada buku tersebut disebutkan ada 3 model komitmen kerja yang dilakukan oleh karyawan di sebuah perusahaan dia bekerja yaitu.

  • Affective commitment atau sebuah komitmen yang muncul karena memang karyawan tersebut mencintai apa yang menjadi pekerjaannya.
  • Continuance commitment adalah sebuah komitmen yang dilakukan oleh karyawan karena perasaan takut akan kehilangan pekerjaannya.
  • Normative commitment yaitu sebuah komitmen yang muncul karena adanya rasa kewajiban dari diri karyawan untuk perusahaannya.

Secara garis besar arti komitmen adalah suatu janji dan tanggung jawab yang sifatnya mengikat kepada diri sendiri maupun orang lain. Ketika Kamu mengucapkan komitmen akan suatu hal berarti Kamu memiliki kewajiban untuk menjalankannya dengan baik hingga tujuan yang ingin Kamu capai berhasil diraih.

Komitmen ini akan menjamin dan menjaga setiap perbuatan yang Kamu lakukan harus sesuai aturan yang ada.

Terimakasih sudah membaca artikel “arti komitmen”. Kamu bisa membaca artikel yang lain :

1. 50 Kata Bijak Tentang Virus Corona Untuk Status WA
2. 100+ Kata Bijak Pantang Menyerah (Never Give Up) + Dalam Bahasa Inggris
3. Pentingnya Komitmen Tinggi Terhadap Pengendalian Diri
4. Menerapkan Komitmen Tinggi Terhadap Pengendalian Diri

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.