arti konsisten

Arti Konsisten dan Contoh Sikap dalam Kehidupan Nyata

Diposting pada 5.069 views

Arti Konsisten dan Contohnya – Kamu mungkin telah sering mendengar tentang kata konsisten. Kata tersebut banyak digunakan baik pada suatu tulisan maupun secara lisan. Beberapa orang mungkin belum paham tentang arti konsisten yang sesungguhnya.

Walaupun kata ini sangat familiar namun sering juga digunakan karena sekedar mengikuti referensi lainnya. Kamu harus bisa menempatkan kata konsisten dengan benar sesuai maknanya.

Arti Konsisten Secara Umum

Secara garis besar konsisten kebanyakan diartikan sebagai sesuatu yang tidak berubah-ubah atau terjadi secara konstan. Hal ini dapat juga diartikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan secara terus-menerus.

Dalam kata sifat kata konsisten berarti teguh pendirian dan komit pada sesuatu hal. Orang yang senantiasa menjaga konsistennya adalah seseorang yang tidak mudah menyerah dan teguh pendiriannya.


Pada beberapa penggambaran tentang konsisten ini disebutkan juga bahwa orang yang memiliki konsisten tinggi adalah orang yang gigih.

Apapun akan dilakukan asal bisa mencapai apa yang diharapkan hingga mencapai kesuksesan. Konsisten diartikan juga sebagai suatu gagasan yang tidak berubah-ubah. Konsisten juga merupakan suatu kebulatan tekad agar apa yang diusahakan dapat digapai walau banyak rintangan.

Definisi Konsisten Berdasarkan Para Ahli

konsistensi diri
Ilustrasi konsistensi diri

Dari gambaran umum tentang konsisten tentu Kamu sudah bisa mengetahui apa sebenarnya arti dari konsisten tersebut. Pada intinya konsisten akan selalu bersifat sama dan berulang-ulang. Hal ini berlaku pada semua lini kehidupan.

Untuk menambah wawasan Kamu tentang apa arti konsisten maka berikut adalah beberapa definisi tentang konsisten dari berbagai sumber yang ada.

1. Arti Konsisten Menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan bahwa konsisten berarti tetap, tidak berubah-ubah, ajek, selaras, taat asas, sesuai atau selaras antara ucapan dan perbuatan. Kata konsisten adalah bentuk kata serapan dari bahasa Inggris “Consistent”.

Kata ini didapatkan dari bentuk istilah “Consistentem” yang memiliki arti berdiri kokoh. Kata consistent ini mulai muncul sekitar tahun 1570-an.

2. Arti Konsisten Menurut Oxford Dictionary

Ada beberapa pengertian konsisten yang dimuat pada Oxford Dictionary. Salah satunya adalah konsisten diartikan sebagai perbuatan yang dilakukan berulang-ulang dan sifatnya sama dari waktu ke waktu.

Perbuatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan keakuratan dan keadilan. Pengertian lainnya adalah konsisten merupakan suatu standar, bakat, efek yang tidak akan berubah dan tetap sama dari waktu ke waktu.

Masih di Kamus yang sama konsisten diartikan juga sebagai suatu argumen yang tidak berisi isyarat tentang kontradiksi apapun.

Bisa juga dijelaskan tentang konsisten sebagai sesuatu yang kompatibel serta telah disepakati sehubungan dengan sesuatu hal. Tentunya definisi ini bisa anda sesuaikan dengan konteks permasalahan atau tema yang diambil.

3. Arti Konsisten Menurut Reza M Syarif

Pakar ini mengemukakan tentang pengertian konsisten sebagai sesuatu hal yang berfokus pada bidang tertentu dimana dipastikan tidak adanya perpindahan pada bidang lainnya.

Mereka akan mengerjakan apa yang telah disepakati hingga pondasi pada bidang pertama menjadi kuat. Apabila belum kuat maka tidak akan ada perpindahan ke bidang lainnya.

4. Arti Konsisten Menurut Cambridge Dictionary

Disini dijelaskan bahwa konsisten adalah sesuatu yang sifatnya tetap dan tidak berubah. Pengertian lainnya adalah konsisten berarti melakukan perbuatan yang terjadi secara sama dan berulang dengan tujuan yang positif.

Dalam Kamus ini juga menjelaskan bahwa konsisten menjadi sebuah kesepakatan yang memiliki kesamaan dan prinsip yang sama dengan hal lainnya.

5. Menurut Sumber Lainnya

Beberapa sumber lainnya menjelaskan tentang konsisten yang diartikan sebagai suatu aktivitas atau kegiatan yang dijalankan secara terus menerus.

Kegiatan ini tetap berjalan sesuai dengan jalur dan batasan yang telah ditetapkan dan tidak boleh keluar dari batasan tersebut. Pada diri sendiri konsisten berarti sikap manusia yang berpegang teguh pada pendirian yang benar.

Baca juga : 50 Kata Motivasi Kerja Karyawan, Saatnya Semangat Bekerja

Contoh Penggunaan Konsisten Dalam Kehidupan Nyata

Pengertian konsisten yang telah dijelaskan tersebut mungkin telah memberikan banyak gambaran seperti apa konsisten tersebut pada kehidupan sehari-hari. Istilah konsisten memang suatu istilah umum yang banyak dipergunakan oleh orang-orang baik ketika menulis atau menyampaikan suatu hal secara lisan.

Berikut adalah beberapa contoh tentang konsisten yang bisa Kamu pelajari.

1. Edo adalah seorang pria yang memang konsisten pada pilihan yang telah dia putuskan.

Makna dari konsisten yang terdapat pada kalimat diatas adalah berpegang teguh pada pendiriannya.

2. Universitas Brawijaya senantiasa konsisten meraih penghargaan Adhikarta untuk kampus mereka selama dua tahun berturut-turut.

Makna dari konsisten pada kalimat tersebut adalah sesuatu yang terjadi secara berulang kali atau terus menerus. Penghargaan tersebut diraih dua kali berturut-turut selama dua tahun.

3. Diana adalah seorang gadis yang memiliki banyak teman karena sifatnya yang konsisten antara ucapan dan perbuatan.

Makna kata konsisten dari kalimat tersebut adalah sesuatu yang sesuai, selaras dan tidak terjadi kontradiksi. Apa yang dikerjakan sama dengan apa yang diucapkan.

4. Zulfan dikenal sebagai seorang pendakwah yang memiliki banyak jamaahnya. Beliau disukai karena selalu konsisten dalam setiap ucapan dan tingkah lakunya.

Makna kata konsisten pada kalimat tersebut adalah melakukan sesuatu yang sesuai dan selaras.

5. Valentino Rossi adalah pembalap yang konsisten menjuarai balap moto GP sebanyak 9x berturut-turut.

Arti kata konsisten di atas adalah sesuatu hal yang terjadi secara berulang-ulang dan terus-menerus.

Contoh Lain Konsisten Agar Kamu Bisa Teguh Pendirian

6. Ardi sangat konsisten menjaga kesehatan badannya dengan melakukan latihan teratur setiap hari. Hal ini dilakukan demi meraih gelar juara di kompetisi bulu tangkis.

Makna dari kata konsisten tersebut adalah suatu aktivitas yang dikerjakan secara berulang dan teratur. Dalam hal ini adalah melakukan olahraga setiap hari tanpa berhenti.

7. Konsisten pemberian penghargaan dan sanksi akan meningkatkan rasa tanggung jawab pada struktur tata pamong agar dapat menjalankan visi misi yang telah ditentukan dengan baik.

Makna kata konsisten tersebut adalah sesuatu yang sifatnya tetap dan tegas serta digunakan pada dari satu waktu ke waktu yang lain. Pemberian sanksi dan penghargaan tersebut selalu sama dan tidak berubah.

8. Perusahaan dinilai berhasil apabila mampu konsisten dalam menyediakan kebutuhan konsumen, mempertahankan harga pasar, memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan.

Makna dari kata konsisten tersebut adalah melakukan kegiatan yang ajeg dan terus menerus.

9. Warung bakso di ujung jalan itu banyak digemari oleh konsumen karena konsisten menjaga rasa dan harga”.

Arti dari kata konsisten tersebut adalah melakukan hal yang sama dan tidak berubah. Dalam hal ini adalah rasa dan harga yang senantiasa sama sehingga tidak ada perubahan rasa dan harga.

Baca juga : 9 Tips Bekerja Dengan Ikhlas Tanpa Beban Apapun

10. Sebagai pabrik tas yang terkenal Dowa selalu konsisten menjaga mutu bahan baku dan kualitas produk.

Makna kata konsisten dalam kalimat tersebut adalah melakukan kegiatan yang sifatnya akurat dan tegas. Dalam hal ini bahan baku dan kualitas produk senantiasa diawasi dengan baik.

Arti konsisten cukup luas sesuai dengan kondisi atau tema yang sedang dibahas. Kamu tentu telah banyak mendengar contoh kata konsisten ini.

Kata ini hampir sering digunakan pada setiap kesempatan untuk menunjukkan sesuatu hal yang sifatnya terus menerus dan berkelanjutan.

Namun perlu Kamu ingat bahwa pemilihan kalimat dengan menggunakan kata konsisten juga harus tepat agar tidak merubah makna.

Baca juga ; Kumpulan kata motivasi semangat kerja dan kerja keras

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.