arti kata mudeng

Arti Kata Mudeng, Disertai Contoh dan Penggunaanya

Diposting pada 2.860 views

Arti Kata Mudeng, Disertai Contoh dan Penggunaanya – Kata ini lebih dikenal ada dalam bahasa jawa yang artinya paham, mengerti dan tahu. Namun siapa sangka jika kata MUDENG juga ada dalam bahasa monado dengan arti yang cukup berbeda.

Jika dalam bahasa jawa arti kata mudeng adalah paham/mengerti maka dalam bahasa monado kata ini memiliki arti Berdengung Jauh yang biasanya dipakai sebagai anak laki-laki.

Dilansir dari namamia.com, anak laki-laki yang memiliki nama mudeng diharapkan menjadi anak yang berani, cerdas, dan pekerja keras.

Maka jangan kaget jika ketemu dengan orang monado dan memiliki nama “MUDENG”. Jangan dibales lagi, haahh sopo? aku ra mudeng.. (hah siapa? aku tidak mengerti”).

Arti Kata Mudeng

Ilustrasi kata mudeng (paham)
Ilustrasi kata mudeng (paham)

Mudeng = Paham, Mengerti, Menyadari, Tahu (Bahasa Jawa)

Mudeng = Berdengung Jauh (Bahasa Monado)

Sekarang sudah tahu kan artinya mudeng? Nah untuk menggunakan kata MUDENG minimal kamu tahu beberapa kosakata bahasa jawa. Jangan sampai kamu menggabungkan bahasa Indonesia dengan Jawa, karena pastinya akan tidak pas. Kalau ketemu orang jawa pasti sudah diketawain tuh.. Seperti ini nih contohnya :

Saya tidak mudeng kalau urusan uang itu..

Berbeda dengan logat bahasa jawa dengan arti yang sama dengan kalimat di atas, seperti ini nih contohnya :

Aku ra mudeng nek urusan duit kui..

Biar lebih paham, coba yaa baca contoh penggunaan kata MUDENG dalam kehidupan sehari-hari orang jawa.

Contoh Penggunaan Kata Mudeng dalam Bahasa Jawa

1. Untuk Menyatakan Ketidatahuan – Aku ra mudeng

Satrio : “Bro, aku enek project ki seko kantorku. Iso ngrewangi aku ra?” (Bro, saya ada project nih dari kantor. Bisa bantu tidak?).

Juanda : “Project e kon ngopo bro?.” (Projectnya suruh ngapain bro?)

Satrio : “Iki dikon gae website, aku ra mudeng soale, nak kowe kan ahli.” (Ini disuruh buat website, soalnya ku ngga paham, kalau kamu kan ahlinya).

Juanda : “Oalahhh ngono, gampang bro asal enek duite tak rewangi.” (Oalah gitu, mudah bro asalkan ada uangnya).

Satrio : “Huahhhh.”

Di atas adalah contoh penggunaan kata mudeng yang menyatakan ketidaktahuan/tidak tahu caranya, dimana Satrio yang tidak bisa membuat website (ora mudeng) kemudian meminta bantuan kepada Juanda.

2. Untuk Menyatakan Kepahaman – Aku mudeng

Fungsi kata mudeng selanjutnya adalah untuk menyatakan kepahaman terhadap sebuah hal. Seperti ini nih contohnya :

Dede : “Mbak, aku enek PR matematika ki, aku ra iso garap e. Pie iki?” (Kak, aku ada PR tentang matematika ini. Tapi aku gak bisa, gimana caranya?)

Kakak : “Ngono we gak iso. Nek babagan nggo iki aku paling mudeng”. (Begini aja ngga bisa, kalau ini mah saya paling bisa.

Semoga artikel tentang arti kata mudeng di atas dapat bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini ke temen-temen kalian ya. Terimakasih.

Arti kata yang lain :

a. Arti Kata PAP
b. ArtI Kos LV (Las Vegas) dalam Dunia Bisnis Kos-kosan

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.