arti kata pap

Apa itu PAP? Arti Kata, Fungsi, Serta Contoh Penggunaannya

Diposting pada 1.167 views

Apa itu PAP? Arti Kata, Fungsi, Serta Contoh PenggunaannyaPAP adalah salah satu singkatan gaul yang sering dipakai anak muda ketika bermedia sosial atau chattingan. Bahkan bisa juga kita temui dalam novel, cerpen atau cerita-cerita lain yang menggunakan bahasa gaul.

Yaa begitulah potret anak muda sekarang, lebih banyak menggunakan bahasa gaul dan banyak singkatan-singkatan aneh untuk efisiensi dalam mengetik pesan.

Padahal kan pengaruhnya cuma dikit banget ya kan? Tapi patut kita apresiasi lah, anak muda jaman sekarang pada kreatif-kreatif. Menciptakan kosa kata baru yang cukup membantu para netizen agar tidak kelamaan mengetik pesan.

Arti Kata PAP

Jika kamu menganggap PAP itu adalah sebuah kata dari Bahasa Indonesia maka kamu salah, ini nih yang bener :

PAP merupakan singkatan dari “Post a Picture” yaitu sebuah perintah untuk memposting/mengirim sebuah foto/gambar.

Kata PAP ini awalnya memang bukan dari orang Indonesia, melainkan dari orang luar yang kemudian mempersingkatnya menjadi 3 huruf yaitu PAP.

Karena saking banyaknya orang yang menggunakannya, masuklah kemudian kata ini ke Indonesia dan sekarang menjadi kata baru yang sering kita dengar atau baca di forum jual beli.

Contoh nih misalnya :

Paimin : “Bang ada sepatu Adidas ukuran 42 warna hitam ngga?”

Penjual : “Ada bang, ada 5 jenis nih. Tinggal datang kesini, coba dan jika cocok langsung beli.”

Paimin : “Lokasi dimana bang?”

Penjual : “Di Jakarta bang, gua share lock yaa..”

Paimin : “Waduhh, kagak bisa bang. Saya aja ada di Bandung. PAP sajalah, nanti kalau cocok saya beli dan dikirim”.

Penjual : “Ohh gitu, okee.. Ini ya fotonya. Beli 2 sekalian, biar ngga rugi download gambarnya”.

Paimin : “Gampang.. Asalkan ada diskon gedhe”.

Penjual : “Huffftt….”

Tapi ternyata banyak juga penjual yang masih belum paham tentang arti dari PAP, sehingga mereka pasti bertanya bali. “Emang apa itu PAP”. Walaupun sedikit memalukan, tapi minimal sekarang sudah tahu kan apa itu PAP?

Ternyata PAP juga tidak hanya dipakai dalam komunikasi jual beli saja. Tapi juga dipakai dalam chatt pribadi seperti di whatsapp, DM instagram, DM Facebook dan lain sebagainya. Pada intinya sih fungsinya sama, yaitu meminta mengirimkan foto/gambar.

Fungsi Kata PAP dan Contoh Penggunaanya

Fungsi dan tujuan PAP

Biar semakin jelas dan tidak salah mengartikan kata PAP, lebih baik kita ketahui dulu 3 fungsi atau kegunaan kata PAP ini. Kamu juga bisa kok langsung mempraktekkannya :

1. Untuk Mengetahui Gambar/Produk

Ya sesuai dengan ulasan di atas, bahwa kata PAP sering dipakai dalam proses jual beli atau tawar menawar suatu barang/jasa. Hal ini sering terjadi pada penjual yang lupa atau sengaja tidak menyertakan gambar pada lapaknya. Sehingga pembeli sering menanyakan gambar/foto produk.

Dengan kata lain, PAP ini digunakan untuk mengetahui gambar/foto asli dari sebuah produk, sehingga dapat diketahui beberapa hal seperti :

  • Kondisi produk
  • Warna produk, Tipe Produk
  • Keaslian produk
  • Menghindari dari penipuan dan semacamnya

2. Untuk Mengetahui Lokasi/Keberadaan

Selain dipakai dalam jual beli, kata PAP juga sering dipakai dalam obrolan sehari-hari melalui media chatting seperti whatsapp, telegram, LINE, Facebook ataupun Instagram.

Seringkali, orang yang kita sayangi penasaran dengan lokasi kita saat ini. Intinya penasaran kita ada di mana, dengan siapa dan sedang berbuat apa. Maka biasanya mereka akan minta PAP. Seperti ini nih contohnya :

Ibu : “Nak, kamu jam segini kok belum pulang? Bukannya hari senin biasanya jam 1 sudah sampai rumah ya?”

Anak : “Ohh iyaa bu, aku lupa bilang tadi pagi. Hari ini ada belajar kelompok, ada tugas yang harus diselesaikan bareng-bareng. Jadi kemungkinan aku nanti pulangnya sore jam 4.”

Ibu : “Ohhh gitu, di rumah siapa? Coba sini PAP ! Biar ibu tenang”.

Anak : “Di rumah Santika bu, ini kita baru mulai ngerjain”

Si anak ngirim foto..

3. Untuk Mengetahui Kejadian/Peristiwa Yang Sedang Terjadi

Orang Indonesia biasanya memiliki tingkat KEPO level dewa, ada sedikit keanehan saya langsung tanya-tanya layaknya wartawan di TV. Selain bertanya biasanya juga minta PAP sampai sejelas-jelasnya. Seperti contoh di bawah ini ini :

Andre : “Bro, gue ada info penting nih. Di depan kampus gue sedang ada DEMO mahasiswa yang minta kuliah gratis”.

Dadang : “Ahh yang bener loe, masak minta kuliah gratis. Emang dosen ngga butuh makan apa?”

Andre : “Gua serius bro. Katanya biayanya selangit, jadi susah bayarnya”.

Dadang : “Coba PAP, gua penasaran dengan DEMOnya”.

Andre : “Mengirim 25 Foto ke Dadang”.

Sekarang sudah tahu kan arti kata PAP, kamu bisa mempraktikkannya. Tapi untuk yang postifi-positif saja ya, jangan minta PAP yang aneh-aneh.

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.