Arti Company Confidential dalam Loker, Harus Lebih Hati-hati Guys

Diposting pada 307 views

Sore ini saya sedikit kaget dan penasaran dengan arti company confidential yang saya temukan di lowongan kerja. Yaa, emang baru kali ini saya lihat ada lowongan kerja tapi profil dan nama perusahaannya disembunyikan.

Saya kebetulan sedang iseng-iseng untuk mencari lowongan kerja bagian SEO Specialist, ya siapa tahu ada yang cocok dan sesuai dengan kualifikasi saya kan.

BTW, lowongan kerja ini saya temukan di sebuah aplikasi pencari kerja yang mungkin kalian juga menggunakannya. Apa lagi kalau bukan jobstreet. Nah berikut ini nih penampakan awal dari lowongan tersebut :

Sedikit aneh bukan? Biasanya perusahaan itu akan menampilkan profil perusahaannya sehingga para pencari kerja bisa cari tahu lebih tentang perusahaan tersebut.

Arti Company Confidential

Pernah ngga sih ketika kalian tanya ke temen-temen tentang “berapa sih omset perusahaan loe?” Terus dia jawab, “Wahh kalau itu rahasia perusahaan bro”.

Menurut google translate, company confidential dideteksi berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti “Rahasia Perusahaan”. Dengan kata lain perusahaan tersebut merahasiakan profil alias namanya dengan alasan tertentu.

Lantas kira-kira mengapa perusahaan menyebunyikan profilnya?

1. Perusahaan yang tidak ingin diketahui bahwa mereka sedang mencari karyawan baru.
2. Agar langkahnya tidak diketahui pesaing.
3. Agar investor tidak tahu.
4. Perusahaan sensitif

Setelah saya cari-cari di internet, ternyata company confidential itu umum dipakai di negara-negara barat. Terutama buat perusahaan yang tidak mau diketahui bahwa dia sedang mencari kadidat baru.

Bahkan bisa jadi karyawannya sendiri juga tidak mengetahui bahwa perusahaan tersebut sedang mencari karyawan baru, entah nantinya untuk menggantikan karyawan yang lama atau memang biar buat kejutan.

Atau mungkin saja agar investor tidak tahu bahwa didalam perusahaan tempat berinvestasinya posisi pentingnya sedang kosong. Tapi seringkali, itu terjadi pada perusahaan yang baru berkembang dan nama perusahaannya belum di launching ke ranah publik.

Baca juga : 30+ Tips Cepat Dapat Kerja Dalam 1 Minggu

Apakah Aman Melaman Pekerjaan di Company Confidential?

Karena profil perusahaan mereka disembunyikan tentu saja Anda harus lebih hati-hati dan waspada. Kalau Anda ingin mencoba melamar sah-sah saja, karena jobstreet nyatanya juga memperbolehkan perusahaan merahasiakan namanya.

Tapi ada yang perlu diperhatikan guys, diantaranya :

  1. Hindari jika ada pungutan uang, biaya pendaftaran, biaya rekruitmen dan lain-lain. Rekruitmen dimana-mana gratis, dan itu menjadi kewajiban perusahaan.
  2. Setelah Anda mengumpulkan lamaran, kemudian dihubungi biasanya Anda akan diberi tahu tentang perusahaan tersebut. Anda boleh bertanya tentang perusahaan tersebut saat dihubungi.
  3. Ketika sudah diketahui, lanjutkan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan tersebut. Jangan sampai itu perusahaan ilegal atau perusahaan yang melanggar aturan pemerintah.
  4. Hati-hati jika perusahaan meminta untuk langsung bertemu di tempat yang mencurigakan tanpa memberitahu dulu nama perusahaannya.
  5. Hati-hati jika perusahaan tersebut langsung menyatakan Anda diterima sebagai karyawan tanpa melalui proses yang wajar.
  6. Hati-hati jika perusahaan meminta data-data yang tidak lazim.
  7. Hati-hati jika perusahaan tersebut mematok syarat yang tidak lengkap dan gaji yang terlalu tinggi.

Intinya adalah, jika Anda menemukan kejanggalan atau keanehan pada saat proses rekruitmen sepatutnya Anda waspada dan hati-hati. Semoga dengan mengetahui arti company confidential kita jadi lebih hati-hati ya. Ohh iya, semoga cepat dapat kerja yang sesuai dengan harapan teman-teman.

Baca juga : 9+ Tips Saat Interview Yang Perlu Anda Pahami

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.