prospek kerja teknik mesin

17 Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin dan Gajinya

Diposting pada 9,803 views

Prospek kerja teknik mesin saat ini cukup menjanjikan di Indonesia maupun di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan industri manufaktur dan teknologi terus berkembang, sehingga dibutuhkan tenaga ahli yang mampu merancang, mengembangkan, dan memproduksi mesin-mesin yang dapat mendukung kegiatan produksi.

Beberapa bidang kerja yang dapat ditekuni oleh lulusan teknik mesin antara lain desain dan pengembangan produk, produksi dan manufaktur, perawatan dan perbaikan mesin, manajemen proyek, dan konsultasi teknis.

Selain itu, lulusan teknik mesin juga dapat bekerja di sektor-sektor non-manufaktur seperti bidang energi, transportasi, dan konsultasi teknik. Banyak juga lulusan teknik mesin yang memilih untuk menjadi wirausaha dengan memanfaatkan keahlian dan keterampilan yang dimilikinya.

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan akan lulusan teknik mesin semakin meningkat, terutama di bidang teknologi dan manufaktur. Oleh karena itu, prospek kerja teknik mesin di masa depan juga diprediksi akan semakin cerah dengan adanya inovasi dan perkembangan teknologi yang terus berlangsung.

Program studi Teknik Mesin ini dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mumpuni dan memiliki kompetensi yang dapat handal dengan berbekal pengetahuan dasar tentang teknik yang kuat.

Dengan penguasaan materi yang baik akan dihasilkan lulusan yang mampu merancang, membuat mesin, menggunakan serta mengelola mesin berikut semua sistim yang saling terkait. Tentunya semua ini membutuhkan pembelajaran efektif.

Apa Itu Jurusan Teknik Mesin?

Secara singkat Teknik Mesin adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang ilmu dasar fisika agar bisa melakukan analisa, desain, manufaktur, serta melakukan pemeliharaan berbagai sistim mekanik.

Program studi Teknik Mesin ini dibagi menjadi beberapa cabang seperti teknik material, mekanik, kinematika, termodinamika, dan energi. Kalian akan diberikan bekal tentang kemampuan dan ilmu dalam proses merancang mesin.

Ilmu Teknik Mesin ini pada umumnya terdiri dari beberapa sistim pembelajaran, yaitu sistim produksi, sistim perancangan mekanik, konversi energi, proses manufaktur, dan juga matalurgi.

Kalian akan belajar tentang proses menggambar teknik, modeling, simulasi, hingga membuat sebuah contoh atau prototipe sebuah mesin. Untuk bisa masuk ke Teknik Mesin ini Kalian harus bisa menguasai ilmu IPA dengan baik.

Baca juga : Mesin Pembunuh Rumput (Kultivator)

Prospek Kerja Teknik Mesin

Prospek kerja teknik mesin
Prospek kerja teknik mesin

Bukan sebuah rahasia lagi jika semua lulusan jurusan teknik akan memiliki pekerjaan dengan tingkat gaji yang tinggi. Hal inilah juga yang menjadikan jurusan teknik selalu menjadi incaran nomor satu sebagai jurusan favorit.

Termasuk lulusan dari Teknik Mesin ini, beberapa posisi pekerjaan yang ditawarkan juga memiliki gaji yang sangat menggiurkan. Hal ini sebanding dengan beratnya pendidikan yang harus dijalani oleh para mahasiswa.

1. Engineer Teknik Mesin

Peluang kerja yang pertama adalah sebagai seorang engineer di suatu perusahaan. Ada banyak perusahaan swasta yang membuak peluang untuk lulusan Teknik Mesin agar bisa bekerja sebagai engineer. Contohnya adalah PT. SLS Bearindo, PT. Kota MInyak Internusa, PT. Bahtera Pesat Lintasbuana dan lainnya. Perusahaan ini rutin membuka lowongan engineer setiap tahunnya, selain itu juga masih banyak perusahaan swasta lain.

Tugas dari seorang engineer adalah mengendalikan tentang pengolahan bahan mentah untuk diolah menjadi bahan jadi, sekaligus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap jalannya mesin yang digunakan.

Selain melakukan pengawasan juga harus melakukan pemeriksaan dan perbaikan apabila ada mesin yang bermasalah. Gaji yang ditawarkan sebagai engineer ini cukup tinggi yaitu diatas Rp. 6 juta perbulan.

2. Teknisi Perawatan dan Perbaikan Mesin

Teknisi perawatan dan perbaikan merupakan salah satu jenjang karir yang menarik bagi lulusan teknik mesin, dan ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan berikut:

  1. Permintaan yang Tinggi
    Permintaan terhadap teknisi perawatan dan perbaikan mesin biasanya cukup tinggi di berbagai sektor industri. Banyak perusahaan membutuhkan ahli yang dapat merawat dan memperbaiki peralatan dan mesin mereka agar tetap beroperasi dengan baik. Sebagai lulusan teknik mesin, memiliki keahlian dan pengetahuan dalam pemeliharaan dan perbaikan mesin menjadikan Anda sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan ini.
  2. Kesempatan Kerja yang Stabil
    Kebutuhan akan teknisi perawatan dan perbaikan mesin cenderung stabil seiring berjalannya waktu. Meskipun beberapa perusahaan mungkin mengalami fluktuasi dalam kegiatan produksi mereka, tetapi tetap ada kebutuhan untuk menjaga dan memperbaiki peralatan yang ada. Ini berarti bahwa sebagai seorang teknisi perawatan dan perbaikan mesin, Anda memiliki kesempatan kerja yang relatif stabil dan keberlanjutan karir yang baik.
  3. Keragaman Industri
    Industri yang membutuhkan teknisi perawatan dan perbaikan mesin sangat beragam. Anda dapat bekerja di sektor otomotif, manufaktur, peralatan industri, perusahaan energi, dan banyak lagi. Ini memberikan fleksibilitas dalam memilih industri yang sesuai dengan minat dan preferensi Anda. Selain itu, karena mesin dan peralatan digunakan di berbagai sektor, kemungkinan Anda menemukan pekerjaan dalam berbagai industri juga menjadi lebih besar.
  4. Pengembangan Keterampilan Praktis
    Sebagai teknisi perawatan dan perbaikan mesin, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan praktis yang sangat berharga. Anda akan terlibat dalam memahami, merawat, memperbaiki, dan memecahkan masalah pada mesin dan peralatan. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang sistem mekanik dan elektronik, serta keahlian praktis yang dapat diterapkan dalam situasi nyata.
  5. Potensi Peningkatan Karir
    Karir sebagai teknisi perawatan dan perbaikan mesin tidak harus berakhir di tingkat entry-level. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang terus berkembang, Anda dapat naik ke posisi manajerial atau supervisi. Anda juga dapat melanjutkan pendidikan dan memperoleh kualifikasi tambahan untuk memajukan karir Anda ke bidang terkait, seperti manajemen operasional atau rekayasa.

3. Bekerja di Pertambangan

Sudah banyak yang mengetahui bahwa bekerja di industri pertambangan itu akan mendapatkan gaji yang tinggi. Tugas Kalian di dunia pertambangan adalah mengendalikan semua kegiatan mulai dari pengambilan bahan mentah sampai dengan proses pengolahan bahan tambang tersebut.

Banyak sekali perusahaan pertambangan yang membutuhkan lulusan Teknik Mesin ini, dan selalu menjadi incaran mereka yang telah lulus kuliah.

Dalam dunia pertambangan sangat potensial untuk dijadikan lahan pekerjaan bagi Kalian yang kuliah di Teknik Mesin. Kalian akan berperan untuk selalu menjaga dan mengawasi terkait kinerja mesin agar tetap stabil dan tidak terjadi gangguan.

Gaji yang diajukan untuk pekerjaan ini terbilang tinggi, Kalian bisa mengantongi gaji diatas Rp. 6 juta dan masih ditambah tunjangan lainnya.

4. Bekerja di Perminyakan

Posisi ini juga tidak kalah terkenal dibandingkan dengan pertambangan. Sebuah perusahaan perminyakan pasti membutuhkan tenaga Teknik Mesin untuk melakukan analisa tentang pemipaan dan komponennya. Kalian yang bekerja di bidang perminyakan ini harus mampu untuk menyusun spesifikasi material pipa yang akan dipergunakan untuk mengalirkan minyak dari sumbernya secara aman dan terkontrol.

Selain bertugas untuk penyusunan material pipa, tugas Kalian adalah selalu mengawasi dan memastikan pipa-pipa tersebut aman dan kuat untuk proses mengalirnya minyak mentah hingga ke ruang pengolahan.

Kalian juga harus menjaga mesin yang digunakan selalu dalam kondisi baik tanpa ada gangguan. Untuk gaji yang ditawarkan di bidang perminyakan ini mulai dari Rp. 6 juta dan bisa mencapai belasan juta serta tunjangan yang ada.

5. Dosen

Bagi Kalian yang mungkin tidak begitu tertarik dengan bekerja lapangan, Kalian bisa bekerja sebagai dosen dengan jurusan yang sama. Banyak peluang yang terbuka untuk menjadi seorang pengajar atau dosen di beberapa universitas negeri maupun swasta. Namun ada persyaratan yang harus Kalian penuhi, yaitu telah menempuh dan menyelesaikan pendidikan S2 pada jurusan yang sama.

Menjadi dosen memang berbeda dengan jenis pekerjaan lainnya, karena dibidang ini ada transfer ilmu dari Kalian sebagai dosen kepada para mahasiswa. Tentunya seorang dosen harus memiliki kecakapan dalam hal komunikasi maupun penguasaan materi yang baik, agar apa yang anda sampaikan bisa dimengerti oleh mahasiswa. Gaji yang diterima oleh dosen bisa diatas Rp. 7 juta.

6. Perancang Mesin

Dengan bekal ilmu tentang permesinan yang Kalian dapatkan selama menempuh pendidikan, bisa menjadi modal untuk anda berkarya dengan mesin. Kalian bisa membuat desain dan juga konstruksi mesin yang bisa dijual kepada pihak lainnya. Seorang lulusan Teknik Mesin dapat mengetahui dengan pasti bagaimana cara membuat rancangan suatu mesin dari tahap awal hingga akhir.

Kemampuan ini dapat anda kembangan dengan menawarkan jasa pembuatan rancangan mesin yang dibutuhkan. Kalian dapat menjelaskan tentang gambar model mesin, pemilihan bahan yang tepat, hingga proses pembuatan mesin tersebut. Pekerjaan ini bisa Kalian kerjakan secara mandiri atau dengan perusahaan konstruksi mesin. Gaji yang akan Kalian dapatkan bisa diatas Rp. 5 juta.

Baca juga : Keunggulan Teknik Mesin Itu Apa Sih? Ketahui disini !

7. Menjadi Developer

Lulusan dari Teknik Mesin ini juga bisa bekerja di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pengembang atau developer. Tentunya developer disini adalah developer dalam hal permesinan. Contohnya adalah perusahaan yang mengembangkan robot rumah tangga, mobil listrik, dan perusahaan pengembang yang membuat barang-barang yang bersifat futuristik.

Perusahaan tersebut akan membutuhkan seorang Teknik Mesin karena harus mengawasi berbagai macam mesin dan alat agar tidak mengalami kerusakan yang berimbas pada produksi. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini juga cukup tinggi, berkisar diatas Rp. 7 juta dan dapat semakin meningkat sesuai dengan kinerja dan kebijakan perusahaan. Pastikan Kalian memiliki kualifikasi yang cakap untuk posisi ini.

8. Kontraktor

Peluang pekerjaan lainnya adalah sebagai kontraktor. Tenaga ahli mesin sangat dibutuhkan untuk semua proses konstruksi, terutama ketika mengerjakan proyek gedung bertingkat tinggi. Dalam pembangunan gedung tersebut Kalian akan berperan untuk bertanggung jawab akan pemasangan atau instalasi AC, pengaturan sirkulasi udara, bahkan hingga pemipaan untuk air dan pembuangan.

Lulusan teknik memang akan lebih banyak bekerja di lapangan, karena harus terjun langsung dalam hal pengawasan dan pelaksanaan proyek. Memastikan semua alat yang digunakan dalam proyek juga menjadi tanggung jawab Kalian. Jangan sampai ada masalah dalam permesinan yang mengganggu kinerja alat. Gaji yang bisa kamu bawa untuk posisi ini lebih dari Rp 7 juta dan bisa mencapai belasan juta.

9. Maintenance Engineer

Setiap perusahaan yang menggunakan alat sebagai media produksinya tentu membutuhkan lulusan Teknik Mesin untuk melakukan perawatan dan perbaikan mesin-mesin tersebut. Peluang inilah yang harus Kalian tangkap, karena banyak sekali perusahaan yang membutuhkan. Pengetahuan tentang struktur mesin dan komponen pendukungnya menjadi bekal pokok untuk bisa masuk di posisi ini.

Seorang maintenance engineer akan bertanggung jawab pada ceklist penggunaan mesin setiap harinya. Apabila muncul kerusakan harus bisa segera mendeteksi dan melakukan pencegahan. Apabila sudah tidak bisa dicegah maka harus bisa melakukan perbaikan. Hal ini jika di dalam ilmu teknik disebut dengan istilah pediktif, preventif, dan pemeliharaan lainnya. Gaji yang bisa Kalian dapatkan minimal Rp. 5 juta.

10. PNS di Instansi Pemerintah

Posisi ini mungkin banyak sekali yang memperebutkannya. Selain karena kemapanan dan jaminan untuk hari tua, menjadi PNS masih dianggap sebagai status sosial yang tinggi. Banyak instansi pemerintah yang membutuhkan tenaga lulusan Teknik Mesin. Contoh dari instansi tersebut antara lain IPTN dan BPPT. Menjadi PNS ini memiliki peluang karir yang bagus dan juga pendapatan yang stabil.

Untuk bisa menjadi PNS, proses yang akan Kalian hadapi berbeda dengan ketika melamar di perusahaan swasta. Kalian harus mengikuti seleksi yang dilaksanakan serentak. Biasanya dilakukan satu tahun sekali. Kalian juga harus melewati serangkaian tes yang ditetapkan. Untuk gaji yang bisa Kalian dapatkan dengan menjadi PNS ini minimal Rp. 4 juta disertai dengan tunjangan lainnya.

Baca juga : 10 Prospek Kerja Teknik Lingkungan dan Gajinya

11. Ahli Mesin di Industri Otomotif

Lulusan Teknik Mesin tentunya bisa menjadi ahli mesin karena bidang ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan. Salah satu bidang yang terkait dengan jurusan ini adalah otomotif. Pemahaman orang-orang akan otomotif akan selalu dikaitkan dengan mesin, jadi memang tidaklah salah apabila lulusan Teknik Mesin ini bekerja di beberapa industri otomotif yang ada.

Salah satu perusahaan otomotif yang banyak membutuhkan lulusan Teknik Mesin adalah ASTRA, sebuah perusahaan besar yang telah beroperasi puluhan tahun lamanya. Pada jabatan ini, Kalian akan bertanggung jawab pada penggunaan mesin dan segala hal yang berhubungan dengan masin, baik perawatan maupun perbaikan.

Untuk seorang junior gaji yang bisa Kalian dapatkan kisaran Rp 4 juta dan akan meningkat seiring lama kerja.

12. Konsultan Teknik

Menjadi konsultan teknik adalah salah satu prospek karir menarik bagi lulusan teknik mesin. Sebagai konsultan teknik, lulusan teknik mesin dapat memberikan layanan konsultasi kepada perusahaan atau klien dalam berbagai bidang terkait teknik dan rekayasa.

Konsultan teknik dapat bekerja di berbagai bidang dan industri, termasuk manufaktur, energi, otomotif, infrastruktur, dan lain-lain. Hal ini memberikan kesempatan bagi lulusan teknik mesin untuk bekerja dengan klien yang beragam dan terlibat dalam berbagai proyek menarik. Dengan demikian, menjadi konsultan teknik memungkinkan mereka untuk terus belajar dan beradaptasi dengan tantangan baru.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin di Luar Negeri

Lulusan teknik mesin memiliki prospek karir yang luas, termasuk di luar negeri. Berikut adalah beberapa potensi pekerjaan untuk lulusan teknik mesin di luar negeri:

  1. Perusahaan manufaktur
    Banyak perusahaan manufaktur internasional membutuhkan insinyur teknik mesin untuk merancang, memproduksi, dan memelihara mesin dan peralatan mereka.
  2. Industri minyak dan gas
    Lulusan teknik mesin dapat bekerja di industri minyak dan gas sebagai insinyur peralatan atau insinyur produksi. Mereka bertanggung jawab untuk merancang, memelihara, dan memperbaiki peralatan dan fasilitas produksi.
  3. Perusahaan otomotif
    Industri otomotif adalah sektor yang besar bagi lulusan teknik mesin di luar negeri. Insinyur teknik mesin dapat bekerja dalam berbagai posisi seperti desain, penelitian dan pengembangan, manufaktur, atau layanan pelanggan.
  4. Teknologi informasi
    Lulusan teknik mesin dapat memanfaatkan kemampuan teknis mereka dalam industri teknologi informasi, terutama dalam desain dan pengembangan perangkat keras dan sistem.
  5. Konsultan teknik
    Banyak perusahaan konsultan teknik internasional membutuhkan insinyur teknik mesin untuk menyediakan layanan teknik berkualitas tinggi bagi klien mereka.

Gaji lulusan teknik mesin di luar negeri sangat bervariasi tergantung pada negara dan perusahaan tempat mereka bekerja. Di Amerika Serikat, rata-rata gaji lulusan teknik mesin adalah sekitar 70.000 hingga 90.000 dolar per tahun. Di Jepang, gaji lulusan teknik mesin berkisar antara 4 hingga 6 juta yen per tahun. Sedangkan di Jerman, gaji lulusan teknik mesin dapat mencapai 40.000 hingga 70.000 euro per tahun.

Baca juga : 5 Kelebihan Mahasiswa Teknik Mesin, Fakta atau Tidak?

Kesimpulan : Prospek Kerja Teknik Mesin

Prospek kerja Teknik Mesin memang masih terbentang luas, selama dunia industri masih berjalan tentu peluang itu masih ada.

Walaupun sebenarnya Kalian tidak harus selalu bekerja di perusahaan atau instansi pemerintah, namun bisa juga mengembangkan ilmu Kalian dengan membuka jasa konsultan atau reparasi mesin secara mandiri. Kalian juga bisa menjadi peneliti dalam hal permesinan di suatu kegiatan.

Pokok utama yang harus Kalian miliki ketika akan melangkahkan kaki untuk menekuni ilmu ini adalah memiliki kemauan, motivasi, dan potensi yang kuat untuk tekun belajar tentang teknik.

Hal ini mengingat untuk mempelajari tentang mesin membutuhkan kemampuan otak yang cukup besar dalam hal mengingat, memahami, dan menerapkannya. Cari tahu tentang apa saja yang perlu Kalian siapkan sebelum masuk ke perkuliahan.

Baca juga : Perbedaan Teknik Mesin Dan Teknik Industri Berdasarkan 4 Hal Ini

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.