Mesin Pembunuh Rumput (Kultivator): Fungsi, Manfaat dan Macam-macamnya

  • Whatsapp
mesin pembunuh rumput (kultivator)

Mesin Pembunuh Rumput Berparasit (Kultivator) : Fungsi, Manfaat dan Macam-macamnya – Dalam pertanian dan perkebunan, perawatan tanaman menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam bertani dan berkebun. Perawatan tanaman tersebut mulai dari pemupukan sampai dengan menghilangkan rumput yang disebut dengan penyiangan.  

Penyiangan atau pemberantasan rumput yang merugikan ini berguna agar tanaman dapat menyerap unsur hara dan nutrisi secara maksimal tanpa dicuri oleh rumput-rumput yang berada di sekitarnya. Penyiangan ini terbagi menadi beberapa macam yang didasarkan pada teknik atau metode yang dilakukan, yaitu secara biologi, kemis, mekanik dan campuran dari ketigganya.  

Muat Lebih

Dalam artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai penyiangan dengan alat-alat tradisional, selanjutnya kita akan membahas mengenai pemberantasan rumput secara mekanis dengan bantuan mesin pembunuh rumput yang sering disebut dengan KULTIVATOR.

1. Fungsi Kultivator

Kultivator adalah alat yang dapat dioperasikan dengan memerlukan beberapa macam alat yang akan ditarik pada permukaan tanah dengan kedalaman tertentu. Fungsi alat ini adalah untuk memusnahkan gulma muda dan melindungi pertumbuhan tanaman.

Baca juga : Beberapa cara pemberantasan gulma dalam pertanian

2. Manfaat Kultivator

Kultivator berfungsi untuk membunuh gulma. Alat ini memiliki beberapa manfaat bagi pertumbuhan tanaman yaitu :

a) Mempertahankan kelembaban dengan ; membunuh gulma, menghilangkan mulching pada permukaan tanah dan menahan curah hujan. 

b) Mempermudah penyediaan hara tanaman

c) Membentuk aerasi tanah untuk mendapatkan oksigen

d) Merangsang aktivitas mikro organisme  

Macam-macam Kultivator

Tipe dan ukuran kultivator yang akan digunakan pada luasan areal, jenis tanaman, jenis dan keadaan tanah, curah hujan, tipe usaha tani dan jenis penggunaan tenaga.    Pada umumnya kultivator dihubungkan pada bagian tengah atau sentral traktor dengan arah depan. Selain itu ada juga yang dipasang dibagian samping (kanan/kiri) atau di bagian depan atau belakang traktor.  

Kultivator yang Dipasang Dibagian Tengah Mesin/alat jenis ini diperuntukan untuk ukuran-ukuran 1,2 dan 4 baris. Penggunaannya dipasangkan pada traktor yang beroda 4. Berikut ini adalah gambar yang menunjukan kultivator 2 baris yang dipasangkan pada traktor roda 4. Alat ini cocok digunakan pada area tanah dengan siste terasering dengan baris lengkung.

Kultivator yang dipasang dibagian tengah

Biasanya kultivator 2 baris ini digunakan pada usaha tani sedang dan areal dengan baris lurus. Kemudian kultivator 4 baris digunakan pada usaha tana yang lebih luas dengan areal yang datar dengan baris lurus yang panjang.  Semua kultivator ini bisa digunakan pada saat tanah yang masih kosong atau tanah yang sudah terdapat tanamannya.  

Didalam kultivator biasanya juga terpasang hidrolik untuk mengatur kedalam kultiavasi (dinaikkan atau diturunkan).  

Kultivator 4 baris

Pada bagian belakang (dari gambar diatas) terdiri dari 3 gang untuk membawa 3 sapu (sweep) yang berguna untuk membersihkan atau melepaskan tanah di samping roda traktor dan menghindari kepadatan tanah serta meratakan atau menghaluskan bagian tengah. Jenis tanah, tanaman, dan pengaruh gulma sangat mempengaruhi penggunaan sekop atau sweep.  

Baca juga : Beberapa Macam Alat Pemupukan Otomatis

Peralatan kultivasi khusus 

Berikut ini adalah beberapa macam kultivator yang di desain secara khusus untuk kondisi tertentu dan disesuiakan dengan jenis tanaman tertentu.  

a. Kultivator untuk kacang-kacangan 

Kultivator untuk kacang-kacangan di rancang secara khusus untuk jenis tanaman ini, karena biasanya tanaman kacang ditanam agak rapat sehingga memerlukan sekop dan sweep untuk penyiangan yang relatif lebih dangkal.  

Tangkai pisau untuk memotong gulma dilekatkan pada batang alat (tool bar) dan lebar barisnya dapat disesuaikan sekitar 30-45 cm. Toolbar digandengkan pada bagian tengah atau bagian belakang traktor, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.      

b. Kultivator Lister 

Kultivator Lister

Kultiator listes digunakan untuk penyiangan pada tanaman berjajar pada tahap awal pertumbuhan. Gambar di atas adalah jenis kultivator (listed furrow) dengan jumlah baris 8, memiliki roda-roda untuk mendorong dan melindungi gang tiap baris. Pada kultivasi pertama, piring (disk) dipasang dengan posisi untuk melempar tanah dari baris tanaman. Kemudian untuk seterusnya piring dipasang dengan posisi untuk membawa tanah kearah tanaman.  

c. Kultivator Landak 

Kultivator Landak

Kultivator landak digunakan untuk penyiangan dendan merusak gulma dan rumput-rumputan yang berada di sekeliling tanaman. Alat ini sangat baik digunakan untuk menghancurkan lapisan tanah yang keras guna menghalangi pertumbuhan dari benih atau bibit muda. Landak putar dilengkapi dengan dengan 2 gang roda landak (hoe-wheel). Alat ini sebaiknya digunakan pada kecepatan relatif tinggi , di bawah 16 km/jam. Apabila tanamannya besar, gigi garpu cenderung mengait daundaun dan menyangkut beberapa tanaman.   

Baca juga : Beberapa Macam Alat Penanaman Otomatis  

Demikian artikel tentang mesin pembunuh rumput (kultivator): fungsi, manfaat dan macam-macamnya. Jangan lupa like dan share artikel ini yaa agar temen-temen kalian merasakan juga manaatya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *