kelebihan mahasiswa teknik mesin
Ilustrasi gambar kelebihan mahasiswa teknik mesin

5 Kelebihan Mahasiswa Teknik Mesin, Fakta atau Tidak?

Diposting pada 473 views

Kelebihan Mahasiswa yang masuk ke jurusan teknik mesin tentu tidak bisa dianggap remeh. Tidak mudah untuk masuk ke jurusan yang satu ini, karena setiap tahunnya peminatnya selalu bertambah. Hal ini menjadikan persaingan untuk masuk ke jurusan teknik mesin menjadi lebih rumit dari yang sebelumnya.

Sebagai mahasiswa jurusan teknik mesin, tentu akan banyak sekali ilmu yang didapatkan. Tidak heran, jiak mahasiswa teknik mesin memiliki banyak sekali kelebihannya. Salah satunya.  Mahasiswa nantinya akan mempelajari ilmu yang berkaitan dengan perhitungan dan pemesinan. Bukan hanya itu saja, masih banyak kelebihan mahasiswa teknik mesin yang perlu anda ketahui.

Beberapa Kelebihan Mahasiswa Teknik Mesin

Mahasiswa teknik mesin memiliki banyak sekali kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan dari mahasiswa di jurusan teknik mesin:

1. Disiplin

Mahasiswa teknik mana yang tidak disiplin? Pasti, sebagian banyak yang lebih disiplin. Karena, dalam sehari-harinya mahasiswa akan selalu ada tugas yang diberikan. Inilah yang membuat banyak dari mahasiswa lebih disiplin dibandingkan mahasiswa jurusan lainnya. Bukan main, untuk tugas yang diberikan biasanya dalam kurun waktu 1 hari saja.

Belum lagi aturan dari dosen yang tidak akan memberikan nilai jika tugas tersebut telat dalam pengumpulannya. Jadi, para mahasiswa berusaha untuk bisa mengumpulkan tugas sesuai dengan waktunya. Anak teknik rela tidak mengumpul dan bermain dengan yang lainnya untuk bisa menyelesaikan tugasnya tersebut. Untuk itu, kedisiplinan untuk anak teknik tidak perlu diragukan lagi.

Baca juga : Lulusan STM Jurusan Mesin Banyak Yang Bekerja Di Bidang Apa?

2. Pekerja Keras

Tidak percaya bahwa anak teknik memiliki sifat pekerja keras? Setiap harinya, selalu ada materi yang pasti membutuhkan kemampuan dan tenaga. Jadi, anak teknik selalu berusaha untuk mengimplementasikan materi tersebut. Karena, jika materi yang diberikan tidak dipraktekkan secara langsung tentu tidak akan tahu bagaimana hasilnya.

Jadi, setelah materi tersebut disampaikan biasanya anak teknik akan menuju ke ruang praktek. Yaitu melakukan implementasi dari materi yang telah disampaikan oleh dosen. Kemudian mencoba menerapkan materi tersebut untuk mengetahui bagaimana hasilnya. Bahkan, tidak jarang dosen ikut serta memberikan jam tambahan bersama dengan mahasiswa khusus untuk melakukan prakteknya di luar jam SKS. Keren banget kan!

Baca juga : Perbedaan Teknik Mesin Dan Teknik Industri

3. Mampu Bekerja Mandiri Dan Team

Kelebihan mahasiswa teknik mesin yaitu terletak pada kemampuan bekerja secara mandiri dan team. Bagaimana maksudnya? Pastinya, dalam setiap perkuliahan akan selalu ada praktik yang dilakukan.  Untuk itu, dalam melakukan praktik biasanya membutuhkan kerjasama tim dalam menyelesaikannya. Karena, alat-alat yang digunakan untuk teknik mesin tidak ringan.

Karenanya, dibutuhkan kerjasama dengan team untuk menyelesaikan tugas tersebut. Selain bisa bekerja secara team, anak teknik mesin juga bisa bekerja secara mandiri. Beberapa tugas dari dosen juga diberikan secara individu. Jadi, mau tidak mau harus dikerjakan secara mandiri untuk bisa menyelesaikannya. Tidak heran, jika kualitas dari mahasiswa teknik mesin begitu mumpuni untuk menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga : Perbedaan Pendidikan Teknik Mesin Dan Non Teknik (Murni)

4. Berkompeten

Perusahaan tentu selalu membutuhkan pekerja yang berkompeten, bukankah begitu? Anak teknik mesin merupakan para siswa yang berkompeten. Bagaimana tidak, mereka sehari-harinya pasti berkaitan secara langsung dengan peralatan mesin dan bertempat di bengkel. Jadi, setelah selesai mata kuliah banyak yang tidak langsung pulang ke kost atau rumah.

Melainkan, mempelajari materi yang nantinya akan dipelajari. Atau, bahasa yang lebih dikenal yaitu belajar otodidak. Biasanya, pada setiap kampus terdapat team research atau karya ilmiah yang membuat berbagai produk inovasi khususnya di bidang ilmu mesin. Anak teknik mesin, banyak yang ikut serta team ini karena dirasa memberikan banyak sekali manfaatnya khususnya untuk ilmu pada penerapan nantinya di dunia kerja.

Baca juga : Keunggulan Teknik Mesin Itu Apa Sih?

5. Memiliki Kemampuan Analisa Dan Problem Solving Cepat

Kelebihan dari mahasiswa teknik mesin yaitu memiliki analisa dna problem solving dengan cepat. Bagi perusahaan, dua hal ini sangatlah penting terutama yang berkaitan langsung dengan mesin. Karena, jika secara mendadak mesin untuk produksi mati maka akan mengurangi produksi yang berjalan.

Karenanya, dibutuhkan seorang yang mampu untuk melakukan analisa terhadap mesin yang rusak tersebut. Mahasiswa teknik mesin selalu diberikan materi bagaimana menganalisa mesin yang mati secara mendadak. Bukan hanya itu saja, menganalisa kebutuhan dan maintenance mesin juga menjadi keharusan bagi anak teknik mesin. Jadi, untuk kemampuan analisanya tidak perlu diragukan.

Selain analisa, hal yang penting untuk dilakukan yaitu problem solving. Bagaimana menyelesaikan masalah berdasarkan analisis tersebut. Jika analisanya selesai, maka dilakukan problem solving sesuai dengan masalahnya. Anak teknik terbiasa melakukan perhitungan berkaitan dengan matematika, fisika dan kimia.

Maka, jangan heran jika kemampuan untuk melakukan analisa dan problem terhadap mesin nya begitu cepat. Karena, sudah menjadi pembelajaran sehari-hari yang dilakukan dalam masa perkuliahan. Kemudian, hanya perlu mengimplementasikannya secara langsung pada permasalahan di perusahaan.

Baca juga : Syarat Masuk Teknik Mesin

Bagaimana, banyak sekali ya kelebihan mahasiswa teknik mesin. Jadi, jika anda tertarik ingin masuk ke jurusan teknik mesin maka segeralah mendaftar. Sudah pasti, industri sangat membutuhkan lulusan teknik mesin yang berkualitas untuk pemenuhan SDMnya. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.