kerja lulusan stm jurusan mesin

Lulusan STM Jurusan Mesin Banyak Yang Bekerja Di Bidang Apa?

Diposting pada 581 views

Lulusan STM Jurusan Mesin Banyak Yang Bekerja Di Bidang Apa? – Jurusan teknik mesin pada jenjang SMK tentu memiliki kurikulum yang berbeda dengan jenjang perguruan tinggi. Meskipun terdapat perbedaan dalam kurikulumnya, namun prospek kerjanya masih tetap luas. Karena, kebutuhan terhadap sumber daya manusia dengan keterampilan dalam bidang mesin masih begitu banyak.

Tidak dapat dipungkiri, jika persaingan dalam dunia kerja tentu akan selalu ada. Semua lulusan dapat bersaing selama memenuhi syarat dan ketentuan dari lowongan kerja. Termasuk, untuk lulusan SMK jurusan mesin yang memiliki banyak peluang kerja. Jadi, apakah anda ingin tahu lulusan stm jurusan mesin banyak yang bekerja di bidang apa? Baca lebih lengkapnya pada artikel ini.

Lulusan STM Jurusan Mesin Banyak Yang bekerja Di Bidang Apa?

Jika anda memiliki pertanyaan mengenai bidang pekerjaan untuk lulusan stm jruusan mesin, berikut ini daftar pekerjaanya:

1. Bidang Otomotif

industri otomotif
Foto : pexels

Siapa bilang stm jurusan mesin tidak bisa masuk ke bidang otomotif? Jangan beranggapan bahwa hanya lulusan TKR saja yang bisa bekerja di bidang otomotif. Justru, peluang kerja untuk jurusan mesin terbuka dengan cukup luas di bidang ini, mengingat banyak posisi yang membutuhkan tenaga kerja yang paham permesinan.

Pekerjaan di bidang otomotif yang kaitannya dengan permesinan seperti teknisi maupun yang lainnya. Tentunya, hal ini agar meminimalisir terjadinya pembuatan komponen otomotif yang tidak tepat. Untuk itu, peluang kerja ini harus dimaksimalkan dengan baik oleh para lulusan stm jurusan mesin.

Baca juga : 7 Prospek Kerja D3 Teknik Mesin di Indonesia

2. Bidang Kelistrikan

industri listrik

Salah satu prospek yang bisa dimasuki oleh siswa stm teknik mesin yaitu bidang kleistrikan. Bidang ini memberikan pekerjaan untuk membantu dalam permasalahan mesin yang berkaitan dengan listrik. Saat ini, banyak sekali perusahaan yang menggunakan mesin bertenaga listrik untuk menjalankan industrinya.

Jadi, para lulusan bisa bekerja untuk menjadi teknisi listrik. Memahami masalah dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan mesin serta listrik. Kedua hal ini memang sangat berkaitan. Salah satunya, yaitu PT. PLN yang selalu membuka lowongan kerja setiap tahunnya.

Baca juga : Peluang Kerja Teknik Pemesinan Paling Populer

3. Bidang Pertambangan

industri pertambangan
Foto : pexels.com

Pertambangan, tentu banyak yang tertarik dengan bidang satu ini. Bukan tidak lain karena besaran gaji yang diberikan cukup banyak. Tidak heran jika gaji yang diberikan besar karena sebanding dengan resiko yang diberikan. Meskipun lulusan jurusan teknik mesin, maka bisa bekerja di bidang pertambangan.

Bisa menjadi operator alat berat, teknisi mesin dan kendaraan untuk melakukan maintenance. Banyak sekali Perusahaan pertambangan seperti Freeport, PAMA, ADARO ENERGY, Aneka Tambang, Atlas Resource, Asia Natural Resource dan yang lainnya. Setiap tahunnya, selalu ada lowongan untuk industri bidang pertambangan.

4. Bidang Penerbangan

industri penerbangan

Industri penerbangan tampaknya menjadi salah satu yang cukup diminati oleh banyak millenials. Termasuk, untuk mereka lulusan jurusan smk teknik mesin maka bisa masuk ke bidang penerbangan. Di penerbangam banyak sekali hal yang ahrus diperhatikan termasuk yang berkaitan dengan mesin.

Disinilah, pekerjaan yang berkaitan dengan mesin seperti perancangan, memasang komponen, menentukan kebutuhan mesin pesawat sangat dibutuhkan. Seperti PT. Dirgantara Indonesia yang menjadi salah satu penyedia pesawat terbang. Jadi, sangat memungkinkan untuk bisa masuk ke perusahaan tersebut meskipun jurusan teknik mesin.

Baca juga : Daftar 6 Politeknik Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik

5. Bidang Perminyakan

petugas minyak

Selanjutnya, para lulusan stm bisa masuk ke bidang industri perminyakan. Di dalam industri ini, banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan. Terlebih, dalam industri ini membutuhkan bantuan mesin yang begitu banyak. Jadi, untuk lulusan stm jurusan perminyakan sangatlah dibutuhkan.

Untuk para lulusan teknik mesin sangat bisa masuk ke bidang perminyakan. Salah satu PT yang rutin membuka lowongan kerja yaitu PT. Pertamina. Namun, selain Pertamina juga banyak PT lainnya dalam penghasil Migas. Seperti Chevron Pacific Indonesia, Exxonmobil Cepu Limited MCL, PHE OSES dan yang lainya.  Banyak sekali lowongan yang tersedia untuk lulusan teknik jurusan mesin pada perusahaan tersebut.

6. Bidang Informasi Dan Teknologi

Bidang teknologi
Foto : unsplash.com

Menarik! Ternyata, lulusan jurusan teknik juga bisa masuk dalam industri IT. Saat ini, dunia sedang masuk dalam dunia digital. Jadi, semuanya pada waktunya nanti akan dibuat secara digital. Hal ini dilakukan untuk mempermudah manusia dalam beragam keperluannya. Untuk itu, pengembangan selalu dibutuhkan dalam dunia IT.

Jurusan mesin bisa masuk ke dunia IT untuk bekerjasama. Bagaimana pekerjaanya? Jadi, kaitannya IT dan Mesin saling membantu satu sama lain.

Banyak perusahaan IT yang sudah membuka peluang agar para lulusan jurusan mesin bisa masuk ke industri IT. Nah, ternyata cukup banyak ya pekerjaan untuk lulusan stm jurusan mesin.

Tapi perlu ditekankan, bahwa biasanya anak stm yang masuk ke dunia IT adalah mereka yang memiliki minat terhadap IT misalnya pada robot, programmer, website dan lain sebagainya.

Admin dulu juga merupakan STM jurusan otomotif, saat ini bekerja di bidang Digital Marketing. Semua itu tidak terlepas dari hobi saya yang suka dengan website.

Baca juga : Daftar Lengkap Mata Kuliah Teknik Mesin dari Semester 1 – 8

Sekarang, anda tidak perlu bingung lagi mengenai lulusan stm jurusan mesin banyak yang bekerja di bidang apa. Karena, begitu banyak peluang kerja yang ada dan bisa dimasuki. Terpenting, harus memiliki skill dan siap bekerja secara profesional. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.