peluang kerja teknik pemesinan

Peluang Kerja Teknik Pemesinan Paling Populer

Diposting pada 113 views

Peluang Kerja Teknik Pemesinan Paling Populer – Jurusan teknik mesin merupakan ilmu yang mempelajari penerapan dari prinsip fisika dan matematika dalam merancang desain, menciptakan mesin, manufaktur, analisis mesin sampai dengan melakukan maintenance mesin. Di era sekarang ini, hampir setiap perusahaan pasti membutuhkan mesin dalam menjalankan industrinya.

Setiap tahunnya, peminat terhadap teknik mesin selalu meningkat. Mengapa demikian? Karena, bagi lulusan teknik mesin tidak perlu bingung dalam bekerja. Banyak sekali terbuka peluang kerja yang bisa dimasuki. Termasuk, prospek kerja teknik mesin untuk perempuan juga sangat besar. Apa saja peluang kerja teknik pemesinan? Ketahui penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Peluang Kerja Teknik Pemesinan

Banyak dari anda yang ingin mengetahui apa saja peluang kerja untuk jurusan teknik pemesinan. Berikut ini peluang kerja teknik mesin:

1. Industri Otomotif

industri otomotif
Foto : pexels.com

Bagi para lulusan jurusan teknik mesin, industri otomotif membuka peluang yang sangat besar. Dalam industri otomotif, tentunya banyak sekali sparepart yang berhubungan dengan mesin. Mengapa? Karena, sparepart dibuat oleh mesin untuk menciptakan hasil yang sesuai kebutuhan. 

Hanya saja, perlu anda pahami untuk pekerjaan lulusan teknik tentu berbeda. Jadi, lulusan teknik diharuskan untuk merancang, analis , menjadi teknisi dan yang lainnya. Di Indonesia sendiri, industri otomotif terbuka dengan sangat luas. Jadi, lapangan kerja yang tersedia juga sangat banyak.

2. Industri Pertambangan

industri pertambangan
Foto : pexels.com

Pertambangan merupakan salah satu Industri yang sampai saat ini masih sangat dibutuhkan. Karena, pertambangan digunakan untuk sumber daya energi. Seperti kebutuhan untuk energi listrik dan yang lainnya. Lulusan teknik mesin juga bisa masuk pada industri pertambangan. Untuk pekerjaannya bisa sebagai operator, analis,teknisi maupun yang lainnya.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali industri pertambangan yang berjalan. Sebut saja Freeport, pertamina, PAMA dan yang lainnya. Sampai saat ini, industri tersebut masih selalu membutuhkan para pekerja yang berkualitas dan bisa mengimplementasikan kemampuannya dengan baik.

3. Industri Kecerdasan Buatan

Industri kecerdasan buatan
Industri kecerdasan buatan

Era teknologi saat ini sedang berkembang dengan sangat pesat. Pasar teknologi menjadi salah satu kebutuhan yang cukup tinggi. Bagi para lulusan jurusan mesin, dapat masuk dalam industri kecerdasan buatan. Berkolaborasi dengan para programmer dan peneliti untuk membuat mesin yang bisa membantu tugas manusia.

Untuk membuat mesin yang memiliki kecerdasan memang tidak mudah. Untuk itu, kolaborasi merupakan hal yang sangat penting. Jadi, para lulusan teknik bisa masuk ke industri Artificial Intelligence untuk bekerja memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Peluang kerja ini menjadi salah satu yang paling banyak diminati oleh lulusan teknik.

4. Industri Penerbangan

enginer pesawat
Foto : pexels.com

Lulusan teknik apakah bisa bekerja di industri penerbangan? Jawabannya, ya sangat bisa. Industri penerbangan selalu menjadi hal yang sangat menarik. Sebagai lulusan jurusan teknik, bekerja di industri ini tentu tidak sembarangan. Melainkan, harus paham mengenai apa yang nantinya akan dikerjakan.

Pekerjaan yang dilakukan tidak hanya sebagai pekerja saja. Namun, memiliki tanggung jawab terhadap material dari pesawat tersebut. Serta, mampu untuk merancang maupun menentukan mesin apa yang nantinya akan digunakan. Selain itu, jika bekerja sebagai teknisi maka harus bisa melakukan maintenance mesin pesawat sesuai pada prosedurnya.

5. Pegawai Negeri Sipil

Pegawai negeri sipil

Pekerjaan yang masih sangat diinginkan bagi banyak orang yaitu Pegawai Negeri Sipil. Lulusan jurusan teknik justru memiliki peluang yang besar untuk bisa menjadi PNS. Beberapa formasi untuk lulusan jurusan mesin juga tersedia. Seperti untuk formasi CPNS kementerian Perindustrian salah satunya.

Di Kementerian tersebut, dibutuhkan lulusan jurusan teknik mesin. Tentunya, yang memahami dengan benar mengenai perancangan, analisis dan maintenance pada mesin. Untuk itu, formasi untuk lulusan jurusan teknik mesin selalu ada setiap tahunnya. Jadi, tidak perlu khawatir tidak bisa mendaftar!

Baca juga : Prospek Kerja Teknik Mesin – Peluang Besar di 10 Pekerjaan Ini

6. Industri Tenaga Listrik

industri listrik

Kehidupan di era sekarang tentu sangat berkaitan dengan listrik. Hampir setiap harinya, semua orang membutuhkan listrik untuk keperluan masing-masing. Lulusan teknik mesin, memiliki peluang untuk bisa bekerja di industri tenaga listrik. Sudah pasti, pekerjaan yang dilakukan yaitu berkaitan dengan mesin.

Setiap pembangkit listrik yang berjalan pasti memiliki mesin yang digunakan. Teknisi yang paham pemesinan sangat dibutuhkan. Khususnya, untuk lulusan teknik mesin yang dianggap paham dan bisa mengimplementasikan ilmunya secara langsung. Contoh perusahaan yaitu PLN yang setiap tahunnya selalu membuka peluang kerja bagi para lulusan teknik mesin.

7. Menjadi Pengusaha

pengusaha

Tidak ada salahnya, bagi para lulusan teknik mesin untuk menjadi pengusaha. Dalam menjalankan usaha memang tidaklah mudah. Namun, teknik mesin memiliki usaha khusus yang mungkin bisa dijalankan. Seperti menerima jasa perbaikan mesin maupun merancang kebutuhan mesin perusahaan kecil.

Banyak sekali perusahaan menengah yang mungkin membutuhkan mesin untuk kebutuhanya. Disinilah, tugas dari pengusaha lulusan mesin agar bisa menawarkan jasanya. Melakukan perancangan, kemudian membuat mesin tersebut.

Untuk itu, dalam menjalankan usaha ini sebaiknya membutuhkan kolaborasi agar hasilnya cepat dan bisa bekerja secara maksimal sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Bagaimana, banyak sekali ya peluang kerja teknik pemesinan. Terlebih, di era sekarang ini dimana industri sudah menggunakan mesin dalam mengelola berbagai keperluannya. Jdi, untuk urusan peluang kerja tidak perlu khawatir lagi. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.