syarat masuk teknik mesin

Syarat Masuk Teknik Mesin, Perhatikan Ini Biar Lolos Seleksi

Diposting pada 522 views

Syarat Masuk Teknik Mesin – Apakah anda tertarik ingin masuk ke jurusan teknik mesin? Jika iya, kamu harus memperhatikan beberapa persyaratan berikut ini agar lolos seleksi dan keterima.

Jurusan yang satu ini memang menjadi salah satu yang paling diminati oleh banyak kalangan. Selain memiliki prospek kerja yang cukup baik, teknik mesin juga mempelajari tentang ilmu-ilmu terapan yang sangat berguna untuk kehidupan kita sehari-hari.

Selain itu pada jurusan teknik mesin, banyak sekali hal yang nantinya akan dipelajari. Mulai dari perencanaan, analisis, implementasi yang berkaitan dengan mesin. Nah, agar bisa memahami dengan baik mengenai teknik mesin maka harus memenuhi beberapa persyaratan. Apa saja syarat masuk teknik mesin? Ketahui selengkapnya pada artikel ini.

Beberapa Syarat Masuk Teknik Mesin

Tidak bisa semua orang masuk ke jurusan teknik mesin, diharuskan untuk memenuhi beberapa persyaratan. Berikut ini persyaratannya:

1. Siswa Jurusan Tertentu

Jika ingin masuk ke perguruan tinggi jurusan teknik mesin, maka harus siswa dengan jurusan tertentu. Jadi, tidak semua jurusan calon mahasiswa bisa diterima untuk masuk ke jurusan mesin. Apa saja jurusan yang bisa diterima? Yaitu siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA, lalu SMK/MAK jurusan teknologi & Rekayasa, Teknik Elektro, teknik Mesin dan yang sejenisnya.

Mengapa harus ada persyaratan ini? Karena, dalam jurusan mesin nantinya para mahasiswa akan mempelajari lebih dalam mengenai mesin. Jadi, sangat disarankan untuk beberapa jurusan tersebut agar bisa lebih mudah nantinya dalam proses pembelajaran. Jika jurusan sebelumnya terlalu berbeda akan sulit untuk memahaminya. Jadi, sangat disarankan untuk jurusan yang terkait saja yang bisa masuk.

2. Berbadan Sehat Dan Tidak Buta warna

Syarat selanjutnya untuk masuk ke jurusan teknik mesin yaitu memiliki badan yang sehat. Karena, pada teknik mesin nantinya akan berhubungan secara langsung dengan mesin yang cukup berat. Jadi, tidak heran jika membutuhkan seorang yang memiliki badan sehat. Tidak memiliki riwayat sakit yang terlalu parah.

Selain itu, diharapkan para calon mahasiswa tidak buta warna. Sebagaimana, hal ini sangat penting untuk kedepannya. Dalam dunia industri mesin, tes emngenai buta warna tentu akan selalu dilakukan. Tujuannya, agar para pekerja merupakan orang yang tidak buta warna. Namun, beberapa perguruan tinggi memperbolehkan buta warna selama tidak begitu parah.

3. Memiliki Kemampuan Berhitung Yang Baik

Apakah teknik mesin berkaitan dengan perhitungan? Jawabanya, YA justru memiliki kaitan yang begitu jelas. Nantinya, mata kuliah dari teknik mesin akan selalu ada mengenai perhitungan. Seperti fisika, kimia dan matematika, kalkulus akan menjadi materi dasar dan harus dipahai oleh anak teknik mesin.

Jadi, untuk para calon mahasiswa yang tertarik ingin masuk ke jurusan teknik mesin maka harus mampu mempelajari terlebih dahulu mengenai perhitungan. Hal ini begitu penting agar nantinya proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan dapat diterima dengan baik. Tujuannya, agar para lulusan mampu menghitung kebutuhan yang berkaitan dengan mesin pada perusahaan.

Baca juga : Prospek Kerja Teknik Mesin – Peluang Besar di 10 Pekerjaan Ini

4. Diutamakan Tidak Berkacamata

Pasti, banyak dari anda yang bertanya apakah teknik mesin boleh berkacamata? Pertanyaan ini memiliki berbagai macam jawabannya. Umumnya, tidak disarankan untuk yang berkacamata masuk ke jurusan teknik mesin. Mengapa demikian? Karena, kaitannya dengan mesin tentu diharuskan untuk menggunakan kacamata yang lainnya.

Tetapi, ada juga perguruan tinggi yang memperbolehkan calon mahasiswanya berkacamata. Selama, untuk kacamatanya masih -+ 1. Jika sudah lebih, mungkin belum masuk dalam kriteria untuk mendaftar di jurusan teknik mesin. Ini dilakukan demi memberikan lulusan yang sesuai pada kebutuhan perusahaan saat ini.

5. Diutamakan Umur Tidak Lebih Dari 21 Tahun

Nah, perlu diketahui untuk para calon mahasiswa yang akan mendaftar bahwa umur pendaftar diutamakan tidak lebih dari 21 tahun. Jadi, kalau bisa ketika mendaftar di teknik mesin umurnya masih dibawah 20 tahun. Jika lebih dari 21 tahun maka kalau bisa pada saat kuliah dibarengi dengan bekerja, jadi kerja sambil kuliah.

Perhitungan umur ini sudah sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Jika mahasiswa masuk pada umur 21 tahun, maka kemungkinan lulus ada di umur 24 dan 25 tahun. Syarat di perusahaan maksimal berumur 25 tahun untuk fresh graduate. Jadi, sudah sangat sesuai dan perlu untuk dipahami dengan benar.

Baca juga : Perbedaan Pendidikan Teknik Mesin Dan Non Teknik (Murni)

6. Mampu Secara Finansial

Satu hal yang paling penting saat berkuliah yaitu mengenai finansial keuangan. Apakah mampu secara finansial? Karena, untuk masuk di jurusan teknik tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih, untuk perguruan tinggi swasta yang lebih membutuhkan banyak keuangan. Untuk itu, lebih baik dipastikan terlebih dahulu mengenai finansial kedepannya.

Bukan hanya selesai di proses pendaftaran saja, namun bagaimana dengan pembayaran setiap semesternya. Sudahkah dipikirkan dengan baik semuanya? Hal ini penting, agar nantinya proses perkuliahan bisa berjalan dengan baik. Tidak jarang, saat materi berlangsung nantinya akan ada keperluan yang membutuhkan uang tambahan.

Jadi, tidak ada salahnya untuk dijadikan sebagai syarat untuk masuk ke jurusan teknik mesin. Jika tidak memiliki keuangan, maka alternatifnya bisa mendaftar beasiswa agar bisa berkuliah secara gratis atau setidaknya membayarnya tidak terlalu banyak.

Baca juga : 7 Prospek Kerja D3 Teknik Mesin di Indonesia

Begitulah ulasan lengkap mengenai syarat masuk teknik mesin. Apakah anda sudah memenuhi beberapa persyaratan diatas? Jika sudah, maka dapat mencoba untuk mendaftar di jurusan teknik mesin. Tentunya, persyaratan diatas bisa saja berbeda-beda pada setiap perguruan tinggi. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.