prospek kerja d3 teknik mesin

7 Prospek Kerja D3 Teknik Mesin di Indonesia

Diposting pada 661 views

7 Prospek Kerja D3 Teknik Mesin di Indonesia – Teknik mesin adalah salah satu jurusan yang paling banyak dicari. Selain memiliki prospek kerja yang luas, lulusan teknik mesin juga memiliki keterampilan yang bisa dimanfaatka untuk membuka usaha sendiri. Di teknik mesin kamu akan belajar mengenai termodinamika mesin, kerja mesin, desain mesin, fisika terapan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karena mata kuliah yang begitu luas dan dapat menunjang untuk pekerjaan nanti, maka dari itu prospek kerja teknik mesin D3 jangan diragukan lagi. Tidak hanya sebagai operator suatu mesin, kamu bisa menemukan prospek kerja teknik mesin D3 lebih lengkapnya dipembahasan kali ini.

7 Prospek Kerja D3 Teknik Mesin

1. Operator mesin produksi

operator mesin produksi
Foto : pexels.com

Lowongan menjadi operator mesin produksi sangat banyak tersebar di indonesia. Buat kamu yang lulus teknik mesin D3, kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan manufaktur di indonesia. Semisal pabrik otomotif, kedirgantaraan, pabrik makanan, pengemasan, pabrik furniture, dan lain lain.

Operator mesin produksi biasanya minimal jurusan yang dibutuhkan adalah D3 teknik mesin. Meskipun kamu seorang lulusan D4 atau S1, kamu masih bisa mendaftar.

Terkadang ada juga beberapa mesin produksi yang harus dioperasikan oleh orang yang telah memiliki ijin menjadi operator. Jadi ketika kamu berkuliah D3, untuk meningkatkan nilai jualmu, kamu harus memiliki sertifikat atau lisensi ijin bekerja. Semisal operator alat berat dan lain sebagainnya.

2. Engineer Produksi

enginer produksi
Foto : pexels.com

Seorang engineer teknik mesin harus mampu melakukan perawatan mesin. Mesin yang entah itu ketika sedang berjalan, maupun sedang dilakukannya maintenance. Kamu memiliki tanggung jawab untuk melakukan perawatan unit unit mesin milik perusahaan. Hal ini dilakukan agar efisiensi dan daya guna mesin dapat bertahan lama.

Biasanya orang yang melakukan inspeksi maintenance, orang yang telah berpengalaman dan telah memiliki ijin kerja. Untuk mendapatkan ijin kerjanya, kamu harus mengikuti pelatihan atau proses lisensi. Lagi lagi, kamu harus membutuhkan modal untuk mendapatkan lisensi kerja tersebut. Namun percayalah, modalnya akan cepat balik hanya dalam beberapa proyek.

3. BUMN

bumn indonesia
Foto : pexels.com

Siapa toh yang tidak tertarik masuk BUMN? Semua orang pasti ingin sekali kerja di BUMN. Selain terkenal gajinya yang tinggi, BUMN menawarkan berbagai macam tunjangan. Nah beruntung sekali buat kamu yang lulusan teknik mesin. Karena BUMN seperti Pertamina dan PT KAI selalu membutuhkan tenaga kerja lulusan teknik mesin.

Meskipun prospek kerja BUMN cukup menggiurkan, ternyata banyak orang yang menaruh minat untuk bekerja di BUMN. Jadi kamu harus siap dengan saingan yang cukup berat. Dan pastikan pula pemerintah membuka lowongan BUMN untuk jurusan teknik mesin D3.

4. PNS

Pegawai negeri sipil

PNS merupakan pekerjaan idaman para mertua. Rasa rasanya memiliki pekerjaan sebagai PNS mendapatkan nilai lebih di mata para mertua. Buat kamu lulusan teknik mesin D3, kamu tak usah khawatir, karena ada juga loh pemerintah membuka ASN untuk jurusan teknik mesin D3.

Beberapa kementrian RI, membuka lowongan PNS untuk teknik mesin D3. Diantaranya adalah kementrian pertahanan, kementrian ketenagakerjaan dan perumahan dan masih banyak lagi yang lainnya. Manfaatkan peluang ini untuk menjadi PNS teknik mesin. Ini adalah salah satu prospek kerja teknik mesin D3 yang banyak diminati.

5. Dosen

dosen pengajar
Dosen

Untuk menjadi dosen, kamu harus melanjutkan mengambil D4 di jurusan teknik mesin yang kemudian kamu harus mengambil jenjang S2. Karena syarat S2 adalah syarat minimal untuk menjadi dose. Dan pastkan jurusan yang kamu ambil di jenjang S2 harus liner dengan teknik mesin.

Jika kamu ingin menjadi dosen di perguruan tinggi kedinasan, maka kamu harus menjadi PNS terlebih dahulu. Sedangkan apabila kamu ingin menjadi dosen di perguruan tinggi negeri atau swasta, kamu tak perlu menjadi PNS. Untuk masalah gaji, tergantung regulasi dari institusi kamu bekerja. Yang jelas gajinya bisa lebih dari UMR.

Menjadi dosen adalah tanggung jawab yang berat. Kamu harus rutin mempublikasikan jurnal atau karya ilmiah lainnya agar kamu mendapatkan point. Ini merupakan salah satu bentuk pengabidan kepada masyarakat.

Baca juga : 10 Prospek Kerja Teknik Lingkungan dan Gajinya

6. Ahli Mesin Pesawat Ringan dan Berat

Enginer pesawat
Sumber : pexels.com

Ya, seorang teknik mesin bisa menjadi operator atau seorang ahli mesin kendaraan berat maupun ringan. Mungkin kamu bisa bekerja sebagai audit K3 di bejana tekan. Atau mungkin bisa menjadi ahli di bejana uap dan lain sebagainnya. Namun untuk berkarir sebagai ahli mesin pesawat, kamu harus memiliki lisensi untuk ijin kerja.

Sebagai tambahan, untuk mendapatkan lisensi kerja tersebut, kamu harus mengikuti pelatihan. Total untuk mendapatkan ijin bekerja, kamu harus mengeluarkan uang sebesar 20 juta an, bahkan bisa lebih. Tergantung lisensi apa yang hendak kamu ambil.

Namun gaji yang kamu terima per proyeknya bisa besar. Mungkin kamu bisa mendapatkan salary sekitar 5 juta hingga 10 juta. Tergantung dari penyedia jasa yang dimana kamu kerja untuknya. Ini adalah prospek kerja teknik mesin D3 dengan gaji yang sangat besar.

7. Prospek tambahan lainnya

Prospek kerja teknik mesin D3 tidak hanya seperti daftar di atas loh, ternyata kamu juga bisa berkarir sebagai jurnalistik, digital marketing, sales, bank, penulis dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu muncul pertanyaan, mengapa orang teknik mesin D3 dapat bekerja di bidang lain? Padahal itu adalah kawasan anak ekonomi dan komunikasi.

Jawabannya simple saja, ternyata untuk bekerja di sektor di atas tidak membutuhkan syarat jurusan spesifik. Yang terpenting, orang tersebut memiliki kualifikasi yang memumpuni dan dibutuhkan oleh perusahaan. Jika kamu handal dalam berkomunikasi marketing, maka tak ada salahnya untuk mencoba menjadi sales dan sektor marketing lainnya. Ini juga menjadi pilihan cadangan apabila tidak mendapatkan pekerjaan teknik mesin D3.

Baca juga : 10 Prospek Kerja Teknik Geologi dengan Gaji Menjanjikan

Kompetensi Lulusan D3 Teknik Mesin

Melihat prospek kerja teknik mesin D3 di atas, kita tentunya harus memperhatikan beberapa macam kompetensi yang dibutuhkan untuk menyokong karir di dunia kerja. Kompetensi lulusan teknik mesin D3 bisa berupa mampu menguasai penggunaan teknologi mesin produksi atau proses dan bidang perbaikan serta perawatan mesin.

Tentunya masing masing universitas mungkin akan memiliki kompetensi lulusan yang berbeda. Tak ada salahnya untuk terus belajar dan melengkapi kompetensi yang kita miliki agar berguna di dunia kerja nantinya. Entah itu didapatkan dari dalam kampus maupun luar kampus.

Ingatlah, persainganmu semakin tahun semakin ketat, jadi kamu harus bisa menyiapkan skill lebih. Yang paling terpenting adalah soft skill, attitude, skill berbahasa, analisis dan negosiasi. Untuk mendapatkan semua skill ini, kamu harus melakukan effort lebih di dalam kampus, semisal dengan mengikuti berbagai macam UKM, organisasi dan pemagangan kerja.

Di atas merupakan prospek kerja teknik mesin D3 beserta kompetensi lulusannya. Lowongan pekerjaan bisa kamu dapatkan melalui channel atau relasi yang kamu bangun. Oleh karena itu, bangunlah channel dengan cara kenal dengan banyak orang. Dan milikilah kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja.

Baca juga : Prospek Kerja Teknik Mesin – Peluang Besar di 10 Pekerjaan Ini

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.