prospek-kerja-teknik-lingkungan

10 Prospek Kerja Teknik Lingkungan dan Gajinya

Diposting pada 299 views

Prospek Kerja Teknik Lingkungan – Bagi sebagian orang untuk jurusan Teknik Lingkungan di Indonesia ini belum begitu populer dibandingan dengan jurusan teknik yang lainnya.

Kebanyakan dari calon mahasiswa memilih jurusan lain seperti Teknik Informatika, Teknik Kimia, Teknik Industri, dan Teknik Elektro.

Padahal apabila Kamu telah mengetahui lebih dekat prospek kerja Teknik Lingkungan ini begitu menjanjikan dengan berbagai posisi dan gaji yang cukup menarik.

Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan dari Teknik Lingkungan untuk bekerja di beberapa posisi yang cukup penting.

Para alumni dari jurusan Teknik Lingkungan ini menjadi salah satu dari tenaga kerja yang banyak dicari dengan tawaran gaji yang cukup tinggi.

Apalagi jika dilihat dari segi peminatnya, jumlahnya juga terbilang masih sedikit.

Bagi Kamu yang sedang mempersiapkan untuk jenjang pendidikan lebih tinggi, mungkin ada baiknya untuk melihat uraian tentang Teknik Lingkungan berikut.  

Apa Itu Jurusan Teknik Lingkungan?

Jurusan Teknik Lingkungan dalam suatu Universitas biasanya berada dibawah naungan Fakultas Teknik.

Secara umum Teknik Lingkungan ini mempelajari lingkungan dan berbagai macam permasalahannya dan juga mencari jalan keluar atau solusi atas permasalahan tersebut.

Jurusan ini juga menganalisa dan mempelajari bagaimana pencegahan dari masalah yang akan dihadapi untuk masa yang akan datang terutama tentang lingkungan.  

Contoh permasalahan yang dipelajari di Teknik Lingkungan ini adalah populasi manusia yang semakin bertambah namun sumber daya yang ada semakin menurun.

Misalnya adalah sumber daya air bersih di beberapa lokasi yang mulai berkurang, udara yang semakin tercemar karena banyaknya pabrik dengan aktivitasnya yang semakin meningkat.

Tugas dari jurusan ini mencari solusi agar aktivitas manusia dan lingkungan dapat berjalan selaras.  

Apa Saja Prospek Kerja Teknik Lingkungan?

Undang-undang tentang lingkungan yang saat ini berlaku memang dibuat semakin ketat karena semakin banyajnya masalah lingkungan yang terjadi sehari-hari.

Lulusan Teknik Lingkungan ini dapat mengaplikasikan ilmunya dengan bekerja di Kementerian Kelautan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kementerian ESDM, dan beberapa sektor lembaga lain yang berhubungan dengan lingkungan.  

Bukan hanya sektor pemerintahan, untuk sektor swasta prospek kerja Teknik Lingkungan cukup besar dimana kamu bisa bekerja di beberapa perusahaan dan industri besar.

Beberapa perusahaan besar yang membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan ini. contohnya adalah perusahaan antara lain Krakatau Steel, PT Unilever, PT Pertamina, Kimia Farma, Biofarma, Chevron, dan Aneka Tambang.

Beberapa pekerjaan untuk lulusan Teknik Lingkungan antara lain:  

1. Konsultan Lingkungan

Bekerja sebagai seorang konsultan lingkungan, Kamu memiliki tugas utama yaitu melakukan penelitian sebagai cara untuk mengidentifikasi seberapa besar tingkat kontaminasi yang terjadi di lingkungan darat, air, dan juga udara.

Sebagai seorang konsultan lingkungan, kamu dapat bekerja di beberapa lembaga pemerintahan dan juga organisasi yang bergerak atau berhubungan dibidang industri air.  

Pekerjaan konsultan lingkungan bukanlah suatu pekerjaan yang biasa. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini juga cukup tinggi, yaitu mulai dari 5 juta rupiah dan bisa lebih tinggi tergantung dari instansi dan perusahaan tempat Kamu bekerja.

Secara lebih rinci berbagai tugas yang harus di lakukan oleh seorang konsultan lingkungan antara lain:  

•    Menganalisis kondisi tanah

•    Mempelajari tentang pencemaran air

•    Membuat analisa tentang dampak pencemaran lingkungan

•    Melakukan kajian pengembangan kebijakan dan sistim manajemen lingkungan yang baik.

•    Melakukan kajian pengelolaan air limbah.  

2. Manajer Lingkungan

Suatu manajer lingkungan memiliki wewenang untuk melakukan peninjauan atas pelaksanaan operasional suatu perusahaan. Selain itu juga memeriksa lingkungan perusahaan, organisasi nirlaba, dan juga lembaga pemerintahan.

Tugas Kamu sebagai manajer lingkungan adalah melakukan kajian penelitian tentang kegiatan dari instansi yang bersangkutan. Tujuannya adalah sebagai bahan untuk melakukan perbaikan dan patuh pada undang-undang lingkungan.

Gaji yang ditawarkan untuk posisi manajer lingkungan ini mulai dari Rp. 5 juta. Biasanya akan ada kenaikan seiring dengan lama kerja dan prestasi yang Kamu berikan.

Selain beberapa tugas yang telah disebutkan diatas, seorang manajer lingkungan juga memiliki tugas untuk mengidentifikasi serta memecahkan suatu masalah lingkungan dan menetapkan perubahan yang akan dilakukan.  

3. Pemelihara Kualitas Air

Orang yang berprofesi sebagai pemelihara kualitas air bekerja untuk menjaga semua aspek kualitas air menggunakan metode analisis ilmiah serta penetapan standar kualitas sesuai dengan undang-undang khusus yang berlaku.

Kamu harus bisa membandingkan hasil tes dengan standar hasil yang telah ada, setelah itu Kamu harus menyelidiki kekurangan dan menentukan tindakan yang dilakukan untuk perbaikan.  

Selain dari tugas tersebut, kamu sebagai pemelihara kualitas air juga mempunyai tugas untuk memberikan solusi tentang semua hal yang berkaitan dengan regulasi dan kualitas air. Khususnya dalam bidang air minum, air tanah, dan air permukaan seperti danau, muara, sungai. Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini mulai dari Rp.3 juta.  

4. Petugas Daur Ulang

Tugas dari seorang petugas daur ulang yaitu melakukan perencanaan dan menyusun kebijakan tentang penguraian limbah lingkungan diserta dengan tata cara pengelolaan daur ulang limbah dan juga memberikan pemahamn tentang daur ulang melalui beberapa media yang ada.

Gaji untuk profesi ini mulai dari Rp 3 juta dan kenaikan sesuai jabatannya.   Kamu dapat bekerja di instansi pemerintah seperti kecamatan, kabupaten, dan juga dewan di beberapa departemen seperti pengelolaan sampah, layanan masyarakat, dan jasa lingkungan.

Untuk perusahaan swasta, Kamu dapat ikut berperan di perusahaan kontraktor daur ulang atau badan yang berhubungan dengan lingkungan. Profesi ini semakin dicari seiring dengan meningkatnya limbah yang ada.  

5. Pengelola Sampah

Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk mengolah limbah serta melakukan pembersihan lingkungan. Kamu akan diberikan tugas untuk mengatur dan melakukan pengelolaan fasilitas pembuangan sampah atau limbah yang aman.

Tentunya pengelolaan ini disesuaikan dengan peraturan pemerintah dan tetap memperhatikan lingkungan. Kamu dapat bekerja di dinas lingkungan atau lembaga yang berhubungan dengan penanganan sampah.  

Sebagai seorang pengelola sampah bukanlah suatu pekerjaan sepele. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini juga cukup tinggi, mulai dari Rp. 3 juta. Nominal ini akan semakin naik berdasarkan kemampuan masing-masing perusahaan, masa kerja, dan juga prestasi kerja yang Kamu capai.   

6. Ahli Ekologi

Seorang ahli ekologi mempunyai tugas melakukan survey atau penelitian sebagai bahan untuk mengidentifikasi, memantau, dan juga merekam berbagai spesies serta habitatnya.

Saat ini ruang lingkup kerja ahli ekologi mengalami perkembangan semakin luas, yaitu ikut terlibat dalam manajemen perusahaan dan juga pengambilan kebijakan.  

Ahli ekologi ini memiliki standar gaji mulai dari Rp. 5 juta. Program kerja dari ahli ekologi ini akan memperhatikan suatu ekosistem termasuk keberagaman spesies dan distribusi organismenya seperti manusia, hewan, dan tanaman.

Kamu harus meneliti tentang hubungan antara organism serta kehidupan lingkungan. Lahan pekerjaan ahli ekologi adalah perusahaan atau instansi bidang laut, air tawar, flora dan fauna.  

7. Insinyur Energi

Prospek kerja Teknik Lingkungan lainnya adalah sebagai Insinyur energi. Kamu dapat bekerja di bidang produksi energi yang berasal dari beberapa sumber daya alam yang tersedia.

Contohnya adalah energy biofuel, tenaga surya, tenaga air, ekstraksi minyak dan gas, serta tenaga angin. Fokus dari pekerjaan ini adalah menemukan sumber jenis pasokan energi inovatif yang bersih dan efisien.  

Seiring dengan perkembangan yang ada dan juga kebutuhan akan energi yang bertambah, maka insiyur energi ini harus melakukan penelitian untuk mengembangkan dan menemukan jenis energi baru, dan cara-cara memproduksi sumber energi menjadi energi yang siap disalurkan untuk kebutuhan masyarakat. Gaji yang diberikan untuk pekerjaan ini mulai dari lima juta rupiah.  

8. Manajer Pengelolaan Energi

Apabila Kamu memilih untuk belajar tentang Teknik Lingkungan, maka Kamu bisa bekerja sebagai manajer pengelolaan energi di beberapa instansi pemerintah dan juga perusahaan swasta yang menangani tentang pengelolaan energi.

Profesi ini bertugas mengatur dan juga memantau tentang proses penggunaan energi pada suatu fasilitas dan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi energi yang digunakan.  

Kamu harus melakukan evaluasi tentang penggunaan energi serta melakukan kajian tentang kebijakan dari perubahan yang ada. Selain itu Kamu juga harus memiliki ide bagaimana mengurangi emisi udara dan pengelolaan sampah, serta mencari solusi agar konservasi energi dapat meningkat. Gaji yang bisa Kamu dapatkan dari profesi ini mulai dari Rp. 5 juta.  

9. Konservasi Alam

Lingkup pekerjaan sebagai petugas konservasi alam ini adalah melindungi, mengelola lingkungan, serta melakukan peningkatan kualitas lingkungan. Yang dimaksud dengan lingkungan antara lain hutan, pesisir, gunung, padang rumput, dan juga sungai.

Ada juga pertugas konservasi yang bekerja di habitat laut untuk memantau tentang lingkungan perairan laut.  

Selain tugas utamanya, petugas konservasi alam juga melakukan pemahaman dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemeliharaan lingkungan alam.

Jabatan untuk posisi ini antara lain sebagai pegawai proyek yang berkaitan dnegan keanekaragaman hayati, pejabat di balai konservasi, dan juga teknisi. Gaji yang Kamu terima dari posisi ini berkisar antara Rp. 3 juta.  

10. Dosen atau Tenaga Pendidik

Lulusan dari Teknik Lingkungan terbilang masih cukup jarang, sehingga banyak peluang untuk bisa menjadi tenaga pendidik atau dosen di jurusan tersebut. Banyak Universitas yang membuka lowongan posisi dosen Teknik Lingkungan. Gaji yang ditawarkan untuk posisi dosen ini mulai dari Rp. 5 juta dan meningkat sesuai dengan jam mengajar dan kebijakan universitas.   

Hal yang perlu Kamu persiapkan untuk bisa menjadi seorang dosen atau tenaga pendidik tentunya memiliki kecakapan yang cukup dan memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai.

Kamu juga harus terus berlatis agar dapat berkomunikasi yang baik sehingga penyampaian materi dapat diterima dengan maksimal oleh para mahasiswa.

Melanjutkan pendidikan dengan mengambil jurusan Teknik Lingkungan tidak kalah keren dengan jurusan teknik lainnya. Selain itu prospek kerja Teknik Lingkungan ini juga cukup banyak dengan gaji yang menarik.

Walaupun belum begitu terkenal dibandingkan dengan jurusan lainnya. Tapi tidak ada salahnya kalau Kamu ingin mengambil Teknik Lingkungan karena peluang kerjanya juga masih cukup luas.  

Persyaratan untuk bisa masuk ke jurusan Teknik Lingkungan ini Kamu harus memiliki kemampuan dasar seperti ilmu Fisika, Biologi dan Matematika.

Ditambah dengan pengetahuan dasar lainnya seperti Geografi, Kimia, Sosiologi, Biologi, Bahasa Inggris, dan juga Ekonomi yang tidak kalah bagusnya. Masing-masing universitas biasanya memiliki syarat yang berbeda-beda yang bisa Kamu konfirmasikan sebelumnya.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi