prospek kerja kimia murni

10 Prospek Kerja Kimia Murni Ini Memiliki Gaji Menjanjikan

Diposting pada 816 views

10 Prospek Kerja Kimia Murni Ini Memiliki Gaji Menjanjikan – Cabang keilmuan sains sangatlah banyak, tiga yang paling populer dan dijadikan sebagai sains dasar seperti kimia, biologi dan fisika. Bagi Kalian yang menjadi lulusan salah satu bidang di antara ketiga jurusan tersebut, maka sangat beruntung. Misalnya kimia, Kamu bisa memperoleh kesuksesan karena prospek kerja kimia murni yang banyak dibutuhkan di berbagai instansi.

Jurusan kimia murni berbeda dengan teknik kimia, perbedaan keduanya cukup jelas sehingga pihak lembaga atau instansi yang membutuhkan ahli kimia harus jelas menyebutkannya. Ahli kimia ataukah teknik kimia, untuk informasi lebih lanjut sebaiknya carilah beragam informasi. Jika Kamu memilih kimia murni, maka ketahuilah dasar ilmunya serta prospek kerjanya berikut.

Apa Itu Jurusan Kimia Murni?

Kimia murni mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan zat-zat yang bereaksi secara kimiawi di segala kehidupan manusia. Jangan sampai salah memahaminya dengan teknik kimia, karena jurusan tersebut lebih mengarah pada bidang teknis dan bisa berkaitan dengan industri. Kimia murni hanya menganalisis suatu zat dan melihat reaksi apa yang bisa ditimbulkannya.

Beragam zat tersebut sangat berpengaruh di setiap kehidupan manusia, karena saat ini dimanfaatkan di segala aspek. Bahkan kebutuhan primer seperti makanan, minuman atau peralatan yang digunakan dengan cara bersentuhan langsung di kulit menggunakan bahan kimia. Bidang profesi para lulusan kimia murni tentu berupa analisis zat dengan reaksi kimiawi.

Apa Saja Prospek Kerja di Kimia Murni?

Jurusan kimia seringkali dianggap rumit karena berhubungan dengan rumus-rumus perhitungan zat tertentu. Serta melihat hasil dari penggabungan kedua zat yang sifatnya sama ataukah berbeda, dan menganalisis risiko yang bisa ditimbulkan oleh zat tersebut. Luasnya pemanfaatan zat kimia membuat jurusan ilmu kimia murni sangat dibutuhkan di dunia kerja sebagai berikut.

1. Analis Kandungan Makanan atau Minuman

penelitian makanan

Prospek kerja kimia murni yang pertama adalah sebagai analis kandungan manakan dan minuman. Seperti yang kita ketahui bersama, produksi makanan dan minuman pastinya akan terus berlanjut dan bertambah, takkan pernah berhenti karena menjadi kebutuhan utama manusia. Berkembangnya ragam cita rasa makanan dan minuman juga menjadi faktor penyebab mengapa zat kimia dibutuhkan. Efeknya bisa bersifat positif dan negatif bagi hidup manusia sehingga perlu dianalisis dahulu

Seseorang yang bisa melihat dan menganalisis berbagai kandungan zat kimia di dalam makanan dan minuman biasanya merupakan lulusan jurusan kimia murni. Kehadiran dan kinerja mereka sangatlah penting untuk menentukan bahwa suatu makanan atau minuman layak diproduksi ataukah tidak, dan layak diperjualbelikan atau tidak.

Banyak instansi yang membutuhkan para lulusan kimia murni, baik itu perusahaan swasta atau di bawah naungan pemerintah, bahkan bisa berupa lembaga seperti BPOM. Para analis makanan atau minuman tersebut memiliki ruang kerja di laboratorium untuk mengetes berbagai zat. Gaji yang mereka peroleh tentu sangat besar, karena posisinya juga penting.

2. Analis Kandungan Produk Kecantikan

Analisis produk kecantikan - prospek kerja kimia murni
Analisis produk kecantikan – prospek kerja kimia murni

Selain kandungan makanan atau minuman yang masuk ke dalam organ tubuh, kini zat kimia juga pasti ada dalam berbagai produk kecantikan. Kulit dapat menimbulkan reaksi yang berbeda terhadap produk perawatan kulit atau kosmetik yang menempel di permukaan kulit. Peran ahli kimia murni di sini sangatlah penting untuk menjaga keamanan bahan produk.

Jika tidak dilakukan analisis terlebih dahulu terhadap produk kecantikan maka tidak akan diketahui kandungannya. Apabila kandungannya cukup berbahaya bagi kulit dan beredar luas tanpa pengawasan maka risikonya sangat berbahaya bagi kulit semua orang. Bahkan risiko terburuknya adalah mengalami kanker dan kerusakan kulit pada pemakainya.

Pentingnya peran seorang analis yang berfokus pada zat dalam produk kecantikan, perawatan kulit, atau kosmetik membuatnya digaji cukup besar. Posisinya sangat penting di berbagai lembaga maupun instansi perusahaan yang memproduksi kosmetik. Untuk itulah analisis produk kecantikan ini masuk ke dalam 10 daftar prospek kerja kimia murni. Minimal gaji yang diterima senilai dengan UMK yang ditetapkan di setiap wilayah instansi itu berada.

3. Quality Control di Berbagai Perusahaan Swasta

quality control - prospek kerja kimia murni

Prospek kerja kimia murni yang menguntungkan dan pasti selanjutnya yakni sebagai quality control di hampir seluruh perusahaan swasta. Terutama perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, atau memproduksi suatu barang. Mengingat selama proses produksi berlangsung selalu ada proses teknis yang juga mengandung unsur kimia pada zatnya.

Posisi quality control berperan untuk mengecek atau menilai kualitas dari barang yang telah diproduksi, apakah terdapat kerusakan ataukah tidak. Jika hasil barang tersebut tidak sesuai dengan standard ketentuang yang ditetapkan, maka QC harus mencari tahu alasannya. Dimulai dari berbagai efek kandungan bahan yang menyusun barang produksi.

Gaji yang bisa diperoleh oleh pekerja di posisi quality control sangat dipengaruhi oleh level perusahaan swasta tempat Kalian bekerja. Serta jumlah ketentuan UMK di wilayah kalian, perusahaan ternama tentu akan memberikan gaji cukup besar. Minimal senilai atau setara dengan ketetapan UMK di suatu wilayah.

4. Admin Quality Control – Prospek Kerja Kimia Murni

Selain berada di posisi quality control, prospek kerja kimia murni di instansi perusahaan juga bisa berada sebagai admin quality control. Tugasnya berhubungan dengan pengurusan dokumen, namun mereka juga harus mengetahui kondisi barang yang telah diproduksi secara langsung dan nyata.

Posisi admin lebih berfokus pada urusan penyelesaian data perhitungan bahan-bahan yang sifatnya kimiawi sehingga posisinya juga sangat penting di perusahaan manufaktur. Kamu bisa memperoleh gaji yang besar jika bekerja sebagai admin quality control. Tetapi jumlahnya tetap dipengaruhi oleh ketentuan UMK wilayah, serta level perusahaan Kalian.

5. Research and Development

Prospek kerja lulusan kima murni lebih dominan berada di perusahaan swasta atau pemerintah yang bergerak di bidang manufaktur. Ada banyak sekali posisi yang bisa diisi oleh para lulusan bidang keilmuan tersebut, salah satunya di posisi research and development. Di situ Kalian dapat meneliti sekaligus mengembangkan inovasi produk.

Selain memahami berbagai persoalan yang berkaitan di bidang produksi, menjadi RnD membuatmu harus mempelajari dan memahami pasar yang akan dihadapi. Kamu juga perlu mempelajari strategi terbaik agar industri mampu bersaing dengan pihak lain. Gajinya juga bergantung pada level perusahaan serta ketentuan UMK di setiap wilayah di Indonesia.

6. Dosen atau Pengajar

dosen pengajar
Gambar ilustrasi dosen atau pengajar

Apabila bekerja di perusahaan sangat tidak memungkinkan, dan bukan menjadi harapan atau pilihan Kalian. Maka menjadi akademisi juga merupakan opsi yang bagus, salah satunya seperti pengajar atau dosen. Prospek kerja kimia murni sangat memungkinkan untuk menjadi dosen, karena pada dasarnya setiap cabang ilmu pengetahuan pasti membutuhkan pengajar/guru. Namun, Kalian harus menempuh pendidikan setidaknya hingga S2 agar bisa diterima sebagai dosen di berbagai universitas ternama.

Kalian juga harus memilih bidang keilmuan linear untuk bisa mendapatkan profesi yang tepat sesuai dengan bidang yang telah dipelajari. Kalian juga bisa memperoleh banyak keuntungan dengan menjadi dosen di jurusan kimia murni. Karena ada banyak sekali sumber penghasilan yang dapat dicari oleh para dosen.

Cara mendapatkan penghasilan lebih banyak bisa dengan mencari pekerjaan sampingan serta memperoleh status sebagai PNS. Serta memperoleh sumber penghasilan dari berbagai proyek yang dikerjakan oleh dosen selama masa kerjanya.

7. Analis Zat Produksi

Di perusahaan manufaktur yang bidang utamanya adalah memproduksi suatu baang, peran ahli kimia sangat dibutuhkan. Sehingga prospek kerja kimia murni sebagai analisis zat produksi ini sangatlah besar. Bidang pekerjaan utamanya adalah sebagai analis suatu zat yang hendak digunakan sebagai campuran atau bahan utama pembentuk suatu barang produksi. Mereka harus menemukan formula zat yang tepat agar tidak terjadi risiko.

Hampir sama dengan para analis berbagai zat yang menyusun produk olahan yang beragam, mulai dari makanan, hingga kosmetik. Para analis zat di berbagai perusahaan juga memperoleh gaji dengan aturan yang hampir sama. Sesuai dengan level perusahaan, sekaligus dengan penetapan UMK di seluruh wilayah tempat perusahaan didirikan.

Baca juga : Prospek Kerja Teknologi Pangan

8. Peneliti dan Penulis

Selain bekerja di perusahaan, Kalian sebagai lulusan ahli kimia juga dapat memilih profesi sebagai seorang peneliti sekaligus penulis. Prospek kerja kimia murni untuk peneliti terbuka lebar, siapapun bisa menjadi peneliti dan penulis asalkan ada keinginan.Ada banyak percobaan menarik yang bisa Kalian teliti, bahkan berpeluang untuk menjadi sebuah penemuan penting yang menjadi maha karya Kalian.

Untuk menjadi seorang peneliti, Kalian akan memperoleh gaji yang cukup beragam tergantung pada tempat di mana Kalian melakukan penelitian. Jika berada di bawah naungan lembaga atau instansi terkemuka maka gaji yang diperoleh tentu sangat besar, bisa mencapai puluhan juta rupiah. Terutama jika Kalian menghasilkan karya hebat.

9. Pegawai Negeri Sipil di Lembaga dan Instansi Tertentu

Prospek kerja kimia murni selanjutnya adalah dengan menjadi seorang PNS jika memiliki keinginan untuk mengabdi kepada negara. Ada banyak sekali instansi yang membutuhkan tenaga para ahli di bidang kimia murni, seperti badan tenaga nuklir nasional, dan yang lainnya.

Pekerjaan yang Kalian lakukan tentu untuk menganalisis beragam zat yang menyusun sebuah benda dengan reaksi kimia tertentu. Kemudian gaji yang bisa Kalian peroleh sudah tidak diragukan lagi, pasti cukup besar senilai jutaan rupiah. Dan ditambahkan tunjangan hingga totalnya bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan selama masa kerja Kalian.

10. Bergerak di Bidang Bisnis

Profesi yang sangat menjanjikan dan menguntungkan bagi para ahli kimia murni adalah menjadi pebisnis. Mereka bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk menciptakan sebuah karya dari perpaduan reaksi kimia tertentu. Kemudian menjualnya dengan harga tinggi yang tidak bisa dibayangkan oleh semua orang jika karya Kalian cukup unik dan menarik.

Kalian bisa bebas untuk memilih bidang tertentu dalam berbisnis, misalnya menciptakan formula zat perasa untuk makanan, dan sebagainya. Temuan Kalian tersebut bisa menjadi maha karya luar biasa yang nantinya populer di pasaran, dan banyak digunakan di berbagai aspek kehidupan.

Penghasilan yang bisa diperoleh sangat besar jika sukses menjalankan bidang bisnis tertentu yang berkaitan dengan pengelolaan zat kimia. Kalian juga harus memahami strategi bisnis untuk memperkenalkan secara luas mengenai produk temuan yang telah diciptakan.

Kesimpulan – Prospek Kerja Kimia Murni

Semua pilihan pada beberapa poin di atas adalah prospek terbaik yang bisa Kalian tentukan sesuai dengan keinginan saat menjadi lulusan dari jurusan kimia murni. Kalian tidak perlu terlalu khawatir karena jurusan tersebut sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Tidak hanya di perusahaan swasta yang berada banyak di sekitar kalian, khususnya jika wilayah Kalian di daerah industri. Tetapi perusahaan nasional, lembaga pemerintah dan non pemerintah juga membutuhkan tenaga yang berasal dari bidang keilmuan kimia murni.

Kalian harus menekuni dan meraih prestasi sebaik mungkin agar memperoleh pekerjaan dengan cara yang mudah. Jangan menyerah karena segala bidang pekerjaan memiliki beberapa tahap yang perlu untuk dicapai. Semoga bermanfaat ya 10 prospek kerja kimia murni di atas.

Baca juga : Prospek Kerja Ilmu Komunikasi