10 Peluang Kerja Jurusan Biologi Murni Terpopuler

Diposting pada 1.208 views

10 Peluang Kerja Jurusan Biologi Murni Terpopuler – Ada banyak keterampilan dasar yang dapat diterapkan oleh lulusan S1 biologi murni di berbagai industri. Sehingga prospek kerja biologi murni sangat menjanjikan. Ilmu biologi saat ini sangat luas dan eklektik.

Namun, terdapat konsep umum yang mengatur semua penelitian meskipun ruang lingkupnya sangat luas, sehingga tetap bisa menyatu pada suatu bidang.

Ilmu alam  tentang kehidupan serta organisme yang hidup didalamnya termasuk struktur, pertumbuhan, fungsi, persebaran, evolusi, fungsi, serta taksonominya merupakan hal-hal yang dipelajari dalam biologi. Beberapa topik utama Jurusan Biologi ini meliputi:

  • Taksonomi
  • Fisiologi Hewan
  • Ekologi
  • Biologi Kelautan
  • Biologi Perkembangan
  • Fisiologi Tumbuhan
  • Genetika
  • dan Mikrobiologi.

Apa Itu Jurusan Biologi Murni?

Ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup serta hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya disebut dengan biologi murni. Biologi murni juga disebut sebagai ilmu dasar murni yang merupakan pengembangan dari ilmu biologi yang berfungsi untuk kepentingan bidang-bidang terkait. Misalnya dalam ilmu hewan, pengembangan bibit unggul, atau lainnya. 

Dalam hal ini biologi dapat digunakan sebagai analisa sel. Cabang dari ilmu biologi antara lain: Zoologi mempelajari tentang hewan, Botani mempelajari tentang tumbuhan, Fisiologi mempelajari tentang fungsi tubuh, Genetika mempelajari tentang pewarisan sifat, Bakteriologi mempelajari tentang bakteri.

Apa Saja Peluang Kerja Biologi Murni?

1. Ilmuwan Internasional

ilmuwan internasional
Ilustrasi prospek kerja biologi sebagai ilmuwan internasional

Merupakan suatu hal yang membanggakan yakni bisa menjadi ilmuwan internasional. Jika berhasil menjadi ilmuwan internasional Kamu akan mampu menghasilkan hak paten dan menjadi populer dalam dunia saintis.

Sewaktu masih menjadi mahasiswa Kamu bisa memulai karir ini dengan mengikuti riset dengan dosen. Sering melakukan program magang di laboratorium kampus maupun perusahaan di luar negeri serta mengikuti pertukaran pelajar merupakan cara lain yang dapat ditempuh untuk bisa menjadi ilmuwan internasional. Untuk saling kerja sama maupun berbagi keilmuan, para ilmuwan internasional juga aktif untuk mencari partner baik dalam negeri maupun luar negeri.

Institusi negeri dan institusi swasta seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau disingkat LIPI merupakan lapangan pekerjaan bagi ilmuwan internasional ini. Dunia ilmuwan sangat luas mulai dari taksonomi, rekayasa genetika, bioteknologi, biologi sintesis, forensic, konservasi, dan sebagainya.

Mengajukan proposal penelitian ke lembaga tertentu di dalam maupun luar negeri atau melalui dana hibah bisa dilakukan oleh dosen untuk bisa menjadi seorang ilmuwan. Gaji per bulan ilmuwan internasioal ini bisa mencapai ratusan juta.

2. Teknisi Laboratorium

teknisi-laboratorium
Ilustrasi seorang teknisi laboratorium

Prospek kerja selanjutnya yaitu menjadi teknisi laboratorium. Namun sebenarnya, untuk menjadi teknisi laboratorium tidak harus dari jurusan biologi. Dalam institusi perguruan tinggi maupun sekolah, teknisi laboratorium lebih dikenal dengan laboran. Dalam profesi ini Kamu bertugas menyiapkan segala keperluan yang dilakukan di laboratorium.

Sebelum di gunakan dalam praktikum atau sesudah digunakan dalam praktikum, bahan dan alat yang ada di laboratorium harus di cek dulu. Dan ini adalah tugas lain dari teknisi laboran.

Kamu seorang laboran juga harus mengecek alat-alat dan bahan di laboratorium tersebut secara berkala. Gaji yang diterima untuk profesi ini sekitar 15 juta per bulan, belum lagi kalau lembur. Rekomendasi pekerjaan untuk profesi ini adalah:

  • Rumah sakit
  • Puskesmas
  • Sekolahan
  • Perusahaan mineral

3. Penulis

penulis
Ilustrasi peluang kerja biologi murni sebagai penulis

Prospek kerja lulusan biologi murni selanjutnya adalah sebagai seorang penulis. Tulisan bisa berupa content writer di website, buku, jurnal penelitian, jurnal ilmiah, artikel lepas, dan artikel majalah. Kamu juga bisa mengisi kolom tulisan di majalah sains.

Namun perlu diketahui juga bahwa untuk menjadi penulis tidak harus berasal dari jurusan biologi saja.

Bahkan jika kamu mengusai bahasa Inggris, gaji yang cukup besar menantimu, tapi balik lagi bersediakah kamu menjadi penulis website luar negeri? Banyak orang tertarik untuk belajar menjadi seorang penulis karena gaji yang menjanjikan. Lebih dari 30 USD per bulan bakal Kamu kantongi jika Kamu menjadi seorang penulis website asing.

4. Wirausaha

peluang kerja wirausaha
Peluang kerja sebagai wirausaha

Seorang wirausahawan bisa juga bersal dari lulusan biologi. Karena sebenarnya kamu tidak hanya harus berkutat didunia medis atau penelitian. Dengan menjadi wirausaha Kamu tetap bisa memanfaatkan bahkan mengembangkan sendiri ilmu yang didapat selama di bangku kuliah.

Usaha yang bisa Kamu jalankan misalnya membuat formula tertentu untuk keperluan pertanian dan peternakan, budidaya jamur dan anggrek, membuat alat yang dibutuhkan oleh petani, fotografer alam dan satwa, dan masih banyak sekali wirausaha yang merupakan aplikasi dari aplikasi biologi murni. Faktanya, banyak lulusan biologi yang memanfaatkan ilmunya untuk menjadi entrepreneur.

Para sarjana biologi memang mempelajari ilmu biologi sesuai dengan minat, sehingga banyak lulusannya yang gemar berbisnis. Gaji  Yang kamu dapat dari profesi ini tergantung seberapa besar usahamu. Bahkan tanpa harus bekerja pada orang lain Kamu bisa menghasilkan omset jutaan hingga puluhan juta.

5. Peneliti Biologi

Kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan ilmiah tentu akan bertambah saat Kamu menjadi mahasiswa biologi. lulusan jurusan ini cocok menjadi ilmuwan riset atau ahli biologi berkat adanya dukungan dengan keterampilan organisasi dan perhatian terhadap hal-hal detail dan daya analisa.

Dalam profesi ini kamu bertugas meneliti mengenai prediksi dampak perubahan iklim, melindungi keanekaragaman hayati bumi, hewan dan tumbuhan, memastikan keamanan makanan yang dikonsumsi, atau hal lainnya. Gaji yang Kamu dapat dengan menjadi peneliti adalah sekitar 50 juta per bulan. Rekomendasi perusahaan untuk profesi jenis ini adalah:

  • Jasa pengembangan obat-obatan baru
  • Jasa pengembangan vaksin
  • Bentuk perawatan medis
  • Laboratorium pada sektor public
  • Perusahaan swasta, misalnya seperti Inhutani, Perhutani, LIPI dll

Baca juga : Manfaat Mempelajari Biologi, Bahayanya dan Cara Menanggulanginya

6. Ilmuwan Medis

Ilmuwan medis
Ilmuwan medis

Kamu lulusan jurusan biologi juga memiliki peluang untuk menjadi seorang ilmuwan medis. Karena pada dasarnya jurusan dokter, analisis kesehatan, maupun biomedis tidak selamanya dikaitkan dengan pekerjaan medis. Namun Kamu lulusan biologi juga tidak menutup kemungkinan untuk bisa bekerja di bidang pekerjaan medis khususnya biomedis atau analisis kesehatan.

Meneliti semua hal yang berkaitan dengan kesehatan manusia merupakan tugas dari seorang ilmuwan medis. Penelitian bisa dimulai dari level molekuler, fisiologi, patologi, hingga analisis kesehatan secara holistik. Pemetaan penyakit yang berasal dari hewan sering diperoleh dari beberapa ilmuwan ahli serangga, mamalia, dan burung.

Seorang ilmuwan medis mempelajari penyakit dan kondisi dengan memperhatikan peningkatan kesehatan manusia. Melalui penelitian, dia menentukan penyebab penyakit dan kemudian mengembangkan cara untuk mencegah atau merawatnya. Untuk profesi ini Kamu harus mencapai gelar S3.

Seorang  ilmuwan medis memperoleh gaji tahunan rata-rata sebesar $80,530 di tahun 2016. Rekomendasi pekerjaan untuk ilmuwan medis yaitu:

  • Instansi rumah sakit
  • Instansi pemerintahan

Baca juga : 10 Prospek Kerja Kimia Murni Ini Memiliki Gaji Menjanjikan

7. Ilmuwan Perusahaan

Di zaman seperti ini, beberapa perusahaan sudah pasti membutuhkan seseorang yang berada dijurusan biologi. Jika bekerja sebagai ilmuwan perusahaan, Kamu sarjana biologi akan bertempat di laboratorium maupun di luar laboratorium (lapangan). Tugas dari seorang ilmuwan laboratorium adalah menganalisis bakteri yang ada pada minuman, makanan atau produk lainnya,

Kamu juga harus bisa menganalisis obat-obatan bila bekerja sebagai ilmuwan di perusahaan obat-obatan. Kamu bisa mendapatkan analisa dengan cara menguji bahan dan produk tersebut. Contoh lain dari pekerjaan ilmuwan perusahaan yang berada di laboratorium yakni analisis uji bahan sampel, analisis mikroba pada makanan dan obat, dan lain-lain.

Sedangkan menganalisis kondisi lingkungan, seperti merencanakan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), inventarisasi bahan di suatu daerah, dan lain-lain merupakan tugas dari ilmuwan lapangan. Ilmuwan perusahaan mempunyai gaji tergantung produk usaha yang ada disebuah perusahaan.

Ilmuwan perusahaan nuklir, misalnya. Para ilmuwan ahli nuklir nusantara mempunyai gaji sebesar 890 juta hingga 1,4 milyar per bulan. Ini disesuaikan dengan tingkat kesulitan pekerjaan.

8. Dosen

dosen pengajar
Ilustrasi seorang dosen

Peluang kerja jurusan biologi murni selanjutnya adalah sebagai dosen. Sebagian lulusan biologi, meskipun jurusan Kamu adalah biologi murni, merupakan suatu karir yang cukup bagus untuk mengabdi menjadi dosen di perguruan tinggi. Perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta, jurusan biologi cukup banyak, dan tak jarang pula lulusan biologi banyak yang mencoba untuk berkarir menjadi dosen.

Hebatnya lagi lulusan biologi bahkan bisa menjadi dosen di perikanan, pertanian, kehutanan, kesehatan, kedokteran, dan sebagainya. Jadi lulusan biologi bisa lari ke mana saja dan tidak harus selamanya selalu menjadi dosen di jurusan biologi saja.

Dosen dituntut memiliki wawasan yang luas, sehingga untuk bisa menjadi seorang dosen tentu Kamu butuh melanjutkan pendidikan hingga jenjang S2 atau S3. Hal itu memang sebanding dengan gaji, tunjangan dan insentif dosen sangat menggiurkan. Kamu akan mendapat gaji sekitar 15 juta per bulan jika menjadi seorang dosen.

9. Guru

Peluang kerja jurusan biologi murni selanjutnya adalah Guru. Banyak juga lulusan biologi non-pendidikan (biologi murni) yang berprofesi sebagai guru, meskipun sebenarnya untuk menjadi seorang guru dianjurkan adalah Kamu yang mengambil jurusan biologi pendidikan. Kamu bisa menjadi guru di SD, SMP, SMA, atau SMK sekalipun, baik di sekolah negeri maupun swasta.  

Untuk memulai profesi guru, Kamu terlebih dahulu membuka les privat, ikut pada lembaga bimbingan belajar, atau menjadi guru honorer. Bahkan jika berkenan, Kamu bisa mengikuti tes CPNS. Dan jika berhasil gaji pokok dan tunjangan bernilai jutaan bisa Kamu terima.

Bagi kalian yang mempunyai jiwa petualang, suka akan hewan atau tumbuhan, dan suka membaca sangat cocok untuk mengambil jurusan biologi murni. Perlu diketahui bahwa saat ini dunia sedang mengembangkan genetika.

Atas dasar hal inilah Kalian dapat melanjutkan kuliah S2 di Fakultas Kedokteran bagi yang memilih peminatan di Fisiologi Hewan atau Genetika. Banyak mahasiswa yang memilih jurusan biologi murni terkadang bingung akan dibawa kemana ilimunya nanti saat bekerja, dan diperusahaan atau instansi mana akan mengabdikan ilmunya.

10. Peluang Kerja Biologi Murni Lainnya

Secara umum jalur karir yang tepat sesuai dengan kemampuan keahlian (ilmiah) dan tambahan (non-ilmiah) sesuai dengan yang dimiliki pasti ditemukan oleh para lulusan biologi. Kamu bisa bergabung pada organisasi ternama seperti Terangi (Yayasan Terumbu Karang Indonesia), WWF, WCS (Wildlife Conservation Society), dan sebagainya jika ingin mendalami konservasi dan perlindungan alam.

Industri hortikultura, pertanian, ilmu pangan, neurobiology, genetika, bioteknologi, ekologi, biologi kelautan, konservasi serta produksi dokumenter lingkungan dan satwa liar juga mengincar para sarjana biologi.

Sebenarnya peluang kerja biologi murni sangat luas namun tak banyak orang tahu akan hal ini. Kebanyakan hanya berfikir bahwa jurusan biologi pendidikan lah yang mempunyai prospek lebih bagus.

Baca juga : Pengertian Bioteknologi Konvensional dan Modern

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.