prospek kerja manajemen perhotelan

6 Prospek Kerja Manajemen Perhotelan Terbaik

Diposting pada 202 views

Prospek Kerja Manajemen Perhotelan – Manajemen perhotelan merupakan salah satu jurusan yang bisa anda pilih sebagai rencana belajar. Setiap orang tentu berhak untuk memilih jurusannya masing-masing. Manajemen perhotelan merupakan jurusan yang berguna untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan ilmu perhotelan. Khususnya, dalam  hal perencanaan, pengawasan, produksi dan pengelolaan untuk hotel.

Rencana belajar ini tersedia dalam beberapa jenjang seperti D3, D4 sampai dengan S1. Pembelajaran yang terdapat di jurusan manajemen hotel tentu tidak sembarangan. Terpenting, prospek kerja untuk jurusan manajemen hotel juga sangat banyak. Pada artikel ini, akan membahas prospek kerja manajemen perhotelan yang bisa anda pilih.

Prospek Kerja Manajemen Perhotelan

Ternyata, begitu banyak tersedia prospek kerja dari jurusan manajemen perhotelan. Berikut ini prospek kerjanya:

1. Manager Hotel

Peluang kerja manajemen perhotelan bisa menjadi manager hotel. Pekerjaan ini dirasa cocok karena pada perkuliahan banyak dipelajari mengenai bagaimana melakukan manajemen hotel. Manager hotel memiliki tugas mengelola hotel sesuai dengan visi dan misi dari hotel tersebut. Serta melakukan perencanaan dan strategi dalam meningkatkan hotel.

Manager hotel juga bertugas untuk memutuskan dan membuat kebijakan baru. Serta bisa menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam mencapai tujuan yang sama. Memang tidak mudah untuk menjadi manager hotel, dibutuhkan seorang yang memang sudah paham betul mengenai pengelolaan hotel. Namun, untuk jurusan manajemen hotel sangat bisa menargetkan posisi ini.

2. Event Coordinator

Hotel selalu tidak terlepas dengan kegiatan event yang diadakan. Jadi, bagaimana jika terdapat event pada hotel tersebut? Tentunya merupakan tugas dari event coordinator. Melakukan penataan ruangan dan membuat dekorasi sesuai dengan planningnya Event coordinator bertanggung jawab terhadap event yang akan berlangsung.

Mulai dari prepare, acara berlangsung sampai dengan selesainya acara. Seperti untuk event seminar,meeting, wedding dan lainnya akan dipegang oleh event coordinator. Posisi ini cocok untuk anda yang memiliki keterampilan berkomunikasi dan suka berorganisasi di internal maupun eksternal hotel.

3. Sales Manager

Prospek kerja jurusan manajemen perhotelan bisa menjadi sales manager. Peran sales sangat penting dalam menentukan keberhasilan hotel. Sales manager memiliki peranan untuk membuat strategi dalam penjualan. Jadi, sales manager harus menentukan strategi apa yang digunakan untuk menjual produk hotel. Serta, menentukan sasaran dari produk yang akan ditawarkan.

Kemudian, memberikan arahan kepada sales lapangan mengenai strategi yang digunakan. Sales manager juga harus menentukan target penjualan produk dan bekerjasama dengan sales lapangan dalam mencapai target tersebut. Posisi ini cocok bagi anda yang gemar mendapatkan tantangan dan siap untuk mengambil resiko dalam mencapai target.

Baca juga : 10 Prospek Kerja Perhotelan Dari Manajer Sampai CS

4. Restaurant Manager

Pastinya, setiap hotel memiliki restaurant bukankah begitu? Jurusan manajemen perhotelan juga bisa masuk dalam restaurant manager. Posisi ini berkaitan untuk mengelola restaurant yang terdapat di hotel tersebut. Jadi, semuanya harus dikelola dengan baik sesuai pada tujuannya. Menjadi manager restoran hotel tentu harus membuat target dan perencanaan yang matang.

Semuanya harus dilakukan perencanaan terlebih dahulu, barulah akan diimplementasikan. Restaurant harus menyajikan menu terbaik untuk tamu hotel. Termasuk juga menyediakan pelayanan yang aman dan nyaman saat berada di restaurant. Posisi ini bisa anda masuki, dengan catatan harus paham bagaimana melakukan manajemen restaurant dengan benar.

5. Food And Beverage Manager

Tidak ada salahnya, jurusan manajemen hotel masuk bekerja di posisi food & beverage manager. Posisi ini mengatur operasional dari dapur dan menetapkan standar kualitas makanan yang disajikan kepada para tamu. Selai itu, pekerjaan ini juga mengharuskan untuk mengembangkan pilihan menu yang ada. Tentunya, dalam menentukan hal tersebut tidak bisa sendirian.

Karena, untuk menentukan menu yang cocok pada hotel tentu tidak mudah. Harus disesuaikan dengan siapa saja yang berkunjung ke hotel tersebut. Untuk anda yang gemar memasak, maka posisi ini memang sangat cocok dipilih. Hanya saja, tetap untuk tanggung jawabnya begitu besar.

Baca juga : 10 Universitas Dengan Jurusan Perhotelan Terbaik

6. Room Sales Manager

Mendengar kata sales apa yang anda pikirkan? Sales bukan hanya bekerja di lapangan saja. Terlebih, untuk room sales manager yang sangat berbeda dari sales pada pikiran anda. Jadi, room sales manager bertugas untuk menarik para tamu agar bisa memaksimalkan fasilitas kamar yang tersedia. Dalam melakukan hal ini memang tidaklah mudah, mengingat setiap tamu memiliki sifat yang berbeda-beda.

Jadi, room sales manager diharuskan untuk memberikan pelatihan kepada pegawai yang melayani tamu. Serta melakukan pengembangan karyawan dan menganalisis kebutuhan tamu. Selain itu, juga menentukan strategi apa yang akan digunakan dalam mengajak ta untuk bisa memaksimalkan fasilitas yang diberikan. Tidak mudah untuk melakukan hal ini, tetapi jika masuk dalam jurusan perhotelan sudah seharusnya paham akan hal ini.

Baca juga : Jam Kerja Karyawan Hotel

Pekerjaan yang tersdia untuk jurusan manajemen perhotelan tentu sangat banyak. Prospek kerja manajemen perhotelan sangat jelas dan bisa dipilih sesuai dengan bidangnya. Jadi, tidak ada salahnya jika anda tertarik dalam dunia perhotelan. Banyak sekali pilihan kerja yang tersedia dan bisa dipilih. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.