prospek kerja perhotelan

10 Prospek Kerja Perhotelan Paling Populer

Diposting pada 224 views

11 Prospek Kerja Jurusan Perhotelan – Di indonesia hotel telah menjadi kebutuhan utama bagi traveler. Karena indonesia dikenal dengan negara yang banyak tempat wisatanya, maka banyak juga pelancong asal luar negeri maupun dalam negeri yang berkunjung di tempat wisata.

Inilah yang menjadikan hotel sebagai pilihan terbaik untuk menginap ketika berwisata di tempat yang jauh dari rumah. Hotel di Indonesia juga semakin banyak seiring meningkatnya industri pariwisata,

Banyaknya hotel di indonesia ternyata menjadi keberkahan tersendiri bagi lulusan perhotelan. Prospek kerja perhotelan yang begitu cerah ada di hadapan mereka.

10 Prospek Kerja Perhotelan Paling Populer

Walaupun prospek kerjanya terkenal luas, ternyata tak banyak juga loh orang yang mengambil jurusan perhotelan. Buat kamu yang lulus jurusan perhotelan, tak ada salahnya untuk menyimak prospek kerja perhotelan.

1. Manajer Hotel

Siapa toh yang tidak tertarik untuk menjadi manajer? Semua orang tentu ingin menjadi manajer, apalagi manajer disebuah hotel yang mewah dan berbintang. Selain bergengsi, seorang manajer mampu menerima salary yang cukup besar, yaitu minimal 5 juta, tergantung dimana kamu bekerja.

Seorang manajer harus mampu memanajemen perusahaannya agar dapat berjalan dengan lancar. Berarti seorang manajer hotel harus mampu memainkan peran dalam pelayanan, fasilitas hotel, dan marketing. Untuk menjadi seorang manajer, kamu paling tidak harus lulus sarjana manajemen perhotelan.

2. Room Boy dan Room Maid

Lowongan karyawan hotel yang satu ini memang cukup tersedia banyak. Begitu juga salary yang didapatkan pun juga lumayan, yaitu sekitar 2.7 juta sampai 5 juta per bulan. Penghasilan yang kamu dapatkan akan semakin besar, tergantung jabatan dan manajemen hotel.

Keahlian yang harus dimiliki oleh room boy adalah pelayanan, efisiensi waktu, dan teliti. Karena seorang room boy adalah salah satu orang yang berada di garda terdepan dalam melayani tamu hotel.

Syarat minimal untuk menjadi room boy adalah SMA atau SMK. Tapi terkadang ada juga pihak hotel yang memberikan persyaratan khusus seperti pengalaman bekerja dan jenjang pendidikan diploma.

3. Food & Beverage Manager

Jika kamu orang yang suka mengembangkan makanan, kuliner dan pelayanan di restaurant, maka tak ada salahnya untuk menjadi food and beverage manager.

Sebenarnya tidak hanya lulusan hospitality manajemen saja yang bisa menjadi F&B manager, seorang lulusan teknologi pangan dan gizi ternyata mampu bersaing.

Seorang F&B haruslah orang yang memiliki inovasi tinggi dan bisa menjaga kualitas makanan. Karena makanan di hotel merupakan salah satu faktor penentu tingkat kepuasan tamu hotel. Prospek kerja perhotelan ini ternyata tidak hanya ditemukan di hotel saja, namun juga tempat lain seperti kapal pesiar.

4. Manajer Restaurant

Ada hotel, pasti ada restaurant. Peluangmu untuk menjadi manajer restaurant pun ada, dan itu merupakan salah satu prospek kerja perhotelan yang banyak diminati. Selain gajinya yang terkenal tinggi, manajer restaurant juga harus mampu memperhatikan karyawan dan konsumennya.

Syarat untuk menjadi manajer restaurant sebenarnya bisa dari SMA. Namun kamu harus meniti karir dari bawah dan memiliki pengalaman yang cukup panjang. Baru setelah itu kamu bisa naik pangkat menjadi manajer. Namun seorang manajer biasanya ditempati oleh orang yang lulusan sarjana ekonomi dan melirik ke prospek kerja perhotelan.

5. Event Sales Manager

Memiliki pengalaman dalam membangun event? Tak ada salahnya untuk menjadi event sales manager. Hotel sering kali digunakan untuk mengadakan pesta atau event event tertentu.

Entah itu sekala regional, nasional maupun internasional. Nah ini adalah ladang bisnis buat kamu yang mampu melihat peluang dengan baik.

Seorang event sales manager harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar bisa menyakinkan calon customernya. Dengan memanfaatkan uang fee, komisi atau selisih penjualan, kamu sudah bisa mengantongi jutaan rupiah per sekali event.

6. Room Sales Manager

Hampir mirip seperti event sales manager, kamu bisa menjadi seorang room sales manager. Jobdesk seorang room sales adalah menawarkan fasilitas dan pelayanan terbaik di setiap kamar. Dengan kemampuanmu dalam berkomunikasi, kamu sudah bisa menjadi seorang room sales yang dimana penghasilan perbulannya bisa lebih dari UMR.

Buat kamu yang dari jurusan manajemen perhotelan, komunikasi dan marketing, tak ada salahnya untuk mengincipi manisnya menjadi room sales manager. Untuk mendapatkan posisi manajer, kamu harus memiliki kredibelitas dan popularitas yang tinggi di hotelmu.

7. Marketing Excecutive

Pekerjaan yang tidak memandang gelar pendidikan yang satu ini bisa menjadi pilihan alternatif buat kamu yang ingin kerja di hotel. Prospek kerja perhotelan yang satu ini bisa dilakukan oleh lulusan SMA sekalipun. Yang terpenting kamu memiliki skill dalam menawarkan produk kepada konsumen.

Dari namanya saja, marketing excecutive adalah seorang marketer yang berkompeten. Gaji yang diterima pun juga jauh lebih besar ketimbang marketing biasa. Namun untuk bisa menjadi seorang marketing excecutive kamu harus memiliki pengalaman yang bagus di dunia marketing.

8. Cheff

Di sekolah perhotelan terkadang menyediakan jurusan untuk menjadi chef. Biasanya jenjang pendidikan minimal untuk menjadi chef adalah D3. Buat kamu yang ingin melirik prospek kerja perhotelan yang satu ini, siapkan saja gelar D3 dan pengalaman di dapur. Chef berbeda seperti koki, karena chef biasanya dituntut untuk menghidangkan sajian yang lebih berkelas.

Jangan ditanya lagi masalah gaji yang didapatkan dari menjadi chef. Gaji yang mungkin bisa kamu kantongi adalah sekitar 5 juta an. Ternyata chef tidak hanya dibutuhkan di dunia perhotelan saja loh, tapi chef juga bisa bekerja di kapal pesiar, restaurant, dan tempat mewah lainnya.

9. Assisten Chef

Hampir mirip seperti chef, yaitu kerjaannya mengolah dan menyajikan makanan. Namun asisten chef tidak membutuhkan gelar yang tinggi seperti chef. Biasanya untuk menjadi asisten chef, kamu hanya perlu menempuh pendidikan asisten chef selama 1 tahun atau biasa disebut D1.

Dimana ada chef, disitu ada asisten chef. Prospek kerjanya juga mirip seperti chef. Kamu bisa bekerja disebuah hotel, restaurant atau bahkan kapal pesiar.

Bisa dibayangkan berapa gaji yang kamu dapatkan jika kamu bekerja di hotel mewah atau kapal pesiar yang mewah? Oleh karena itu, milikilah pengalaman untuk menjadi asisten chef handal.

10. Resepsionis

Ujung tombak pelayanan hotel lainnya adalah resepsionis. Seorang resepsionis harus mampu melayani tamu hotel dengan baik. Untuk beberapa hotel, menerapkan jenjang pendidikan minimal sebagai syarat untuk menjadi resepsionis.

Namun kamu yang telah lulus SMA bisa menjadi seorang resepsionis. Gaji yang ditawarkan biasanya berkisar UMR atau bahkan lebih.

(Bonus) Customer Service

Terakhir jika kamu seorang lulusan SMA/SMK dan tertarik untuk menjadi CS, kamu harus menyiapkan mental yang kuat. Mengapa demikian? Karena seorang CS harus siap kena “semprot”, kritikan pedas, saran dan permintaan dari tamu hotel.

Selain itu, paling tidak kamu harus bisa berbahasa inggris, guna melayani tamu yang dari luar negeri.

Baca juga : 10 Tips Menjadi Customer Service Yang Baik

Di atas merupakan prospek kerja perhotelan yang bisa kamu coba. Bekerja dilingkungan mewah memang mengasyikan, tapi kamu harus memiliki skills yang memumpuni pula.

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.