universitas dengan jurusan perhotelan

10 Universitas Dengan Jurusan Perhotelan Terbaik

Diposting pada 108 views

10 Universitas Dengan Jurusan Perhotelan Terbaik – Tampaknya jurusan perhotelan akan menjadi jurusan favorit dengan banyak peminatnya. Bagaimana tidak? Prospek kerja di dunia pariwisata dan perhotelan begitu luas karena menjamurnya hotel dan tempat wisata di indonesia sendiri. Dengan keahlian khusus yang dimiliki oleh lulusan jurusan perhotelan, membuat lulusan ini banyak dicari di berbagai jenis hotel.

Mengingat prospek kerja jurusan perhotelan sangat besar, tak ada salahnya untuk mengetahui universitas dengan jurusan perhotelan mana saja yang bisa kamu ambil nantinya. Berikut ini adalah daftarnya.

10 Universitas Dengan Jurusan Perhotelan Terbaik

1. UNP (Universitas Negeri Padang)

universitas negeri padang unp
Source : unp.ac.id

Salah satu PTN yang menyediakan jurusan perhotelan adalah UNP. Universitas Negeri Padang ternyata tidak hanya menawarkan jurusan pendidikan saja, namun ada juga jurusan vokasi lainnya, salah satunya adalah manajemen perhotelan. Kamu akan menyandang gelar sarjana terapan atau D4 untuk jurusan manajemen perhotelan ini. 

Fakultas Pariwisata dan Perhotelan di UNP ini memiliki visi utama yaitu menjadi fakultas yang unggul dalam menghasilkan lulusan kejuruan di bidang pariwisata dan perhotelan yang berdaya saing global ASEAN.

2. Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Buat kamu yang berdomisili di Denpasar, Bali dan tertarik untuk masuk jurusan perhotelan, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan masuk STPBI atau Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional yang terletak di jalan gatot subroto timur. Perguruan tinggi swasta ini hadir untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja perhotelan yang menjamur di bali.

Universitas dengan jurusan perhotelan yang satu ini tidak hanya menyediakan jurusan perhotelan dengan jenjang D3 saja, namun ada jurusan lain seperti wirausaha, bisnis, manajemen hospitality, tourism management dan lainnya. 

Ada juga sekolah khusus di STPBI dengan nama sekolah perhotelan bali dengan 3 tingkatan. Kamu bisa memilih sekolah perhotelan tersebut sesuai keahlian perhotelan yang ingin kamu miliki. Ini merupakan jurusan varian yang bisa kamu pilih.

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Riau

Universitas dengan jurusan perhotelan lainnya adalah STP Riau. Sekolah tinggi yang terletak di jalan pattimura, gobah pekanbaru ini memiliki 2 prodi.

Diantaranya ialah prodi hotel management dan tour & travel business dengan jenjang D4. Jadi bisa dipastikan, lulus sudah setara dengan sarjana. Untuk akreditasinya sendiri, STP Riau telah mengantongi akreditasi B oleh BAN-PT.

Terdapat 8 laboratorium yang siap menunjang pembelajaran. Mulai dari laboratorium praktek kitchen hingga laboratorium komputer dan internet, semua lengkap disini. Dengan fasilitas free wifi dan fasilitas lainnya, menjadikan STP Riau cocok dipilih buat kamu yang ingin kuliah pariwisata. Biaya kuliahnya sendiri juga standar seperti kampus lain.

4. STIE BIITM Sahid Bali

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi – Bali International Institute of Tourism Management merupakan salah satu sekolah pariwisata yang bergengsi di bali. Kampus ini sendiri terletak di denpasar utara, tepatnya di jalan buluh indah nomor 95. Walaupun terkenal bergengsi, hanya membutuhkan 1 tahun saja untuk menyelesaikan studi kehotelan. 

Program studi service hotel atau pelayanan hotel terdiri dari 2 macam, yaitu housekeeping hotel dan food and beverage service. Dalam masa 1 tahun pembelajaran, skema pendidikan dibagi menjadi 2 bagian. Yaitu pada semester pertama, kamu akan mempelajari teori di kampus. Dan semester kedua, praktek industri. Biaya kuliah selama 1 tahun sekitar Rp. 10.500.000.

5. Akademi Pariwisata Indonesia

Alternatif lain pilihan universitas dengan jurusan perhotelan adalah AKPINDO. Pilihan jurusan perhotelan di sini cukup lengkap. Mulia dari D1 hingga D3 semuanya ada di sini. Kampus yang berlokasikan di jakarta ini memang cukup istimewa di dunia kerja nanti. Mengapa demikian?

Karena pembelajaran di AKPINDO 70% berupa praktek dan 30% berupa teori. Selain itu, para lulusan dibekali dengan sertifikat serta lisensi kerja yang nantinya dapat meningkatkan daya saing di dunia kerja. Bahkan kamu bisa bersaing di kancah internasional loh.

Jurusan perhotelan yang bisa kamu pilih mulai dari hotel operation, assistant chef, room division, F&B service, grand chef school, dan entrepreneur grand chef school. Selain itu ada jurusan lain seperti travel.

Baca juga : 10 Alasan Memilih Jurusan Perhotelan Yang Patut Dipertimbangkan

6. Akademi Pariwisata Jakarta

Jakarta ternyata memiliki universitas dengan jurusan perhotelan yang terletak di jalan cempaka putih, jakarta pusat. Kampus APJ memiliki 80 murid dengan 30 orang dosen. Dengan rasio dosen yang cukup besar, diharapkan dapat menunjang pembelajaran di kampus semakin baik. 

Kampus ini memiliki 2 konsentrasi studi yaitu perhotelan dan travel. Selain itu, kamu bisa menemukan berbagai macam pelatihan seperti housekeeping, food product, dan kulinari. Untuk biaya kuliahnya sekitar Rp. 13.000.000 sampai Rp. 19.000.000.

7. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

sekolah tinggi pariwisata trisakti
Source : https://ask.fm/stptrisakti/

Siapa toh yang tidak kenal dengan kampus trisakti? Kampus ini mengingatkan kita dengan peristiwa 98. Walaupun begitu, kampus swasta ini memiliki banyak sekali pilihan jurusan yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah jurusan management perhotelan. 

Sekolah tinggi pariwisata trisakti menyediakan jurusan manajemen perhotelan dengan jenjang D4. Di 5 semester pertama kamu akan melakukan pembelajaran di dalam kampus. Dan kemudian dilanjutkan dengan kerja praktek, tugas akhir dan kerja praktek lagi. Lulusannya cukup bersaing di dunia kerja, entah itu dalam negeri maupun 

8. Universitas Airlangga (UNAIR)

universitas airlangga
Souce : kabar24.bisnis.com

Universitas dengan jurusan perhotelan yang cukup terkenal di indonesia adalah UNAIR. UNAIR sendiri terletak di surabaya dengan menyediakan sekitar 14 fakultas. Ternyata UNAIR juga menyediakan jurusan perhotelan di fakultas vokasi. Jurusan perhotelan tersebut berjenjang D3 dengan nama manajemen perhotelan.

Akreditas jurusan manajemen perhotelan di sini juga sangat baik, yaitu A. Dikeluarkan oleh BAN-PT yang akan berlaku hingga 24 november 2021. Vokasi UNAIR bisa menjadi pilihan utama kamu yang ingin masuk jurusan perhotelan.

9. International University Liaison Indonesia (IULI)

Ingin mencari universitas dengan jurusan perhotelan namun berstandar internasional, maka IULI menjadi pilihan yang paling tepat. Masuk ke program pendidikan hotel dan tourism management, pembelajaran di kampus dilakukan dengan menggunakan bahasa inggris. Namun tentu tidak selalu menggunakan bahasa inggris jika kamu tidak terlalu jago.

Tentu ini menjadi nilai tambah tersendiri buat kamu yang ingin meniti karir di luar negeri. Selain itu bahasa inggris disini juga diperlukan untuk student exchange atau aktivitas lainnya yang dilakukan dengan partner university yang ada di jerman. 

Gelar yang didapat setelah lulus dari IULI adalah S.par atau sarjana pariwisata dan bahkan Bachelor (gelar yang setara S1 di dunia internasional). Untuk biaya pendidikan di IULI cukup mahal, karena mengingat ini adalah sekolah internasional. Untuk 4 tahun saja, kamu harus merogoh kocek 213 juta rupiah.

10. UGM (Universitas Gadjah Mada)

ugm
Source : ugm.ac.id

Salah satu universitas terbaik di Indonesia adalah Universitas Gadjah Mada. Banyak pemimpin-pemimpin besar di Indonesia yang merupakan lulusan salah satu universitas yang ada di Yogyakarta ini. Salah satunya adalah Presiden Joko Widodo.

Di UGM terdapat Progam Studi Kepariwisataan. Dalam program studi ini biasanya juga akan dipelajari tentang perhotelan. Info lebih lanjut di : https://dbsmb.sv.ugm.ac.id/akademik/program-studi/kepariwisataan/

Di atas merupakan 10 universitas dengan jurusan perhotelan yang bisa kamu pilih. Memang tidak setiap universitas swasta maupun negeri menyediakan jurusan perhotelan. Dengan referensi di atas, diharapkan kamu memiliki gambaran kira kira universitas mana yang nantinya bisa kamu pilih untuk jurusan perhotelan.