alasan memilih jurusan perhotelan

10 Alasan Memilih Jurusan Perhotelan Yang Patut Dipertimbangkan

Diposting pada 140 views

Alasan Memilih Jurusan Perhotelan – Sepertinya bidang pariwisata dan perhotelan sangat menjamur akhir akhir ini. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya hotel hotel yang berdiri megah ditengah kota.

Biasanya orang orang yang menggunakan jasa hotel ialah wisatawan dan orang yang memiliki urusan bisnis di kota tersebut. Karena menjamurnya hotel, maka ada beberapa alasan memilih jurusan perhotelan.

Jurusan perhotelan dinilai memiliki pekerjaan yang “mewah” dan lebih fleksibel ketimbang pekerjaan lainnya. Selain itu, bekerja di hotel yang bagus tentu memiliki gaji yang bagus pula. Selain dari sisi pekerjaan lulusan perhotelan, ada beberapa alasan memilih jurusan perhotelan. Berikut ini adalah penjelasannya.

10 Alasan Memilih Jurusan Perhotelan

1. Sedikit saingan

Jika kamu beralasan masuk jurusan perhotelan karena lebih sedikit saingan, kamu memang benar. Pasalnya hanya ada sekitar 2 universitas negeri yang menyediakan jurusan ini. Yaitu Universitas Negeri Padang dan Universitas Airlangga. Yang dimaksud sedikit saingan disini adalah sedikit saingan kerja. 

Inilah yang menjadikan alasan memilih jurusan perhotelan oleh sebagian orang. Apalagi jika urusan pekerjaan, mereka harus bisa pintar pintar mencari jurusan yang sekiranya memiliki prospek kerja besar. Salah satunya adalah jurusan perhotelan.

Karena hanya ada 2 saja universitas negeri dan sisanya adalah universitas swasta. Tapi walaupun begitu, PTN tetap bisa bersaing dengan PTS di dunia kerja nanti. Dan juga tidak banyak universitas swasta (PTS) yang menyediakan jurusan perhotelan, namun semua universitas tersebut menyebar rata seluruh wilayah indonesia.

2. Jurusan Langka

Bisa dibilang, jurusan perhotelan adalah jurusan yang langka. Kenapa gitu? Karena kamu tidak akan banyak menemukan lulusan jurusan manajemen perhotelan dan hanya sedikit universitas yang menyediakan jurusan ini. Mungkin anggap saja hanya ada sekitar 12 an universitas jurusan perhotelan di seluruh indonesia.

Mungkin diantara kalian ada yang berpikir, jurusan langka berarti tidak banyak dicari dong? Karena owner kampus tidak minat untuk membuka jurusan perhotelan? Masalah prospek kerja lulusan perhotelan akan dibahas di listacle selanjutnya.

Tapi yang jelas jurusan yang langka bisa menjadi positif ketika kamu dapat mencari peluang. Semakin langka jurusan, maka semakin sedikit sainganmu untuk mencari kerja.

3. Prospek Kerjanya Besar

Indonesia adalah negara yang dikaruniai banyak tempat wisata. Hampir setiap kota, pasti memiliki tempat wisata khasnya masing masing. Mulai dari wisata sejarah, agama, alam, kuliner dan lain sebagainnya. Karena alasan inilah banyak hotel yang berdiri megah di tengah tengah kota.

Banyaknya hotel yang bertebaran membuat lulusan jurusan perhotelan akan banyak dicari. Ini adalah alasan memilih jurusan perhotelan yang banyak digunakan oleh calon mahasiswa perhotelan.

Prospek kerja perhotelan sudah besar, apalagi lulusan jurusan ini tidaklah banyak, tentu ini menjadi nilai plus buat kamu yang ingin langsung membangun karir setelah lulus kuliah.

Biasanya lulusan perhotelan biasa bekerja sebagai manajer hotel, resepsionis, leader housekeeper dan lain sebagainnya. Saking langkanya lulusan jurusan perhotelan ini, membuat manajer hotel tidak ada pilihan selain membuka lowongan pekerjaan dengan lulusan SMA. Tak ada salahnya kamu seorang freshgraduate untuk melamar pekerjaan tersebut, karena salary yang ditawarkan cukup besar.

4. Tempat Wisata Terus Berkembang

Banyaknya tempat wisata yang ada di indonesia, karena alasan inilah banyak juga homestay dan hotel yang berdiri. Sebagai contoh, disekitar semarang saja terdapat 293 hotel, itu saja belum termasuk homestay. Apalagi di kota wisata lain seperti bali dan jogja, tentu jumlah hotel akan jauh lebih banyak.

Anggap saja 1 hotel membutuhkan 3 orang lulusan jurusan perhotelan tiap tahunnya, inilah yang menjadikan jurusan perhotelan banyak dipilih karena prospek kerjanya tinggi. Tempat wisata di indonesia biasanya berupa keindahan alam, budaya, kuliner, agama, sejarah, dan lain lain.

Diperkirakan eksistensi tempat wisata di indonesia terus naik, seiring dengan pemerintah yang aktif mempromosikan tempat wisata indonesia. Tentunya kebutuhan hotel dan homestay akan semakin banyak. Ditambah lagi kota kota besar yang siap menjadi kota bisnis yang dimana akan banyak sekali lalu lintas keluar masuk orang.

5. Hotel Semakin Menjamur, Kesempatanmu Semakin Besar

Seperti yang telah dijelaskan di atas, hotel semakin menjamur karena tempat wisata dan bisnis. Selama ada orang yang keluar masuk suatu kota, maka eksistensi hotel akan tetap ada. Yang keluar masuk itu entah orang bisnis, pelancong, traveler, wartawan, artis, atau yang lainnya.

Hotel akan terus bertambah dan semakin ketat persaingannya. Keketatan persaingannya ini membuat hotel akan menambah daya tariknya. Mulai dari fasilitas hingga pelayanannya akan semakin bagus. Oleh karena itu, untuk memenuhi permintaan karyawan lulusan perhotelan ini, kamu harus memiliki kualifikasi yang bagus.

6. Gajinya Lumayan Tinggi

Bisa dibilang gaji lulusan perhotelan cukup besar, dan bahkan bisa diatas UMR. Gaji biasanya dipengaruhi oleh kebijakan manajer hotel, upah minimum regional, beban kerja, jabatan, lulusan dan lain sebagainnya. Namun secara umum, gaji yang diterima cukup besar, bahkan untuk pekerjaan yang membutuhkan lulusan SMA atau SMK saja.

Gaji yang bisa diterima berkisar antara 2.5 juta hingga 5 juta. Gaji akan semakin besar, tergantung dari pihak hotel. Semakin bagus hotel dimana kamu bekerja, maka semakin bagus pula gaji yang diterima.

Gaji di atas merupakan gaji acuan dari room boy, gaji seorang manajer hotel tentu akan jauh lebih besar. Dan gaji tersebut merupakan gaji yang cukup standar buat lulusan SMA. Bisa dibayangkan berapa banyak gaji yang diterima oleh orang lulusan perhotelan? Inilah yang menjadikan alasan memilih jurusan perhotelan.

7. Berkesempatan Bekerja Di Luar Negeri

Beberapa universitas menyediakan kelas internasional untuk jurusan perhotelan. Diantaranya universitas tersebut terkenal hingga ke negara tetangga. Karena alasan inilah, kamu bisa berkarir di luar negeri. Kok bisa cuman alasan itu saja bisa bekerja di luar negeri? Apakah tidak ada alasan lain?

Alasan lain adalah pekerjaan ini bersifat internasional, yang berarti semua negara di dunia menerapkan regulasi yang mirip mirip seperti yang diajarkan di kurikulum. Biasanya kompetensi yang wajib dimiliki oleh jurusan perhotelan adalah mampu berbahasa inggris. Hal ini dikarenakan para tamu hotel yang akan kamu layani nantinya juga termasuk pelancong dari luar negeri.

Bisa bekerja di luar negeri menjadi alasan memilih jurusan perhotelan. Gaji yang ditawarkan pun juga lebih besar ketimbang di dalam negeri, semua itu tergantung tingkatan atau rating bintang hotel dimana kamu bekerja. Kamu tidak hanya bisa ditempatkan di hotel saja, namun juga tempat lain seperti kapal pesiar.

8. Ceweknya Cantik-cantik dan Cowoknya Ganteng-ganteng

Tidak dipungkiri bahwa jurusan perhotelan terkenal dengan ceweknya yang cantik dan cowoknya juga ganteng-ganteng. Hal ini dikarenakan para mahasiswanya dituntut untuk bisa berpenampilan rapi dan bersih.

Bahkan sejak menjadi mahasiswa sudah dibiasakan untuk berpenampilan layaknya pegawai hotel, biasanya diajari untuk make up, memakai high heels dan memakai jas.

9. Bisa Sekalian Belajar Bahasa Asing

Jurusan perhotelan biasanya akan dilatih sampai menguasai bahasa lain selain bahasa Indonesia. Umumnya ya bahasa Inggris. Kalau kamu masuk jurusan ini, kamu akan belajar ngomong pakai bahasa inggris, terutama dalam percakapan sehari-hari.

10. Bisa Jadi Juragan Kos-kosan

Kamu akan diajari manajemen perhotelan, bagaimana mengelola sebuah hotel secara efektif dan efisien. Kamu bisa mempraktikkannya apa yang kamu pelajari itu untuk membuat kos-kosan atau bahkan hotelmu sendiri.

Tentu itu bisa saja terjadi jika kamu memiliki tekad dan kemamuan yang keras. Apalagi kamu memiliki modal yang besar seperti tanah yang luas hingga orang tua yang kaya raya.

Di atas merupakan 10 alasan memilih jurusan perhotelan. Alasan alasan di atas diharapkan dapat kamu pertimbangkan sebelum memilih jurusan di PTN atau PTS.

Namun perlu kamu ketahui, karena sedikit PTN yang menyediakan jurusan perhotelan, kamu harus bisa bersaing dengan mereka. Yang terpenting, milikilah skill layaknya manajer perhotelan yang nantinya akan menjadi nilai tambah di dunia kerjamu.