fakta anak teknik mesin
Gambar ilustrasi fakta anak teknik mesin

Ssst! Ini Lho Fakta Anak Teknik Mesin Yang Belum Anda Ketahui

Diposting pada 442 views

Fakta Anak Teknik Mesin – Jurusan teknik mesin, menjadi primadona bagi banyak orang saat ini. Selain dikenal dengan jurusan yang keren, teknik mesin juga dianggap memiliki peluang kerja yang luas. Tahukah anda, bahwa jurusan teknik mesin memiliki ciri khasnya tersendiri. Mungkin, banyak dari sebagian orang yang masih belum mengetahui hal ini.

Banyak orang yang masih belum mengenal lebih dekat mengenai anak teknik mesin. Mereka banyak yang mengenal hanya dari perkataan orang sekitar saja. Nah, untuk mengenal lebih dekat maka anda harus tahu nih mengenai fakta anak teknik mesin yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Yuk, kita bahas bersama-sama mengenai faktanya.

Fakta Anak Teknik Mesin

Beberapa dari anda pasti masih banyak yang belum mengetahui mengenai fakta lengkap tentang anak teknik mesin. Berikut ini beberapa fakta mahasiswa teknik mesin:

1. Begadang Untuk Hal Yang Bermanfaat

Begadang, menjadi salah satu hal yang mungkin paling sering dilakukan oleh anak teknik mesin. Banyak orang yang menganggap begadang untuk teknik mesin ini tidak ada gunanya. Mereka berpikir bahwasanya begadang yang dilakukan hanya untuk bermain game saja atau hal yang tidak bermanfaat.

Faktanya, begadang yang dilakukan oleh anak teknik mesin itu sangat bermanfaat. Karena, dimanfaatkan untuk menyelesaikan tugas perkuliahan. Sebagai orang teknik, beban perkuliahan yang dimiliki memang begitu besar. Jadi, tidak heran harus begadang untuk menyelesaikan tugasnya.

2. Disiplin

Siapa bilang anak teknik tidak disiplin? Itu hanya ada di cerita-cerita saja. Faktanya, anak teknik sangat pintar untuk mengatur waktu. Meskipun, pada malam harinya mereka begadang sampai pagi hari. Namun, jika nantinya ada perkuliahan pagi juga pasti akan tetap berangkat dengan tepat waktu.

Bukan hanya soal berangkat kuliah aja, disiplinnya juga dalam bentuk menyelesaikan tugas. Tidak jarang, banyak dosen yang menuntut agar tugasnya diselesaikan dalam kurun waktu satu hari.

Manajemen waktu yang baik dimiliki oleh anak teknik mesin, hasilnya semua tugasnya juga terselesaikan sesuai pada waktunya. Jadi, jika banyak yang tanya mengapa anak teknik idaman? Ya salah satunya karena disiplin ini. 

Baca juga : 5 Kelebihan Mahasiswa Teknik Mesin

3. Project Nomor Satu

Ya, sangat wajar sebagai anak teknik mesin jika jarang main atau ngumpul dengan anak-anak jurusan yang lainnya. Karena apa? Salah satu alasannya yaitu Project Nomor satu. Tidak dapat dipungkiri, jika banyak juga para mahasiswa teknik yang kuliah sambil bekerja. Tujuannya tentu untuk meringankan beban orang tua agar bisa membantu biaya perkuliahan.

Urusan dengan client dalam hal teknik mesin, menjadi salah satu yang paling diprioritaskan. Karena, kaitannya dengan uang yang nantinya akan didapatkan. Jadi, tidak heran jika memiliki anak teknik yang mungkin lebih mencintai pekerjaanya dibandingkan untuk mengumpul. Meskipun, sesekali nanti pasti akan ada waktunya untuk berkumpul bersama teman.

Baca juga : Perbedaan Teknik Mesin Dan Teknik Industri

4. Tidak Banyak wacana

Pasti, banyak dari anda sangat marah jika ingin berkumpul hanya wacana saja ya. Ingin berkumpul namun hanya sekedar rencana saja tidak dilakukan. Hal tersebut tidak berlaku untuk anak jurusan teknik mesin. Karena, mereka sudah sangat terbiasa dengan project yang pasti harus dilaksanakan.

Jadi, meskipun dalam hal yang lainnya tentu sudah dipikirkan secara matang terlebih dahulu. Rencana yang dijalankan oleh anak jurusan teknik pasti akan berjalan. Bukan hanya seperti kebanyakan orang yang hanya besar di wacana saja namun pada akhirnya tidak bisa direalisasikan.

Baca juga : Keunggulan Teknik Mesin Itu Apa Sih?

5. Cerdas

Masihkah ada yang berpikir bahwa teknik mesin orang-orang yang kurang berkompeten? Salah besar! Justru, mahasiswa jurusan teknik mesin merupakan orang-orang yang sangat cerdas. Perlu anda ketahui, mata kuliah teknik mesin sehari-harinya yaitu berkaitan dengan perhitungan.

Seperti matematika, hukum fisika dan kimia menjadi dasar untuk mempelajari teknik. Dengan begitu, bisa anda bayangkan betapa cerdasnya anak-anak teknik mesin? Banyak orang yagn tidak menyukai mengenai perhitungan, namun justru di teknik mesin sudah seharusnya mencintai perhitungan.

Baca juga : Syarat Masuk Teknik Mesin

6. Praktis

Satu yang penting bagi anak teknik mesin yaitu praktis. Ya, anak teknik mesin memang sangat praktis dalam banyak hal. Terutama, yang berkaitan dengan penampilan dalam sehari-hari. Pasti, anda sering sekali melihat anak teknik menggunakan pakaian yang ala kadarnya untuk berangkat kuliah.

Mengapa demikian? Karena anak teknik mesin berfokus pada materi mata kuliah yang diajarkan. Meskipun, pada akhirnya nanti harus melakukan explore lebih jauh mengenai materi.

Tetapi, siapa tahu dosen tersebut memberikan materi dan pengalaman yang sangat berharga? Jadi, mahasiswa teknik tidak ingin meninggalkan mata kuliah tersebut. Meskipun, dalam keadaan telat maka rela untuk tidak mandi dan hanya menggunakan pakaian rapi seadanya saja.

Baca juga : Perbedaan Pendidikan Teknik Mesin Dan Non Teknik (Murni)

7. Skill Lebih Tinggi Dari IPK

Perlu diketahui, kuliah jurusan teknik mesin itu tidak mudah. Buktinya, banyak dari mahasiswa teknik yang beranggapan bahwa IPK tidak terlalu penting. Yang terpenting yaitu skill atau keterampilan yang berkaitan dengan teknik. Salah satu alasannya yaitu karena untuk mendapatkan nilai IPK jurusan teknik tergolong sulit.

Tugas-tugas yang diselesaikan dengan baik belum tentu mendapatkan nilai yang sempurna. Selain itu, juga mengenai ujian yang diberikan tentunya hasilnya terkadang tidak sesuai perkiraan. Jadi, anak teknik lebih beranggapan bahwa keterampilan jauh lebih penting dibandingkan dengan IPK.

Baca juga : Lulusan STM Jurusan Mesin Banyak Yang Bekerja Di Bidang Apa?

Begitulah info mengenai fakta anak teknik mesin yang sudah anda ketahui. Apakah beberapa hal diatas berbeda dari yang anda pikirkan? Jika Ya, selama ini tanggapan anda tentang anak teknik berarti salah ya. Jadi, jangan buru-buru menilai jika belum tahu fakta tentang anak teknik mesin. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.