Keunggulan Teknik Mesin

Keunggulan Teknik Mesin Itu Apa Sih? Ketahui disini !

Diposting pada 419 views

Keunggulan Teknik Mesin – Teknik mesin adalah jurusan yang mempelajari mengenai perancangan, desain, analisis sampai dengan implementasi kebutuhan mesin. Di Indonesia sendiri, banyak sekali perguruan tinggi yang sudah membuka jurusan teknik mesin. Saat ini, begitu banyak yang tertarik ingin masuk ke jurusan teknik mesin.

Mengapa demikian? Karena teknik mesin memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan jurusan yang lainnya. Mungkin banyak dari anda yang belum tahu apa saja keunggulannya. Untuk itu, pada artikel ini kami akan membahas secara lengkap mengenai keunggulan teknik mesin yang perlu diketahui.

Beberapa Keunggulan Teknik Mesin

Perlu anda ketahui, cukup banyak keunggulan dari jurusan teknik mesin. Berikut ini beberapa keunggulan jurusan teknik mesin:

1. Selalu Dibutuhkan Oleh Industri

Jika anda ingin masuk ke jurusan teknik mesin, maka langkah yang sangat tepat. Apa alasannya? Salah satunya yaitu karena selalu dibutuhkan oleh industri. Kebutuhan industri terhadap sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dalam bidang mesin selalu dibutuhkan.

Saat ini, industri khususnya produksi yang berjalan pasti selalu menggunakan mesin. Karena, mesin begitu membantu proses industri agar berjalan dengan cepat. Jadi, para lulusan teknik mesin nantinya juga bisa bekerja di bagian mesin pada industri. Dapat bekerja sebagai operator, analis maupun teknisi.

2. Peluang Kerja Terbuka Luas

Apakah anda ragu bahwa jurusan teknik mesin nantinya tidak mendapatkan pekerjaan? Mulai sekarang, anda tidak perlu memikirkan hal tersebut. Karena, sudah dijamin peluang kerja untuk lulusan teknik mesin sangatlah banyak. Mulai dari industri otomotif, industri produksi, pertambangan, perminyakan, penerbangan dan sumber energi.

Semua peluang kerja tersebut terbuka secara luas untuk para lulusan teknik mesin. Selama, para lulusan memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Pada industri tersebut, pastinya sangat membutuhkan orang yang paham di bagian mesin.l Inilah yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh para alumni lulusan teknik mesin. Untuk itu, jangan sampai para lulusan teknik mesin lulus tanpa memiliki keterampilan dalam bidang mesin!

Baca juga : Perbedaan Pendidikan Teknik Mesin Dan Non Teknik (Murni)

3. Gaji Yang Relatif Tinggi

Salah satu keunggulan dari jurusan teknik mesin, nantinya untuk gaji pekerja yang diberikan relatif cukup tinggi. Mungkin, banyak yang berpikiran bahwa gaji dalam satu perusahaan akan sama. Faktanya, setiap bidang meskipun berada di satu perusahaan memiliki gaji yang berbeda-beda.

Untuk itu, bagi lulusan teknik mesin tentu sangat beruntung. Karena, gaji lulusan teknik mesin yang diberikan untuk pekerjaan berkaitan dengan mesin tidaklah sedikit. Ilmu dalam mempelajari hal yang berkaitan dengan mesin tidaklah mudah. Jadi, tidak heran jika perusahaan memberikan gaji yang cukup tinggi bagi para pekerja di bidang mesin.

4. Jarang Bekerja Di Lapangan

Beruntung, jika anda masuk dan nantinya akan lulus di jurusan teknik mesin. Karena, nantinya pekerjaan yang akan didapatkan tidak terlalu banyak di lapangan. Terutama, untuk yang bekerja di industri produksi tentu akan lebih memiliki banyak waktu di dalam lingkungan perusahaan saja. Karena, semua yang berkaitan dengan mesin terdapat di lingkungan perusahaan.

Berbeda, jika masuk dalam bidang pertambangan atau sumber energi. Bisa jadi akan sering berada di lapangan untuk melakukan maintenance dari mesin. Meskipun begitu, secara garis besarnya pekerjaan yang berkaitan dengan mesin lebih banyak berkaitan di dalam ruangan. Khususnya, seperti desainer maupun analisis mesin.

Baca juga : Prospek Kerja Teknik Mesin – Peluang Besar di 10 Pekerjaan Ini

5. Lebih Paham Mengenai Perhitungan

Apakah anda salah satu orang yang menyukai perhitungan? Tepat sekali jika masuk ke jurusan ini. Pada perkuliahan nanti, teknik mesin lebih mengedepankan pada perhitungan. Seperti perhitungan matematika, fisika dan kimia yang berkaitan dengan mesin. Ketiga hal tersebut memang sangat penting kaitannya dengan mesin.

Seperti menghitung kebutuhan mesin, memahami hukum-hukum fisika dan kimia dalam penerapan implementasi ke mesin sangat dibutuhkan. Jadi, para lulusan tentunya nanti akan lebih paham mengenai perhitungan. Bahkan, mengenai perhitungan dan rumus-rumus mungkin sudah diluar kepala. Dengan begitu, sangat membantu dalam pekerjaan nantinya.

6. Tidak Banyak Mempelajari Biologi

Anda tidak tertarik dengan materi yang berkaitan dengan biologi? Jangan khawatir, di jurusan teknik mesin tidak banyak mempelajari mengenai biologi. Mungkin, pemahaman mengenai biologi hanya diperlukan dalam beberapa materi perkuliahan saja. Namun, secara umum tidak terlalu akan banyak dipahami.

Pemahaman mengenai materi biologi hanya dilakukan pada semester awal. Selanjutnya, lebih mempelajari mengenai teknik mesin dasar sampai dengan lanjutannya. Jadi, tidak perlu bingung jika anda tidak tertarik dengan biologi.

7. Mempelajari Cara Komunikasi Yang Baik

Para lulusan nantinya diharapkan bukan hanya bisa bekerja saja, namun juga diharuskan untuk memiliki cara berkomunikasi yang baik. Hal ini dilakukan untuk menciptakan lulusan yang profesional dan memiliki keterampilan tinggi. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan untuk bisa bersaing di tingkat internasional.

Faktanya, sudah banyak sekali lulusan teknik mesin yang berkualitas bekerja di perusahaan luar negeri. Salah satu syaratnya yaitu bisa berkomunikasi dengan baik. Nantinya, pada teknik mesin juga tetap diajarkan mengenai bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan bahasa inggris. 

Baca juga : Syarat Masuk Teknik Mesin, Perhatikan Ini Biar Lolos Seleksi

Jadi, lulusan juga bisa memiliki keterampilan berkomunikasi baik.Nah, itulah keunggulan teknik mesin yang sudah anda baca secara lengkap. Apakah anda tertarik ingin masuk ke jurusan ini? Jika tertarik, maka persiapkan diri sebaik mungkin dan pastikan memenuhi syarat dan ketentuan pada setiap perguruan tinggi. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Mencoba untuk berbagi pengetahuan walaupun tidak ditemani secangkir kopi.