perbedaan teknik mesin dan teknik industri
Ilustrasi perbedaan teknik mesin dan industri berdasarkan 4 hal, konsentrasi, mata kuliah, kompetensi kelulusan dan prospek kerjanya

Perbedaan Teknik Mesin Dan Teknik Industri Berdasarkan 4 Hal Ini

Diposting pada 1.167 views

Perbedaan teknik mesin dan teknik industri dapat dilihat dari mata kuliah yang dipelajari, pilihan konsentrasi jurusan, kompetensi kelulusan dan prospek kerjanya ketika lulusan nanti. Mungkin dua jurusan menjadi tujuan bagi anda untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Kedua jurusan tersebut menjadi impian untuk beberapa orang.

Namun, sebelum memilih salah satunya tentu harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan keduanya. Karena, tidak bisa sembarangan untuk masuk ke perguruan tinggi.

Secara umum, perbedaan keduanya yaitu pada jurusan teknik mesin lebih mengedepankan pada perhitungan, hukum kimia, fisika dan lainnya.

Sedangkan, untuk teknik industri tidak berfokus pada hal tersebut melainkan pengembangan, implementasi yang berkaitan dengan industri. Selain itu, apa saja perbedaan teknik mesin dan teknik industri? Selengkapnya kami bahasa pada artikel ini.

Perbedaan Teknik Mesin Dan Teknik Industri

Untuk memahami mengenai perbedaan kedua jurusan ini, maka kami berikan beberapa perbedaanya. Berikut ini perbedan teknik industri dan teknik mesin:

1. Perbedaan Konsentrasi Jurusan

Mari kita bahas yang pertama yaitu mengenai konsentrasi jurusannya. Setiap jurusan pasti memiliki konsentrasi masing-masing.Termasuk untuk jurusan teknik mesin dan teknik industri.

Untuk jurusan teknik mesin, lebih mengarah kepada ilmu teknik yang berkaitan dengan prinsip fisika,matematika, kimia untuk melakukan analisis, desain, manufaktur serta maintenance sistem mekanik.

Lalu, bagaimana dengan jurusan teknik industri? Jadi, jurusan ini lebih berfokus pada ilmu teknik yang berkaitan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi, pengetahuan, materi, energi dan proses pada industri. Di teknik industri, nantinya pembelajaran akan difokuskan pada hal-hal tersebut.

2. Perbedaan Mata Kuliah Teknik Mesin dan Industri

Selanjutnya, mengenai mata kuliah yang dipelajari untuk kedua jurusan ini sudah pasti berbeda. Setiap mata kuliah memiliki kurikulum tersendiri yang menentukan standar untuk pembelajarannya Bagaimana di teknik mesin?

Nantinya, untuk para mahasiswa di teknik mesin harus siap dengan pembelajaran mata kuliah yang berkaitan dengan perhitungan. Seperti matematika, fisika dan kimia akan menjadi dasar pemahaman mahasiswa teknik mesin.

Sedangkan, untuk teknik industri nantinya mata kuliahnya akan lebih berfokus pada perancangan, peningkatan serta instalasi dari sisi terintegrasi. Yang terdiri dari manusia, material, peralatan maupun energi.

Untuk itu, pemahaman mengenai ilmu sosial, metodologi teknik dan memprediksi, mengevaluasi dari sebuah sistem terintegrasi perlu untuk dipelajari lebih dalam pada perkuliahan.

Teknik MesinTeknik Industri
Fisika
Kimia Dasar
Kalkulus
Prinsip Rekayasa dan Ilmu Kealamiahan Dasar
Aljabar Linier
Gambar Mesin
Material Teknik
Statika Struktur
Matematika Teknik
Elemen Mesin
Getaran Mekanis
Kinematika dan Dinamika
Mekanika Kekuatan Bahan
Struktur dan Sifat Material
Termodinamika
Mekanika Fluida
Metrologi Industri dan Kontrol Kualitas
Proses Produksi
Statistik dan Perancangan Percobaan
Perpindahan Panas
Manajemen Perawatan dan Kehandalan
Teknik Pembentukan Logam
Teknik Pengukuran
Mesin Fluida dan Perpindahan
Teknik Pengaturan
Perancangan Produk
Motor Bakar Torak
Perancangan Produk
Mekatronika
Refigerasi dan Pengkondisian Udara
Praktikum
Bahasa Inggris untuk Akademik
Fisika: Listrik dan Magnet
Kimia
Biologi: Anatomi dan Fisiologi Manusia
Kalkulus
Pengantar Teknik Industri
Menggambar Teknik
Bahan Teknik
Konsep Keteknikan untuk Peradaban
Fisika: Energi
Aljabar Linier
Probabilitas
Elemen Mesin
Mekanika Teknik
Proses Produksi 1
Organisasi dan Manajemen Industri
Matematika Optimasi
Metode Numeris dan Pemrograman
Riset Operasi 1
Statistika Teknik Industri 1
Ergonomika Industri
Perancangan dan Pengembangan Produk
Proses Produksi 2
Pemilihan Bahan dan Proses Manufaktur
Ekonomika dan Tekno- ekonomika
Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Beberapa perbedaan mata kuliah teknik mesin dan teknik industri

3. Perbedaan Kompetensi lulusan

Perbedaan selanjutnya yaitu terdapat pada kompetensi lulusannya. Untuk teknik mesin, diharapkan bisa memiliki kemampuan untuk mendesain, pembuatan, maintenance dan dinamika pada sistem mesin.

Karenanya, orang teknik harus pintar dalam membuat sebuah desain maupun pembuatan suatu sistem mesin yang sesuai dengan kebutuhan. Inilah yang menjadi kompetensi dari lulusannya.

Lalu untuk jurusan teknik industri lebih berfokus pada pengemabngan suatu integrasi. Jadi, diharuskan memahami mengenai sistem integrasi yaitu manusia, sumber daya, mesin dan waktu agar menciptakan sistem integrasi yang efektif. Jadi, lulusan teknik industri harus paham bagaimana membuat perencanaan kebutuhan perusahaan khususnya di bagian produksinya.

Baca juga : Syarat Masuk Teknik Mesin, Perhatikan Ini Biar Lolos Seleksi

4. Perbedaan Ruang Lingkup Pekerjaan Teknik Mesin dan Teknik Industri

Selanjutnya, yaitu mengenai ruang lingkup untuk pekerjaannya. Setiap jurusan sudah pasti memiliki ruang lingkup sendiri-sendiri mengenai jurusannya. Bagaimana dengan ruang lingkupnya?

a. Jurusan Teknik Mesin 

  • Industri Pertambangan

Untuk prospek teknik mesin, bisa bekerja di industri pertambangan. Mengingat, di pertambangan juga banyak sekali mesin yang digunakan untuk melakukan kegiatan tambang. Untuk pekerjaan yang tersedia di pertambangan jelas sangat banyak. Seperti menjadi operator, teknisi maupun menjadi analisis dalam bidang mesin.

  • Industri Otomotif

Jurusan teknik mesin, memiliki ruang lingkup yang besar di jurusan industri otomotif. Jadi, jurusan teknik mesin bisa bekerja di industri ini. Pekerjaan yang tersedia juga cukup besar cangkupannya. Bukan hanya menjadi operator produksi saja, melainkan juga bisa menjadi teknisi yang membantu untuk melakukan maintenance mesin produksi.

  • Industri Sumber Energi

Tidak perlu khawatir, jurusan teknik mesin juga bisa masuk dalam industri sumber energi. Salah satu energi yang dibutuhkan oleh manusia saat ini yaitu listrik. Jadi, sudah pasti peluang kerjanya cukup besar. Lulusan bisa bekerja sebagai teknik maupun analisa kebutuhan mesin pada listrik.

Baca juga : Keunggulan Teknik Mesin Itu Apa Sih?

b. Jurusan Teknik Industri

  • Quality Control Produksi

Setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi, maka harus dipastikan Quality Controlnya. Nah, prospek kerja teknik industri bisa bekerja di bagian Quality Control ni. Bertanggung jawab terhadap kualitas dari produksi dan memastikan produksi berjalan dengan baik.

  • Analisis Produksi

Perusahaan sangat membutuhkan seorang yang bisa menganalisis produksi yang akan berjalan. Untuk itu, dibutuhkan analis produksi yang bekerja untuk melakukan hal tersebut. Tanggung jawab yang dipegang tentu cukup besar, karena harus menganalisis proses produksi,optimasi dan pemeliharaan alat produksi.

  • Manajemen Sumber Daya Manusia

Pekerjaan yang satu ini mungkin lebih dikenal dengan sebutan Human Resources Development (HRD). Pekerjaan ini mengharuskan untuk tanggung jawab penuh terhadap pencarian calon karyawan yang dibutuhkan.

Memilih kandidat yang tepat untuk bisa bekerja. Prospek kerja ini cocok untuk lulusan teknik industri karena memiliki ilmu manajemen SDM yang baik dari perkuliahan. 

Baca juga : Perbedaan Pendidikan Teknik Mesin Dan Non Teknik (Murni)

Sekarang, anda sudah paham mengenai perbedaan teknik mesin dan teknik industri. Jadi, anda bisa memilih salah satu jurusan tersebut mana yang lebih diinginkan. Apakah teknik mesin, atau teknik industri? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi ya!

Referensi :

1. https://psti.ft.ugm.ac.id/kurikulum-sarjana/
2. https://www.teknik.unpas.ac.id/

Gambar Gravatar
Mencoba untuk berbagi pengetahuan walaupun tidak ditemani secangkir kopi.