universitas terbaik jurusan kimia murni

4 Universitas dengan Jurusan Kimia Murni Terbaik di Indonesia

Diposting pada 2.733 views

4 Universitas dengan Jurusan Kimia Murni Terbaik di Indonesia – Kimia merupakan salah satu cabang ilmu sains yang banyak sekali digunakan di kehidupan sehari hari. Jika kamu cermati lebih lanjut lagi, deterjen yang biasa digunakan untuk pembersih merupakan salah satu produk kimia. Dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya di kehidupan ini yang tidak terpisahkan dengan namanya kimia. 

Mempelajari ilmu kimia itu sangatlah penting. Apalagi ilmu ini akan banyak digunakan di dunia industri. Karena tidak bisa dipungkiri lagi jika kimia berperan dalam industri. Entah itu dalam produksinya maupun pengolahan limbahnya. Hal inilah yang menjadikan banyak orang tertarik untuk masuk jurusan kimia.

Berikut ini adalah 4 Universitas dengan Jurusan Kimia Murni Terbaik di Indonesia.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Jurusan kimia murni di UGM
Fakultas MIPA UGM ( sumber @ugm.ac.id)

Sudah tidak asing lagi jika UGM menjadi salah satu universitas terbaik di indonesia. Memang seleksi masuk UGM itu terbilang ketat dan banyak pesaing. Jadi hanya orang orang terpilih saja yang bisa mengenyam pendidikan di UGM. 

Kimia murni di UGM sudah mendapat akreditasi A dari tahun 2015 hingga 2020. Di departemen kimia FMIPA UGM tersedia program sarjana, magister dan doktor. Hal inilah yang menjadikan kimia murni UGM masuk ke dalam daftar jurusan kimia murni terbaik di indonesia. Kamu pun juga bisa mendapatkan info lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan kimia yang bisa kamu lihat di websitenya.

2. Universitas Indonesia (UI)

Jurusan kimia murni di FIPA Universitas Indonesia
F IPA Universitas Indonesia – Sumber (sci.ui.ac.id)

Saingan utama dari UGM ialah UI (Universitas Indonesia). Sama halnya dengan UGM, UI juga mampu bersaing baik dengan UGM masalah kualitas lulusannya. Jurusan kimia murni di UI yang terletak di ibu kota jakarta ini telah memegang akreditasi A. Selain itu, dalam misinya untuk menjadikan UI sebagai pusat riset kelas dunia, dibukalah program sarjana, magister dan doktor.

Lulusan UI juga banyak yang menjadi tenaga pengajar, peneliti dan bekerja di dunia industri. Untuk dunia industri itu sendiri sangatlah luas, mulai dari industri makanan, kertas, agrochemicals, farmasi, minyak dan gas, plastik, polymer dan lain sebagainnya. Yang menjadi alasan UI masuk ke dalam daftar jurusan kimia murni terbaik di indonesia ialah karena memiliki laboratorium yang lengkap.

3. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jurusan kimia murni di undip – sumber (um.undip.ac.id)

Tak lengkap rasanya jika UNDIP tidak masuk ke dalam daftar universitas dengan jurusan kimia murni terbaik di indonesia. FMIPA prodi kimia murni di UNDIP itu sendiri sudah mengantongi akreditasi A, 3436/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018. Dan telah mencapai level 6 pada KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification Framework).

Profil lulusan yang diharapkan ialah menjadi tenaga quality control (QC), peneliti dan pendidik. Jadi kamu kurikulum di sini dirancang sedemikian rupa sehingga kamu bisa langsung terjun dan bersaing di dunia kerja. Untuk biaya kuliahnya sendiri terbilang terjangkau, yaitu dari Rp. 500.000 hingga Rp. 6.500.000 per semester.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Kimia murni di universitas airlangga
Universitas air langga – sumber (unair.ac.id)

Salah satu universitas yang terletak di kota besar ke 2 di indonesia, UNAIR, pendapat predikat jurusan kimia murni terbaik di indonesia. Kenapa tidak? UNAIR sendiri sering mengadakan kompetisi kimia. Selain itu pula mahasiswa dari UNAIR pernah menjuarai olimpiade kimia tingkat nasional.

Karena berbagai macam prestasinya di bidang kimia, menjadikan jurusan kimia UNAIR mendapat akreditasi A dari BAN PT. Pembelajaran yang baik ditambah lagi dengan dukungan sertifikasi kompetisi menjadikan lulusan kimia murni UNAIR bisa menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. 

Baca juga : 10 Prospek Kerja Kimia Murni Ini Memiliki Gaji Menjanjikan

Di atas merupakan 4 universitas dengan jurusan kimia murni terbaik di indonesia. Semua universitas tersebut terletak di 4 kota besar di indonesia. Jadi jangan kalian ragukan lagi dengan fasilitas yang disediakan di 4 universitas tersebut.