prospek kerja teknik geologi

10 Prospek Kerja Teknik Geologi dengan Gaji Menjanjikan

Diposting pada 974 views

10 Prospek Kerja Teknik Geologi dengan Gaji Menjanjikan – Jurusan yang cukup populer karena banyak peminatnya adalah teknik geologi yang termasuk ke dalam bagian penjurusan di bidang teknik. Berbeda dari bidang keilmuan geologi murni yang lebih pada pemahaman teoritis dan praktik kerja nyata berkaitan dengan kebumian. Sementara prospek kerja teknik geologi lebih pada ilmu terapan yang dipersiapkan untuk perusahaan.

Sebenarnya jurusan tersebut mengutamakan bidang geologi yang fokus pada kebumian secara luas sekaligus berbagai elemen yang membentuknya. Pekerjaan yang berkaitan dengan teknik geologi pasti akan memanfaatkan alam untuk menunjang kebutuhan hidup manusia. Tetapi para lulusan juga harus mempertimbangkan segala risiko dari pemanfaatan alam yang dilakukan.

Apa Itu Teknik Geologi?

Studi teknik geologi secara umum berasal dari bidang kajian geologi itu sendiri, yang mendalami tentang elemen bumi seperti batuan, tanah, minyak, tambang, dan sebagainya. Semua orang yang menjadi lulusan teknik geologi dapat menerapkan keahlian ilmu yang diperolehnya, berfokus pada berbagai hal berkaitan dengan eksplorasi dan pemanfaatan hasil dari alam.

Pemanfaatan kekayaan alam yang telah dipelajari oleh para ahli teknik geologi ini dibekali dengan analisis untuk mengelola dan melestarikan lingkungan. Agar bumi yang selalu menunjang kehidupan manusia tidak menimbulkan risiko bencana sekaligus bisa diperbarui untuk generasi mendatang. Ini semua nantinya menjadi prospek kerja lulusan teknik geologi.

Apa Saja Prospek Kerja di Teknik geologi?

Jurusan teknik geologi khususnya di universitas terfavorit sangat banyak peminatnya sehingga persaingan pun tergolong ketat. Popularitas tersebut disebabkan karena prospek teknik geologi di masa depan sangat menjanjikan. Ada banyak sekali perusahaan yang mengolah hasil bumi membutuhkan para lulusan teknik geologi, begitupun dengan lembaga atau instansi pemerintah.

Berikut beberapa prospek pekerjaan atau profesi para lulusan teknik geologi dengan gaji yang menjanjikan.

1. Bekerja di Perusahaan Minyak

Petugas minyak
Petugas minyak

Prospek kerja teknik geologi yang pertama adalah bekerja di perusahaan minyak. Perusahaan minyak merupakan instansi yang cukup besar dan populer mengingat sumber daya alam tersebut hingga kini masih dibutuhkan oleh semua orang di seluruh dunia. Pengelolaan sumber daya minyak harus ditangani oleh beberapa orang yang ahli di bidangnya saja. Termasuk para lulusan geologi yang memahami tentang pemanfaatannya.

Perusahaan minyak nasional yang banyak diminati atau menjadi perusahaan favorit salah satunya adalah PT Pertamina Persero. Perusahaan tersebut tergolong sebagai BUMN sehingga dapat dipastikan kesejahteraan para pekerja di sini terjamin. Kalian pun bisa memperoleh gaji yang sangat banyak, bahkan mencapai puluhan juta rupiah sesuai posisi.

2. Menjadi Seorang Kontraktor

Seorang lulusan teknik geologi yang sangat menekuni bidangnya dapat memilih profesi sebagai kontraktor atau pemborong suatu proyek. Mereka ahli dalam mengembangkan berbagai proyek pembangunan karena mengetahui tentang berbagai kondisi yang berkaitan dengan kebumian. Penanganan risiko terhadap kondisi alam juga sangan penting.

Jika Kalian dapat menjadi seorang kontraktor maka bisa dengan mudah mencari pekerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan. Selain bekerja di instansi, Kalian juga dapat bekerja secara mandiri dalam suatu kelompok atau lembaga untuk menjalankan proyek. Gaji yang bisa diperoleh tentu tak diragukan lagi, mencapai puluhan juta rupiah.

3. Bekerja di Perusahaan Tambang

prospek kerja teknik geologi
Perusahaan tambang

Prospek kerja teknik geologi banyak yang memberikan janji keuntungan dan kesuksesan besar, khususnya di perusahaan tambah. Sebagai seorang lulusan teknik geologi, jangan pernah berhenti mencari lowongan pekerjaan khususnya jika Kalian berminat untuk bekerja di perusahaan tambang.

Di beberapa wilayah Indonesia terdapat perusahaan tambang terbesar, bahkan yang terkenal dalam skala nasional maupun internasional. Pendapatan yang bisa Kalian peroleh bahkan bisa mencapai puluhan juta tiap bulannya. Kalian juga bisa mendapatkan fasilitas yang nyaman tergantung dari instansi yang mengelola pertambangan tempat Kamu bekerja.

Perusahaan tambang terkenal di tingkat internasional seperti Freeport di Papua, sebagian besar lainnya juga terdapat di Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa. Para lulusan teknik geologi tentu tidak menjadi sebagai pekerja kasar sehingga upah mereka lebih besar dari pekerja lainnya.

Baca juga : Prospek Kerja Teknologi Pangan

4. Sebagai Dosen

Selain di instansi perusahaan, prospek kerja teknik geologi juga bisa menjadi seorang pengabdi atau pengajar seperti dosen. Prospek kerja teknik geologi tersebut sangatlah menjanjikan, terutama jika Kalian menjadi dosen PNS. Kalian bisa memperoleh penghasilan sangat banyak melalui berbagai sumber kegiatan.

Kalian bisa mengerjakan proyek penelitian yang berkaitan dengan bidang keilmuan teknik geologi, bisa juga mengadakan kerjasama dengan instansi perusahaan tertentu. Dari situlah Kalian bisa memperoleh penghasilan yang sangat banyak tergantung pada penelitian yang dikerjakan.

Sumber lainnya bisa berasal dari proses belajar mengajar ditambahkan tunjangan jika Kamu berprofesi sebagai PNS. Apabila Kamu menjadi seorang dosen PNS yang juga mengerjakan proyek penelitian di bidang teknik geologi, maka penghasilanmu bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

5. Bekerja Sebagai PNS di Kementerian Lingkungan Hidup

Profesi sebagai PNS tentu tidak hanya tertuju pada salah satu bidang keilmuan sekaligus beberapa instansi saja. Para lulusan teknik geologi bisa mendaftarkan dirinya sebagai pegawai negeri sipil di lingkungan kementerian. Seperti di bawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup sebagai ahli untuk menangani hal-hal tertentu.

Menjadi pegawai negeri sipil merupakan keinginan banyak orang hingga detik ini, bahkan menjadikannya sebuah profesi yang sangat populer.

Apalagi jika Kalian ternyata mampu untuk bekerja di lingkungan kementerian. Gaji yang bisa Kalian dapatkan mencapai 3 hingga 5 juta atau lebih sesuai dengan tingkat profesi. Sekaligus tunjangan yang jumlahnya besar.

Agar Kalian bisa memperoleh pekerjaan sebagai PNS di kementerian, maka harus melalui beberapa tahap seleksi yang kini terbilang cukup sulit dan ketat. Hal yang perlu Kamu lakukan yakni belajar sekaligus berlatih agar lolos tes.

6. Lembaga Non Pemerintah

Selain instansi perusahaan dan pemerintah, Kalian yang menjadi lulusan teknik geologi juga berkesempatan bekerja di lembaga swadaya masyarakat atau non pemerintah. Seorang yang ahli di teknik geologi dapat melakukan analisis untuk daerah yang cocok dijadikan pemukiman warga atau masyarakat. Mereka bisa berpihak juga kepada masyarakat.

Gaji yang ditawarkan oleh lembaga non pemerintah sangatlah beragam tergantung pada skala lembaga, serta kinerja mereka. Kalian bisa memperoleh gaji yang sangat besar jika bekerja di lembaga bertaraf internasional. Tidak hanya itu, Kalian juga bisa mengerjakan proyek internasional dan menjelajah sekaligus saat sedang bekerja.

Penghasilan yang bisa Kalian peroleh saat bekerja di lembaga non pemerintah sesuai dengan kategori bidang atau posisi. Jumlah gaji tersebut belum tentu pasti, terkadang sangat besar hingga melebihi jumlah gaji sekaligus tunjangan PNS. Bahkan bisa setara dengan penghasilan para pebisnis pemula yang memperoleh kesuksesan mereka.

7. Berprofesi Sebagai Pengembang Pemukiman

Jurusan teknik geologi ini juga sangat bisa diandalkan untuk menganalisis kondisi tanah dan lingkungan alam yang cocok untuk dijadikan lahan tertentu. Mereka bisa diandalkan dalam mengkategorikan pembagian lahan yang cocok untuk berbagai aktivitas dan tempat. Salah satunya yakni lahan pemukiman, Kalian sebagai lulusan geologi berpeluang di bidang ini.

Pengembang pemukiman sangat dibutuhkan oleh banyak pihak, termasuk perusahaan, atau instansi pemerintah. Keahlian kalian berguna untuk menjalankan program-program tertentu seperti relokasi, atau bahkan bisnis properti. Penghasilan yang bisa Kalian dapatkan sangatlah menjanjikan, mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Apabila Kalian masih memulainya di tahap awal tentu masih belum memperoleh penghasilan maksimal sesuai yang diharapkan. Penghasilan besar bisa Kamu peroleh jika pencapaian dan kinerja semakin baik dan lahan pemukiman semakin bertambah.

8. PNS di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Lowongan pekerjaan di lingkungan kementerian sangatlah populer dan terbuka lebar bagi para lulusan teknik geologi. Mereka dibutuhkan untuk menganalisis dan mencari data berkaitan dengan kondisi kebumian serta potensi yang dimiliki oleh lahan di wilayah tertentu. Pekerjaan tersebut sesuai juga dengan pengelolan sumber energi dan mineral.

Hasil dari sumber mineral dan energi yang telah dikelola nantinya akan dikategorisasikan berdasarkan fungsinya untuk kebutuhan hidup manusia. Statusnya sebagai PNS membuat Kalian bisa memperoleh tambahan tunjangan sehingga penghasilan bertambah berkali lipat. Gaji profesi sekitar 3 hingga 5 juta, jika ditambahkan dengan tunjangan, maka puluhan juta.

9. Wirausaha

Para lulusan teknik geologi juga memiliki prospek kerja untuk menjadi wirausaha yang sesuai dengan bidang yang telah dipelajarinya. Salah satu usaha atau bisnis yang menjanjikan bagi para lulusan teknik geologi yakni pengembang pemukiman yang terarah pada bidang bisnis properti. Tentunya Kalian juga mengetahui bahwa bisnis properti menjadi peluang yang sangat menjanjikan.

Selain wirausaha di bidang properti atau pengembangan lahan, Kalian juga bisa berwira usaha untuk mengembangkan proyek tertentu bersama kelompok. Penghasilan dari bisnis tersebut tentu sangatlah banyak. Jika Kamu memilih bisnis properti hingga mencapai hasil maksimal maka keuntungan yang Kamu peroleh bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Menekuni bidang bisnis memang tidak mudah, apalagi bagi Kalian yang belum memahami dasar atau strategi tentang ekonomi dan bisnis. Tetapi, jika Kalian bisa melakukan promosi dengan baik serta menciptakan karya teknik geologi memukau pasti bisa mencapai kesuksesan.

10. Seorang Insinyur Teknik Geologi

Para lulusan jurusan teknik geologi yang tekun di bidangnya sangat mungkin untuk menjadi seorang insinyur, termasuk di teknik geologi. Bidang pekerjaan insinyur tersebut adalah menganalisis hal teknis secara rinci khususnya berkaitan dengan berbagai material hasil bumi. Kemudian mencari berbagai kemungkinan risiko yang nantinya dapat menimbulkan bencana alam.

Insinyur teknik geologi juga bertanggung-jawab untuk menganalisis sekaligus membuat desain proyek pembangunan sekaligus pengaruhnya terhadap lingkungan. Segala hal harus dipertimbangkan dengan baik agar suatu proyek pembangunan tepat dengan minim risiko. Gaji yang didapatkan seorang insinyur tentu sangat besar sesuai dengan kemampuan.

Bidang keilmuan teknik geologi memiliki potensi yang besar untuk dicari oleh berbagai perusahaan, instansi atau lembaga ternama. Hingga saat ini para lulusan dari jurusan tersebut banyak dibutuhkan sehingga prospek kerjanya sangat besar. Kalian yang terpilih dan berhasil lolos sebagai seorang sarjana teknik geologi patut untuk berbangga diri di masa depan.

Baca juga : Prospek Kerja Teknik Mesin

Jangan pernah berhenti untuk berusaha keras mencari peluang kerja yang tepat sesuai dengan bidang yang telah ditekuni, khususnya di teknik geologi. Beberapa contoh prospek kerja teknik geologi yang menjanjikan ada pada poin penjelasan di atas. Kalian bisa mencobanya di berbagai instansi atau lembaga hingga menemukan yang sangat sesuai dengan passion jurusan khusus Kalian.

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.