kebutuhan manusia

Macam Kebutuhan Manusia Berdasarkan Intensitas, Sifat, Waktu dan Cara Pemenuhannya

Diposting pada 1.119 views

Macam Kebutuhan Manusia – Setiap makhluk hidup akan melakukan upaya-upaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya agar bisa bertahan hidup dan survive selama hidupnya.

Jika macan dia akan berlari dan mengejar mangsanya, maka manusia akan berusaha untuk bisa mendapatkan makanan ataupun uang yang nantinya dibelikan makanan. Caranyapun beraneka ragam, ada yang dengan menjadi petani, pengusaha, guru, karyawan dan lain sebagainya.

Upaya-upaya tersebut dilalui agar berbagai macam kebutuhan manusia tersebut terpenuhi mulai dari kebutuhan yang paling dasar (pokok) sampai ke kebutuhan yang tersier.

Lantas, apa itu kebutuhan manusia? dan apa saja macam-macamnya? Mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

Pengertian Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia adalah keinginan manusia yang menuntut untuk dipenuhi. Apabila tidak dapat dipenuhi maka akan menganggu kelangsungan hidupnya. Kebutuhan manusia akan barang dan jasa sangat beragam dan jumlahnya tak terbatas.  

Kebutuhan yang satu dapat terpenuhi selanjutnya akan muncul kebutuhan yang lainnya. Mengapa kebutuhan manusia tidak terbatas? Kebutuhan manusia yang tak terbatas karena hal-hal sebagai berikut :

  1. Sifat manusia yang tidak pernah merasa puas
  2. Jumlah penduduk yang semakain bertambah
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  4. Terbatasnya persediaan sumber daya alam
  5. Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya alam
  6. Tutuntan taraf hidup yang lebih baik

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia

a. Keadaan alam

Orang yang tinggal di daerah pengunungan yang pada umumnya di daerah ini suhunya lebih dingin, tentu akan orang-orang tersebut membutuhkan pakaian yang lebih tebal untuk melindungi tubuhnya dari suhu dingin.

Sedangkan orang yang tinggal di daerah pantai akan menggunakan pakaian yang tipis karena suhu udaranya yang lebih panas.  

b. Peradaban dan kebudayaan

Pada masa lalu kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan cara barter (pertukaran barang dengan barang) sehingga tidak diperlukan alat komunikasi karena dapat dilakukan dengan tatap muka.

Namun bagaimana yang terjadi sekarang, semua kebutuhan tidak dapat dipenuhi dengan cara barter sehingga diperlukan alat komunikasi untuk membantu mempermudah pertukaran. Alat komunikasi tersebut dapat melalui media cetak maupun elektronik seperti koran, majalah, ra

dio, televisi, dan telepon. Semakin tinggi tingkat peradaban dan kebudayaan masyarakat maka semakin tinggi pula tuntutan akan kualitas pemenuhan kebutuhan.  

c. Agama

Orang yang beragama Islam membutuhkan perlengkapan shalat yang berbeda dengan perlengkapan ibadah agama lainnya. Orang yang menganut agama Islam dilarang makan daging babi, sedangkan orang yang beragama Hindu dilarang makan daging sapi.  

d. Adat istiadat

Adat istiadat akan membiasakan orang bertingkah laku sesuai dengan situasi dan kondisi yang dikehendakinya.

A. Macam Kebutuhan manusia menurut tingkat kepentingannya (intensitasnya)

Kebutuhan manusia sangatlah banyak dan bemacam-macam, dari mulai makanan, pakaian, perumahan, kendaraan, hiburan dan lain sebagainya.

Dari semua kebutuhan tersebut tentunya kita harus bijak, menentukan mana yang harus didahulukan dan dipenuhi terlebih dahulu.

Artinya, kebutuhan yang harus dipenuhi adalah kebutuhan yang paling penting, dan kemudian dilanjutkan ke kebutuhan yang kurang penting. Berdasarkan tingkat kepentingannya kebutuhan manusia dapat dibagi menjadi 3, yaitu :  

1. Kebutuhan pokok (primer)

Kata primer berasal dari kata “primus” yang mempunyai arti pertama. Jadi, kebutuhan primer adalah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi oleh manusia apabila ingin menjaga kelangsungan hidupnya.

Kebutuhan-kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang paling penting dan sudah sepantasnya menjadi prioritas utama dalam pemenuhannya.

Yang termasuk kebutuhan primer atau pokok ini adalah pangan (makanan), sandang (pakaian) dan papan (rumah). Kemudian ada yang menambahkan pendidikan dan juga kesehatan.  

2. Kebutuhan tambahan (sekunder)

Setelah primer, baru kemudian sekunder. Kalau primer mempunyai arti kata pertama, kalau sekunder berasal dari bahasa latin “secudus” yang mempunyai arti kedua.

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua setelah kebutuhan pokok. Artinya, kebutuhan sekunder dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Hal ini tidak berarti bahwa kebutuhan sekunder tidak penting dan tidak perlu dipenuhi.  

Namun kebutuhan sekunder ini akan menjadi penting setelah kebutuhan primer terpenuhi demi menjalani hidup yang lebih baik dan berkembang.

Selama manusia masih diberi kesempatan untuk hidup tentunya manusia tidak hanya berusaha untuk memenuhi kebutuhan utama saja, melainkan juga perlu kebutuhan yang lainnya atau tingkat yang lebih tinggi, seperti meja, handphone, kursi, almari, televisi, radio, sepeda, jam, alat-alat dapur dan lain sebagainya.  

3. Kebutuhan kemewahan (tersier)

Setelah primer dan sekunder, baru kebutuhan manusia yang selanjutnya menurut tingkat kepentingannya adalah tersier. Kata tersier ini berasal dari kata tertius yang berarti ketiga.

Maksud dari kebutuhan ketiga ini adalah kebutuhan tersier yang akan dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi.

Kebutuhan tersier ini bertujuan untuk mempertinggi status sosial seseoang, sebagai contoh kebutuhan tersier adalah mobil mewah, motor mewah, apartemen atau rumah mewah, hp mewah, laptop.  

B. Macam-macam kebutuhan manusia menurut waktu pemenuhannya (keterdesaan)

Penggolongan ini didasarkan pada tolok ukur “kapan pemenuhan kebutuhan dilakukan”. Dan berikut ini macam-macam kebutuhan menurut waktu pemenuhannya :  

1. Kebutuhan sekarang (mendesak/masa kini)

Suatu kebutuhan akan menjadi kebutuhan masa kini, apabila waktu pemenuhannya bersifat mendesak dan tidak dapat ditunda. Penundaan pemenuhan kebutuhan ini akan mengganggu kelangsungan hidup bahkan dapat berakibat fatal.

Misalnya, kebutuhan minum bagi orang yang sangat haus, makan bagi orang yang lapar, dan obat bagi orang yang sedang sakit.  

2. Kebutuhan yang akan datang (kelak)

Kebutuhan manusia yang akan datang merujuk pada kebutuhan yang waktu pemenuhannya dapat dilakukan dikemudian hari atau dapat ditunda.

Kebutuhannya ini dapat ditunda karena belum merupakan kebutuhan yang mendesak, memerlukan perencanaan yang matang, memerlukan biaya yang relatif besar sehingga perlu menabung terlebih dahulu.

Misalnya, kebutuhan rumah bagi orang  yang belum berkeluarga, kebutuhan perlengkapan bayi bagi pengantin baru, dan tabungan.  

C. Macam-macam kebutuhan manusia menurut sifatnya (sumbernya)

Menurut sifatnya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kebutuhan jasmani dan juga kebutuhan rohani.

1. Kebutuhan jasmani (Material)

Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang ditujukan untuk memelihara kesehatan badan atau raga kita. Tubuh kita memerlukan makanan, pakaian, vitamin dan juga olahraga.  

2. Kebutuhan rohani (imaterial/spiritual)

Terpenuhinya kebutuhan jasmani dengan baik belumlah menjamin kelangsungan hidup sesorang. Banyak orang yang tergolong kecukupan bahkan berlebihan mengalami stress, terguncang jiwanya, bahkan tidak memperoleh ketentraman, kenyamanan, kasih sayang dan penghormatan.

Orang tersebut cenderung menginginkan suatu kebutuhan yang dapat memberi kepuasan batinnya. Kebutuhan-kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan rohani. Contohnya, agama, pendidikan, rasa senang, dan rekreasi.  

D. Macam-macam kebutuhan manusia menurut cara pemenuhannya (konsumennya)

Menurut cara pemenuhannya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kebutuhan individu (pribadi_ dan kebutuhan sosial (kolektif).  

1. Kebutuhan pribadi

Kebutuhan pribadi adalah kebutuhan yang ditujukan bagi kepentingan perseorangan (individu).

Kebutuhan ini akan berbeda untuk tiap-tiap orang tergantung dengan keadaan atau pekerjaan seseorang. Kebutuhan seseorang petani akan berbeda dengan mahasiswa, kebutuhan petani berbeda dengan kebutuhan seoran guru, dan lain sebagainya.  

2. Kebutuhuan sosial (kolektif/masyarakat)

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang ditujukan bagi kepentingan masyarakat secara bersama-sama.

Oleh, karena itu kebutuhan ini sering disebut juga dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya, jalan raya, puskesmas, rumah sakit, tempat rekreasi, lapangan sepak bola, tempat ibadah, dan kebutuhan rasa aman.

Baca juga : Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Demikian artikel tentang macam-macam kebutuhan manusia. Semoga bisa membantuk teman-teman dalam memahami materi ini. Terimakasih.

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.