skills komputer dalam cv

10 Skills Komputer dalam CV yang Perlu Kamu Kuasai dan Cantumkan

Diposting pada 94 views

Skills komputer dalam cv – Setiap akan melamar pekerjaan, tentu saja kita wajib akan melampirkan sebuah curriculum vitae (CV) dan portfolio. Dalam penulisan CV kamu diperlukan membuat CV yang menarik dan mencakup segala informasimu secara lengkap termasuk juga informasi mengenai keahlian komuputer yang harus kamu miliki.

Perusahaan manapun saat ini pasti akan lebih mempertimbangkan memilih kandidat yang memiliki skill komputer yang baik dan update untuk menunjang segala tugas dan pekerjaan yang sudah beralih pada digital dan banyak menggunakan perangkat-perangkat komputer dan software. Berikut ini ada 10 skills komputer yang harus kamu kuasai dan cantumkan dalam CV mu.

10 Skills Komputer dalam CV

1. Microsoft Word

Merupakan skills komputer paling dasar yang harus kamu kuasai. Sudah tak asing lagi jika semua pekerjaan akan selalu membutuhkan word dalam membuat sebuah laporan, mengetik dokumen, dan beberapa fungsi dokumen lainnya.

Hal ini keahlian paling dasar yang harus kamu miliki dan tentu saja harus dikuasai sehingga dapat dicantumkan dalam CV mu. Usahakan kamu juga memiliki keahlian mengetik 10 jari ini sangat menambah nilai plus bagi keahlianmu.

Baca juga : Tutorial Dasar Menggunakan Microsoft Word + Disertai Gambar dan Video Lengkap

2. Microsoft Excel

Kamu yang akan bekerja di bidang administrasi atau akuntan wajib sekali memiliki keahlian Microsoft excel. Microsoft excel akan membantumu dalam menjalankan dan membuat banyak dokumen perusahaan menjadi lebih manual.

Jika memungkinkan kuasai semua bagian Microsoft excel, hal ini akan membuatmu semakin professional dan memudahkan dalam menyelesaikan segala tugas.

3. Microsoft Oulook

Microsoft oulook berguna untuk mengelola informasi pribadi seperti membuat catatan, jurnal, jadwal kerja, dan kalender.

Di outlook kamu bisa mengatur berbagai jadwal meeting atau deadline pekerjaan tugas kamu.  Tak hanya word dan excel, jika kamu menguasai Microsoft outlook cantumkan juga dalam CV mu.

4. Microsoft Power Point

Microsoft power point juga merupakan skills yang harus kamu kuasai, pasalnya power point sangatlah penting untuk pengerjaan presentasi tugas kantormu.

Di sini ada beberapa fitur menarik untuk mempercantik presentasimu agar informasi atau proyek pekerjaanmu akan berlangsung dengan baik, menarik, dan optimal. Kamu wajib menguasainya!

5. Programming

Menguasai skills pemograman atau bahasa pemograman seperti Java, PHP, C, Python dan beberapa lainnya sangatlah penting dalam era digital saat ini. Terlebih lagi jika kamu melamar pekerjaan dalam bidang web developer, startup, dan perusahaan digital lainnya hal ini sangat penting dan skills ini sangat banyak dicari saat ini.

6. Adobe Photoshop

Adobe photoshop merupakan aplikasi komputer yang berguna untuk mendesain sebuah foto, gambar atau hal yang lainnya yang berkaitan dengan desain.

Jika kamu merasa kamu menguasainya dan pernah menggunakannya, tak ada salahnya untuk mencantumkan skill ini ke dalam CV mu. Hal ini memberikan nilai plus bagimu terlebih lagi jika memang bagianmu lebih banyak dalam proyek visual.

7. SEO (Search Engine Optimization)

Tahukah kamu banyak peluang pekerjaan yang membutuhkan para kandidat yang memiliki keahlian dalam SEO. SEO merupakan keterampilan untuk mengoptimasi website dengan kata kunci.

Peluang pekerjaan ini sangat berhubungan dengan website dan dunia IT. SEO sangat berguna untuk mengoptimasi website sebuah perusahaan dan para pelaku bisnis yang merambah ke digital.

Jika kamu merasa cukup ahli dalam bidang ini, sangat wajib kamu cantumkan karena keterampilan ini memang sedang banyak dibutuhkan.

Baca juga : Cara Menjadi SEO Specialist Profesional Untuk Pemula

8. Social Media Manager

Kamu memiliki keahlian dalam membaca analisa sosial media seperti algoritma instagram, facebook, dan media sosial lainnya? keahlian ini saat ini sangat dibutuhkan para pengusaha dan perusahaan.

Mereka biasanya membutuhkan kandidat seseorang yang bisa mengatur sosial media usaha mereka agar mendapatkan engagement dari para pengikut sosial media mereka.

Tentu saja hal ini tidak semua orang bisa karena membutuhkan keahlian dalam membaca sebuah algoritma tapi juga harus pandai membuat konten.

9. Desain Grafis

Di era digital saat ini kebutuhan visual sangat dibutuhkan. Kamu yang memilki keahlian dalam desain tak hanya menggunakan Photoshop tapi juga CorelDraw dan aplikasi desain lainnya sangatlah penting untuk dicantumkan dalam CV mu.

Hal ini akan menambah nilai plus dan kamu akan memiliki peluang besar diterima karena memiliki keahlian desain grafis yang saat ini banyak sekali dibutuhkan banyak perusahaan dan para pelaku usaha.

10. Advertising

Menguasai google ads, facebook ads, dan semua yang berkaitan dengan advertising merupakan skills yang dapat kamu cantumkan dalam CV. Jika kamu terbiasa dalam mengelola iklan lewat digital.

Hal ini sangatlah menguntungkan karena tidak semua orang dapat menguasai skills advertising dalam dunia digital dan merupakan suatu yang banyak dibutuhkan banyak perusahaan.

Nah itulah 10 skills komputer dalam CV yang harus kamu kuasai dan dapat kamu cantumkan dalam CV mu. Persaingan dalam dunia pekerjaan sangatlah ketat sehingga paling tidak kamu harus menguasai salah satu keterampilan di atas untuk menunjang keahlianmu dan memiliki peluang besar untuk diterima oleh perusahaan.

Menguasai keterampilan-keterampilan tersebut saat ini sudah dapat dipelajari dengan mudah melalui belajar otodidak seperti mengikuti kursus online yang banyak tersebar di internet atau kursus langsung di lembaga kursus. Semoga ulasan di atas bermanfaat ya!.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in