cara menjadi seo specialist

Cara Menjadi SEO Specialist Profesional Untuk Pemula

Diposting pada 162 views

Cara menjadi SEO Specialist profesional untuk pemula – Salah satu posisi yang saat ini banyak dibutuhkan adalah dibagian digital marketing sebut saja ada SEM (Search Engine Marketing), SEO (Search Engine Optimization), Sosmed Marketing, dan masih banyak lagi.

Saya pernah membaca sebuah literasi yang bilang kaya gini “Kalau Anda mempunyai skills seperti jago ngiklan online, jago bikin website, jago bikin konten maka Anda tidak akan menganggur di tahun ini”.

Ya, memang skills digital saat ini sedang dibutuhkan. Terutama yang jago bikin iklan di internet seperti google ads, fb ads, ig ads bahkan yang baru muncul tik tok ads.

Selain yang jago iklan, yang jago website juga memiliki peluang kerya yang cukup luas. Kita bisa lihat sendiri bahwa hampir semua perusahaan saat ini berbondong-bondong membangun websitenya, walaupun hanya sekedar company profile saja.

Tapi saya yakin, kedepannya perusahaan tersebut akan memanfaatkan websitenya tidak hanya sebagai company profile saja tapi juga untuk branding sekaligus membangun relationship yang baik dengan customers.

Karena itulah orang yang jago website akan banyak yang membutuhkan, berbagai peluang kerja muncul seiring meningkatnya jumlah perusahaan yang membangun websitenya. Sebut saja web developer, back end developer, front end developer, UI/UX design, SEO Specialist, content writer, website administrator dan masih banyak lagi.

Nah kita akan membahas salah satunya yaitu SEO Specialist. Mungkin penting untuk mengetahui pengertian sekaligus tugas-tugas seorang SEO Specialist, perhatikan dibawah ini.

Apa itu SEO Specialist? Dan apa tugasnya?

SEO specialist adalah seorang yang bertugas untuk mengoptimalkan performa website di search engine untuk mendapatkan traffic yang banyak dan berkualitas ke website.

Performa website yang dimaksud antara lain agar mendapat posisi terbaik di halaman pertama dan mendapatkan klik (CTR) yang tinggi di search engine.

Tidak hanya posisi dan klik di search engine saja, tapi SEO specialist juga bertanggung jawab terhadap performa website dan menciptakan pengalaman terbaik bagi visitor ketika mereka menjelajahi website.

Di bawah ini adalah beberapa jobdesk SEO Specialist secara umum :

  1. Riset kata kunci potensial yang dapat mendatangkan penjualan/sales.
  2. Riset kata kunci baru sebagai bahan pembuatan konten/artikel dan mendukung kata kunci utama.
  3. Melakukan teknik SEO On Page dan Off Page secara efektif untuk meningkatkan performa website di search engine.
  4. Membuat judul dan meta deskripsi yang baik untuk meningkatkan klik di search engine.
  5. Mengoptimalkan performa dan kecepatan website.
  6. Membuat konten/artikel/landing pages yang SEO friendly.
  7. Menerapkan teknik link building secara efektif.
  8. Mengoptimalkan budget SEO.
  9. Menganalisis performa website dengan tools SEO seperti Analytics, Search Console, ahref, MOZ, dll.

Kurang lebih di atas merupakan gambaran secara umum mengenai tugas SEO Specialist. Tentu saja ada tugas-tugas lain yang sifatnya tekniks dan spesifik.

Cara Menjadi SEO Specialist Yang Profesional

1. Skill Dasar Yang Harus Dimiliki

skill dasar seo specialist
skill dasar seo specialist

Untuk menjadi seorang SEO Specialist minimal Anda memiliki beberapa skills berikut ini, tenang skills dibawah ini masih cukup mudah kok untuk dipelajari.

a. Writing

Skills dasar yang pertama adalah menulis terutama menulis konten, hal ini karena konten adalah alat perang seorang SEO Specialis. Mau bagaimanapun tekniknya, ujung-ujungnya ya ke konten.

Walaupun nantinya ada content writer namun keahlian menulis masih dibutuhkan, karena Anda yang akan mengedit, membuat deskripsi dan membuat judul yang menarik.

b. HTML

HTML (Hyper Text Markup Languange) merupakan sebuah bahasa yang berguna untuk menampilkan halaman website. Sebagai seorang SEO specialist Anda harus sedikit tahu mengenai HTML ini, tidak perlu harus jadi expert minimal Anda tahu dasar-dasarnya dan penggunaanya.

HTML dalam seo dipakai untuk membuat konten SEO friendly seperti : penggunaan tag heading (H1, H2, H3, H4), penggunaan img alt, link, dan lain sebagainya.

c. CSS

HTML akan terlihat membosankan jika tanpa CSS. CSS ini akan membuat halaman web semakin berwarna dan menarik, fungsinya lebih menciptakan tampilan website yang unik, nyaman dibaca dan membuat orang betah berlama-lama di website.

Menguasai dasar HTML dan CSS akan berguna ketika terjadi error atau masalah kecil dalam perkodean. Walaupun pada akhirnya tugas ini nantinya bukan dibebankan kepada Anda, tapi menguasainya adalah seperti karpet merah menuju karir sebagai seorang SEO specialist.

d. CMS (WordPress)

WordPress adalah salah satu CMS (content management system) paling banyak penggunanya, banyak perusahaan pun menggunakan CMS ini karena kemudahan yang ditawarkannya.

WordPress bisa dijadikan sebagai company website, toko online, personal blog, portofoliso dan masih banyak lagi.

Dengan menguasai wordpress, Anda akan lebih mudah diterima kerja sebagai seorang SEO Specialist.

2. Miliki Blog / Personal Website Sendiri

miliki website pribadi

Sekedar tau saja akan jadi sia-sia apabila tidak dipraktikkan secara langsung, terlebih lagi HRD biasanya juga meminta bukti yang menyatakan Anda paham akan SEO.

Pertanyaan itu bisa Anda jawab jika Anda memiliki website sendiri yang telah diptimasi SEO. Website pribadi ini juga bisa dijadikan sebagai ajang latihan skills-skills dasar SEO seperti writing, html, css dan konfigurasi dasar pada sebuah website.

Secara langsung Anda akan belajar tentang bagaimana membuat website pertama kali, bagaimana setting hosting, setting domain, cara posting artikel dan terlebih lagi cara optimasi SEO dari segala aspek-aspeknya.

Kitapunya.net telah merangkum pentingnya memiliki website bagi seseorang yang ingin menjadi SEO Specialist :

  • Tempat belajar secara langsung tentang bagaimana mengelola website dan mengoptimasinya.
  • Tidak perlu takut error karena itu punya sendiri, ketika terjadi error jadikan sebagai pengalaman berharga yang bisa diceritakan.
  • Dapat menjadi portofolio bahwa Anda telah sukses membangun website pribadi.
  • Sebagai bukti nyata Anda bisa mengelola website, mengoptimasi website dan menulis konten yang SEO friendly.
  • Bisa memperlengkap CV dan memperbesar peluang dipanggil oleh HRD.

Admin juga termasuk orang yang bisa bekerja sebagai SEO Specialist berkat beberapa website yang saya miliki, pada dasarnya company itu mencari orang-orang yang memang sudah terbukti bisa melakukan ini itu.

Ijazah saja tidak cukup, jika Anda melamar sebagai SEO Specialist buktikan bahwa Anda pernah sukses mengoptimasi sebuah website entah itu website Anda sendiri, website teman Anda atau website miliki perusahaan Anda sebelumnya.

Tips Membuat Personal Website

  • Buat website yang sesuai dengan kepribadian Anda.
  • Anda bisa membuatnya dengan wordpress, cukup membeli domain dan hosting Anda sudah memiliki website sendiri. Harganya pun beragam, satu bulan tidak sampai 50 ribu rupiah. Anda bisa membelinya di Niagahoster, Rumahweb, Domainnesia, Dewaweb dan Jagoanhosting.
  • Jika Anda tidak ingin keluar biaya, Anda bisa membeli domain saja kemudian Anda buat website di blogger.com.

Lalu apa yang harus dilakukan dengan website yang kita miliki? Gampang ! Cukup selalu update dan tunjukan bahwa Anda bisa mengoptimasi sebuah website sampai berkembang dan traffic naik perlahan.

3. Pahami Cara Kerja Search Engine Beserta Algoritmanya

pahami algoritma google

Pekerjaan SEO sangat berkaitan dengan search engine, tujuan utama kita juga agar website atau blog nongol di search engine. Maka langkah dasar pertama yang harus dipahami adalah “Bagaimana situs bisa muncul di google?”.

Google memiliki robot yang setiap detiknya merayap (crawling) seperti laba-laba kemudian merekamnya dan mengindexnya di hasil pencarian. Ada milyaran halaman website yang setiap harinya dicrawl oleh google bot, dari semua halaman tersebut kemudian oleh ALGORITMA Google dipilih mana yang pantas dan yang paling relevan dengan yang dicari oleh pengguna google.

Kurang lebih itu penjelasan sederhana tentang bagaimana algoritma google bekerja, tapi faktanya algoritma google memiliki kerja yang sangat-sangat rumit dan banyak faktor penentunya.

Apa tujuannya ada ALGORITMA Google?

Tujuan utamanya adalah agar hasil pencarian (yang muncul dalam pencarian google) serelevan (secocok) mungkin dengan apa yang pengguna cari. Intinya, orang bisa dengan mudah menemukan apa yang dia cari di google.

Sebagai contoh, kalau Anda cari “toko sepatu terdekat”. Maka dengan algoritmanya google dia akan menampilkan toko sepatu yang ada di dekat Anda, yang pastinya hasil setiap orang di beberapa lokasi akan berbeda-beda. Itu hanya satu contoh saja penggunaan algoritma google.

Beberapa Algoritma Google

Dilansir dari Moz.com terkait dengan Google Algorithm Update History, google sudah mengupdate algoritmanya sejak tahun 2000. Dan dalam artikel ini mungkin tidak akan saya sebutkan semuanya, cukup beberapa saja yang dirasa penting untuk diketahui dan sebagai gambaran bagaimana algoritma google bekerja.

a. Panda (2011)

Algoritma yang penting untuk seo specialist adalah google panda, algoritma ini menyasar website-website dengan kualitas rendah seperti konten yang tipis (minim), auto generate content, konten yang banyak iklan dan lain sebagainya.

Sudah tahu kan apa yang harus dilakukan agar tidak ditendang google panda? Yaa buat konten yang berkualitas dan pasang iklan sewajarnya di website.

b. Penguin (2012)

Jika google panda menyasar website dengan konten berkualitas rendah, google penguin menyasar website yang melakukan optimasi berlebihan dan spamming. Contoh-contoh optimasi berlebihan antara lain keyword stuffing (memasukkan keyword secara berlebihan di dalam konten), judul yang tidak sesuai, link yang tidak wajar dll.

c. Hummingbird (2013)

Algoritma hummingbrid diluncurkan pada tahun 2013, berfokus pada perubahan pencarian semantik dan grafik pengetahuan. Pencarian semantik merupakan pencarian yang dengan kata yang sama namun memiliki makna yang berbeda, google berusaha agar hasil pencarian benar-benar sesuai dengan yang dicari oleh pengguna.

Contoh kata-kata semantik seperti :

  • Air mata
  • Mata air
  • Bulan (bisa berarti bulan yang bersinar)
  • Bulan (bisa berarti 30 hari)

Coba search dengan kata kunci air mata, kemudian lanjut dengan mata air. Apakah hasilnya sama? Jika berbeda, berarti google memang cerdas. Algoritma ini yang menyempurnakan di tahun 2013.

d. Pigeon (2014)

Ini adalah awal-awal dimana SEO lokal mengalami perubahan dramatis. Google dapat mengidentifikasi lokasi perangkat kemudian menampilkan hasil pencarian sesuai dengan lokasinya.

Sebagai contoh ketika saya di Jogja kemudian saya cari : Toko Sepatu Terdekat

Pasti akan berbeda dengan hasil penelusuran ketika saya berada di Jakarta dan memasukkan kata kunci yang sama.

e. HTTPS / SSL

Pada tanggal 6 Agustus 2014 google melakukan pembaruan HTTPS / SSL, dimana google akan memberikan prefensi ke situs yang aman. SSL menjadi salah satu faktor peringkat di search engine google.

f. Rank Brain (2015)

Rank brain merupakan algoritma pembelajaran dengan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

g. Mobile Friendly

Tahun-tahun dimana pengguna smartphone lebih banyak dibandingkan dengan dekstop, karenanya google meluncurkan algoritma yang mengedepankan situs yang mobile friendly.

h. Kecepatan Seluler

Pada tanggal 9 Juli 2018 google mengumumkan bahwa kecepatan halaman seluler sebagai faktor peringkat hasil seluler. Google mengklaim bahwa ini hanya mempengaruhi situs seluler yang paling lambat.

i. Bert

Google meningkatkan algoritme dan perangkat keras yang mendasarinya untuk mendukung model BERT natural language processing (NLP). Tujuan utama dari algoritma ini adalah agar lebih memahami permintaan pengguna dan maksud dari pencarian yang dilakukan oleh si pengguna. 

j. Core Update 2020

Google lagi-lagi mengupdate algoritmanya. Masih sama dengan yang sebelum-sebelumnya, google tetap menyarankan agar para webmaster fokus membuat konten yang berguna dan bermanfaat. Selengkapnya tentang core update 2020 : https://webmasters.googleblog.com/2019/08/core-updates.html

4. Pahami Dasar-Dasar SEO

Untuk menjadi seorang SEO Specialist tentu harus paham dulu mengenai dasar-dasar SEO. Mengapa harus paham dasar-dasar SEO? Tujuan utamanya adalah agar tidak salah optimasi yang bisa berdampak buruk bagi website, dengan tahu rule dasarnya minimal bisa menjadi patokan dan masalah optimasi bisa ditingkatkan sambil berjalan.

Dasar-dasar SEO itu apa saja sih? Core of the core dari SEO terdiri dari beberapa poin, di bawah ini sedikit rule dasar yang harus kalian pegang saat menjadi SEO Specialist :

a. Konten Paling Utama

Konten adalah senjata utama seorang SEO Specialist, jika kita mengamati website yang berada di halaman pertama adalah website dengan konten-konten memukau dengan bahasan yang mendalam.

Hal tersebut juga sejalan dengan tujuan dibuatnya algoritma google, yaitu menghasilkan hasil pencarian yang serelevan mungkin dengan apa yang dicari oleh pengguna.

SEO specialist harus bisa menghubungkan antara keyword / kata kunci dengan konten yang dibuat, dalam hal ini perlu beberapa optimasi lagi dalam konten tersebut seperti :

  • Buat title / headline yang akurat / dan menarik.
  • Judul haru mengandung kata kunci yang dibidik.
  • Gunakan meta deskripsi secara tepat.
  • Tambahkan gambar yang unik, disertai dengan alt tag.
  • Buat konten / artikel yang unik (bukan copy paste) dengan panjang minimal 500 kata.
  • Buat tag heading yang pas (H1 merupakan judul / titile, H2, H3, dan H4 adalah sub judul dalam konten.
  • Manfaatkan fitur bold, italic dan underline dalam konten.
  • Buat artikel yang enak dibaca, dan memiliki kerapatan keyword yang pas (pengulangan sekitar 1% dari jumlah kata). Jika 1000 kata maka pengulangan keyword sekitar 10 – 15 kali.

Baru konten saja sudah banyak banget ya? Tapi tenang, jika bingung pelajari satu-satu dan sambil mempraktikkannya. Pasi, pelan-pelan akan terbiasa sendiri dengan optimasi SEO.

b. SEO Off Page – Backlink Bukan Segalanya

Selain SEO On page, seo off page juga sangat penting untuk diperhatikan saat menjadi SEO Specialist. Yang menjadi fokus perhatian biasanya adalah seputar backlink dan link building.

Link building merupakan sebuah cara untuk membangun link yang menuju website kita di website milik orang lain. Mudahnya, memperbanyak orang yang merekomendasikan kita melalui websitenya.

Walaupun sangat bermanfaat, namun membangun link juga harus hati-hati dan terukur. Karena tidak semua optimasi berakhir dengan peningkatan posisi, bahkan bisa sebaliknya bisa membuat turunnya peringkat dan hilangnya website dari google (deindex).

Hal ini bisa terjadi karena google menganggapnya sebagai link shceme atau sebuah rekayasa untuk mempengaruhi peringkat. Maka dari itu ketika membangun link jangan terburu-buru dan gegabah, lebih baik perhatikan kuliats agar berimpact yang besar bagi website. Berikut adalah beberapa tips untuk membangun link building :

  • Buat konten yang berkualitas sehingga orang lain akan menautkan website Anda ketika menjadikannya sebagai referensi.
  • Content placement tetap disarankan, dengan catatan buat konten dan pilih website yang serelevan mungkin dengan niche website Anda.

5. Miliki Sertifikat SEO

Miliki sertifikat seo specialist

Sertifikasi SEO sangat ampuh untuk meningkatkan kepercayaan HRD terhadap para pelamar di posisi ini. Bagaimana tidak, sertifikat menjadi salah satu bukti konkrit bahwa Anda telah menguasai sesuatu atau minimal pernah melakukan sesuatu entah itu kursus ataupun tes.

Di internet banyak sertifikat SEO gratis beserta kursusnya yang bisa Anda coba, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat kursus :

  • Google Digital Garage
  • Coursera
  • Semrush Academy

Tentu saja sertifikasi gratis saja tidak cukup, semakin baik jika Anda memiliki sertifikasi berbayar yang lebih premium. Di Indonesia ada beberapa penyedia kursus digital marketing beserta sertifikasinya seperti ruang guru, udemy, dan lain sebagainya.

6. Perbanyak Project SEO dan Portofolio Yang Keren

project seo

Project SEO menjadi salah satu bukti konkret yang dapat Anda perlihatkan kepada perusahaan saat recruitmen nanti. Project SEO tidak hanya milik client saja, tapi juga website pribadi. Ceritakan bagaimana proses membangun website pribadi Anda sampai besar seperti sekarang.

Ceritakan juga bagaimana meningkatkan peringkat situs mulai dari optimasi yang dilakukan, teknik yang dipakai hingga analisisnya seperti apa.

7. Memilih SEO tools Yang Tepat

semrush-seo tools
Semrush SEO Tools

Tools SEO sangat berguna untuk membantu menganalisis performa website di search engine, selain itu bisa juga dipakai juga untuk perencanaan hingga eksekusinya.

Umumnya ada beberapa tools SEO yang cukup canggih dan biasa dipakai oleh banyak SEO Specialist, paling terkenal ada ahref, semrush, MOZ dan alexa. Ke-empat tools SEO di atas memang berbayar, namun fitur-fiturnya cukup membantu dalam pengerjaan SEO.

Tools SEO itu diapakai untuk apa sih? Banyak sekali kegunaan tools SEO, seperti untuk :

  • Riset kata kunci.
  • Memantau backlink.
  • Analisis traffic.
  • Membantu dalam proses pembuatan konten.
  • Site audit
  • Memantau posisi kata kunci di serp google.
  • Melihat traffic competitor
  • Menganalisis strategi yang dipakai competitor.

Jika Anda tidak mau yang berbayar, Anda bisa menggunakan tools-tools SEO gratis yang tersedia bebas di internet seperti :

  • Smallseotools
  • Google Keyword Planner (untuk riset keyword)
  • Websiteseochecker.com
  • Ubersuggest

Sementara untuk yang berbayar bisa memilih tools seo berikut ini :

  • Ahref
  • Semrush
  • Moz

8. Selalu Update dengan Perkembangan SEO

Boleh dibilang pengetahuan di bidang teknologi itu sangat dinamis, ibarat kata kita baru mempelajari teknolosi 4G, sebelum kita menguasai sudah mau keluar 5G.

Begitu juga dengan SEO, perkembangannya sangat pesat. Setiap saat google dan search engine lainnya pasti melakukan perubahan algoritmanya untuk meningkatkan kualitas dan relevansi hasil penelusuran.

Coba deh jika Anda perhatikan, dulu kita search di google misal “lirik lagu cidro”. Maka akan muncul beberapa hasil penelusuran, untuk melihat liriknya kita harus klik / masuk ke websitenya. Tapi sekarang? Okee kita coba yaa..

perkembangan seo begitu cepat

Sudah berbeda kan ya? Nah itu adalah salah satu bentuk perkembangan di google. Apakah berimpact ke SEO? Tentu saja, untuk bisa masuk ke highlightnya google tentu bukan perkara yang mudah.

Dan ya.. Traffic pasti turun, karena yang sebelumnya pengunjung harus masuk ke website kini tidak perlu masuk dan mereka sudah mendapatkan informasi yang didapat.

9. Baca Literasi Tentang SEO dari Para Mastah

Untuk bisa terus selalu update kita butuh informasi, biasanya sih kalau saya mengunjungi website-website para praktisi SEO. Website-website tersebut biasanya memang menjadi rujukan para webmaster maupun blogger di seluruh dunia.

Apa saja website yang bisa dijadikan untuk mencari informasi dan belajar SEO?

10. Ikuti Kontes SEO dan Blog Competition

Cara menjadi SEO Specialist selanjutnya adalah dengan ikut kontes SEO & lomba blog, mengapa? Dengan mengikuti dan memenangkan salah satu perlombaan, maka itu bisa menjadi portofolio baik yang mendongkrak CV Anda.

Terlebih lagi apabila kontes & lomba blog yang dimenangkan bertingkat nasional dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Untuk dapat mengikuti kontes SEO tentu Anda harus memiliki website atau blog pribadi.

11. Miliki Skills Pendukung Yang Lain

Menjadi SEO Specialist tidak hanya perlu satu keahlian saja, tapi harus didukung dengan keahlian lain. Tak jarang perusahaan juga mencari kandidat yang memiliki keahlian lain, bahkan dijadikan sebagai satu paket seperti : Dicari SEO & SEM Specialist.

Ada juga yang menyertakan dalam requirement seperti :

  • Harus paham HTML/Js/css
  • Memiliki skill copywriting
  • Memiliki kemampuan desain grafis
  • Memiliki kemampuan SEM / Google ads
  • Paham wordpress
  • dll

Bagaimana Jika Saya Tidak Paham SEO Sama Sekali? Bagaimana Harus Memulainya?

Untuk menjadi SEO Specialist Anda harus paham terlebih dahulu perihal SEO. Langkah pertama yang paling penting dan harus kalian lakukan adalah mempelajarinya kemudian mempraktikkannya.

Jadi, Anda harus memiliki blog/website yang bisa dipakai untuk mempraktekkan semua ilmu SEO yang Anda dapatkan. Sementara untuk materi bisa Anda dapatkan secara gratis melalui internet/blog/website atau jika ingin lebih tersistem bisa melalui kursus SEO.

Biasanya di kursus SEO Anda akan melalui beberapa tahap, mulai dari yang paling mudah hingga paling expert.

Berikut ini beberapa materi & kursus SEO yang bisa Anda ikuti untuk mulai belajar SEO :

a. Blogger Mastery / Arkademy

Di kursus SEO yang satu ini akan mempelajari tentang blogger, merupakan pondasi awal yang harus dipahami. Dalam kursus ini Anda akan diajari bagaimana setup blog untuk pertama kali. Lewati jika sebelumnya Anda pernah memiliki blog / website, ini hanya khusus untuk pemula saja.

Beberapa materi yang akan kalian dapatkan antara lain :

  • Setup akun blogger
  • Cara menambahkan konten
  • Pengaturan blogger
  • Menambahkan fasilitas blog
  • Cara mendaftarkan blog ke google

Selengkapnya : Blogger Mastery

b. SEO Training Academy Hubspot

Kursus SEO kedua adalah Academy Hubspot, ini merupakan kursus gratis yang bisa diikuti oleh siapapun. Untuk mendaftar juga tanpa syarat, hanya saja bahasa yang didukung hanya Bahasa Inggris.

Dalam kursusnya akan terdiri dari beberapa materi yaitu :

  • 3 lessons
  • 15 videos
  • 2 quizzes
  • 1:00 hours Duration

Tentu hanya dalam 1 jam tidak lantas membuat Anda menjadi ahli SEO, tapi minimal Anda paham tentang dasar-dasarnya.

Selengkapnya : Academy Hubspot

c. Semrush Academy

Semrush merupakan salah satu tools SEO yang cukup berguna untuk para SEO Specialist. Selain menyediakan tools, semrush juga memberikan kursus gratis untuk siapapun, beberapa yang bisa dipelajari di sini antara lain :

  • SEO Fundamentals Course with Greg Gifford
  • Role of Content Course with Eric Enge
  • SEMrush SEO Toolkit Course
  • SEMrush Site Audit Course

Selengkapnya : Semrush Academy

Semoga sedikit ulasan tentang cara menjadi seo specialist di atas bermanfaat, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya. Terimakasih.

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.