kata bijak tentang wabah corona

50 Kata Bijak Tentang Virus Corona Untuk Status WA

Diposting pada 4.617 views

50+ Kata Bijak Tentang Virus Corona Untuk Status WA – Sebulan terakhir ini Indonesia sedang diuji dengan hadirnya Corona Virus atau yang juga dikenal sebagai covid-19.

Virus yang awalnya ditemukan di Wuhan, China ini tidak hanya menyebar ke Indonesia saja, bahkan negara adidaya sekelas Amerika mengaku kwalahan dalam menangani virus ini.

Sehingga oleh badan kesehatan dunia (WHO), virus ini ditetapkan sebagai pandemi yang harus kita waspadai.

Di Indonesia sendiri sudah ada 4241 lebih jiwa yang dinyatakan positif virus corona, dengan 359 yang berhasil sembuh dan 373 tidak tertolong atau meninggal dunis. *Update 12 April 2020 (kawalcovid19.id).

Meningkatnya jumlah orang yang positif ini membuat pemerintah terus mengeluarkan kebijakan strategis guna menangkal penyebaran covid-19, salah satunya adalah dengan menerapkan physical distancing, work from home, pembatasan sosial skala besar dan masih banyak lagi.

Guna mendukung langkah pemerintah tersebut, kitapunya.net berniat membuat sebuah laman yang berisi kata bijak, kata inspirasi dan kata lucu tentang virus corona. Semoga saja dengan kata-kata di bawah ini dapat menginspirasi kalian semua ya.. Selamat membaca ..

Kata Bijak Tentang Virus Corona (Covid-19)

1. Sepucuk harapan agar dijauhkan dari Virus

Corona adalah membersihkan diri sendiri
Corona adalah membersihkan diri sendiri

Harapanku hari ini. Semoga kita dijauhkan dari virus dan didekatkan dengan yang serius.

Kita awali dari kata penuh harapan yang mungkin kedengarannya sedikit bucin (budak cinta), tapi bukan menjadi masalah karena ini adalah harapan, terutama bagi kamu yang masih jomblo atau yang baru saja disakiti oleh orang yang tidak serius.

Hemm semoga saja deh kamu yang saat ini masih sendiri, segera di dekatkan dengan belahan jiwanya. Berhubung sedang ada musibah seperti ini, kamu harus tambhkan beberapa bait untuk melengkapi doa-doamu, intinya meminta agar dijauhkan dari corona dan didekatkan dengan belahan jiwa. Ha hi hi..

CoronaVirus is not worse than a negative mindset. (Corona virus tidak lebih buruh dari pikiran negatif).thebrightquotes.com

Kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah permulaan kesembuhan.Twitter @nirmalabook

Inilah kehidupan, terkadang kita tidak pernah tahu siapa yang akan menghadang dan siapa yang akan membantu.Twitter @nirmalabook

Corona adalah alasan baruku untuk menjauh dari dunia palsu ini.

Coronavirus is all about cleaning yourself. (Corona adalah semuah hal tentang membersihkan dirimu sendiri).

2. Tetap Di Rumah Aja Yaa !

kata bijak di rumah aja
Kata bijak di rumah aja

Salah satu kampanye dari pemerintah untuk menghambat penyebaran covid-19 adalah dengan tetap di rumah dan membatasi kontak dengan banyak orang.

Dengan langkah ini minimal kita bisa menghambat penularan virus yang bisa diakibatkan karena berinteraksi dengan orang yang terinfeksi corona. Yaa tahu sendiri, diluar rumah itu cukup berbahaya.

Orang yang terinfeksi sekalipun terkadang juga tidak tahu apabila dirinya sudah terinfeksi virus, jadi lebih baik berhati-hati dengan di rumah aja.

Tetap di rumah sama saja menghindarkan mara bahaya dari orang-orang yang kita sayangi seperti bapak ibu kita, anak kita, adik, kakak dan tetangga-tetangga kita.

Tetap di rumah adalah salah satu cara menyayangi orang-orang yang mencintai kita.

Corona memang jahat, tapi lebih jahat orang yang tidak menjaga dirinya dan menularkannya ke orang lain.

Seorang gadis kecil ditanya, rumahnya dimana, dan menjawab, “dimanapun ibuku berada”.

Pagi hujan, siang hujan, sore cerah, malam minggu pula, tapi apa daya masih harus sabar dan cukup di rebahan aja. Twitter @AbdulRusli17

Kita tidak saja harus bekerja dengan baik, tetapi juga harus menggunakan waktu luang yang kita miliki.

3. Dirumah aja ya, jangan nakal dan egois

Kata bijak tentang corona dan wfh
Kata bijak tentang corona dan wfh

Walaupun sudah diperingatkan untuk menjaga diri dan tetap di rumah, ternyata masih banyak lo orang Indonesia yang ngeyel dan tetap berkeliaran di luar.

Bahkan saya sempat melihat beberapa berita yang menginformasikan bahwa beberapa tempat wisata di Puncak Bogor ramai dengan wisatawan. Tentu ini menjadi aktivitas yang bertolak belakang dari himbauan pemerintah bukan?

Disaat-saat seperti ini seharusnya kita bisa lebih nurut dengan apa yang disampaikan pemerintah, semua demi kebaikan kita bersama kok. Jangan hanya gara-gara kesenangan dan keegoisan kita pribadi, kita membahayakan orang lain.

Masih banyak cara lain untuk membahagiakan diri sendiri, tidak melulu harus berwisata, berkeliaran dan jalan-jalan. Please, di rumah aja ! Coba deh baca kata inspirasi tentang keegoisan dibawah ini :

Hal tersulit dalam hidup ini bukanlah untuk melampaui orang lain, tetapi melampaui ego dan diri kita sendiri.

Cintai diri sendiri namun jangan egois, Pahami orang lain namun jangan terpaksa.

Jangan menjadi egois, ketahuilah bahwa manusia itu hidup berdampingan dan tidak bisa untuk sendiri-sendirian.

Betapa indahnya ketika kita saling menghargai dan mengerti. Jangan jadi egois dan tidak peduli.

4. Dibalik Musibah, Ada Hikmah

Kata bijak hikmah kehidupan
Dibalik musibah ada hikmah

Memang kita sedang diuji dengan sebuah musibah yang mengancam kehidupan masyarakat Indonesia. Musibah ini tidak hanya berdampak pada kesehatan saja. Tetapi juga meluas ke berbagai bidang ekonomi, sosial sampai budaya.

Bidang ekonomi misalnya, berapa juta orang yang harus terpaksa dirumahkan dan tidak mendapatkan gaji, ada berapa ribu orang pengusaha dan pedagang yang kehilangan omsetnya bahkan sampai merugi.

Begitu juga dampak sosialnya, banyak acara-acara sosial seperti tausyiah, pernikahan, pagelaran sampai event-event yang harus di cancel. Belum lagi pembatasan sosial yang membuat kita seakan-akan makhluk individualistis.

Dibalik musibah semua itu, kita harus bisa mengambil intisari hikmahnya. Diantaranya adalah kita menjadi lebih dekat dengan keluarga inti, memiliki waktu luang yang lebih banyak bersama keluarga. Kemudian kita juga lebih waspada, lebih berhati-hati dan lebih menjaga kesehatan.

Berikut ini adalah kata bijak tentang virus corona yang berkaitan dengan ada hikmah disetiap musibah.

Kehidupan adalah serangkaian pelajaran yang harus dialami untuk dimengerti.Anonim

Masalah adalah sebuah anugerah Dimana kita bisa mendapatkan hikmah dan memberikan inspirasi untuk bertindak.

Sesulit apapun masalah yang kita hadapi saat ini, ia bukan sesuatu yang harus dihindari, tetapi harus diselesaikan.

Cobaan adalah cara Tuhan membuat diri kita menjadi pribadi yg lebih sabar dan kuat.

Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta. Mohammad Hatta

5. Semua Bergerak Lawan Corona

Kata bijak lakukan apa yang bisa kamu lakukan
Kata bijak lakukan apa yang bisa kamu lakukan

Virus ini akan cepat teratasi jika semua orang bisa untuk diajak kerja sama dan bergerak menuntaskan virus ini. Kita tahu bahwa garda terdapan dalam virus ini adalah tenaga kesehatan dan perawat yang berinteraksi langsung dengan penderita corona.

Walaupun demikian, kita sebagai masyarakat biasa juga tidak hanya tinggal diam melihat para tenaga medis bekerja, kita masih bisa turut membantu dengan kemampuan yang kita miliki.

Bantuan yang sangat berharga di saat-saat seperti ini antara lain adalah Alat Pelindung Diri (ADP) untuk tenaga medis/kesehatan, masker hingga makanan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak.

Intinya itu bisa kita lakukan jika kita bersama-sama dan bekerja sama. Salam sehat selalu.. Berikut adalah kata bijak tentang orona perihal semua bergerak lawan corona.

Lakukan apa yang bisa kamu lakukan, dengan apa yang kamu miliki, di tempat kamu berada.

Lakukan yang terbaik untuk mendapat hasil terbaik.

Tolak Perpecahan, Bersatu Kita Lawan Corona

Jangan pernah ada kata menyerah, sebelum kita melakukan sesuatu yang belum pernah kita coba.@kamut_kita

6. Dimulai dari Diri Sendiri, Gunakan Master

Kata bijak corona visi misi dan eksekusi
Kata bijak harus mulai bergerak dari diri sendiri

Mau sampai kapan kamu peduli dengan wabah ini? Apakah nunggu kena dulu baru kamu sadar? Tentu tidak kan, kita harus bergerak sekarang. Kita susun rencana bagaimana bisa keluar dari pandemik yang satu ini.

Kita harus mulai dari diri sendiri terlebih dahulu, baru keluarga kita, kampung kita dan meluas ke seluruh masyarakat. Memulai dengan menjaga diri sendiri adalah pilihan yang tepat yaitu dengan :

  • Memakai masker ketika bepergian
  • Rajin cuci tangan dan terus menjaga kebersihan
  • Tidak perlu keluar rumah jika tidak penting
  • Menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang

Visi tanpa eksekusi adalah lamunan. Eksekusi tanpa visi adalah mimpi buruk.

Dalam kehidupan ini kita tidak dapat selalu melakukan hal yang besar. Tetapi kita dapat melakukan banyak hal kecil dengan cinta yang besar.

Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

Sebelum kau menjaga, merawat, melindungi segala yang berarti, yang sebaiknya kau jaga adalah dirimu sendiri.@KuntoAjiW

Apati sama berbahayanya, tidak terlihat, dan menular seperti pembawa virus tanpa gejala. Khang Kijarro Nguyen

Jauhi orang-orang sehingga Anda bisa menjauh dari korona.

7. Bijaksana Memilih Berita

Kebijaksanaan tidak pernah berbohong.

Di tengah wabah seperti ini ternyata banyak juga berita-berita yang belum tentu kebenarannya, bahkan hanya bertujuan untuk membuat gaduh dan click bait saja.

Berita hoax tersebut selain menimbulkan keresahan juga membuat orang semakin takut. Terkadang malah ada yang memanfaatkan berita tersebut untuk kepentingan bisnisnya.

Beberapa contoh diantara, ada berita hoax yang menyuruh masyarakat memasak sayur lodeh, meletakkan bawang merah di dalam ruangan hingga virus corona yang katanya bisa ditularkan melalui nyamuk.

Maka dari itu sangat penting untuk menyaring informasi-informasi yang tersebar bebas di media, jangan langsung ikut hanyut terbawa arus informasi yang menyesatkan.

Jangan juga langsung membagikan berita-berita tanpa tau kebenarannya. Karena bisa jadi yang kamu share tadi adalah berita hoax.

Jika kita tidak bisa membahagiakan, minimal jangan membuat sedih. Jika tidak bisa memuji minimal jangan mencela. Jika tidak bisa menolong, minimal jangan menjerumuskan.

Jangan pernah menyembunyikan kebohongan karena kebenaran akan selalu menemukan jalannya seperti bayangan selalu menemukan pemiliknya saat matahari beranjak pergi.Christina Tirta

Menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya sama berdosanya dengan menyebarkan fitnah.Prakarsautama 

Jangan terlalu cepat mempercayai apa yang Anda dengar, karena kebohongan selalu menyebar lebih cepat dari kebenaran.

Menyebarkan berita yang sebetulnya sudah kita ketahui “bohong” adalah kejahatan kemanusiaan.Handoko Gani

Cara mudah untuk tampak bodoh adalah dengan menyebarkan berita yang kamu sendiri tidak faham maksud dan kebenarannya.

8. Saling Tolong Menolong

Wabah ini akan semakin cepat teratasi jika kita patuh dengan anjuran pemerintah sekaligus tolong menolong untuk bisa bertahan. Pemerintah juga telah melakukan kebijakan strategis, salah satunya memberikan kelonggaran masyarakat dalam membayar hutang kepada bank atau leasing.

Nah, itu adalah salah satu bentuk tolong menolong dimana tidak memaksakan seseorang untuk membayar di saat situasi seperti ini. Adapun hutang tetap hutang yang harus dibayar.

Kemudian, kita juga bisa membantu dalam bentuk lain seperti kebutuhan pokok, sayur mayur, bumbu-bumbu dapur dan lain sebagainya. Intinya yang mampu meringankan beban mereka.

Barang siapa ingin do’anya terkabul dan dibebaskan dari kesulitan, hendaklah dia mengatasi kesulitan orang lain.

Helping those in need is not charity, it’s humanity. (Membantu mereka yang membutuhkan bukanlah amal, itu adalah kemanusiaan) – Abhijit Naskar

No one has ever become poor by giving. Tidak ada yang pernah menjadi miskin dengan memberi.

Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran.

Saat mengerjakan sesuatu, kerjakanlah dengan sepenuh hati. Jika kamu bekerja seadanya, hasilnya akan seadanya.

Sedang berada di situasi menghindari hingar bingar. Cukup kasur yang nyaman, kuota yang banyak, secangkir kopi, musik, dan rintik hujan di luar jendela.Twitter @KopiJalang

Keep calm and carry on! The only thing we have to fear is fear itself. Don’t worry, be happy.

9. Sesuatu Yang Kecil Merubah Dunia

Kita mungkin pernah bertemu dengan orang yang sangat ngeyel, sudah dibilangin sampai ayam melahirkan tetap saja kekeuh dengan pendiriannya. Tapi mau dikata, jika itu memang keyakinannya ya kita bisa apa?

Yang terpenting adalah diri kita sendiri sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan melindungi diri serta keluarga dari covid 19. Pokonya jangan ngeyel dengan himbauan pemerintah !.

Siapa yang bilang donasi kecil itu tidak ada gunanya? Corona itu juga sesuatu yang kecil, namun bisa merubah dunia.

Do what you can, with what you have, where you are.

Life isn’t about waiting for the storm to pass. It’s about learning how to dance in the rain.

Pada saat COVID-19 berakhir, jumlah kematian akan sebanding dengan perang.Steve Magee

Ubah cara berpikirmu, maka kamu akan mengubah dunia.

Pikiran kita ibarat parasut, hanya berfungsi ketika terbuka.

Baca juga : 100+ Kata Bijak Pantang Menyerah (Never Give Up) + Dalam Bahasa Inggris

Kata Bijak Tentang Covid-19 Dari Tokoh-Tokoh Terkenal

1. Himbauan Jangan Mudik (Aa Gym)

Jangan mudik dulu! Sungguh mulia bagi yang berada di zona merah jika mau bertahan disana, jangan sampai pulang menjadi bencana bagi keluarganya, menjadi musibah bagi orang tuanya dan menjadi petaka bagi lingkungannya.

Himbauan tersebut beliau sampaikan pada saat wawancara di salah satu stasiun televisi di Indonesia. Beliau mengungkapkan bahwa dalam beberapa kasus telah ditemukan orang yang terinfeksi dengan tanpa gejala (OTG : Orang Tanpa Gejala).

Virus ini lihai dalam kamuflase dan tidak tahu malu dalam kekejamannya

Disitulah bahayanya, karena dirinya sendiri saja tidak mengetahuinya, apalagi orang lain. Maka dari itu lebih baik melakukan tindakan preventif dengan tidak mudik ke kampung halaman, dengan itu kita bisa melindungi orang-orang tersayang yang berada di kampung halaman.

Yaa walaupun sedih tidak jadi mudik, kamu harus tetap semangat. Kamu masih bisa kok melepas rindu dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Dan tentunya, kamu telah berkorban atas nama cinta demi orang yang kamu cinta.

Perjuangan, tanggung jawab, keikhlasan, pengorbanan, kejujuran, dan kesetiaan adalah nama lain dari CINTA.

2. Quraish Shihab

Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa virus ini membawa dampak yang sangat luas dan kompleks, banyak perusahaan yang merumahkan bahkan memPHK para karyawannya karena bisnisnya tidak jalan.

Begitu juga pedagang-pedagang jalanan dimana banyak kampung yang sudah menutup diri, apalagi pedagang sekolahan/kampus yang notabene semua siswa sudah dirumahkan.

Padahal mereka juga punya istri, anak, ibu yang butuh makan. Maka dari itulah sangat penting kita saling tolong menolong melewati virus ini.

Jangan sampai kita tidur di malam hari dalam keadaan kenyang, sedangkan kita tahu ada tetangga kita yang masih lapar.

Kurang lebih di atas adalah 50+ kata bijak tentang virus corona, semoga kata-kata di atas bisa di share melalui status WA, Instagram, Twitter atau Line agar bermanfaat untuk semua orang.

Baca juga : Kata Kata Bijak Bahasa Inggris Dari Orang Terkenal di Dunia

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.