alasan masuk osis yang harus dipertimbangkan

10 Alasan Masuk OSIS yang Harus Dipertimbangkan

Diposting pada 139 views

Alasan masuk OSIS – Masih ingat masa-masa SMP/SMA? Atau kamu yang saat ini masih duduk di bangku sekolah tentu tidak asing lagi dengan salah satu organisasi utama di sekolah yang membina dan menyelenggarakan berbagai acara akademik maupun non-akademik yaitu OSIS.

OSIS adalah organisasi intra sekolah yang tidak asing lagi kita jumpai saat di bangku sekolah menengah pertama atau atas. OSIS dipimpin dan memiliki anggota para siswa-siswi sekolah yang terpilih dari beberapa tahapan seleksi.

Untuk Contoh Program Kerja Osis SMP, SMA, dan SMK Terlengkap para siswa yang berminat akan menjalani beberapa tes maupun seleksi. Salah satunya tes wawancara untuk mengetahui potensi diri yang dimiliki dan seberapa besar alasan siswa mengapa bergabung di OSIS.

Untuk menjawabnya kamu tidak boleh sembarangan ya, berikan alasan-alasan yang tepat dan membangun agar jawaban yang diberikan cukup berbobot dan dapat menjadi pertimbanganmu untuk lolos dan bergabung dalam OSIS.

Berikut ini akan diulas mengenai 10 alasan masuk osis yang wajib kamu ketahui dan dapat kamu pertimbangkan sebagai jawaban tes wawancaramu.

10 Alasan Masuk OSIS Yang Harus Dipertimbangkan

1. Untuk belajar berorganisasi

Kamu yang sebelumnya belum pernah bergabung dan mencoba masuk ke dalam organisasi, OSIS menjadi pilihan yang tepat untuk kamu belajar berorganisasi di masa sekolah.

Dalam organisasi kamu akan dilibatkan dengan beberapa tim dan beradaptasi dengan berbagai karakter rekan kerjamu.

Di sini tempat yang tepat untuk mengetahui bentuk organisasi sebenarnya mulai dari struktur dan bagian-bagian sebuah organisasi.

2. Menambah pengalaman

Sudah pasti alasan utama kamu bergabung dalam OSIS adalah untuk menambah pengalamanmu berorganisasi dan melakukan berbagai pekerjaan atau tugas secara tim dengan menerapkan manajemen waktu sebaik-baiknya.

Pengalaman berorganisasi pun dapat kamu cantumkan dalam curriculum vitae mu.

3. Melatih kedisiplinan diri

Alasan masuk osis selanjutnya adalah untuk melatih kedisiplinan diri. Dalam OSIS memiliki beberapa divisi dan program kerja yang harus dilaksanakan tepat waktu.

Divisimu akan membutuhkan waktu untuk rapat dan koordinasi tim setiap minggunya.

Nah di sinilah kamu akan diuji dalam pengaturan waktumu. Datang tepat waktu dan memiliki manajemen waktu yang baik sangat diperlukan.

4. Meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian

Bergabung dalam osis sangat dianjurkan untuk kamu yang sebelumnya kurang memiliki kepercayaan diri yang baik.

Alasan kamu bergabung dalam OSIS sangat tepat karena di sini, secara tidak langsung kepercayaan diri dan keberanianmu akan terbentuk dengan sendirinya karena memiliki rasa tanggung jawab yang harus dilaksanakan.

5. Melatih tanggung jawab

Dalam OSIS kamu akan bergabung dengan divisi sesuai yang dipilih. Selama itu juga setiap divisi akan memiliki tanggung jawab program kerja satu tahun yang harus dilaksanakan.

Kamu pun merasa memiliki tanggung jawab yang harus diemban dan dilaksanakan secara baik. Di sinilah tanggung jawabmu akan terlatih dan berusaha untuk menyikapinya secara baik.

6. Melatih komunikasi secara baik

Jika kamu merupakan salah satu orang yang memiliki karakter cukup pemalu dan ingin sekali meningkatkan skillmu dalam berkomunikasi, bergabung dalam OSIS akan membuatmu berhadapan dengan berbagai karakter orang sehingga mau tidak mau kamu harus berani dan melatih keberanian berkomunikasi dan berbicara dengan orang lain secara baik.

Baca juga : Contoh Program Kerja Osis SMP, SMA, dan SMK Terlengkap

7. Melatih jiwa kepemimpinan

Alasan masuk osis ialah dapat melatih jiwa leadership/kepemimpinan. Ini sangatlah berguna bagi dirimu nantinya terlebih lagi saat akan memasuki bangku kuliah atau pekerjaan. Dalam organisasi kamu dapat mempelajari kepemimpinan dan berbagai aspek mengenai ilmu leadership.

8. Memperluas jaringan pertemanan

Selain alasan-alasan tersebut, kamu dapat mengutarakan alasan bergabung dalam OSIS akan memberikanmu kesempatan untuk menjalin pertemanan dengan berbagai kawan-kawan yang berbeda kelas. Hal ini akan menambah relasi pertemananmu lebih luas dan kamu dapat saling bertukar pikiran dan berbagi ilmu.

9. Dapat mengembangkan skill

Di dalam OSIS tak hanya mendapatkan jaringan perteman lebih luas tapi juga mendapatkan berbagai ilmu dan bisa lebih mengembangkan dan mempelajarinya secara mendalam.

Contoh saja ilmu mengenai pembukuan dan perhitungan biasanya kurang didapat saat pelajaran di kelas tapi dengan menjabat sebagai salah satu anggota osis yang bertanggung jawab atas pembukuan dan perhitungan kamu akhirnya akan lebih tahu karena mempelajari sesuatu hal yang sebelumnya belum dipelajari.

10. Dapat menyalurkan ide dan kreatifitas

Jika ditanyakan terkait alasan masuk OSIS, jawablah dengan jujur bahwa kamu merupakan seorang yang penuh kreatifitas dan penuh aspirasi sehingga ingin menuangkan banyak gagasan dalam berorganisasi.

Dengan bergabung dalam OSIS, diharapkan seluruh gagasan kreatif dan membangun yang kamu miliki dapat mengembangkan organisasi dan berbagai aspek terkait kegiatan di sekolah.

Baca juga : Apa sih Tujuan Mengikuti OSIS? Pentingkah Untuk Gabung?

3 Alasan Masuk OSIS yang Harus Dihindari

Selain beberapa alasan masuk OSIS yang perlu kamu pertimbangkan ketika menghadapi tes wawancara, kamu juga perlu mengetahui alasan-alasan masuk OSIS yang harus dihindari seperti contoh-contoh alasan di bawah ini.

1. Mengikuti OSIS hanya karena ikut-ikutan

Bergabung dalam organisasi tidak bisa dengan paksaan atau sekadar mengikuti teman.

Bergabung dalam OSIS harus murni karena niat dari diri sendiri dan memiliki komitmen yang kuat.

Ini karena bergabung dalam sebuah organisasi diperlukan komitmen yang kuat dan tanggung jawab yang penuh dalam mengemban tugas.

Jadi usahakan kamu memiliki niat yang mantap dan tidak sekadar ikut-ikutan.

2. Alasan masuk OSIS agar lebih tenar

Bergabung dalam OSIS nantinya kamu akan lebih banyak mengenal banyak teman dan memiliki jaringan pertemanan yang lebih luas.

Tapi, jangan disalahgunakan sebagai alasan masuk OSIS agar lebih terkenal di kalangan siswa sekolah karena tujuan bergabung dalam OSIS ialah membantumu untuk memiliki pengalaman baru dan belajar berorganisasi dengan baik.

3. Balas dendam

Biasanya OSIS memiliki program penyambutan siswa baru yang akan diberikan berbagai tugas guna sebagai pengenalan lingkungan sekolah.

Tak jarang kegiatan ini akan diselipkan beberapa program kedisiplinan untuk para siswa baru yang terkadang sedikit cukup merepotkan.

Nah jika kamu berminat bergabung dalam OSIS hanya karena salah satu hal yang kamu tidak suka saat dahulu dan berniat balas dendam, ini sangat tidak dianjurkan dan kamu akan justru merasa terbebani sehingga tidak nyaman dalam lingkungan OSIS.

Baca juga : Kumpulan Visi Misi Ketua Osis SMP, SMA, SMK Terbaru

Nah itulah beberapa alasan masuk osis yang dapat kamu pertimbangkan dan alasan yang harus dihindari. Selama masa-masa sekolah, sebaiknya kamu memang harus terus memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan berbagai kegiatan yang positif untuk mengembangkan skill dan ilmu yang kamu miliki dengan cara berorganisasi salah satunya dengan bergabung menjadi OSIS.

Walaupun dituntut untuk selalu aktif dan bergabung dalam organisasi, tapi jangan luput dari kewajibanmu sebagai siswa yang harus tetap belajar secara formal di sekolah.

Hal ini juga sebagai tantangan tersendiri bagi kamu karena dengan memiliki dua kegiatan penting sekaligus, kamu dapat belajar mengatur waktu sebaik mungkin.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in