alasan masuk osis yang harus dipertimbangkan

10 Alasan Masuk OSIS yang Menarik dan Bijaksana

Diposting pada 84,797 views

Alasan masuk OSIS, mengapa harus ikut OSIS? – Masih ingat masa-masa SMP/SMA? Atau kamu yang saat ini masih duduk di bangku sekolah tentu tidak asing lagi dengan salah satu organisasi utama di sekolah yang membina dan menyelenggarakan berbagai acara akademik maupun non-akademik yaitu OSIS.

OSIS adalah organisasi intra sekolah yang tidak asing lagi kita jumpai saat di bangku sekolah menengah pertama atau atas. OSIS dipimpin dan memiliki anggota para siswa-siswi sekolah yang terpilih dari beberapa tahapan seleksi.

Untuk Contoh Program Kerja Osis SMP, SMA, dan SMK Terlengkap para siswa yang berminat akan menjalani beberapa tes maupun seleksi. Salah satunya tes wawancara untuk mengetahui potensi diri yang dimiliki dan seberapa besar alasan siswa mengapa bergabung di OSIS.

Untuk menjawabnya kamu tidak boleh sembarangan ya, berikan alasan-alasan yang tepat dan membangun agar jawaban yang diberikan cukup berbobot dan dapat menjadi pertimbanganmu untuk lolos dan bergabung dalam OSIS.

Berikut ini akan diulas mengenai 10 alasan masuk osis yang wajib kamu ketahui dan dapat kamu pertimbangkan sebagai jawaban tes wawancaramu.

10 Alasan Masuk OSIS Yang Harus Dipertimbangkan

1. Belajar berorganisasi dan bekerja sama dalam tim

Kamu yang sebelumnya belum pernah bergabung dan mencoba masuk ke dalam organisasi, OSIS menjadi pilihan yang tepat untuk kamu belajar berorganisasi di masa sekolah.

Dalam organisasi kamu akan dilibatkan dengan beberapa tim dan beradaptasi dengan berbagai karakter rekan kerjamu.

Di sini tempat yang tepat untuk mengetahui bentuk organisasi sebenarnya mulai dari struktur dan bagian-bagian sebuah organisasi.

2. Untuk menambah pengalaman

Sudah pasti alasan utama kamu bergabung dalam OSIS adalah untuk menambah pengalamanmu berorganisasi dan melakukan berbagai pekerjaan atau tugas secara tim dengan menerapkan manajemen waktu sebaik-baiknya.

Semakin banyak jam terbangmu dalam organisasi, kemampuanmu dalam berorganisasi pasti juga akan meningkat. Pengalaman berorganisasi pun dapat kamu cantumkan dalam curriculum vitae mu.

3. Melatih kedisiplinan diri

Alasan masuk osis selanjutnya adalah untuk melatih kedisiplinan diri. Dalam OSIS memiliki beberapa divisi dan program kerja yang harus dilaksanakan tepat waktu.

Divisimu akan membutuhkan waktu untuk rapat dan koordinasi tim setiap minggunya.

Nah di sinilah kamu akan diuji dalam pengaturan waktumu. Datang tepat waktu dan memiliki manajemen waktu yang baik sangat diperlukan.

4. Meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian

Bergabung dalam osis sangat dianjurkan untuk kamu yang sebelumnya kurang memiliki kepercayaan diri yang baik.

Alasan kamu bergabung dalam OSIS sangat tepat karena di sini, secara tidak langsung kepercayaan diri dan keberanianmu akan terbentuk dengan sendirinya karena memiliki rasa tanggung jawab yang harus dilaksanakan.

5. Melatih tanggung jawab

Dalam OSIS kamu akan bergabung dengan divisi sesuai yang dipilih. Selama itu juga setiap divisi akan memiliki tanggung jawab program kerja satu tahun yang harus dilaksanakan.

Kamu pun merasa memiliki tanggung jawab yang harus diemban dan dilaksanakan secara baik. Di sinilah tanggung jawabmu akan terlatih dan berusaha untuk menyikapinya secara baik.

6. Melatih komunikasi secara baik

Jika kamu merupakan salah satu orang yang memiliki karakter cukup pemalu dan ingin sekali meningkatkan skillmu dalam berkomunikasi, bergabung dalam OSIS akan membuatmu berhadapan dengan berbagai karakter orang sehingga mau tidak mau kamu harus berani dan melatih keberanian berkomunikasi dan berbicara dengan orang lain secara baik.

Baca juga : Contoh Program Kerja Osis SMP, SMA, dan SMK Terlengkap

7. Melatih jiwa kepemimpinan

Alasan masuk osis ialah dapat melatih jiwa leadership/kepemimpinan. Ini sangatlah berguna bagi dirimu nantinya terlebih lagi saat akan memasuki bangku kuliah atau pekerjaan. Dalam organisasi kamu dapat mempelajari kepemimpinan dan berbagai aspek mengenai ilmu leadership.

8. Memperluas jaringan pertemanan

Selain alasan-alasan tersebut, kamu dapat mengutarakan alasan bergabung dalam OSIS akan memberikanmu kesempatan untuk menjalin pertemanan dengan berbagai kawan-kawan yang berbeda kelas. Hal ini akan menambah relasi pertemananmu lebih luas dan kamu dapat saling bertukar pikiran dan berbagi ilmu.

9. Untuk mengembangkan skill

Di dalam OSIS tak hanya mendapatkan jaringan perteman lebih luas tapi juga mendapatkan berbagai ilmu dan bisa lebih mengembangkan dan mempelajarinya secara mendalam.

Di dalam osis terdapat bidang-bidang spesialisasi, kamu dapat memilih bidang yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Sehingga kamu dapat berkembang disana.

Contoh saja ilmu mengenai pembukuan dan perhitungan biasanya kurang didapat saat pelajaran di kelas tapi dengan menjabat sebagai salah satu anggota osis yang bertanggung jawab atas pembukuan dan perhitungan kamu akhirnya akan lebih tahu karena mempelajari sesuatu hal yang sebelumnya belum dipelajari.

10. Dapat menyalurkan ide dan kreatifitas

Jika ditanyakan terkait alasan masuk OSIS, jawablah dengan jujur bahwa kamu merupakan seorang yang penuh kreatifitas dan penuh aspirasi sehingga ingin menuangkan banyak gagasan dalam berorganisasi.

Dengan bergabung dalam OSIS, diharapkan seluruh gagasan kreatif dan membangun yang kamu miliki dapat mengembangkan organisasi dan berbagai aspek terkait kegiatan di sekolah.

Baca juga : Apa sih Tujuan Mengikuti OSIS? Pentingkah Untuk Gabung?

4 Alasan Masuk OSIS yang Sebaiknya Kamu Hindari

Selain beberapa alasan masuk OSIS yang perlu kamu pertimbangkan ketika menghadapi tes wawancara, kamu juga perlu mengetahui alasan-alasan masuk OSIS yang harus dihindari seperti contoh-contoh alasan di bawah ini.

1. Mengikuti OSIS hanya karena ikut-ikutan

Bergabung dalam organisasi tidak bisa dengan paksaan atau sekadar mengikuti teman.

Bergabung dalam OSIS harus murni karena niat dari diri sendiri dan memiliki komitmen yang kuat.

Ini karena bergabung dalam sebuah organisasi diperlukan komitmen yang kuat dan tanggung jawab yang penuh dalam mengemban tugas.

Jadi usahakan kamu memiliki niat yang mantap dan tidak sekadar ikut-ikutan.

2. Alasan masuk OSIS agar lebih tenar

Bergabung dalam OSIS nantinya kamu akan lebih banyak mengenal banyak teman dan memiliki jaringan pertemanan yang lebih luas.

Tapi, jangan disalahgunakan sebagai alasan masuk OSIS agar lebih terkenal di kalangan siswa sekolah karena tujuan bergabung dalam OSIS ialah membantumu untuk memiliki pengalaman baru dan belajar berorganisasi dengan baik.

3. Balas dendam

Biasanya OSIS memiliki program penyambutan siswa baru yang akan diberikan berbagai tugas guna sebagai pengenalan lingkungan sekolah.

Tak jarang kegiatan ini akan diselipkan beberapa program kedisiplinan untuk para siswa baru yang terkadang sedikit cukup merepotkan.

Nah jika kamu berminat bergabung dalam OSIS hanya karena salah satu hal yang kamu tidak suka saat dahulu dan berniat balas dendam, ini sangat tidak dianjurkan dan kamu akan justru merasa terbebani sehingga tidak nyaman dalam lingkungan OSIS.

4. Ikut Cewek/Cowok Yang Ditaksir

Tak jarang ada siswa yang ikut OSIS karena naksir sama seseorang, yang kebetulan orang tersebut juga mengikuti OSIS. Nah alasan ini jangan menjadi dasar ya, karena ketika nanti orang yang kamu taksir memilih yang lain, kamu akan sakit hati. Tentu semangatmu akan hilang dong! yah patah hati.

Contoh Alasan Masuk Osis Berdasarkan Seksi Bidangnya

1. Alasan Masuk Seksi Bidang Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Saya ingin masuk bidang ini karena:

  • Meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap ajaran agama
  • Menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa, menjalani kehidupan dengan nilai-nilai luhur
  • Menginspirasi teman-teman Sekolah untuk menghadirkan suasana keagamaan yang kondusif

2. Alasan Masuk Seksi Bidang Budi pekerti luhur atau akhlak mulia

Saya ingin masuk bidang ini karena:

  • Membantu penanaman nilai-nilai moral dan budi pekerti yang baik
  • Menciptakan lingkungan Sekolah yang kondusif, aman, dan akhlakul karimah
  • Menjadi panutan dan motivator bagi teman sebaya dalam bersikap dan berperilaku baik

3. Alasan Masuk Seksi Bidang Kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara

Saya ingin masuk bidang ini karena:

  • Menggali dan mengembangkan potensi kepribadian serta meningkatkan wawasan kebangsaan
  • Menumbuhkan rasa kecintaan dan rasa tanggung jawab terhadap bangsa dan negara
  • Membekali pengetahuan dan keterampilan bela negara yang berguna

4. Alasan Masuk Seksi Bidang Prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat:

Saya ingin masuk bidang ini karena:

  • Menciptakan kesempatan untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang akademik, seni, dan olahraga
  • Meningkatkan motivasi siswa untuk mencapai prestasi di berbagai bidang
  • Mendorong kolaborasi dan semangat kompetisi yang sehat dalam berbagai kegiatan

5. Alasan Masuk Seksi Bidang Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural:

Saya ingin masuk bidang ini karena:

  • Membangun pemahaman tentang pentingnya demokrasi dan hak asasi manusia dalam kehidupan bermasyarakat
  • Meningkatkan kesadaran tentang peran serta dalam menjaga lingkungan hidup
  • Menumbuhkan suasana kebersamaan, toleransi, dan kepekaan sosial dalam kehidupan sekolah dan masyarakat

6. Alasan Masuk Seksi Bidang Kreativitas, keterampilan, dan kewirausahaan

Saya ingin masuk bidang ini karena:

  • Mendukung pengembangan ide-ide kreatif dan inovatif para siswa
  • Melatih keterampilan dan kewirausahaan yang siap pakai di dunia kerja
  • Membuka peluang untuk pengalaman praktis dan eksposur dalam berbagai projek

7. Alasan Masuk Seksi Bidang Kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi

Saya ingin masuk bidang ini karena:

  • Meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan jasmani, mental, dan gizi yang seimbang
  • Mengedukasi tentang sumber gizi yang terdiversifikasi, serta manfaat dan praktiknya
  • Menciptakan program pengaturan kualitas jasmani dan kesehatan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab

8. Alasan Masuk Seksi Bidang Sastra dan budaya

Saya ingin masuk bidang ini karena:

  • Ingin Mempromosikan kecintaan terhadap sastra dan budaya daerah serta nasional
  • Mewadahi kreativitas dan apresiasi sastra serta budaya
  • Menjaga warisan budaya dan mendukung pelestarian nilai-nilai budaya

9. Alasan Masuk Seksi Bidang Teknologi informasi dan komunikasi:

Saya ingin masuk bidang ini karena:

  • Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) yang adaptif baik dalam kehidupan akademik maupun masyarakat
  • Mendorong inovasi dalam pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran dan komunikasi yang efektif
  • Mengupayakan perlombaan atau workshop yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi

10. Alasan Masuk Seksi Bidang Komunikasi dalam bahasa Inggris:

Saya ingin masuk bidang ini karena:

  • Melatih kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks komunikasi sehari-hari dan profesional
  • Mendorong penggunaan bahasa Inggris dalam lingkungan sekolah untuk meningkatkan kemampuan siswa, baik lisan maupun tulisan
  • Menyediakan wadah dan kesempatan untuk mengasah kemahiran dalam berbagai bidang yang menggunakan bahasa Inggris

Baca juga : Kumpulan Visi Misi Ketua Osis SMP, SMA, SMK Terbaru

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara OSIS “Apa Tujuanmu Masuk OSIS?”

Wawancara osis adalah salah satu tahap seleksi yang harus dihadapi oleh siswa yang ingin bergabung dengan organisasi siswa intra sekolah (osis). Wawancara osis bertujuan untuk mengenal lebih jauh calon anggota osis, mengetahui motivasi dan komitmen mereka, serta menguji kemampuan dan keterampilan mereka dalam berorganisasi.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara osis adalah “apa tujuanmu masuk osis?” Pertanyaan ini sebenarnya cukup sederhana, tetapi bisa menjadi bumerang jika tidak dijawab dengan baik. Jika kamu menjawab dengan asal-asalan, tanpa alasan yang jelas, atau bahkan dengan tujuan yang tidak sesuai dengan visi dan misi osis, maka kamu bisa gagal dalam wawancara osis.

Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan ini dengan baik? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Pahami visi dan misi osis

Sebelum kamu menjawab pertanyaan ini, kamu harus tahu apa saja visi dan misi osis di sekolahmu. Visi dan misi osis adalah arah dan tujuan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh osis. Dengan mengetahui visi dan misi osis, kamu bisa menyesuaikan tujuanmu masuk osis dengan tujuan dari osis itu sendiri. Contoh visi dan misi osis adalah:

  • Visi: Menjadi organisasi siswa yang berprestasi, berakhlak mulia, dan berjiwa pemimpin.
  • Misi: Meningkatkan kualitas akademik, non-akademik, dan kepribadian siswa; Mengembangkan potensi dan bakat siswa; Menjalin kerjasama dan solidaritas antara siswa, guru, dan stakeholder lainnya; Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, kreatif, dan inovatif.

2. Jelaskan tujuanmu masuk osis dengan jujur dan positif.

Setelah kamu paham visi dan misi osis, kamu bisa menjelaskan tujuanmu masuk osis dengan jujur dan positif. Jangan berbohong atau mengarang-ngarang alasan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Juga, jangan menyebutkan tujuan yang negatif, seperti ingin mendapatkan keuntungan pribadi, ingin menguasai atau memonopoli kegiatan-kegiatan di sekolah, atau ingin menghindari pelajaran.

Sebaliknya, sebutkan tujuan yang positif, seperti ingin berkontribusi untuk kemajuan sekolah, ingin mengembangkan diri dan belajar banyak hal baru, ingin berbagi pengalaman dan ilmu dengan teman-teman, atau ingin menyalurkan hobi dan minatmu.

3. Berikan contoh atau bukti yang mendukung tujuanmu masuk osis

Selain menjelaskan tujuanmu masuk osis dengan jujur dan positif, kamu juga harus memberikan contoh atau bukti yang mendukung tujuanmu tersebut. Contoh atau bukti ini bisa berupa pengalaman, prestasi, atau kegiatan yang kamu lakukan sebelumnya yang relevan dengan tujuanmu masuk osis.

Dengan memberikan contoh atau bukti ini, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu serius dan kompeten untuk menjadi anggota osis. Contoh jawaban yang bisa kamu berikan adalah:

  • Tujuan saya masuk osis adalah untuk berkontribusi untuk kemajuan sekolah. Aku ingin membantu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi siswa dan sekolah. Contohnya, aku pernah menjadi panitia lomba cerdas cermat tingkat kota yang diadakan oleh sekolahku. Aku bertanggung jawab untuk mengurus administrasi peserta lomba. Dari pengalaman itu, aku belajar banyak tentang cara mengorganisir sebuah acara besar.
  • Tujuan saya masuk osis adalah untuk mengembangkan diri dan belajar banyak hal baru. Aku ingin meningkatkan keterampilanku dalam berkomunikasi, berpikir kritis, dan bekerja sama dengan orang lain. Contohnya, aku pernah mengikuti pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh osis. Aku mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman tentang cara menjadi pemimpin yang baik dan efektif.
  • Tujuan saya masuk osis adalah untuk berbagi pengalaman dan ilmu dengan teman-teman. Aku ingin memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa lain untuk berprestasi dan berkarya. Contohnya, aku pernah menjadi juara 1 lomba pidato bahasa Inggris tingkat provinsi. Aku ingin membagikan tips dan trik yang aku gunakan untuk menyiapkan dan menyampaikan pidato yang menarik dan meyakinkan.

4. Tunjukkan antusiasme dan semangatmu masuk osis

Terakhir, kamu harus menunjukkan antusiasme dan semangatmu masuk osis. Jangan menjawab pertanyaan ini dengan nada datar, bosan, atau ragu-ragu. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik dan bersemangat untuk menjadi bagian dari osis. Kamu bisa menambahkan kalimat-kalimat seperti:

  • Aku sangat berharap bisa diterima menjadi anggota osis.
  • Aku siap untuk mengikuti semua proses seleksi dan kegiatan-kegiatan osis.
  • Aku yakin bahwa masuk osis akan menjadi pengalaman yang berharga dan menyenangkan bagi diriku.

Demikianlah beberapa tips menjawab wawancara osis “apa tujuanmu masuk osis?” Semoga bermanfaat dan sukses untuk kamu!

Kesimpulan

Nah itulah beberapa alasan masuk osis yang dapat kamu pertimbangkan dan alasan yang harus dihindari. Selama masa-masa sekolah, sebaiknya kamu memang harus terus memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan berbagai kegiatan yang positif untuk mengembangkan skill dan ilmu yang kamu miliki dengan cara berorganisasi salah satunya dengan bergabung menjadi OSIS.

Walaupun dituntut untuk selalu aktif dan bergabung dalam organisasi, tapi jangan luput dari kewajibanmu sebagai siswa yang harus tetap belajar secara formal di sekolah.

Hal ini juga sebagai tantangan tersendiri bagi kamu karena dengan memiliki dua kegiatan penting sekaligus, kamu dapat belajar mengatur waktu sebaik mungkin.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in