tujuan mengikuti osis

Tujuan Mengikuti OSIS

Diposting pada 130 views

Apa sih Tujuan Mengikuti OSIS? Pentingkah Untuk Gabung? –   Kegiatan belajar memang tidak sebatas berada dalam teori pembelajaran di dalam kelas tapi juga belajar melalui kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti mengikuti ektrakulikuler, atau berorganisasi seperti mengikuti komunitas di sekolah dan bergabung menjadi anggota osis.

Menjadi anggota osis tentu saja memiliki banyak manfaat yang didapat maka dari itu kamu tidak usah ragu untuk mendaftar dan bergabung bersama osis.

Jika kamu masih bimbang, kamu dapat menyimak ulasan berikut ini yang akan membahas tentang 8 tujuan mengikuti osis yang perlu kamu ketahui karena berorganisasi tentu saja sangat menyenangkan dan banyak manfaat.

Apa sih Tujuan Mengikuti OSIS? Pentingkah Untuk Gabung?

1. Menambah pertemanan

Salah satu tujuan bergabung di osis ialah kamu dapat menambah relasi atau pertemananmu. Ini karena dalam osis diisi oleh banyak anggota dari berlainan kelas sehingga kamu bisa lebih mengenal teman-teman lain di luar kelasmu. Sangat mengasyikkan karena kamu dapat bertukar pikiran atau diskusi dengan orang banyak.

2. Mendapatkan ilmu baru

Selain relasimu yang semakin luas dan banyak, bergabung dalam osis memberikanmu banyak pelajaran terkait ilmu yang tidak didapatkan di dalam kelas.

Di sini kamu akan secara tidak langsung belajar bagaimana bekerja secara tim, disiplin, memiliki jiwa kepemimpinan, dan rasa simpati, empati. Kamu juga berkesempatan untuk mempelajari hal baru yang belum pernah kamu coba atau ketahui sebelumnya.

Contoh, bergabung dalam divisi kreatif yang mengharuskanmu untuk selalu membuat desain yang menarik dengan berbagai macam aplikasi desain. Nah dari sini, ilmu baru mengenai desain yang sebelumnya belum ketahui akan memberikan sebuah pengalaman baru yang sangat berharga.

3. Sebagai Ajang menyalurkan ide

Kamu termasuk orang yang kreatif dan sangat menyukai bidang event? Sebuah langkah yang tepat jika kamu bergabung dalam osis. Karena dalam organisasi ini kamu akan dihadapkan dengan beberapa program kerja yang kebanyakan mengadakan sebuah acara.

Contoh, event pada HUT RI atau hari-hari besar lainnya. Jika kamu memiliki banyak ide hal ini sangat memudahkanmu untuk membuat sebuah acara di sekolah yang kreatif dan berinovasi.

Baca juga : 10 Cara Belajar yang Baik dan Cepat Masuk Otak

4. Menambah pengalaman – Tujuan Mengikuti OSIS

Berorganisasi di sekolahmu tidak ada yang ruginya, selain kamu akan mendapatkan lebih banyak relasi/pertemanan kamu juga memiliki pengalaman yang luar biasa dan tidak dapat digantikan dengan apapun.

Pengalaman berorganisasi di osis membuatmu semakin terbiasa dengan cara kerja secara tim akan dinilai sebagai nilai tambahan saat kamu akan melamar pekerjaan, jangan lupa untuk cantumkan pengalaman osis di CV mu ya.

5. Untuk melatih softskills

Bergabung dalam osis menuntutmu harus mampu bekerja secara tim dan memiliki komunikasi yang baik dengan anggota lainnya.

Menjadi bagian dari osis secara tidak langsung akan melatih softskillsmu semakin lebih baik seperti mampu berkomunikasi dengan tim secara baik dan melatih berbicara secara umum dengan lancar.

6. Melatih Tanggung Jawab

Dalam osis akan terbagi dari beberapa sekbid (sekretaris bidang) yang mana setiap sekbid akan memiliki sebuah program kerja tiap tahun yang harus dijalankan.

Setiap anggota sekbid biasanya akan diberi satu program kerja untuk dapat dilaksanakan dengan baik. Maka dari itu kamu akan memiliki tanggung jawab yang cukup besar karena harus melaksanakan program kerja tersebut.

Hal ini bermanfaat untuk dirimu sendiri karena secara langsung melatih sebuah tanggung jawabmu.

Baca juga : Kumpulan Visi Misi Ketua Osis SMP, SMA, SMK Terbaru

7. Melatih kedisiplinan – Tujuan Mengikuti OSIS

Sebuab organisasi tentu tak lepas dari kegiatan rapat anggota maupun divisi. Agar menghemat waktu dan dapat berdiskusi secara optimal, maka jadwal rapat anggota harus ditentukan dan terjadwal mulai dari hari hingga jam yang disepakati.

Dari sini kamu pun harus berkomitmen agar datang rapat secara tepat waktu agar diskusi yang dilakukan menjadi lebih optimal dan maksimal. Secara langsung kamu belajar melatih kedisiplinanmu.

8. Berada di lingkungan yang positif

Selain kamu akan mendapatkan hal-hal berharga di dalam osis, kamu juga akan berada di lingkungan yang positif dan baik. Tentu saja hal ini sangat berdampak pada kesehatan tubuh dan mentalmu.

Kamu lebih bersemangat, memiliki banyak teman dan pengalaman, dan bergabung bersama untuk berkontribusi membangun lingkungan sekolah yang sehat baik.  

Baca juga : 10 Alasan Masuk OSIS yang Harus Dipertimbangkan

Kesimpulan :

Nah itulah 8 tujuan mengikuti osis yang perlu kamu pertimbangkan, banyak sekali dampak positif yang didapat jika bergabung dalam sebuah organisasi di sekolah.

Maka dari itu jangan ragu untuk berkontribusi bersama osis untuk memberikan dampak yang baik untuk lingkungan sekolah dan tentu saja untuk dirimu sendiri.

Kalau kamu, apa tujuan mengikuti OSIS? Share disini ya.

Baca juga : Contoh Program Kerja Osis SMP, SMA, dan SMK Terlengkap

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in