cara belajar yang baik

10 Cara Belajar yang Baik dan Cepat Masuk Otak

Diposting pada 137 views

Cara belajar yang baik dan cepat masuk otak – Belajar merupakan kegiatan yang wajib dilakukan semua orang. Kegiatan belajar merupakan hal yang akan terus dilakukan setiap orang. Belajar juga kegiatan yang sangat bermanfaat, dengan mencari ilmu apa yang sebelumnya kita tidak ketahui jadi mengerti. Menimba ilmu juga tak kenal batasan usia.

Maka dari itu mengapa belajar merupakan hal yang akan terus dilakukan semua orang sepanjang hidupnya. Nah dalam belajar pun biasanya seseorang memiliki metode atau caranya masing-masing untuk menangkap ilmu yang sedang mereka pelajari. Maka dari itu, berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk belajar yang baik sehingga cepat masuk otak.

Cara Belajar yang Baik dan Cepat Masuk Otak

cara belajar yangh baik dan cepat masuk otak

1. Membuat rangkuman

Setelah membaca materi dan teori yang begitu banyak, cara efektif untuk lebih memahaminya adalah dengan membuat rangkuman materi dengan menulisnya sendiri. Kamu bisa membuat rangkuman materi secara manual dengan mencatat poin-poin penting dari pembahasan materi bukumu.

2. Tandai poin-poin penting

Agar belajar menjadi baik dan cepat masuk otak, kamu tidak perlu untuk menghafal atau memahami seluruh isi materi dalam buku. Tapi, tandailah poin-poin atau pembahasan yang penting dari materi tersebut. Tandailah menggunakan stabilo atau bolpoin hal ini agar membedakan kalimat yang penting dan yang tidak. Dengan menggunakan metode ini, kamu akan lebih cepat memahami isi materi.

3. Menggunakan mind mapping

Mind mapping merupakan cara belajar yang cukup efisien yang sudah banyak diterapkan oleh banyak orang. Di sini kamu akan mencatat gagasan dan ide yang biasanya diartikan sebagai proses memetakan pikiran. Dengan mind mapping biasanya materi yang dipahami akan lebih cepat masuk otak.

4. Menggunakan catatan kecil

Catatan kecil menggunakan sticky notes juga merupakan cara efektif belajar. Ini karena kamu bisa mencatat hal-hal dari penjelasan guru atau pemateri yang tidak terdapat di buku. Sehingga poin-poin tersebut dapat mudah dipelajari dan pembelajaran menjadi lebih dipahami. Kamu jadi tidak perlu menghafal semuanya. Lebih praktis dan mudah.

5. Kuis

Buatlah kuis sederhana terkait dengan materi yang kamu pelajari. Jika memungkinkan minta bantuan kawan maupun rekan terdekatmu untuk membuat kuis tersebut. Membuat kuis seperti ini akan memudahkan untuk memahami konsep belajar.

6. Kelompok belajar

Belajar bersama dengan kelompok seperti teman atau saudara juga terbilang cukup efektif. Terutama buat kamu yang tidak bisa sendiri dan harus diskusi bersama kawan untuk memahami sesuatu, mungkin kelompok belajar salah satu metode yang pas karena di sini kamu dapat saling bertukar pikiran, berdiskusi, dan menyelesaikan masalah bersama. Saling membantu dalam belajar.

7. Menggunakan video pembelajaran

Jika kamu lebih senang belajar dengan tambahan visual, mungkin menggunakan video pembelajaran dari platform video seperti youtube merupakan cara efektif. Biasanya video pembelajaran akan menjelaskan materi dengan konsep yang ringkas, menarik, dan mudah dimengerti.

8. Belajar dengan musik

Sebagian seseorang akan lebih memahami konsep pembelajaran dengan musik. Terlebih lagi jika belajar mengenai bahasa, mungkin musik menjadi lebih efektif agar cepat mengerti dan masuk ke otak. Dengan belajar lewat musik kamu juga akan merasa rileks.

9. Menggunakan aplikasi belajar

Menggunakan aplikasi belajar yang saat ini banyak berkembang juga tak ada salahnya. Menjadi salah satu yang membantumu dalam mempelajari sesuatu. Biasanya aplikasi akan dilengkapi dengan video pembelajaran dan latihan soal yang banyak sehingga kamu dapat lebih intensif dalam belajar dan cepat dalam memahami.

10. Fokus pada satu pembelajaran

Usahakan belajar secara bertahap, artinya jika saat ini kamu belajar materi A fokuslah hanya pada materi A terlebih dahulu dan jangan bercabang pada materi lain. Ini malah akan membuatmu tidak fokus dan pemahaman terpecah sehingga proses menggali ilmu kamu jadi tidak baik dan susah masuk otak.

Seperti itulah beberapa cara untuk belajar yang baik dan cepat masuk otak. Biasanya setiap orang akan memiliki metodenya sendiri-sendiri untuk mendapatkan ilmu dengan baik. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah mempersiapkan tubuhmu sebelum kamu mempelajari sesuatu. Pastikan kamu sudah mengisi energi dan istirahat yang cukup sebelum menerima materi pembelajaran.

Baca juga : 10 Cara Menjadi Pembicara yang Baik di Depan Umum

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in