mahasiswa kupu kupu

Mahasiswa Kupu Kupu, Ini Manfaat dan Kerugiannya

Diposting pada 533 views

Manfaat dan kerugian menjadi mahasiswa kupu-kupu – Tujuan kita berkuliah ialah belajar dan mendalami ilmu yang kita pelajari, yang nantinya kita dapat bersaing untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

Banyak mahasiswa yang menyakini apabila mereka bisa mendapatkan nilai yang bagus atau mendapatkan predikat cumlaude, mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Selain itu, nilai yang bagus juga dipercaya sebagai gerbang untuk mendapatkan beasiswa S2.

Manfaat Berorganisasi Yang Tidak Dirasakan Mahasiswa Kupu Kupu

Mahasiswa Berprestasi
Mahasiswa Berprestasi

Semua itu ada benarnya, namun anda juga perlu mengasah soft skill anda agar nantinya di dunia kerja tidak kaget menghadapi berbagai macam masalah. Maka dari itu, di masa perkuliahan, anda juga disarankan untuk gabung dengan organisasi. Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan ketika anda ikut organisasi, diantaranya ialah :

  • Mengasah softskill
  • Lebih percaya diri ketika di khalayak umum
  • Dapat menyelesaikan masalah dengan bijak
  • Menambah channel
  • Menambah wawasan dalam kepengurusan
  • Dapat mengutarakan ide dengan benar
  • Melatih jiwa kepemimpinan
  • Mengasah kecerdasan emosional

Memang dengan berorganisasi, kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Manfaat manfaat tersebut tidak bisa kita dapatkan selain melalui organisasi.

Atau jika anda kurang minat dengan organisasi yang ada di kampus seperti BEM, DPM, MM, maka anda bisa mencoba untuk menjadi relawan. Tak kalah jauh manfaat ketika anda menjadi relawan. Namun itu tadi, anda harus mengorbankan waktu untuk urusan kemanusiaan. Menjadi relawan pun juga bisa menambah CV anda semakin ramai.

Baca juga : Perlukah ikut organisasi saat kuliah?

Mahasiswa Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang = Mahasiswa Kupu-Kupu

Tapi tak jarang mahasiswa yang tidak memilih satu pun organisasi di kampusnya. Ada banyak alasan, diantaranya ialah mungkin ingin fokus kuliah, mengejar IPK, sibuk dengan urusan penelitiannya, atau memang malas untuk ikut organisasi. Mahasiswa seperti inilah yang biasa disebut sebagai mahasiswa Kupu Kupu.

Nah untuk anda yang memutuskan menjadi mahasiswa tipe ini, ada beberapa kelebihan nih. Berikut ini adalah Kelebihan Mahasiswa Kupu Kupu.

Kelebihan Jadi Mahasiswa Kupu Kupu

1. Lebih Fokus Mengikuti Pelajaran di Kampus

Sebagian mahasiswa, menjadikan ini sebagai alasan mengapa mereka memutuskan untuk tidak ikut organisasi dan lebih memilih pulang selepas kuliah. Memang, anda akan lebih fokus mengikut pelajaran yang ada. Anda tidak terbebani dengan urusan keorganisasian ataupun yang lainnya. Jadi anda memiliki kesempatan yang besar untuk meraih IPK tinggi atau bahkan Cumlaude.

Karena anda tidak memiliki beban keorganisasian, maka anda memiliki waktu lebih untuk berlibur atau sekedar mengulas pelajaran yang telah berlalu. Selain itu, waktu luang yang anda miliki bisa anda gunakan untuk mencicil tugas yang diberikan dosen. Sehingga pengumpulan tugas anda akan tepat waktu.

2. Memiliki Kualitas Tidur dan Hidup yang Lebih Baik

Tidak bisa dipungkiri lagi, rebahan merupakan hobi setiap mahasiswa. Nah, waktu rebahan anda akan bertambah ketika anda memilih untuk menjadi mahasiswa kupu kupu. Anda akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik ketimbang mahasiswa yang padat organisasi. Mengapa saya bisa mengatakan demikian? Terkadang mahasiswa yang mengikuti organisasi akan sering pulang malam, nah anda yang menjadi mahasiswa kupu kupu akan lebih teratur lagi kehidupan anda.

Walaupun tidak setiap mahasiswa kupu kupu selalu memiliki kualitas tidur yang baik. Banyak diantara mereka yang memilih menghabiskan waktu untuk bermain game. Nah ini adalah salah satu contoh mahasiswa yang merugi. Padahal mereka memiliki waktu luang banyak sekali, sangat disayangkan jika waktu tersebut dihabiskan untuk bermain game.

3. Bebas Pikiran

Salah satu manfaat terbesar yang dirasakan oleh mahasiswa kupu kupu ialah mereka cenderung lebih bebas pikiran. Anda akan lebih tenang dan fresh karena anda tidak memiliki beban lebih. Mahasiswa tipe ini memang sangatlah menarik, karena mereka diidentikan dengan nolep. Selain itu mereka bisa secara leluasa pergi kemana saja yang mereka mau.
.
Mungkin diantara anda tidak mau kan jika memiliki beban pikiran perkuliahan yang ditambah dari organisasi. Oleh karena itu, tak ada salahnya menjadi mahasiswa kupu kupu. Karena anda akan benar benar fokus dan tenang menjalani perkuliahan tanpa harus memikirkan padatnya program kerja organisasi.

4. Lebih Bisa Mengembangkan Diri

Manfaat keempat yang bisa didapatkan oleh orang yang memutuskan untuk menjadi mahasiswa kupu kupu ialah anda bisa mengembangkan bakat dan minat anda. Jadi anda bisa dengan leluasa memilih UKM apa saja yang hendak anda ikuti. Jumlahnya pun juga menyesuaikan dengan kemampuan anda.

Carilah UKM yang sekiranya tidak membuat anda sibuk. Semisal jika anda bakat programer, maka anda bisa ikut robotik. Ikutilah UKM yang sekiranya bisa memberikan manfaat untuk anda. Semisal anda nantinya bisa ikut dalam perlombaan. Lumayan jika menang, anda bisa mendapatkan sertifikat sehingga bisa dijadikan nilai tambah untuk mendaftar beasiswa S2.

Baca juga : Cara menjadi mahasiswa berprestasi

Kerugian Jadi Mahasiswa Kupu-Kupu

Diatas merupakan manfaat manfaat yang bisa didapatkan oleh mahasiswa Kupu Kupu. Jika anda memutuskan untuk menjadi mahasiswa kupu kupu, anda harus berani menanggung kerugiannya. Yang perlu anda ketahui ialah anda tidak bisa mengulang lagi ke masa masa perkuliahan. Jadi anda harus pikirkan baik baik untuk menjadi mahasiswa kupu kupu. Berikut ini adalah beberapa kerugiannya :

1. Tidak Memiliki Channel yang Luas

Channel anda akan terbatas di teman teman yang anda kenali saja. Anda tidak akan mendapat channel lebih dari kegiatan keorganisasian. Channel yang luas dapat memberikan anda manfaat, yaitu anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan, kenalan anda banyak, dan anda akan menjadi pribadi yang serba tahu dengan keadaan sekitar.

Channel yang luas memungkinkan anda untuk mendapatkan informasi lebih. Selain dari urusan lowongan pekerjaan, channel yang luas dapat mempertemukan anda dengan beasiswa S2 yang anda impikan. Channel luas juga bermanfaat buat anda yang sedang membuka usaha kecil kecilan sembari kuliah. Semisal usaha menjual makanan, souvenir, kerajinan, jasa, dan lain sebagainya.

2. Sering Gabut

Nah ini bisa menjadi dampak negatif bagi anda. Di kosan atau rumah, anda akan sering gabut, karena tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan. Kegabutan yang berlarut larut akan mengakibatkan anda menjadi pribadi yang malas dan kurang bersosialisasi dengan teman teman.

Kegabutan ini bisa memunculkan dampak negatif lainnya. Semisal seperti kerjaan anda hanya scroll scroll medsos saja, rebahan, dan bermalas malasan. Selain itu, kegabutan bisa merubah konsep berpikir anda yang mulanya ekstrovert menjadi introvert.

3. Kurang Memiliki Soft Skill

Biasanya mahasiswa yang tidak ikut organisasi tidak terlalu percaya diri ketika berbicara di depan umum. Mereka cenderung grogi ketika disuruh berorganisasi. Selain itu, dampak negatif ini juga akan sangat terasa ketika mereka disuruh untuk mempresentasikan proposal skripsi atau tugas akhir. Disini presentasi anda akan dinilai oleh dosen, bagaimana cara anda menyampaikan informasi, tingkat kepercayaan diri anda, kepahaman anda dan lain sebagainnya.

Selain dari skill public speaking, anda juga kurang di soft skill lainnya. Semisal soft skill menangani masalah secara bersama sama, berpikir kritis, wawasan yang terbatas, kurang atau tidak memiliki jiwa kepemimpinan.

Diatas telah dipaparkan manfaat dan kekurangan dari mahasiswa kupu kupu. Semua pilihan berada di tangan anda. Apakah anda ingin menjadi mahasiswa kuliah pulang kuliah pulang atau ingin berorganisasi. Atau mungkin anda ingin menjadi mahasiswa sekaligus mengambil kerja part time. Semua itu ada manfaatnya masing masing.

Baca juga : Cara menghemat uang jajan untuk pelajar

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.