cara berorganisasi yang baik

Cara Berorganisasi yang Baik, Simak 10 Hal Ini

Diposting pada 165 views

Cara berorganisasi yang baik – Organisasi merupakan hal yang kerap kali kita temui bahkan sering tergabung dalam organisasi tersebut. Terlebih lagi jika masih berstatus mahasiswa tentu saja banyak sekali organisasi yang kerap kali diikuti. Bergabung dalam organisasi-organisasi tertentu tentunya memberikan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat. Biasanya, pengalaman organisasi atau kepanitiaan bisa dimasukkan dalam CV pekerjaanmu yang akan menambah nilai tersendiri.

Tapi adakalanya dalam berorganisasi tentu saja kita selalu dihadapkan dengan berbagai problematika internal maupun eksternal. Berorganisasi pun sebenarnya tidak boleh asal ingin berorganisasi tapi seharusnya memiliki alasan atau tujuan yang kamu inginkan dalam berorganisasi. Nah bagaimana sih berorganisasi secara baik di manapun organisasi yang diikuti? Yuk simak ulasan berikut ini.

Cara berorganisasi yang baik

cara berorganisasi yang baik

1. Niat dan komitmen

Untuk bergabung di sebuah organisasi tentu saja tanpa ada paksaan atau dorongan dari orang lain. Berorganisasi yang baik adalah bergabung karena niat pada diri sendiri. Jika sudah berniat untuk bergabung pada suatu organisasi tertentu pastikan memiliki komitmen yang harus dipegang selama bergabung. Banyaknya kasus saat ini adalah komitmen yang kurang saat bergabung dalam sebuah organisasi sehingga kurang maksimal dalam berkontribusi.

2. Organisasi memiliki visi, misi yang jelas

Bergabunglah dengan organisasi yang memiliki visi dan misi yang jelas sehingga ada tujuan yang harus dicapai. Visi dan misi yang jelas akan memberikan sebuah organisasi lebih terarah sehingga dalam berorganisasi pun terjalin kerja sama dan hubungan yang baik. Mengikuti organisasi pun lebih semangat karena memiliki tujuan yang harus digapai.

3. Patuh pada aturan organisasi tersebut

Jika bergabung dalam sebuah organisasi kita harus mampu mematuhi segala peraturan yang terdapat di dalam organisasi. Hal tersebut guna menciptakan suasana organisasi agar tetap kondusif dan terarah. Berada di sebuah organisasi tentunya tidak bisa berlaku sembarangan dan sesuka hati.

4. Bekerja sesuai jobdesk

Setiap organisasi selalu memiliki divisinya masing-masing dan kamu biasanya akan tergabung dalam divisi yang sesuai minat dan kemampuanmu. Dalam berorganisasi tugas dan pekerjaan akan dikerjakan dalam masing-masing jobdesk dan divisimu. Maksimalkan fokus dalam mengerjakan tugas sesuai jobdesk jangan terlalu sibuk mengurus jobdesk lain sedangkan jobdesk sendiri tidak maksimal dalam bekerja.

5. Disiplin

Dalam berorganisasi tentu saja sering mengadakan program kerja maupun event yang harus dilaksanakan setiap tahun. Tentu saja persiapan tersebut harus dimatangkan para anggota organisasi maupun kepanitiaan dengan mengadakan banyak rapat dan diskusi. Jika sudah begini kamu harus berkomitmen untuk datang tepat waktu dalam rapat dan bertanggung jawab pada program kerja yang akan kamu selenggarakan.

Baca juga : Teknik Pemecahan Masalah Individu, Kelompok dan Organisasi

6. Bertanggung jawab

Menjadi anggota organisasi yang baik adalah dengan bertanggung jawab atas pekerjaan atau tugas yang diberikan. Maka dari itu, sejak awal untuk bergabung menjadi anggota organisasi diharuskan memiliki niat dan komitmen yang kuat karena dalam perjalanan berorganisasi sudah pasti memiliki program kerja yang cukup banyak dan membutuhkan kontribusi yang nyata untuk membangun sebuah program kerja tersebut.

7. Fastresponse/mudah dihubungi

Dalam berorganisasi kamu akan lebih sering berinteraksi dengan banyak orang. Maka dari itu, untuk memperlancar komunikasi, diharapkan untuk selalu mudah dihubungi dan fastresponse agar segala urusan terkait organisasi tidak terhambat.

8. Profesional dalam bekerja

Bekerja dalam organisasi harus mengutamakan profesionalisme dalam bekerja. Segala pekerjaan harus dilakukan sesuai tugas dan jobdesk masing-masing, selalu berlaku adil dan tidak memihak siapapun. Bekerja secara professional akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

9. Jujur

Selalu mengutamakan sifat jujur di manapun kamu berada. Terutama pada saat bergabung dalam organisasi. Jujur merupakan hal yang penting ditegakkan dalam berorganisasi. Jika semua dilakukan jujur, organisasi juga akan berjalan dengan baik.

10. Saling terbuka sesama anggota

Berorganisasi tak semudah dibayangkan. Kamu akan dihadapkan dengan berbagai karakter para anggota yang tentu saja terkadang membuatmu harus ekstra sabar.

Kamu bisa melakukan evaluasi organisasimu agar terbuka satu sama lain dan tidak memendam masalah atau emosi. Saling terbuka juga akan berguna untuk dapat menemukan solusi dari masalah yang terjadi.

Baca juga : Perlukah Mahasiswa Ikut Organisasi Selama Kuliah?

Cara berorganisasi yang baik di atas bisa kamu terapkan pada dirimu sendiri jika berniat untuk bergabung dalam sebuah organisasi tertentu. Berorganisasi juga merupakan latihan kecil untukmu sebelum terjun pada dunia kerja. Selamat berorganisasi!

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in