tips menjadi mahasiswa yang baik

Cara Menjadi Mahasiswa yang Baik dan Berprestasi

Diposting pada 307 views

Cara menjadi mahasiswa yang baik – Memasuki kehidupan bangku kuliah tentu saja penuh dengan perjuangan dan lika liku untuk mencari ilmu. Menjadi mahasiswa merupakan pengalaman yang luar biasa. Saat inilah kamu sebagai mahasiswa tak hanya belajar terkait materi tapi juga harus memaksimalkan waktumu untuk berteman, berkegiatan positif, dan tentu saja berprestasi.

Nah lantas bagaimana menjadi mahasiswa yang baik dan berprestasi? Kamu perlu menyimak poin-poin di bawah ini sebagai referensimu untuk menjadi mahasiswa yang baik. Tak hanya baik tapi juga teladan dan berprestasi. Yuk simak poin-poin di bawah ini.

Cara Menjadi Mahasiswa yang Baik

cara menjadi mahasiswa yang baik

1. Rajin baca

Sebagai mahasiswa, usahakan untuk memiliki kebiasaan membaca atau luangkan waktu untuk membaca. Mahasiswa biasanya akan dihadapkan dengan beberapa fenomena-fenomena sosial yang terkait dengan studinya. Dengan membaca, setidaknya mahasiswa lebih mudah dalam menangkap wawasan yang diberikan dosen dan semakin mudah mengerti dalam memahami materi.  

2. Attitude yang baik

Seorang mahasiswa seharusnya memiliki sikap yang baik artinya menghormati dan memiliki sikap sopan terutama terhadap dosen dan para civitas akademika. Berpakaian yang rapi saat menemui dosen dan selalu menghormati dan menghargai sesama kawan.

Baca juga : √ Tips dan Cara Menjadi Seorang Mahasiswa Berprestasi

3. Patuh aturan kampus

Setiap kampus atau fakultas selalu memiliki peraturan dan ketentuannya sendiri-sendiri. Mahasiswa yang baik seharusnya mampu mematuhi peraturan tersebut. Seperti ketentuan dalam regulasi pembayaran, krs, maupun peraturan-peraturan terkait dengan pembelajaran.

4. Mengerjakan tugas tepat waktu

Sebagai mahasiswa tentu saja selalu dipenuhi dengan berbagai kewajiban yang harus dilakukan salah satunya adalah mengerjakan tugas yang diberi dosen dengan baik dan tepat waktu. Usahakan untuk selalu mengerjakan sendiri tanpa melihat pekerjaan mahasiswa lain.

5. Aktif selama di kelas

Perkuliahan biasanya diawali dengan pemaparan materi oleh dosen. Setelah pemaparan materi usahakan selalu aktif untuk memanfaatkan sesi tanya jawab. Inilah yang biasanya menjadi problem mahasiswa yaitu malu ketika bertanya saat pembelajaran berlangsung. Tak hanya bertanya, mahasiswa juga harus kritis dalam menanggapi segala materi yang telah disampaikan. Dengan begini, nilai keaktifan mahasiswa akan baik.

6. Gabung dalam organisasi kampus

Jangan lupa, tak hanya belajar, dan rajin mengerjakan tugas, sebagai mahasiswa usahakan untuk bergabung dalam organisasi-organisasi fakultas atau universitas untuk melatih bekerja secara tim dan sebagai pengalamanmu.

Bergabung dalam organisasi dapat kamu jadikan sebagai pengalaman di curriculum vitae mu saat bekerja nanti. Kamu juga akan membangun relasi dengan banyak teman di sini.

Baca juga : Mahasiswa Kupu Kupu, Ini Manfaat dan Kerugiannya

7. Gabung dalam kepanitiaan

Jika kamu tidak sempat bergabung dalam organisasi, usahakan untuk mengikuti program kerja yang diselenggarakan oleh organisasi tersebut. Ikutlah dalam kepanitiaan untuk acara tersebut. Hal ini akan menambah pengalamanmu sebagai mahasiswa dan kamu dapat belajar untu bekerja secara tim dan menyelesaikan masalah.

8. Mencari beasiswa

Tak ada salahnya untuk mencari beberapa beasiswa untuk membantumu terus belajar dan lebih banyak berkontribusi menghasilkan karya-karya saat perkuliahan. Mahasiswa yang baik biasanya aktif untuk mencari beberapa informasi terkait beasiswa dalam pendanaan penelitian, biaya kuliah, atau lanjut untuk S2.

9. Mengikuti kegiatau outbound maupun inbound

Sebagai mahasiswa yang baik tak hanya dituntut untuk aktif mengikuti berbagai kegiatan di kampus tapi juga mengikuti kegiatan di luar kampus. Kamu bisa mencari informasi terkait kegiatan seperti konferensi, perlombaan, atau kegiatan leadership yang diselenggarakan dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini akan menambah prestasimu tersendiri.

10. Aktif diskusi atau mengasah skill

Cara menjadi mahasiswa yang baik selanjutnya adalah dengan aktif berdiskusi bersama para mahasiswa lainnya maupun civitas akademika dengan bergabung dengan grup-grup diskusi. Ini berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat bertukar pikiran dengan lainnya. Tak hanya berdiskusi, selama belajar di kampus kamu bisa mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler atau bergabung di UKM.

10 cara menjadi mahasiswa yang baik tersebut dapat kamu jadikan sebagai daftar hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar kamu sebagai mahasiswa tidak hanya belajar teori tapi juga peka dan mampu beradaptasi bersama lingkungan. 10 hal tersebut dapat terwujud jika benar-benar diniatkan dalam hati dan berusaha untuk menerapkannya. Selamat belajar!

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in