Bagaimana Cara Memilih Sekolah SMP yang Baik?

  • Whatsapp
cara memilih sekolah smp yang baik
Ilustrasi Siswa Siswi SMP sedang upacaya bendera Sumber : www.depok.go.id

Bagaimana Cara Memilih Sekolah SMP yang Baik? – Setelah kita menyelesaikan sekolah dasar, selanjutnya kita harus melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu SMP. Sekolah Menengah Pertama merupakan tindak lanjut setelah lulus SD. Dan di SMP ini juga merupakan syarat untuk bisa lanjut ke SMA atau SMK. Jadi kita jangan meremehkan di masa SMP, karena pada masa inilah pengetahuan dasar kita akan diasah yang nantinya digunakan untuk di SMA ataupun kuliah.

Cara Memilih Sekolah SMP yang Baik

Mengingat SMP itu sangatlah krusial dan penting di tingkatan pendidikan, kita harus bisa mencari sekolah mana yang dapat menunjang kemampuan kita sehingga kita bisa berkembang dengan baik. Jadi, kita harus bisa memilih sekolah SMP mana yang cocok untuk kita.

Muat Lebih

Walaupun kebijakan pemerintah dalam sistem pendidikan yang selalu berubah ubah, namun tak ada salahnya kita harus jeli dalam memilih SMP. Selain modal nilai yang cukup, kita harus bisa menentukan SMP mana yang berpotensial menghantarkan siswa sehingga bisa ke SMA yang favorit. Setelah itu,dari SMA favorit, kita bisa bersaing lebih untuk masuk ke jenjang perkuliahan favorit pula. Berikut ini adalah Cara Memilih Sekolah SMP yang Baik.

1. Lingkungan yang Baik

Untuk dapat memilih sekolah SMP yang baik kita harus tahu dulu lingkungannya. Lingkungan merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan tempat untuk pembelajaran. Apabila lingkungannya baik, maka anak akan tergiring ke jalan yang baik pula. Yang dimaksud lingkungan disini bisa berupa lingkungan di sekitar sekolah bisa juga lingkungan di sekolah. Lalu bagaimana cara melihat lingkungan ini baik atau tidak?

Salah satu cara untuk mengetahui lingkungan di sekitar sekolah ialah dengan melihat warga di sekitar sekolah tersebut. Kamu bisa melihat bagaimana keadaan lingkungan di warga sekitar tersebut, apakah kondusif atau tidak. Selain itu, kamu juga harus melihat bagaimana keadaan sosialnya, apakah warga sekitar situ sering tawuran atau tidak. Jika sering tawuran, maka dampak tidak langsung akan dirasakan oleh anak yang sekolah di sekolahan tersebut

2. Melihat Akreditas Sekolahan

Cara memilih sekolah SMP yang baik adalah dengan melihat akreditsi dan membandingkannya dengan sekolah lain. Akreditasi merupakan tolak ukur yang terpenting ketika memilih sekolahan setelah dilihat dari lingkungan sekitar sekolah. Akreditasi ini juga yang mewakili bagaimana lingkungan sekolah tersebut. Selain itu, akreditasi juga menilai bagaimana konsep pembelajaran di sekolahan. Jika konsep itu baik, maka akreditasi tersebut bisa A.

Memang sebagian besar akreditasi sekolah menengah pertama di indonesia kebanyakan sudah A, namun tak sedikit yang masih B atau bahkan C. Biasanya akreditasi A dan letaknya di kota, itu merupakan sekolah favorit. Namun tak sedikit juga akreditas B juga memiliki bibit yang unggul.

3. Sesuaikan Biaya Sekolah dengan Perekonomian Keluarga Anda

Biasanya, sekolah dengan biaya yang mahal pasti memiliki banyak sekali keunggulan. Entah itu keunggulan dari konsep pembelajarannya, kurikulum, fasilitas, lingkungan dan lain sebagainnya. Memang kita diharuskan memilih sekolah yang memiliki fasilitas belajar yang lengkap dan nyaman.

Sekarang ini banyak sekali bertebaran SMP yang berbasis negeri, sehingga biaya pengeluaran untuk pendidikan akan lebih terjangkau. Selain itu, SMP negeri tersebut tidak kalah dengan SMP swasta diluar sana. Karena sudah banyak SMP yang memiliki akreditasi A.

4. Carilah Sekolah yang Membuat Anak Bisa Bersaing

Cara memilih sekolah SMP yang baik adalah cari sekolah yang mampu membuat anak dapat mengeksplore bakat-bakat yang ia miliki. Ternyata walaupun sekolah tersebut memiliki akreditas A, anak belum tentu cocok dengan sekolah tersebut. Mengapa demikian? karena kita harus bisa mencari sekolah mana yang cocok. Jika kemampuan anak pas pas an, maka anda bisa memilih sekolah yang pas namun menonjol keunggulan. Sedangkan jika anak sudah pintar, maka nanti bisa mencari sekolah yang memiliki murid pintar pula.

Mengapa harus demikian? Karena jika anak pas pas an, masuk ke sekolah yang memiliki murid “terlalu” pintar, bisa bisa anak akan gengsi dan malu akan kemampuannya. Sehingga ia akan mudah menyerah. Beda dengan anak yang pas pas an jika masuk ke sekolah yang pas dan masih menonjol keunggulannya. Nanti anak akan beradaptasi dan “pede” dengan kemampuannya.

5. Dekat dengan Rumah

Sebenarnya ini bukan sebuah keharusan, namun jika ada sekolah favorit yang cocok dengan anak, maka sekolah yang dekat dengan rumah lah yang harus dipilih. Kenapa? karena ini nantinya akan memudahkan kedua orang tua ketika hendak mengantarkan anaknya ke sekolah.

Belum lagi jika orang tua ketika di siang hari bekerja, tentu anak akan kesusahan ketika pulang ke rumah apabila sekolah jauh dengan rumahnya. Oleh karena itu, dengan memilih sekolah yang dekat dengan rumah, itu akan memudahkan berangkat dan pulang.

6. Lihatlah Kualitas Lulusan

Terakhir, cara memilih sekolah SMP yang baik ialah dengan mempertimbangkan kualitas lulusan. Perhatikan setiap kualitas lulusan di SMP tersebut. Jika history lulusannya bagus, lulusannya bisa bersaing masuk SMA yang bagus, maka bisa dipastikan SMP tersebut bagus. Namun jika kurang baik atau pas pas an, maka itu bisa menjadi bahan pertimbangan orang tua untuk memilih.

Namun cara ini jangan anda jadikan acuan, namun jadikanlah indikator cocok tidaknya sekolah tersebut dengan perkembangan anak. Karena tidak setiap tahun, lulusan sekolah tersebut baik ataupun jelek. Yang menentukan ialah bagaimana proses pembelajaran tersebut sehingga anak menjadi paham.

Setidaknya ada 6 hal yang terpenting dalam memilih SMP. Mengapa anda harus memilih SMP sesuai dengan rekomendasi diatas? karena masa masa SMP lah yang akan menentukan dimana SMA anak selanjutnya. Apabila SMP tersebut sudah baik dan cocok untuk anak, maka dengan begitu anak bisa bersaing untuk mendapatkan sekolah SMA yang baik. Dari SMA inilah nantinya masa depan anak, cita cita anak untuk masuk ke universitas bagus akan dirajut.

Mungkin diantara anda terdapat faktor faktor tambahan, semisal anak guru, jalur prestasi dan lain sebagainnya. Yang jelas, semua faktor dalam memilih sekolah SMP yang baik tersebut harus bisa diperhatikan betul dampak positif dan negatifnya. Jangan sampai nanti anak malah menyesal masuk SMP tersebut.

Baca juga : Cara agar pintar matematika SMP

Bagaimana dengan Sekolah Berskala Internasional?

Cara memilih sekolah smp yang baik bisa dengan memasukkan anak ke sekolah yang berskala internasional. Namun balik lagi, kembali ke anak tersebut dan biaya yang akan ditanggung.

Lebih baik kita mulai deh dengan pertanyaan : Apakah sekolah SMP yang berskala internasional baik untuk anak? Pendidikan yang berskala internasional mengharuskan anak menjadi orang yang kreatif, terbuka dan tentunya dapat berbahasa asing dengan baik. Di kelas internasional inilah, anak bisa mendapatkan teman dari berbagai macam budaya serta kurikulum yang berbeda dengan standar nasional.

Jikalau anda memiliki uang lebih, maka tak ada salahnya menyekolahkan anak ke SMP berstandar internasional. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika anak disekolahkan di SMP berstandar internasional. Diantaranya ialah dapat berbahasa asing, dipersiapkan untuk pasar global, guru yang mengajari pola pikir yang baik, teknik belajar yang berbeda dan lain sebagainnya.

Tentu semua kelebihan kelebihan tersebut tidak bisa didapatkan di sekolah sekolah biasa. Di sekolah berskala internasional ini, anak dididik dengan betul betul sehingga output nya menjadi berkualitas. Selain itu, jika anda memiliki biaya dan sanggup menyekolahkan di skala internasional, maka nanti anak anda akan berkesempatan untuk masuk ke universitas unggulan pula. Semisal di Havard university, Oxford, dan lain lain.

Baca juga : Tips Agar Semangat Sekolah

Semoga artikel cara memilih sekolah SMP yang baik di atas bermanfaat, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya. Terimakasih.

Pos terkait