tugas staff hrd

Tugas Staff HRD: Persyaratan, Jenjang Karir dan Gaji

Diposting pada 7,369 views

Tugas Staff HRDHuman Resource Development atau lebih dikenal dengan istilah HRD merupakan salah satu jabatan pekerjaan yang dimiliki oleh setiap perusahaan.

Pekerjaan ini menempati posisi yang vital dan penting dalam membantu dan mendukung perkembangan perusahaan itu sendiri.

Dapat dikatakan bahwa HRD adalah orang yang bekerja untuk sebuah perusahaan berhubungan dengan pengelolaan sumber daya manusia pada perusahaan itu sendiri.

Dengan kata lain, sumber daya manusia merupakan pegawai yang bekerja pada sebuah perusahaan. 

Jadi, tugas utama seorang HRD adalah mengelola sumber daya manusia (SDM/Pegawai), memperhatikan aktifitas pegawai, dan tentunya melakukan pengurangan dan perekrutan pegawai. Oleh karena itulah mengapa setiap pelamar pekerjaan harus mengirimkan surat lamarannya ke HRD dari perusahaan yang dia lamar. 

Pentingnya HRD Dalam Sebuah Perusahaan 

Sebagai pengelola sumber daya manusia, HRD sangat berkaitan erat dengan pengelolaan pegawai di sebuah perusahaan. Pegawai sendiri merupakan aset terpenting dalam sebuah perusahaan.

Mereka akan membantu mengoperasikan peralatan, bahan, atau jasa sehingga menjadi produk yang memiliki daya jual dan meningkatkan kesuksesan perusahaan tersebut.

Setiap perusahaan pasti memiliki sumber daya manusia yang telah dipilih dengan beberapa kualifikasi yang disediakan sehingga menghasilkan pegawai yang kompeten di bidangnya masing-masing. 

Jika penerimaan pegawai dipilih secara acak bahkan tidak dikelola dengan benar, maka akan merugikan perusahaan itu sendiri karena akan banyak pegawai yang bekerja bukan pada bidangnya.

Maka,untuk menghapus kemungkinan tersebut, direkrutlah seorang HRD untuk sebuah perusahaan yang akan mengelola sumber daya manusia yang akan dipekerjakan agar lebih sesuai dan menunjang kepentingan perusahaan.

Baca juga : 7 Tips Mencari Karyawan yang Jujur dan Terpercaya

Tugas Staff HRD (Human Resource Development)

Sebagai orang yang menduduki jabatan penting dalam sebuah perusahaan, tentunya seorang HRD memiliki banyak tugas yang perlu dilakukan selama bekerja, yaitu diantaranya adalah:

  1. Seorang HRD sangatlah memegang kendali dan bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia pada sebuah perusahaan. Membuat dan menentukan kualifikasi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sehingga dapat menyaring pegawai yang terbaik dan paling kompeten untuk bidang yang dibutuhkan.
  2. Menyusun dan memberikan saran kepada perusahaan dalam membuat sistem pengelolaan sumber daya manusia agar menjadi lebih efektif dan efisien.
  3. Melakukan penilaian terhadap kinerja pegawai, memperhatikan kecocokan bidang dengan latar belakang pegawai, mengamati perkembangan pegawai sehingga dapat melakukan standarisasi, seleksi, dan promosi terhadap pegawai jika dibutuhkan.
  4. Mengatur dan membuat kontrak kerja untuk pegawai serta merancang kontrak kerja jangka panjang dan jangka pendek. Hal ini juga harus disesuaikan dengan hasil kinerja  dari pegawai tersebut.
  5. Menyusun sanksi yang akan diberikan ketika seorang pegawai melakukan kesalahan. Hal ini dapat berkaitan erat dengan apakah pegawai tersebut mendapatkan perpanjangan kontrak kerja atau tidak sesuai dengan kualitas pekerjaannya.
  6. Menjadwalkan dan membuat surat tugas untuk pegawai. Seorang HRD harus cermat dan tepat dalam memilih pegawai yang akan dikirim untuk bertugas diluar perusahaan. Hal ini harus sesuai dengan kemampuan dari pegawai tersebut.
  7. Mengelola administrasi pegawai.
  8. Mengurusi asuransi untuk pegawai, baik itu BPJS Ketenagakerjaan ataupun asuransi yang diberikan oleh perusahaan itu sendiri seperti ketika pegawai terkena kecelakaan kerja di perusahaan atau lainnya.
  9. HRD memantau kehadiran para pegawainya, memberikan cuti yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, juga harus mampu mebuat rekapan kehadiran dari pegawainya sebagai bentuk kedisiplinan dan penilaian terhadap para pegawainya.
  10. Selain bertugas untuk mengelola sumber daya manusia, seorang HRD juga bertugas untuk membantu mengarsipkan dokumen penting perusahaan yang berhubungan erat dengan pengelolaan sumber daya manusia.

Nah setelah kamu tahu apa saja tugas seorang HRD, apakah kamu tertarik untuk bekerja menjadi seorang HRD dan mengelola sumber daya manusia pada sebuah perusahaan? Ini dia persyaratan yang harus kamu penuhi.

Baca juga : 7 Tugas Manajer Personalia Beserta Tanggung Jawabnya

Persyaratan / Requirement Staff HRD

1. Memiliki Latar Belakang Pendidikan Yang Sesuai 

Setiap perusahaan pasti memiliki kualifikasi latar belakang pendidikan yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam setiap perekrutan pegawai.

Hal ini juga berlaku saat perusahaan membuka lowongan untuk masuk ke divisi Human Resource Development. Pada umumnya, latar belakang pendidikan yang dibutuhkan untuk seorang yang ingin memasuki divisi HRD adalah mereka yang lulus dari jurusan Psikologi atau Manajemen. 

Hal ini dituntut karena seorang HRD dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik. Hal ini lantaran tugas seorang HRD memang berinteraksi secara langsung dengan calon pegawai, dan juga harus mampu mengatur dan mengelola sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Maka dari itu, kamu yang lulus dari jurusan Psikologi dan Manajemen lebih diutamakan untuk diterima menjadi seorang HRD loh!

2. Memahami Berbagai Macam Karakter Manusia

Karena HRD merupakan jabatan yang akan berhubungan langsung dengan pegawai, maka seorang HRD harus mampu mengetahui berbagai macam karakter agar mengetahui pula apakah mereka cocok dengan bidang yang mereka lamar atau tidak

3. Mengetahui Prosedur Perekrutan Pegawai 

Sebagai pengelola sumber daya manusia, tentu skill ini menjadi salah satu skill yang penting untuk dimiliki seorang HRD

4. Memahami Penggunaan Tes Psikologi

Hal ini sangat penting untuk dimiliki seorang HRD karena dalam merekrut pegawai, HRD harus mampu menilai dan menimbang kecocokan pekerjaan dengan kepribadian pelamar. Hal ini dapat dihasilkan dengan akurat melalui tes, contohnya penggunaan test psikologi.

Skills Yang Harus Dimiliki oleh Staff HRD

Staff hrd atau human resource development adalah bagian penting dari sebuah perusahaan. Staff hrd bertanggung jawab untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di perusahaan, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, sikap, maupun motivasi. Staff hrd juga berperan dalam merekrut, melatih, mengevaluasi, dan memberikan penghargaan kepada karyawan.

Untuk menjadi staff hrd yang handal, ada beberapa skills yang harus dimiliki, antara lain:

1. Komunikasi

Staff hrd harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan semua pihak di perusahaan, baik atasan, rekan kerja, maupun karyawan. Staff hrd harus bisa menyampaikan informasi, instruksi, saran, kritik, dan pujian dengan jelas, sopan, dan efektif. Staff hrd juga harus bisa mendengarkan dan memahami kebutuhan, keluhan, dan harapan dari karyawan.

2. Analisis

Staff hrd harus mampu menganalisis data dan informasi yang berkaitan dengan sumber daya manusia di perusahaan. Staff hrd harus bisa mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh karyawan dan perusahaan. Staff hrd juga harus bisa membuat rencana, strategi, dan solusi untuk mengatasi masalah dan meningkatkan kinerja sumber daya manusia.

3. Kreativitas

Staff hrd harus mampu berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan program dan kegiatan yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Staff hrd harus bisa menciptakan ide-ide baru yang menarik, relevan, dan bermanfaat untuk meningkatkan motivasi, loyalitas, dan produktivitas karyawan. Staff hrd juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan dan tantangan yang terjadi di lingkungan kerja.

4. Kolaborasi

Staff hrd harus mampu bekerja sama dengan tim dan pihak lain di perusahaan. Staff hrd harus bisa berbagi informasi, pengetahuan, pengalaman, dan tanggung jawab dengan rekan kerja. Staff hrd juga harus bisa berkoordinasi dengan atasan dan pihak lain yang terkait dengan sumber daya manusia di perusahaan.

5. Empati

Staff hrd harus mampu berempati dengan karyawan dan memahami situasi dan kondisi yang mereka alami. Staff hrd harus bisa merasakan apa yang dirasakan oleh karyawan, baik suka maupun duka. Staff hrd juga harus bisa memberikan dukungan, bantuan, dan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan karyawan.

Itulah beberapa skills yang harus dimiliki staff hrd. Dengan memiliki skills tersebut, staff hrd dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan profesional. Staff hrd juga dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan perusahaan dan kesejahteraan karyawan.

Jenjang Karir Staff HRD dan Tips Meningkatkannya

Jenjang karir staff hrd adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para pekerja di bidang sumber daya manusia. Staff hrd memiliki peran penting dalam mengelola dan mengembangkan potensi karyawan di suatu organisasi. Staff hrd juga bertanggung jawab untuk merekrut, menyeleksi, melatih, mengevaluasi, dan memberikan kesejahteraan bagi karyawan.

Staff HRD memiliki jenjang karir yang cukup bagus, diantaranya adalah :

  • Supervisor Divisi HRD
  • Manajer HRD / Personalia
  • Manajer Rekruitmen
  • dll

Untuk bisa mencapai jenjang karir yang lebih tinggi, staff hrd harus memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh staff hrd untuk meningkatkan jenjang karirnya:

  • Menyusun rencana karir yang jelas dan realistis. Staff hrd harus mengetahui tujuan karirnya, kekuatan dan kelemahannya, serta peluang dan tantangan yang ada di depannya. Dengan demikian, staff hrd bisa menentukan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuan karirnya.
  • Mengikuti pelatihan dan sertifikasi yang relevan. Staff hrd harus terus belajar dan mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya di bidang sumber daya manusia. Staff hrd bisa mengikuti pelatihan, seminar, workshop, atau kursus yang sesuai dengan bidang keahliannya. Staff hrd juga bisa mendapatkan sertifikasi profesional dari lembaga yang berwenang, seperti Asosiasi HRD Indonesia (AHRI) atau Society for Human Resource Management (SHRM).
  • Membangun jaringan profesional. Staff hrd harus menjalin hubungan baik dengan rekan kerja, atasan, bawahan, klien, dan pihak eksternal lainnya yang terkait dengan pekerjaannya. Staff hrd bisa memanfaatkan media sosial, forum online, atau komunitas profesional untuk berbagi informasi, pengalaman, dan peluang karir. Staff hrd juga bisa bergabung dengan organisasi profesi atau asosiasi yang berkaitan dengan bidang sumber daya manusia.
  • Menunjukkan kinerja yang baik dan inovatif. Staff hrd harus bekerja dengan profesional, etis, dan bertanggung jawab. Staff hrd harus mampu menyelesaikan tugas-tugasnya dengan efektif dan efisien. Staff hrd juga harus berinisiatif untuk memberikan ide-ide baru, solusi-solusi kreatif, atau perbaikan-perbaikan yang bisa meningkatkan kualitas kerja dan hasil kerja organisasi.
  • Mencari feedback dan mentoring. Staff hrd harus mau menerima feedback atau masukan dari atasan, bawahan, atau rekan kerja tentang kinerja dan perkembangan karirnya. Staff hrd harus bersikap terbuka dan objektif dalam menerima feedback, serta berusaha untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Staff hrd juga bisa mencari mentor atau pembimbing yang bisa memberikan saran, bantuan, atau dukungan untuk mengembangkan karirnya.

Dengan melakukan hal-hal di atas, staff hrd bisa meningkatkan jenjang karirnya menjadi posisi-posisi yang lebih strategis dan menantang, seperti supervisor hrd, manager hrd, direktur hrd, atau konsultan hrd. Jenjang karir staff hrd tidak terbatas pada organisasi tempat ia bekerja saat ini, tetapi juga bisa mencakup organisasi lain yang membutuhkan tenaga ahli di bidang sumber daya manusia.

Gaji Staff HRD di Kota-kota Besar di Indonesia

Setelah mengetahui tugas-tugas HRD di atas, apakah kamu tertarik untuk berkarir di bidang HRD? Jika ya, maka kamu perlu mengetahui berapa gaji staff HRD di Indonesia. Dengan mengetahui gaji staff HRD, Anda bisa menimbang-nimbang apakah mau jadi staff hrd atau tidak.

Gaji staff HRD di Indonesia bervariasi tergantung pada jenis perusahaan, lokasi kerja, pengalaman, dan kualifikasi. Menurut data dari Indeed, rata-rata gaji staff HRD di Indonesia adalah Rp4.537.376 per bulan. Namun, angka ini bisa berbeda di setiap kota, terutama di kota-kota besar yang memiliki UMR tinggi. Berikut ini adalah daftar gaji staff HRD di 15 kota besar di Indonesia, berdasarkan data dari Indeed dan Badan Pusat Statistik:

  • Jakarta: Rp5.370.381 per bulan
  • Bekasi: Rp4.600.000 per bulan
  • Tangerang: Rp4.573.730 per bulan
  • Bandung: Rp4.000.000 per bulan
  • Surabaya: Rp3.700.000 per bulan
  • Bogor: Rp3.800.000 per bulan
  • Denpasar: Rp4.180.717 per bulan
  • Medan: Rp4.327.437 per bulan
  • Semarang: Rp3.453.769 per bulan
  • Makassar: Rp3.500.000 per bulan
  • Yogyakarta: Rp3.500.000 per bulan
  • Palembang: Rp3.500.000 per bulan
  • Balikpapan: Rp4.500.000 per bulan
  • Manado: Rp3.500.000 per bulan
  • Pontianak: Rp3.500.000 per bulan

Dari daftar di atas, terlihat bahwa Jakarta merupakan kota dengan gaji staff HRD tertinggi, yaitu lebih dari 5 juta rupiah per bulan. Hal ini mungkin karena Jakarta adalah ibu kota negara dan pusat bisnis, sehingga banyak perusahaan besar yang beroperasi di sana dan membutuhkan SDM berkualitas. Di sisi lain, kota-kota seperti Semarang, Makassar, Yogyakarta, Palembang, Manado, dan Pontianak memiliki gaji staff HRD yang relatif rendah, yaitu sekitar 3,5 juta rupiah per bulan.

Tips Meningkatkan Gaji Sebagai Staff HRD

Tentu saja, gaji staff HRD tidak hanya ditentukan oleh lokasi kerja saja, tetapi juga oleh faktor-faktor lain seperti pendidikan, sertifikat, kemampuan bahasa asing, dan kinerja individu. Jika kamu ingin meningkatkan gaji staff HRD mu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Menyelesaikan pendidikan formal di bidang HRD atau manajemen SDM.
  • Mengikuti pelatihan atau kursus yang relevan dengan bidang HRD, seperti payroll, rekrutmen, kompensasi, dll.
  • Mendapatkan sertifikat profesional dari lembaga yang diakui, seperti BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) atau SHRM (Society for Human Resource Management).
  • Meningkatkan kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris yang banyak digunakan dalam dunia bisnis.
  • Menunjukkan kinerja yang baik dan profesional dalam menjalankan tugas-tugas HRD.
  • Mencari peluang karir di perusahaan yang lebih besar atau berkembang.

Demikianlah informasi tentang gaji staff HRD di 15 kota besar di Indonesia yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin berkarir di bidang HRD atau yang sudah bekerja sebagai staff HRD. Ingat, gaji bukanlah segalanya, tetapi juga harus diimbangi dengan kepuasan kerja dan pengembangan diri. Selamat bekerja!

FAQ tentang Tugas Staff HRD

1. Apakah fungsi utama dari HRD?

HRD bertanggung jawab untuk mengelola aspek-aspek yang berkaitan dengan sumber daya manusia dalam perusahaan, seperti rekrutmen, pengembangan, evaluasi, serta kebijakan dan strategi yang menyertainya.

2. Apa saja tugas pokok staf HRD?

Tugas pokok staf HRD meliputi:

Mengelola proses rekrutmen, seleksi, dan penempatan karyawan
Merancang dan mengimplementasikan program pelatihan dan pengembangan
Menyusun kebijakan dan prosedur yang berkaitan dengan sumber daya manusia
Menjaga hubungan industrial dan kesejahteraan karyawan
Mengelola sistem administrasi kepegawaian, seperti data karyawan, cuti, dan absensi
Memastikan kepatuhan terhadap hukum dan regulasi yang berkaitan dengan ketenagakerjaan

3. Bagaimana cara staf HRD menyusun program pelatihan?

Staf HRD perlu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan karyawan, merancang program pelatihan sesuai dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia, menentukan metode yang efektif, dan mengevaluasi hasil pelatihan.

4. Bagaimana HRD bekerja dengan manajemen dalam membuat kebijakan?

HRD bekerja sama dengan manajemen untuk menciptakan kebijakan yang sejalan dengan tujuan perusahaan, memastikan karyawan memiliki kesempatan yang sama, dan menjamin kepatuhan terhadap hukum dan regulasi ketenagakerjaan.

5. Apakah peran HRD menangani konflik antar karyawan?

HRD memainkan peran penting dalam mengelola konflik antar karyawan, dengan cara menjadi mediator yang netral, menyelidiki permasalahan, memberikan saran, dan membantu mencari solusi yang adil dan efektif.

6. Bagaimana HRD can mengatasi tingkat turnover karyawan?

HRD dapat mengatasi tingkat turnover karyawan dengan cara merekrut kandidat yang tepat, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, memastikan gaji dan benefit yang kompetitif, dan pengembangan karir yang jelas dan menarik bagi karyawan.

7. Apakah HRD berperan dalam menjaga kerahasiaan data karyawan?

Ya, HRD harus menjaga kerahasiaan data karyawan dan memastikan bahwa informasi yang diperoleh digunakan sesuai dengan kebijakan dan hukum yang berlaku.

Terimakasih sudah membaca artikel yang berjudul Tugas Staff HRD, baca juga artikel yang lain berikut ini :

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in