tugas staff hrd

Tugas Staff HRD

Diposting pada 50 views

Tugas Staff HRDHuman Resource Development atau lebih dikenal dengan istilah HRD merupakan salah satu jabatan pekerjaan yang dimiliki oleh setiap perusahaan.

Pekerjaan ini menempati posisi yang vital dan penting dalam membantu dan mendukung perkembangan perusahaan itu sendiri.

Dapat dikatakan bahwa HRD adalah orang yang bekerja untuk sebuah perusahaan berhubungan dengan pengelolaan sumber daya manusia pada perusahaan itu sendiri.

Dengan kata lain, sumber daya manusia merupakan pegawai yang bekerja pada sebuah perusahaan. 

Jadi, tugas utama seorang HRD adalah mengelola sumber daya manusia (SDM/Pegawai), memperhatikan aktifitas pegawai, dan tentunya melakukan pengurangan dan perekrutan pegawai. Oleh karena itulah mengapa setiap pelamar pekerjaan harus mengirimkan surat lamarannya ke HRD dari perusahaan yang dia lamar. 

Pentingnya HRD Dalam Sebuah Perusahaan 

Sebagai pengelola sumber daya manusia, HRD sangat berkaitan erat dengan pengelolaan pegawai di sebuah perusahaan. Pegawai sendiri merupakan aset terpenting dalam sebuah perusahaan.

Mereka akan membantu mengoperasikan peralatan, bahan, atau jasa sehingga menjadi produk yang memiliki daya jual dan meningkatkan kesuksesan perusahaan tersebut.

Setiap perusahaan pasti memiliki sumber daya manusia yang telah dipilih dengan beberapa kualifikasi yang disediakan sehingga menghasilkan pegawai yang kompeten di bidangnya masing-masing. 

Jika penerimaan pegawai dipilih secara acak bahkan tidak dikelola dengan benar, maka akan merugikan perusahaan itu sendiri karena akan banyak pegawai yang bekerja bukan pada bidangnya.

Maka,untuk menghapus kemungkinan tersebut, direkrutlah seorang HRD untuk sebuah perusahaan yang akan mengelola sumber daya manusia yang akan dipekerjakan agar lebih sesuai dan menunjang kepentingan perusahaan.

Baca juga : 7 Tips Mencari Karyawan yang Jujur dan Terpercaya

Tugas Staff HRD (Human Resource Development)

Sebagai orang yang menduduki jabatan penting dalam sebuah perusahaan, tentunya seorang HRD memiliki banyak tugas yang perlu dilakukan selama bekerja, yaitu diantaranya adalah:

  1. Seorang HRD sangatlah memegang kendali dan bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia pada sebuah perusahaan. Membuat dan menentukan kualifikasi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sehingga dapat menyaring pegawai yang terbaik dan paling kompeten untuk bidang yang dibutuhkan.
  2. Menyusun dan memberikan saran kepada perusahaan dalam membuat sistem pengelolaan sumber daya manusia agar menjadi lebih efektif dan efisien.
  3. Melakukan penilaian terhadap kinerja pegawai, memperhatikan kecocokan bidang dengan latar belakang pegawai, mengamati perkembangan pegawai sehingga dapat melakukan standarisasi, seleksi, dan promosi terhadap pegawai jika dibutuhkan.
  4. Mengatur dan membuat kontrak kerja untuk pegawai serta merancang kontrak kerja jangka panjang dan jangka pendek. Hal ini juga harus disesuaikan dengan hasil kinerja  dari pegawai tersebut.
  5. Menyusun sanksi yang akan diberikan ketika seorang pegawai melakukan kesalahan. Hal ini dapat berkaitan erat dengan apakah pegawai tersebut mendapatkan perpanjangan kontrak kerja atau tidak sesuai dengan kualitas pekerjaannya.
  6. Menjadwalkan dan membuat surat tugas untuk pegawai. Seorang HRD harus cermat dan tepat dalam memilih pegawai yang akan dikirim untuk bertugas diluar perusahaan. Hal ini harus sesuai dengan kemampuan dari pegawai tersebut.
  7. Mengelola administrasi pegawai.
  8. Mengurusi asuransi untuk pegawai, baik itu BPJS Ketenagakerjaan ataupun asuransi yang diberikan oleh perusahaan itu sendiri seperti ketika pegawai terkena kecelakaan kerja di perusahaan atau lainnya.
  9. HRD memantau kehadiran para pegawainya, memberikan cuti yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, juga harus mampu mebuat rekapan kehadiran dari pegawainya sebagai bentuk kedisiplinan dan penilaian terhadap para pegawainya.
  10. Selain bertugas untuk mengelola sumber daya manusia, seorang HRD juga bertugas untuk membantu mengarsipkan dokumen penting perusahaan yang berhubungan erat dengan pengelolaan sumber daya manusia.

Nah setelah kamu tahu apa saja tugas seorang HRD, apakah kamu tertarik untuk bekerja menjadi seorang HRD dan mengelola sumber daya manusia pada sebuah perusahaan? Ini dia persyaratan yang harus kamu penuhi.

Baca juga : 7 Tugas Manajer Personalia Beserta Tanggung Jawabnya

Persyaratan / Requirement Staff HRD

1. Memiliki Latar Belakang Pendidikan Yang Sesuai 

Setiap perusahaan pasti memiliki kualifikasi latar belakang pendidikan yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam setiap perekrutan pegawai.

Hal ini juga berlaku saat perusahaan membuka lowongan untuk masuk ke divisi Human Resource Development. Pada umumnya, latar belakang pendidikan yang dibutuhkan untuk seorang yang ingin memasuki divisi HRD adalah mereka yang lulus dari jurusan Psikologi atau Manajemen. 

Hal ini dituntut karena seorang HRD dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik. Hal ini lantaran tugas seorang HRD memang berinteraksi secara langsung dengan calon pegawai, dan juga harus mampu mengatur dan mengelola sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Maka dari itu, kamu yang lulus dari jurusan Psikologi dan Manajemen lebih diutamakan untuk diterima menjadi seorang HRD loh!

2. Memahami Berbagai Macam Karakter Manusia

Karena HRD merupakan jabatan yang akan berhubungan langsung dengan pegawai, maka seorang HRD harus mampu mengetahui berbagai macam karakter agar mengetahui pula apakah mereka cocok dengan bidang yang mereka lamar atau tidak

3. Mengetahui Prosedur Perekrutan Pegawai 

Sebagai pengelola sumber daya manusia, tentu skill ini menjadi salah satu skill yang penting untuk dimiliki seorang HRD

4. Memahami Penggunaan Tes Psikologi

Hal ini sangat penting untuk dimiliki seorang HRD karena dalam merekrut pegawai, HRD harus mampu menilai dan menimbang kecocokan pekerjaan dengan kepribadian pelamar. Hal ini dapat dihasilkan dengan akurat melalui tes, contohnya penggunaan test psikologi.

Terimakasih sudah membaca artikel yang berjudul Tugas Staff HRD, baca juga artikel yang lain berikut ini :

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in