pengertian kinerja

15+ Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Diposting pada 182 views

Pengertian kinerja menurut para ahli – Kata kinerja merupakan kata akronim yang terdiri dari kata kinetika, energi, dan kerja. Menurut istilah, kinerja diartikan sebagai perwujudan kerja yang dilakukan oleh karyawan yang pada umumnya kata kinerja digunakan sebagai acuan penilaian terhadap karyawan tersebut dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Kata kinerja juga berasal dari terjemahan dari kata performance yang berasal dari akar kata “to perform” yang berarti melakukan, menjalankan, melaksanakan, memenuhi atau melaksanakan kewajiban suatu niat atau nazar, melaksanakan atau menyempurnakan tanggung jawab, dan melakukan sesuatu yang diharapkan oleh seseorang atau mesin.

Menurut pengertian lain kinerja dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilah seorang secara keseluruhan selama periode tertentu atau lebih singkatnya adalah standar hasil kerja, target, atau sasaran yang terlebih dahulu telah disepakati bersama. Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian kinerja menurut para ahli.

Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

pengertian kinerja menurut para ahli

1. Anwar Prabu Mangkunegara

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara, kinerja atau prestasi kerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

2. Edison (2016)

Menurut Edison, Kinerja diartikan sebagai hasil dari suatu proses yang mengacu dan diukur selama periode waktu tertentu berdasarkan ketentuan dan kesepakatan yang telah ditetapkan sebelumnya.

3. Mangkunegara (2009)

Menurut Mangkunegara (2009) dalam jurnal Setyowati dan Haryani (2016) mengatakan bahawa istilah kinerja dari kata job performance atau actual performance yaitu hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Karyawan Yang Tidak Produktif

4. Hersey dan Blanchard (1993)

Menurut Hersey dan Blanchard kinerja diartikan sebagai suatu fungsi dari motivasi kemampuan. Untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan seorang harus memiliki tingkat kemampuan tertentu.

Tidaklah cukup efektif kesediaan dan keterampilan untuk mengerjakan sesuatu tanpa pemahaman yang jelas mengenai apa yang dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya.

5. Donnelly, Gibson dan Ivancevich (1994)

Menurut Donnelly, Gibson, dan Ivancevich kinerja merupakan tingkat keberhasilan dalam melaksanakan tugas serta kemampuan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kinerja dinyatakan baik dan sukses jika tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.

6. Stolovitch dan Keeps (1992)

Stolovitch dan Keeps berpendapat bahwa kinerja adalah seperangkat dari hasil yang telah dicapai dan merujuk pada tindakan pencapaian dan pelaksanaan suatu pekerjaan yang diminta.

7. Robbins (1996)

Menurut Robbins kinerja diartikan sebagai fungsi interaksi antara kemampuan atau ability (A), motivasi atau motivation (M) dan kesempatan atau opportunity (O) yang berarti kinerja merupakan fungsi  dari kemampuan, motivasi, dan kesempatan.

Baca juga : 50 Kata Motivasi Kerja Karyawan, Saatnya Semangat Bekerja

8. Hasibuan (2002)

Menurut Hasibuan (2002:160) kinerja merupakan hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu menurut standar dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.

9. Sutrisno (2016)

Kinerja merupakan kesuksesan seseorang dalam melaksanakan tugas, hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing atau tentang bagaimana seseorang diharapkan dapat berfungsi dan berperilaku sesuai dengan tugas yang telah dibebankan kepadanya serta kuantitas, kualitas, dan waktu yang digunakan dalam menjalankan tugas.

10. Roger Dawson

Menurut Roger, kinerja adalah suatu yang dicapai, prestasi yang diperlihatkan mengenai kemampuan kerja pegawai sehingga menghasilkan sesuatu yang optimal.

11. Ilyas (1999)

Kinerja merupakan hasil kerja personil atau dalam suatu organisasi. Penampilan sebuah hasil karya tidak terbatas pada personil yang memangku jabatan fungsional maupun struktural tapi juga kepada seluruh jajaran personil dalam organisasi. Intinya adalah sebuah hasil dari kinerja apa yang dikerjakan oleh anggota.

12. Payaman Simanjuntak

Menurut Payaman Simanjuntak kinerja dapat diartikan sebagai tingkat pencapaian hasil atas pelaksanaan tugas tertentu. Kinerja perusahaan adalah tingkat pencapaian hasil atas pelaksanaan tugas tertentu.

Manajemen kinerja adalah keseluruhan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi, termasuk pada kinerja masing-masing individu dan kelompok kerja di perusahaan tersebut.

13. Moeheriono (2012)

Menurut Moeheriono kinerja merupakan gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program kegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi, dan misi organisasi yang dituangkan melalui perencanaan strategis suatu organisasi.

14. Wibowo (2007)

Wibowo menjelaskan bahwa kinerja berasal dari kata performance yang memiliki arti sebagai pekerjaan atau prestasi kerja. Tapi perlu dipahami bahwa kinerja itu bukan sekadar hasil pekerjaan atau prestasi kerja, tapi juga mencakup bagaimana proses pekerjaan itu berlangsung.

15. Wirawan (2009)

Menurut Wirawan, kinerja merupakan singkatan dari kinetika energi kerja yang padannanya dalam bahasa Inggris adalah performance. Kinerja adalah keluaran yang dihasilkan dari fungsi-fungsi atau indikator-indikator suatu pekerjaan atau suatu profesi dalam waktu tertentu.

16. Amstrong dan Baron (1998)

Kinerja menurut Amstrong dan Baron ialah hasil pekerjaan yang mempunyai hubungan kuat dengan tujuan strategi organisasi, kepuasan konsumen dan memberikan kontribusi ekonomi.

Jika ditarik intinya kinerja dapat disimpulkan sebagai hasil kerja atau pencapaian pekerjaan dari personil atau kelompok oleh suatu organisasi atau perusahaan tertentu.

Kinerja juga dapat diartikan sebagai prestasi kerja yang diperlihatkan dari karyawan tersebut. Nah itulah pengertian kinerja menurut para ahli dari berbagai sumber. Semoga bisa menjadi informasi tambahan yang bermanfaat.

Baca juga : Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja, Terbukti Ampuh!

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in